Harga Triumph Daytona 675, Review & Spesifikasi Januari 2017

Harga Triumph Daytona 675 dan Spesifikasi – Selain pabrikan asal Jepang dan Italia, masih ada beberapa produsen yang memroduksi motorsport dari Negara lainnya yang juga turut serta bakal menjual produknya tersebut di pasar Tanah Air. Salah satunya yaitu Triumph. Produsen otomotif kendaraan roda dua yang bermarkas di Inggris tersebut kini dikabarkan akan segera meluncurkan sebuah motorsport kelas premium yang bertajuk Triumph Daytona 675. Memang, nama Triumph ini tak sepopuler Yamaha atau Honda. Namun, jika kita telusuri lebih dalam, sebetulnya pabrik Triumph ini sudah lama ada di Tanah Air dengan beragam produk-produk terbarunya yang dibekali inovasi canggih. Hadirnya kuda besi tersebut semakin membuktikan persaingan di dunia industri otomotif tampaknya makin lama kian menunjukkan persaingan yang begitu ketat. Selain itu, hadirnya Triumph Daytona 675 kali in juga dapat menjadi bukti eksistensi Triumph di tengah beragam produsen otomotif dari berbagai belahan dunia yang saling berlomba-lomba dengan memproduksi beberapa produk-produk terbarunya, terutama pada segmen motor sport. Selain itu, dengan mengandalkan Triumph Daytona 675 sebagai motor sport varian tertinggi, tentu persaingan di pasar otomotif, khususnya segmen motorsport kian ketat. Pasalnya, sosok kuda besi garapan Triumph ini bakal hadir dengan tampilan yang begitu sporty dan berfairing layaknya motor balap. Bahkan, teknologi pada sektor spesifikasinya pun bakal mengusung teknologi yang digunakan pada motor balap. Tentu, hal tersebut merupakan daya tarik tersendiri yang dimiliki Triumph Daytona 675 ini.

Triumph Daytona 675

Triumph Daytona 675

Di sisi lain, apabila kita membahas dari spesifikasi Triumph Daytona 675 secara lengkap, tentu para pecinta motorsport kelas menengah atas bakal kepincut dengan motorsport garapan pabrik Inggris yang satu ini. Sebab, jika dilihat dari sisi tampilan desain terluarnya saja, Triumph Daytona 675 ini memiliki desain unik dan cukup berbeda dari motor sport garapan pabrik lainnya. Dari bodi depan, samping, hingga pada buritannya pun tampak begitu sporty dan elegan. Selain itu, untuk mesin pacunya juga mengusung mesin yang berkekuatan besar, yaitu dengan mengandalkan mesin DOHC-12 katup dengan 3 silinder dan memiliki kapasitas hingga 675cc sehingga mampu memberikan tenaga yang begitu besar layaknya MotoGP. Tak sampai di situ saja, Triumph Daytona 675 juga bakal dilengkapi beberapa fitur menarik yang berteknologi tinggi, salah satunya yaitu fitur keselamatan dengan mengusung sistem pengereman berteknologi ABS untuk rem depan maupun rem belakang. Sebenarnya, tak hanya itu saja, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki motorsport garapan pabrik Inggris ini. Nah, berkaitan dengan itu maka pada pembahasan kali ini Mas Sena akan mengajak kawan semua untuk mengulas secara lengkap mengenai spesifikasi dan harga Triumph Daytona 675 yang diuraikan pada beberapa segmen berikut.

