Recall, Dukati Berduka

Ducati XDiavel Kena Recall – Perang dalam dunia otomotif nampaknya memang menghasilkan dampak yang beragam. Balapan untuk menerbitkan produk baru yang disukai masyarakat tentu menghasilkan pandangan tersendiri bagi masyarakat untuk menentukan pilihan yang disukainya. Sayangnya, dengan pacuan waktu yang tidak ada hentinya terkadang membuat kesalahan yang parah pada produk otomotif yang sudah terlanjur ditelurkan. Hal ini tak jarang diselesaikan dengan mekanisme recall.

Recall Dukati Berduka

Sebagian pihak menafsirkan bahwa hal ini merupakan dampak dari produksi masal yang dilakukan sebagai tindak lanjut era industri. Sayangnya, apabila ditilik kembali, seharusnya recall karena alasan ini hanya menyangkut kesalahan pabrik semata dan bukan kesalahan perancangan bangun yang menyebabkan kegagalan fungsi. Padahal tak jarang, recall juga dilakukan lantaran gagal fungsinya suatu komponen akibat perancangan yang salah.

Kali ini, recall didatangkan dari merek premium yang tak ada duanya, Ducati. Sebagai merek premium, ekspektasi pasar tentu sangat tinggi dengan kualitas yang dibawa produknya. Sayangnya, ekspektasi tersebut tak nampak bakal dibawa oleh XDiavel, motor unik terbaru dari Ducati. Dilansir dari Kompas (12/10/2016), setidaknya 1433 unit XDiavel telah diumumkan secara resmi untuk ditarik kembali oleh empunya. Motor-motor tersebut merupakan motor kelahiran tahun 2015-2016 yang semuanya dipasarkan sebagai produksi tahun 2016.

Recall ini lantaran komponen final drive pulley dinyatakan berpotensi menyebabkan kecelakaan oleh NHTSA (otoritas keamanan jalan raya Amerika). Klaim yang beredar menyatakan bahwa pemasangan komponen tersebut tidak benar yang mengakibatkan masalah panjang. Kesalahan pemasangan ini berpotensi menyebabkan pulley kendor dan berakhir pada kehilangan tenaga motor ditengah penggunaannya. Hal tersebut termasuk pula kemampuan mengerem juga jadi satu kesatuan masalah yang dapat ditimbulkan akibat cacat-nya komponen tersebut.

separator

Laporan atas masalah ini pertama kali terjadi pada XDiavel S di bulan Maret tahun ini. Pasalny, motor premium ini mengeluarkan bunyi kencang yang tidak biasa. Setelah melakukan analisa, Ducati memang mengakui adanya masalah pada komponen tersebut dan akan mengganjalnya dengan karet yang akan menjaga drive pin pada tempatnya. Selain itu, produksi selanjutnya dikatakan akan emngganti pelek yang lebih menjamin tidak terjadinya hal ini.

Top