Honda Civic Turbo Pasang Transmisi Manual, Benarkah?

Honda Civic Turbo Dikabarkan Akan Gunakan Transmisi Manual – Perwakilan Honda yang berada di Amerika Serikat kini diberitakan tengah menambah jajaran line-up sedan yang dijual di setiap dealer dengan meluncurkan varian terbaru dari Honda Civic. Mobil yang akan dikeluarkan tahun 2017 tersebut muncul dengan menerapkan sistem transmisi manual 6 percepatan. Padahal, sebelumnya diberitakan bahwa Civic Turbo hanya akan dipasarkan dengan sistem transmisi otomatis.

Honda Civic Turbo Dikabarkan Akan Gunakan Transmisi Manual

Terkait hal tersebut, Jeff Conrad selaku Senior VP dan GM Division Honda Amerika mengungkapkan bahwa pihaknya di tahun 2016 ini dianggap sebagai tahun yang luar biasa untuk produk Honda Civic, baik sedan ataupun model coupe. “Untuk Civic model 2017, kami senang untuk menambah varian dengan memasangkan transmisi manual dengan mesin turbocharged 1,5 liter. Sesuatu yang akan membuat pelanggan kami sangat gembira,” ujarnya seperti dikutip dari Carscoops, Rabu (5/10/2016).

Advertisement

Jika menengok ke belakang, Honda Amerika mencatat hanya menjual sedan Civic dengan sistem transmisi CVT. Walaupun demikian, mesin yang digunakan pada Civic transmisi manual ataupun otomatis tetap sama, yaitu 1,5 liter dengan turbocharged bertenaga 174 Hp dan mampu mencapai titik torsi maksimal hingga 226 Nm.

Sementara itu, jika melihat Hona Civic yang dipasarkan di Indonesia, Civic yang bermesin turbo juga ternyata dipasarkan dengan sistem transmisi otomatis. Sedan ini pun bersaing sengit dengan Toyota Corolla Altis. Hanya saja, Corolla Altis yang dijual di Indonesia untuk saat ini masih mengandalkan mesin yang berkapasitas 1,8 liter yang tanpa dilengkapi dengan turbo tansmisi otomatis. Terlepas dari hal tersebut, untuk harga yang ditawarkan Honda untuk menebus Civic bermesin turbo mulai dari Rp 475,5 juta. Sementara untuk membawa pulang Corolla Altis, konsumen cukup menyediakan Rp 406 juta.

Top