Motor Triumph Daytona 675

Spesifikasi Triumph Daytona 675

Desain

Bodi Tampil Sporty dengan Fairing Khas MotoGP

Advertisement

Seperti dengan apa yang sudah dikatakan Mas Sena di atas, spesifikasi Triumph Daytona 675 ini memang bakal hadir dengan tampilan desain yang begitu sporty, unik, dan mewah layaknya motor balap. Hal tersebut, tentu tampak dari gaya desainnya yang sangat kental dengan citarasa motor kelas dunia. Mulai dari bagian depannya, dipasang sebuah headlamp agresif dengan 3 buah lampu canggih di mana terdiri dari 2 lampu besar dan 1 lampu kecil yang terpasang dengan manis di bagian atas, tepatnya berada di bawah visor. Namun, sayangnya headlamp dari Triumph Daytona 675 ini belum menggunakan teknologi LED. Meskipun demikian, untuk penerangan tetap tak kalah dengan motor yang menggunakan LED mengingat headlamp dari motorsport ini mengusung 3 lampu sekaligus.Lalu, untuk tipe fairing yang disematkan pada Triumph Daytona 675 ini cukup keren dan tampak macho serta memiliki banyak rongga udara guna mengoptimalkan pendinginan mesin. Selain itu, untuk gaya ergonomik dari motor ini bentuknya menunduk seperti pada motoGP. Pasalnya, posisi stang kemudi terpasang lebih rendah daripada tangki bahan bakarnya yang mampu menampung 17,4 liter bahan bakar di mana stang kemudinya terpasang manis di atas jok kemudi. Selain itu, jok Triumph Daytona 675 inipun juga dibuat lebih rendah dengan ukuran 820 mm. Joknya pun dirancang cukup tebal dan luas yang akan membuat para pengemudinya akan mudah bergerak. Di sisi lain, knalpotnya yang dirancang pendek pun terpasang manis di sisi kanan bodi motor ini. Selanjutnya, menyentuh pada sektor bodi belakang Triumph Daytona 675 ini, tampak sekali gaya lekukan buritan yang terkesan sporty dan tajam dengan speakbornya pun juga cukup menarik di mana mengusung bentuk desain slim namun tetap memberi kesan tebal dan padat. Dengan demikian, sudah bisa dipastikan bahwa spesifikasi pada sektor eksterior dari spesifikasi Triumph Daytona 675 ini bakal mengusung gaya desain sporty yang begitu khas layaknya motor balap.

Spesifikasi Triumph Daytona 675

Speedometer

Dibekali Indikator Canggih dengan Kolaborasi Panel Digital dan Analog

Lanjut pada sesi berikutnya, pada segmen ini kita akan mencoba untuk meraba pada sisi panel indikator dari spesifikasi Triumph Daytona 675. Tampaknya, tak hanya pada sektor tampilan bodinya saja yang mewah namun pada sektor indikatornya pun juga tampak stylish dan sporty. Pasalnya, panel indikator dari motorsport ini bakal mengandalkan kolaborasi antara instrumen analog dan digital di mana untuk indikator berada di samping kiri, sementara untuk instrument analog berada di sisi kanan panel Triumph Daytona 675 ini. Baik analog maupun digital, kedua panel indikator tersebut sama-sama memberikan informasi jelas kepada pengemudinya terkait keadaan motor. Jika dilihat secara lebih rinci, pada instrument analognya tampak takometer dengan penunjuk jarum berwarna merah disertai lampu indikasi netral, beam lamp, dan penanda bahan bakar menipis. Sementara itu, untuk instrumen digitalnya, Triumph Daytona 675 ini menampilkan speedometer, odometer, indikator level bahan bakar dengan tampilan layar Multi-Info Display yang didukung pula dengan jenis lampu indikator Bulb. Dengan demikian, informasi mengenai kondisi motor pun akan mudah diketahui dan dipahami pengemudinya melalui spesifikasi Triumph Daytona 675 tersebut.

