Spesifikasi dan Harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS – Tahun 2016 ini, tampaknya pabrikan otomotif asal Jepang, Suzuki sedang giat-giatnya menggempur pasar otomotif global pada segmen kendaraan roda dua dengan beragam produk terbarunya. Jika sebelumnya kabarnya akan merilis Suzuki GSX Series dalam waktu dekat ini maka belum lama ini pun Suzuki diberitakan juga akan segera memperkenalkan sebuah motor gede yang bertajuk Suzuki V-Strom 650 XT ABS. Motor gede yang satu ini memang diperuntukkan khusus untuk melibas beragam jenis medan jalan. Tentu saja, libasan yang dimaksud adalah cara melibas dengan keren ala laki. Sehingga, Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini diklaim akan sangat cocok jika dijadikan partner atau teman dalam menghabiskan waktu akhir pekan untuk berpetualang dengan menjelajah berbagai medan terjal. Selain itu, Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini pun diyakini akan menyasar pada segmen kelas menengah dengan mengusung spesifikasi yang cukup gahar. Sehingga, banyak pengamat yang memprediksi bahwa kehadiran Suzuki V-Strom 650 XT ABS akan menggoyang jagad dunia otomotif motor gede kelas menengah.

Suzuki V Strom 650 XT ABS

Suzuki V Strom 650 XT ABS

Seperti dengan apa yang sudah dikatakan di atas, Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini merupakan motor gede yang memiliki mesin pacu sangat gahar dan dibalut dengan tampilan begitu macho. Pasalnya, Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini mengusung gaya desain yang elegan dan macho, mulai dari tampilan depan hingga bodi belakangnya sehingga kesan kegagahannya pun cukup tampak dengan jelas. Tak hanya itu saja, Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini juga akan dibekali mesin pacu yang begitu gahar, yaitu dengan mengandalkan tipe DOHC 4 langkah berpendingin cairan dan memiliki kapasitas mesin 645cc yang akan membuat motor gede ini mampu melesat begitu cepat dan gesit. Selain itu, Suzuki V-Strom 650 XT ABS juga mengusung fitur keselamatan berupa sistem pengereman berteknologi ABS yang mampu menunjang keselamatan pengemudinya. Nah, beberapa spesifikasi tersebut merupakan penjelasan singkat secara umum. Tetapi, sebenarnya masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini. Mau tahu? Pada pembahasan kali ini Mas Sena akan mengajak kawan semua untuk mengulas secara rinci mengenai spesifikasi dan harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS. Yuk, kita simak bersama.

Motor Suzuki V Strom 650 XT ABS

Motor Suzuki V Strom 650 XT ABS

Spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS

Motor Gede dengan Gaya Desain Khas Motor Penjelajah

Untuk mengawali pembahasan maka kali ini Mas Sena akan memulai pembahasan mengenai tampilan terluar dari spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS. Pada bagian terluar ini, motor gede besutan Suzuki ini memang dibangun dengan konsep motor penjelajah di mana disematkan sebuah fairing berbentuk setengah body yang menutupi pada sektor bagian depan. Kemudian, pada headlamp atau lampu depannya dibenamkan sebuah single headlamp dan lampu sein yang letaknya terpisah pada bagian bawahnya. Sehingga, dengan disematkannya komponen pada Suzuki V-Strom 650 XT ABS tersebut pencahayaan lebih maksimal dan lebih terang pastinya. Selain itu, hal yang cukup unik yaitu pada bagian depan dilengkapi pula dengan Windscreen yang terpasang di atas headlampnya berbahan kaca yang berfungsi untuk membelah angin supaya berkendara secara lebih nyaman. Sementara itu, untuk posisi riding sendiri, pengendara Suzuki V-Strom 650 XT ABS secara otomatis akan dibuat tegap. Sebab, moge garapan Suzuki ini memiliki handle bar berukuran panjang pada posisi lebih tinggi dari pada tempat duduk dan tangki bahan bakar berkapasitas 20 liter. Menginjak pada sektor belakang, motor gede garapan Suzuki ini mengusung led tail light plus behel yang sekaligus bisa dijadikan sebagai sandaran ketika pengguna menambahkan box di belakang. Dan tak ketinggalan pada bagian sisi samping pada mesin, Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini dilengkapi pula dengan lampu tembak, sebagai pencahayaan tambahan saat berada pada kondisi minim cahaya. Selain itu, hal yang cukup unik dan berbeda dengan motor big bike lainnya, bagian knalpot dirancang lebih besar dan mengarah ke atas, sehingga tampak menempel pada buritan motor sehingga tampak keren. Secara keseluruhan, tampaknya sektor tampilan desain dari spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini tampak begitu elegan khas motor penjelajah.

Spesifikasi Suzuki V Strom 650 XT ABS

Spesifikasi Suzuki V Strom 650 XT ABS

Panel Indikator Andalkan Sistem Digital

Selanjutnya, pada sesi ini Mas Sena akan mulai untuk membahas pada sektor instrumen indikator dari spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS. Tampaknya, sebagai moge kelas premium, tentu Suzuki juga menyematkan panel indikator canggih. Dalam hal ini, panel indikator yang diusung moge ini bisa dibilang cukup lengkap. Pasalnya, hampir secara keseluruhan Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini menggunakan sistem digital dengan memberikan tampilan menu yang sangat lengkap, antara lain indikator kecepatan dan jarak tempuh, penunjuk jumlah bahan bakar yang ada dalam tangki, dan yang cukup menarik pada panel indikator dari model ini yaitu dilengkapi juga penunjuk informasi mengenai rata-rata konsumsi bahan bakar sewaktu digunakan dalam perjalanan. Selain itu, pada panel indikatornya, Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini juga dilengkapi posisi penunjuk lampu sein ketika dinyalakan. Dengan demikian, jika kita melihat secara keseluruhan pada sektor panel indikator dari spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini, tampaknya memang panel indikatornya mengusung sebuah instrumen canggih yang begitu fungsional sehingga akan memberikan informasi yang cukup jelas kepada pengendaranya terkait keadaan motornya.

