Klarifikasi Google Atas Kecelakaan Otonomosnya

Kecelakaan Bulan Lalu, Google Baru Buka Mulut – Salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia, Google, nampaknya tak pernah puas untuk menjajal teknologi baru. Setelah beberapa lama dipanas-panasi untuk membuat mobil otomatis oleh beberapa pesaingnya, akhirnya Google-pun menyerah dengan mulai menguji coba mobil buatannya. Meskipun Google tidak membuatnya sendiri, namun kendali logika otomatis dalam mobil tersebut merupakan tanggung jawab Google. Hal ini tentu menempatkan Google pada posisi puncak tanggung jawab atas mobil tersebut.

Klarifikasi Google Atas Kecelakaan Otonomosnya

Dilansir dari Kompas (11/10/2016), mobil otonomos buatan Google diceritakan mengalami kecelakaan bulan lalu. Parahnya, Google baru melakukan klarifikasi atas kabar tersebut satu bulan setelahnya. Tentu hal ini menjadi cerita bersambung yang berkepanjangan yang perlu ditilik kembali posisi kasusnya.

Tepat pada tnaggal 23 September yang lalu, mobil otonomos milik Google, Lexus dikabarkan tertabrak dari samping oleh mobil lainnya. Kecelakaan ini dikabarkan memakan korban pengemudi mobil tersebut. Pengemudi yang ada dalam mobil tersebut sejatinya merupakan pengemudi ‘darurat’ yang hanya difungsikan apabila mobil tersebut mengalami gagal fungsi.

Advertisement

Secara detail, mobil Google diceritakan mendapati lampu hijau sedangkan mobil yang menjadi lawannya ternyata menerobos lampu merah. Secara sistem, mobil otonomos milik Google ini mendeteksi kehadiran mobil lawannya tersebut dan mengaktifkan rem. Namun, dalam eksekusi sistem tersebut, si pengemudi mobil Google melakukan interupsi dengan mengambil alih kemudi.

Sayangnya, interupsi yang dilakukan masih tidak dapat menghindari kecelakaan. Alhasil, mobil Google ini terkena seruduk dari bagian samping dalam kecepatan 48 kpj. Tentu saja, kecepatan tersebut bukan kecepatan yang ringan untuk tidak menghasilkan cidera apapun. Dilaporkan kedua mobil tersebut mengalami rusak parah akibat tubrukan ini.

Jika diingat kembali, maka kecelakaan mobil Google kali ini merupakan kecelakaan terparah yang pernah terjadi. Sebelumnya, kecelakaan pada mobil Google otonomos yang lain pernah terjadi pula, namun hanya terkena seruduk pada bagian belakang saja. Tentunya, kejadian tersebut bakal memengaruhi perkembangan mobil otomatis di dunia. Terutama terkait isu keselamatan dan keamanan yang memang masih menjadi titik keraguan dari awal dalam pengembangan mobil ini.

Top