Loh? Mitsubishi Boleh Jualan Lagi Di Jepang

Seperti Dimaafkan, Mitsubishi Dibolehkan Jualan Lagi – Beberapa waktu yang lalu, industri otomotif dunia sempat dikejutkan dengan skandal yang dilakukan oleh Mitsubishi. Skandal yang menyangkut tentang emisi gas buang kendaraan roda empat buatannya tersebut bisa dikatakan memang sulit dipercaya. Pasalnya, selain dilakukan oleh perusahaan yang punya reputasi besar, skandal Mitsubishi tersebut sudah dilakukan dalam waktu yang tak sebentar. Hal inilah yang menjadi pusat perhatian masyarakat luas terutama oleh masyarakat Jepang.

Loh Mitsubishi Boleh Jualan Lagi Di Jepang

Hal yang pasti, atas perbuatannya tersebut Mitsubishi memang sempat mendapatkan banyak hukuman. Bukan hanya dari negara asalnya saja, Jepang, namun juga berbagai negara yang menjadi ladang bisnisnya seakan berlomba untuk membuat kapok Mitsubishi. Hal tersebut tentu membuat reputasi Mitsubishi sedikit banyak anjlok dan menyebabkan pula neraca keuangan yang riskan. Untuk itu, Mitsubishi terpaksa menerima uluran tangan Nissan sebagai salah satu penyelamatnya.

Salah satu hukuman yang diberikan oleh Pemerintah Jepang sendiri pada Mitsubishi tak bisa dibilang ringan. Beberapa varian populer Mitsubishi terlibat skandal dilarang diedarkan. Menariknya, dilansir dari Kompas (3/10/2016), mulai 1 Oktober yang lalu Mitsubishi sudah diperkenankan menggarap pasar bunga Sakura kembali. Hal ini terbilang menyenangkan sekaligus mengejutkan. Pasalnya, hukuman pelarangan tersebut baru dimulai pada tanggal 30 Agustus 2016 yang lalu. Artinya hanya satu bulan Mitsubishi perlu menebus kesalahannya untuk mendapatkan perizinan kembali dari otoritas setempat.

Berdasarkan sumber yang sama, Mitsubishi telah mengoreksi data jarak tempuh yang sebelumnya menjadi objek permasalahan skandal tersebut. Hal ini menjadi dasar mengapa otoritas setempat sudah membolehkan Mitsubishi untuk mengedarkan produknya kembali. Menengok sedikit ke belakang, untuk pasar asli jepang, Mitsubishi memang hanya melego 8 varian miliknya. Sehingga, penghukuman dan pembebasan tersebut memang hanya terkait ke depalan varian miliknya.

separator

Dilihat dari kabar tersebut, nampaknya Jepang memang melunak pada kasus ini. Pasalnya, kesalahan panjang Mitsubishi hanya diganti dengan penghentian selama satu bulan lamanya. Walaupun demikian, secara keseluruhan Mitsubishi memang telah menerima banyak hukuman dari berbagai pihak. Hal ini tentu menjadi pertimbangan yang bijak dari otoritas setempat sendiri.

Top