Spesifikasi Motor Triumph Daytona 675

Dimensi

Dimensi Gagah dengan Dobel Rangka Aluminium Beam dan 2 Piece High Pressure

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kita akan mengulas pada sektor dimensi yang diusung spesifikasi Triumph Daytona 675. Jika melihat bodi eksteriornya yang begitu kokoh dan sporty, tentu tak lepas dari dimensi pembentuk bodinya yang dirancang sedemikian rupa sehingga menampilkan tampilan yang begitu stylish dan gagah. Pasalnya, untuk dimensinya, Triumph Daytona 675 mengandalkan kolaborasi 2 rangka berbeda di mana untuk rangka depan menggunakan jenis rangka Aluminium Beam Twin Spar sedangkan untuk rangka belakangnya mengandalkan jenis rangka 2 piece High Pressure Die Cast sehingga akan mampu menopang beban yang berat sekalipun. Selain itu untuk dimensi rangka, secara keseluruhan Triumph Daytona 675 ini memiliki panjang 2.045 mm, lebar mencapai 695 mm, dengan ketinggian mencapai angka 1.112 mm. Selain itu, motorsport ini juga memiliki ketinggian jok yang dinilai cukup tinggi untuk ukuran orang Indonesia, yaitu berukuran 820 mm. Sementara itu, untuk ukuran ground clearance memiliki ketinggian 87.2 mm yang membuat motor ini akan tampak terkesan sedikit ceper. Sehingga, Triumph Daytona 675 ini kurang cocok jika dikendarai di medan jalan yang bergeronjal dan penuh batu. Selain itu, bobotnya mencapai 167 kg sehingga akan membuat motor ini melaju dengan stabil bahkan jika diterpa anginan kencang sekalipun ketika dikendarai pada kecepatan tinggi. Tak sampai di situ saja, untuk tangki bahan bakarnya pun spesifikasi Triumph Daytona 675 ini memiliki daya tampung 17,4 liter.

Review Triumph Daytona 675

Suspensi

Disokong Suspensi Canggih dengan Tingkat Peredaman Tinggi

Sudah kita ketahui bersama bahwa dimensi dari spesifikasi Triumph Daytona 675 asal Negeri Elizabeth ini memang mengusung rangka kokoh yang membuat motor ini tapak gagah. Di samping itu, selain dimensinya yang gagah, guna menunjang bobot motorsport ini yang begitu besar maka pabrikan asal Inggris tersebut bakal mengandalkan 2 suspensi canggih dan kokoh. Untuk suspensi depan, Triumph Daytona 675 ini bakal terpasang tipe Upside Down 41 mm. Sementara itu, untuk suspensi pada bagian belakang akan mengandalkan tipe Monoshock di mana kedua suspensi tersebut merupakan suspensi canggih garapan pabrik Kayaba (KYB) yang tiap suspensi tersebut memiliki tingkat peredaman yang tinggi dan bisa disesuaikan. Dengan demikian, sudah tentu nantinya pengemudi Triumph Daytona 675 maupun penumpangnya tetap akan merasa nyaman ketika mengendarai motorsport ini meskipun melewati jalanan yang bergeronjal dan penuh bebatuan. Tak sampai di situ saja, untuk mencapai kesempurnaan cengkramannya di aspal, maka Triumph pun juga membenamkan sektor kaki-kaki yang kuat. Pada sektor ini, velg 5 jari pun dipilih untuk melengkapi bagian kaki dengan ukuran 17 x 3,5 inci pada bagian depannya dan 17 x 5,5 inci untuk bagian belakangnya. Sedangkan untuk ban, Triumph Daytona 675 ini akan mengandalkan jenis ban tubeless berukuran 120/70 ZR17 yang bakal membungkus velg depan. Sementara itu, untuk ban belakang berukuran lebih besar yaitu 180/55 ZR17 guna membungkus velg pada bagian belakangnya. Di samping itu, untuk menunjang keselamatan dalam berkendara maka Triumph Daytona 675 ini dibekali rem cakram ganda 4 kaliper piston yang memiliki diameter berukuran 310 mm. Untuk rem belakang mengandalkan rem cakram tunggal 1 kaliper piston dengan ukuran diameter mencapai 220 mm di mana kedua rem tersebut merupakan produk garapan Nissin. Nah, untuk menambah daya pengereman yang lebih kuat dan aman maka Triumph membekali spesifikasi Triumph Daytona 675 ini dengan teknologi ABS pada kedua rem tersebut.

