Mobil Jepang Makin Dicintai di China

Kenaikan penjualan mobil Jepang di China – Penjualan mere mobil Jepang di China berbuah manis dalam delapan bulan pertama 2016. Masyarakat China nampaknya saat ini sudah semakin mencintai produk kendaraan roda empat Jepang. Mobil merek Jepang kembali mendapatkan keuntungan ini menjadi kabar baik untuk para produsen negeri matahari tersebut, kondisi menguntungkan ini nampaknya dikarenakan masyarakat yang bergegas untuk membeli mobil sebelum potongan pajak atas mobil kompak berakhir tahun ini.

kenaikan penjualan mobil jepang di china

Pasalnya saat penjualan merek Jepang diwilayah Amerika mengalami penurunan. Toyota Motor, Nissan Motor, Honda Motor, Mazda Motor, Suzuki Motor dan Mitsubishi Motor, hampir semua membukukan penjualan yang baik di pasar China. Setidaknya pada bulan ini ada tiga merek mobil yang memperoleh lonjakan penjualan diatas 10 persen, seperti Honda, Nissan dan Toyota. Dari ketiganya Honda yang memiliki pertumbuhan paling tinggi mencapai 46,5 persen pada September 2016 penjualan mencapai 120.929 unit dibandingkan tahun lalu.

Model SUV Honda CR-V penjualannya meningkat sampai 20 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Sementara itu model lainnya seperti Honda Vezel (Honda HR-V) melonjak sampai 87 persen, XR-V naik 22 persen, lalu dengan mobil kecil Honda Fit naik 38 persen. Di China sendiri ada 6 model Honda yang terjual melampaui angka 10.000 unit dalam satu bulan terakhir, ini dinggap sebagai tonggak baru kemajuan di Negeri Tirai Bambu.

Tidak hanya Honda yang menujukan kenaikan penjualannya, kenaikan juga diperoleh oleh Toyota Motor sebesar 12,4 persen pada bulan September ini dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Peningkatan ini diraih berkat keringanan pajak yang diterima dua model terlaris Toyota di China. Yaitu model Corolla yang naik 33 persen menjadi 22,600 unit, dan Toyota Levin yang menanjak 24 persen menjadi 14.000 unit pada tahun ini.

Terakhir ada Nissan Motor juga ikut merasakan pertumbuhan di China dengan memperoleh kenaikan 26,3 persen pada bulan September ini, pencapaian kenaikan ini pada mobil model kompak Sylphy dengan perolehan 36.405 unit. China jadi satu-satunya andalan merek Jepang untuk bisa mempertahankan momentum, pasalnya pasar Amerika sudah menunjukkan tanda-tanda penurunan atau jenuh. Lalu tidak mungkin juga mengharapkan pasar di rumah sendiri, karena populasi yang menyusut.

 

Top