Sigra-Calya Makan Pasar Datsun

Datsun Dihimpit Duo Sigra-Calya – Berbicara tentnag prospek kehidupan kendaraan di Indonesia bisa dibilang memang sangat dipengaruhi faktor harga. Pasalnya, secara umum kendaraan roda empat masih dianggap sebagai barang mewah di kalangan masyarakat luas Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan dijadikannya mobil sebagai objek pajak atas barang mewah. Menariknya dibalik penarikan pajak tersebut, Pemerintah memiliki pandangan prospek bisnis roda empat ke depan melalui program mobil murah.

Sigra Calya Makan Pasar Datsun

Program mobil murah tersebut sebenarnya menjadi pintu gerbang bagi masyarakat luas untuk menikmati rasa kepemilikan mobil. Selain itu, bagi pengusaha otomotif sendiri, celah untuk menggaet pasar yang lebih luas memang nampak terang benderang. Hal tersebut nampaknya dimanfaatkan Nissan untuk menyabet merek terjangkaunya, Datsun pada pasaran Indonesia. Terang saja, kehadiran Datsun memang menjadi buah manis bagi Nissan.

Advertisement

Sayangnya, pasar otomotif tanah air memang tak bisa dibilang ramah bagi para pemain di dalamnya. Dilansir dari Kompas (3/10/2016), posisi Datsun sebagai mobil murah laris manis mendapat ancaman dari kehadiran duo Calya-Sigra. Ancaman ini sebelumnya ditampik oleh Nissan. Sayangnya, beda cerita dengan apa yang dipaparkan oleh diler. Menurut diler Nissan-Datsun Cimahi (PT Wahana Wirawan), memang terasa adanya penurunan Surat Permintaan Kendaraan (SPK) pasca kehadiran duo Suzuki-Toyota tersebut. Penurunan tersebut bisa dikatakan hingga 70 persen dari hasil penjualan biasanya.

Jika merujuk data Gaikindo, nampaknya penurunan tersebut memang bukan isapan jempol belaka. Menurut Gaikindo, sejatinya angka penjualan Datsun memang pada tahun ini memang mundur secara teratur. Namun untuk tingkat penjualan terendah dipegang pada bulan Agustus 2016 yang lalu. Paslanya Datsun hanya mencatat angka penjualan sekitar 2000-an unit pada Agustus 2016 yang padahal sebelumnya mampu mencapai 3000-an unit perbulan.

Menariknya, di tengah terpuruknya Datsun tersebut, Calya-Sigra malah mendapatkan prestasi mengejutkan. Tercatat Toyota Calya mampu menyentuh angka 9000-an unit, sedangkan Sigra menyusul pada angka 5000-an unit pada bulan Agustus tersebut. Bisa dibilang, pesona harga murah Datsun yang sebelumnya menjadi jargon menggiurkan mulai perlu dirisaukan berbasis data tersebut.

Top