Harga Motor Triumph Daytona 675

Mesin

Tenaga Mesin Gahar dan Handal Andalkan Tipe Mesin DOHC Berkapasitas 675cc

Nah, setelah desain, indikator, dimensi dan suspensi telah kita bahas, kini saatnya Mas Sena akan menilik pada sektor permesinan atau mesin pacu dari spesifikasi Triumph Daytona 675. Langsung saja, Triumph Daytona 675 ini akan mengandalkan mesin In Line 3 silinder yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 675cc, tipe DOHC-12 katup dengan sistem pendingin cairan (Liquid Cooled). Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 94 kW setiap putaran ke 12.500 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 74 Nm setiap putaran ke 11.900 rpm dengan kecepatan maksimal atau top speednya diklaim mampu mencapai 278 Km/jam sehingga motorsport ini pun akan mampu melaju dengan tarikan buas dan kecepatan yang begitu tinggi layaknya MotoGP. Selain itu, Triumph Daytona 675 ini juga mengusung mesin berkarakter kuat di mana terlihat dari ukuran bore yang lebih besar dari stroke, yaitu 76 mm. Sementara untuk stroke memiliki ukuran 49,6 mm. Di samping itu, motorsport ini tak hanya memiliki tingkat kecepatan tinggi saja namun Triumph Daytona 675 ini juga dibekali mesin yang irit bahan bakar dan bahkan memiliki gas buang yang bersih. Pasalnya, untuk konsumsi bahan bakarnya mempunyai ukuran 4,1 liter / 100 km dengan kecepatan konstan 90 km/jam. Hal tersebut tak lepas dari uji emisinya yang sudah mencapai standar EURO 3. Tak sampai di situ saja, iritnya bahan bakar juga dikarenakan adanya teknologi Electric Fuel Injection dengan 2 buah injector plus SAI. Terakhir, guna menyalurkan tenaga mesin yang dihasilkan maka spesifikasi Triumph Daytona 675 mengandalkan sistem transmisi 6 percepatan dengan kopling tipe Wet, Multiplate, dan Slipper.

Fitur

Dilengkapi Fitur Pengereman ABS Guna Menunjang Keselamatan Penumpang

Nah, pada pembahasan terakhir mengenai spesifikasi Triumph Daytona 675 ini, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas fitur-fitur yang disematkan pada Triumph Daytona 675 di mana salah satunya yaitu fitur keselamatan. Guna menunjang keselamatan pengemudi maupun penumpangnya maka Triumph membenamkan sistem pengereman berteknologi ABS yang akan mengontrol laju kecepatan dari motorsport ini ketika rem mendadak dilakukan sehingga kemungkinan kecelakaannya sangat kecil. Selain itu, untuk menunjang keamanan pabrik asal Inggris ini juga mengusung teknologi Immobilizer yang akan melindungi motor dari tindakan pencurian. Tak sampai di situ saja, spesifikasi Triumph Daytona 675 juga mengusung teknologi Slip-Assist Clutch guna memperlancar proses pengoperasian gigi dan menjadikan proses akselerasi mampu diraih dengan cepat. Dari spesifikasi Triumph Daytona 675 ini, tampak bahwa garapan Triumph memang tak pernah main-main.

Video Triumph Daytona 675

Berikut ini adalah official video Triumph Daytona 675 yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Triumph ini:

Spesifikasi Triumph Daytona 675

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi2045 mm X 695 mm X 1112 mm
Jarak Sumbu1375 mm
Tinggi Jok820 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar17.4 liter
Berat Kosong167 kg
Mesin
Tipe MesinLiquid-cooled, 12 valve, DOHC, in-line 3-cylinder
Volume Silinder675cc
Bore X Stroke76 mm / 49.6 mm
Kompresi13.1:1
Daya Maksimal128 PS (94 kW) @ 12,500 rpm
Torsi Maksimal74 Nm @ 11,900 rpm
Sistem Suplai Bahan BakarMultipoint sequential electronic fuel injection with twin injectors, forced air induction and SAI
Gigi Transmisi6-speed
KnalpotStainless steel 3 into 1 system with under engine silencer incorporating a valve
KoplingWet, multi-plate, slipper
Rangka
Tipe RangkaFront – Aluminium beam twin spar. Rear – 2 piece high pressure die cast
Tipe Suspensi DepanKYB 41 mm upside down forks with adjustable preload, rebound and high/low speed compression damping, 110 mm travel (Standar) & Öhlins 43 mm upside down NIX30 forks with adjustable preload, rebound and compression damping, 120 mm travel (R)
Tipe Suspensi BelakangKYB monoshock with piggy back reservoir adjustable for rebound and high/low speed compression damping, 129 mm rear wheel travel (Standar) & Öhlins TTX36 twin tube monoshock with piggy back reservoir, adjustable, rebound and compression damping, 133 mm rear wheel travel (R)
Rem DepanTwin 310 mm floating discs, Nissin 4-piston radial mono-block calipers (Switchable ABS )
Rem BelakangSingle 220 mm disc, Brembo single piston caliper (Switchable ABS)
Ukuran Ban Depan120/70 ZR17
Ukuran Ban Belakang180/55 ZR17

