Dijajal, Fireblade Berasa MotoGP

Sangarnya Honda CBR1000RR Fireblade SP – Setelah lama pecinta Honda harus dipaksa ngiler melalui beberapa video teaser mengenai Honda CBR1000RR Fireblade SP, akhirnya Honda memberikan bentuk asli produk ini ke dunia nyata. Hal ini dilakukan Honda dalam ajang Intermot 2016, yang berlangsung di Cologne, Jerman pada Selasa, 4 Oktober 2016 kemarin. Tentu saja, kehadiran varian baru nan keren dari Honda ini langsung menjadi buah bibir di kancah internasional.

Dijajal Fireblade Berasa Motogp

Dilansir dari Kompas (5/10/2016), Honda CBR1000RR Fireblade SP ini dikatakan memiliki berbagai kelebihan yang luar biasa. Hal ayng palik mencolok sejatinya terlihat pada bobotnya. Pasalnya, kuda besi yang satu ini disebut-sebut menggunakan teknologi baru dalam merangkai bodinya. Alhasil, bobot kuda besi yang satu ini dapat dilangsingkan hingga 15 kg ketimbang menggunakan teknologi yang lebih kuno. Setelah ditimbang, Honda CBR1000RR Fireblade SP hanya memiliki bobot 195 kg yang mampu meringankan langkah mesinnya hingga 14 persen.

Advertisement

Tentu saja, untuk urusan dapur pacu tak usah ditanya. Melalui nama CBR1000RR, Fireblade SP dijamin memiliki mesin dalam kelas 1000 cc atau tepatnya 999 cc. Mesin ini memiliki power sebesar 189 tenaga kuda yang muncul ketika mesin berputar pada 13.000 RPM. Untuk masalah torsi jangan ditanya lagi. Untuk menampung bobot lebih dari 200 kg (ditambah penumpang), CBR1000RR memiliki torsi 116Nm pada 11.000 RPM. Luar biasa? Tentu saja! Ini produk Honda!

Hal yang menarik, Fireblade SP ini memiliki fitur yang sangat modern pada suspensinya. Pasalnya, kuda besi yang satu ini sudah mengadopsi suspensi semi aktif yang biasa digunakan dalam MotoGP. Selain itu ada juga fitur semacam onda Selectable Torque Control, Selectable Engine Brake, new ABS, Quickshifter, Downshift Assist, Riding Mode Select System and Power Selector yang semuanya merupakan kopian dari MotoGP. Dilihat dari hal tersebut, nampaknya tak perlu banyak pertanyaan untuk Fireblade SP ini.

Sebagai senjata pamungkas, Honda langsung memerintahkan mantan juara MotoGP, Nicky Hayden. Setelah mengicipi tunggangan sangar ini, Hayden menyampaikan bahwa produk Honda yang satu ini benar0benar terasa bertenaga. Menariknya produk ini dikatakan memiliki performa layaknya MotoGP. Hal ini tentu menjadi daya tawar tersendiri bagi Fireblade SP.

Top