Calya Preteli Pasar Avanza

Perang Saudara Calya-Avanza – Toyota bisa dibilang tak ada matinya dalam mewarnai dunia otomotif tanah air. Pasalnya, pabrikan asal Jepang yang satu ini memang sangat lekat dihati masyarakat Indonesia. Selain itu, produk yang dihasilkannya pun nyaris memenuhi jalanan di segala penjuru tanah air. Tak heran, gerakan sedikit saja dari Toyota mampu membuat pengaruh besar pada pasaran otomotif tanah air.

Calya Preteli Pasar Avanza

Setelah kerja sama Toyota-Daihatsu berbuah manis melalui si kembar Agya-Ayla, nampaknya Toyota masih belum puas dengannya. Hal ini ditunjukkan melalui kerja sama tahap dua yang melahirkan duet Calya dan Sigra. Sebagai duet, sasarannya sebenarnya berusaha mengisi kekosongan pasar yang ada diantara kedua lini pasar pabrikan raksasa tersebut. Namun nampaknya, kenyataan di lapangan berkata lain.

Advertisement

Setelah sempat dikabarkan mampu menggeser pasar mobil baru Avanza, Calya kali ini diberitakan bakal mendepak Avanza keluar dari singgasananya. Dilansir dari Kompas (12/10/2016), Senior Manager Marketing WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih memberikan prediksi pasar Calya yang positif di masa depan. Menurutnya, dalam beberapa waktu ke depan, pasar mobil bekas Avanza bakal terdepak dengan kehadiran Calya. Hal ini utamanya menyasar pada konsumen dengan kelas budget 150 juta Rupiah.

Padahal, sebagai informasi, sebelumnya pasar mobil bekas untuk kelas 150 juta Rupiah memang dikuasai oleh Avanza. Hal ini dipengaruhi oleh segmen menarik yang dihadirkan Toyota untuk budget minimum memang ditujukan pada Avanza. Namun dengan hadirnya Calya, bisa beda ceritanya. Secara rerata harga Calya bisa dikatakan sebelas duabelas dengan Avanza. Hal ini berimbas pada harga mobil bekasnya. Dengan demikian, bagi konsumen mobil bekas dengan budget 150 jutaan Rupiah, tentu akan lebih memilih Calya.

Hal ini diamini oleh Herjanto. Menurutnya, apabila disandingkan antara kedua mobil tersebut, hampir dapat dipastikan konsumen bakal memilih Calya. Pasalnya, Avanza pada harga tersebut merupakan keluaran tahun 2013. Selain itu, Calya lebih memiliki desain yang modern ketimbang Avanza yang lahir 3 tahun yang lalu. Menurutnya, untuk pasar mobil bekas ini, penampilan merupakan hal yang utama bagi konsumen.

Top