Harga Triumph Daytona 675

Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan yang mungkin ditunggu-tunggu di mana pada pembahasan kali ini Mas Sena akan memberikan informasi mengenai harga Triumph Daytona 675. Jika kita lihat kembali spesifikasinya, kuda besi ini memang memiliki gaya desain sporty yang sangat khas layaknya motor balap, baik dari bodi depan, samping hingga pada buritannya. Tentu saja, dengan desain seperti itu sah-sah saja apabila dirasa harga Triumph Daytona 675 ini bakal menjulang layaknya motor balap. Selain itu, motorsport ini pun juga memiliki dimensi kokoh dan kaki-kaki yang kuat sehingga mampu menampung bobot motor ini yang dirasa cukup berat. Tak hanya itu saja, Triumph Daytona 675 juga mengusung mesin tipe DOHC 3 silinder dengan kapasitas 675cc dan bersistem transmisi 6 percepatan manual kopling sehingga mampu memberikan tenaga dorongan yang optimal. Di samping itu, sebagai motor sport kelas premium, tentu juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik dan canggih, seperti ABS, Immobilizer, dan Slip-Assist Clutch. Dengan demikian, kira-kira berapa ya harga Triumph Daytona 675 ini?

Harga Triumph Daytona 675

Harga Triumph Daytona 675 Terbaru

Nah, jika membahas harga, pastinya harga Triumph Daytona 675 yang akan dipatok oleh pabrik tentu juga disesuaikan dengan spesifikasi yang diusungnya. Berkaitan dengan harga, jika mempertimbangkan dari spesifikasi dan dari beberapa informasi yang diperoleh dari para intelijen Mas Sena, harga Triumph Daytona 675 akan dibanderol mulai dari $ 12.000.00 atau setara dengan Rp 365 jutaan. Harga tersebut merupakan harga OTR Jakarta sehingga sangat dimungkinkan harganya bisa berubah sewaktu-waktu jika dijual di daerah lain. Terlepas dari itu, Triumph Daytona 675 juga akan tampil dengan 2 warna menarik, antara lain perpaduan warna Crystal White dengan warna Sapphire Blue dan yang kedua adalah perpaduan warna Jet Black dengan warna Diablo Red. Selain itu, terdapat varian Triumph Daytona 675 R yang memiliki perbedaan mencolok pada bagian suspensi dengan menggunakan komponen Öhlins. Menariknya, harga Triumph Daytona 675 R tersebut jauh lebih tinggi di 395 juta Rupiah.

Harga Triumph Daytona 675

Triumph Daytona 675Triumph Daytona 675 R
Rp. 365.000.000,-Rp. 395.000.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Triumph Daytona 675 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Triumph Daytona 675
Advertisement

Berbicara masalah harga Triumph Daytona 675 ini, apabila kita melihat pada spesifikasinya secara lengkap, mulai dari desain eksteriornya, panel indikator, dimensi, suspensi, mesin dan fitur-fiturnya maka bisa disimpulkan jika harga Triumph Daytona 675 tersebut sudah cukup sesuai meskipun tergolong mahal. Namun, meskipun dibanderol dengan harga tinggi, tampaknya kuda besi ini bakal tetap memiliki pembeli mengingat spesifikasi yang diusungnya sangat canggih dan inovatif. Akan tetapi, sepertinya perjalanan Triumph Daytona 675 ini bakal menuai hambatan mengingat persaingan motorsport juga masih didominasi oleh Honda dan Yamaha yang saat ini masih terus bersaing. Akankah Triumph mampu bersaing dengan kedua produsen asal Jepang tersebut? Kita lihat saja pertarungan mereka di pasar otomotif. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Triumph Daytona 675. Sekian dan terimakasih. Baca juga Suzuki GSX-S750 ABS dan Honda CBR500R.

Top