Spesifikasi Motor Suzuki V Strom 650 XT ABS

Spesifikasi Motor Suzuki V Strom 650 XT ABS

Dimensi Besar Namun Tetap Ringan Berkat Rangka Material Twin-Spar Aluminium-Alloy

Untuk pembahasan berikutnya, kali ini Mas Sena akan mencoba untuk membahas dimensi dari spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS. Seperti yang sudah diketahui di atas bahwa Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini merupakan sebuah moge atau big bike yang memiliki bodi besar sehingga perlu rangka kuat untuk menopang bobot bodi yang begitu besar tersebut. Oleh sebab itu, Suzuki membekali motor garapannya ini dengan rangka dari jenis material Twin-Spar Aluminium Alloy sehingga meskipun besar dan berbobot 215 kg namun, Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini akan tetap terasa ringan jika dikendarai. Selain itu, bodinya yang besar tersebut memiliki ukuran dimensi dengan panjang 2.290 mm, lebar 835 mm, dan tingginya mencapai 1.405 mm serta memiliki jarak sumbu roda 1.560 mm. Selain itu, untuk ketinggian tempat duduknya mencapai 835 mm. Jika kita melihat ukuran dimensi dari Suzuki V-Strom 650 XT ABS tersebut maka bagi para pengguna yang bertubuh kurang tinggi akan mengalami kesulitan karena dirasa cukup tinggi untuk ukuran postur orang Indonesia. Namun, jika sudah dikendarai dan dijalankan maka motor ini tetap terasa nyaman. Apalagi jika melewati medan bergeronjal dan banyak batu, pengguna Suzuki V-Strom 650 XT ABS  ini tak perlu khawatir jika motor akan tergesek pada medan jalan yang banyak polisi tidur atau jalan berlubang tersebut sebab motor gede besutan Suzuki ini memiliki ukuran ground clearance setinggi 175 mm. Dengan begitu, bisa diketahui bahwa spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS pada sektor dimensinya dirasa cukup ringan namun tetap kokoh.

Review Suzuki V Strom 650 XT ABS

Review Suzuki V Strom 650 XT ABS

Berkendara Lebih Nyaman Berkat Kaki-Kaki yang Kokoh

Advertisement

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kita akan mengulas pada sektor kaki-kaki dari spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS. Sektor kaki-kaki dalam hal ini cukup penting untuk dibahas dan diketahui karena sangat menunjang kenyamanan penggunanya dalam berkendara. Oleh sebab itu, untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara maka Suzuki melengkapi moge garapannya ini dengan sepasang suspensi depan dan belakang. Untuk bagian depan, menggunakan suspensi jenis teleskopik, sedangkan untuk suspensi bagian belakang, Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini menggunakan model monoshock cross jenis link type di mana bisa disesuaikan secara manual melalui panel yang letaknya berada di sampingnya. Dengan dibekalinya kedua suspensi tersebut, tentu setiap getaran yang ditimbulkan ketika melewati jalan bergeronjal akan diredam secara maksimal sehingga pengendaranya pun tetap akan merasa nyaman. Selain itu, masih pada kaki-kakinya, diketahui bahwa Suzuki membekali dengan velg yang terlapis ban tubeless di mana untuk sektor depan memiliki ukuran 110/80 R19M/C dan untuk sektor belakangnya berukuran 150/70 R17M/C. Dengan disematkannya kedua velg tersebut maka Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini akan memberikan keseimbangan yang tinggi. Tak sampai di situ saja, motor besutan Suzuki ini juga disematkan pula fitur keselamatan pada pengereman berupa dual cakram di bagian depan berukuran 310 mm dan single disc berukuran 210 mm di bagian belakang yang akan memberikan tingkat pengereman secara optimal. Bahkan, dengan diselaraskannya kedua pengereman tersebut dengan teknologi ABS (Anti-Lock Brake System), yang dengan adanya fitur tersebut akan lebih memaksimalkan lagi pengereman supaya lebih aman, meskipun nantinya melakukan pengereman pada kecepatan tinggi, ataupun pada saat berada posisi menikung. Dilihat dari spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS tersebut, nampaknya penunggang motor ini siap melibas jalan dalam bentuk apapun juga.

Harga Motor Suzuki V Strom 650 XT ABS

Harga Motor Suzuki V Strom 650 XT ABS

Dibekali Mesin Gahar Tipe DOHC 4 Langkah Berkapasitas 645cc

Setelah kita ketahui pada bagian luarnya, kini saatnya Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk menilik jeroan dari spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS, yaitu pada sektor dapur pacunya. Sebagai moge, tentu Suzuki membenamkan komponen mesin yang gahar di mana dalam hal ini, Suzuki V-Strom 650 XT ABS dibekali mesin tipe DOHC 4-langkah V-Twin yang memiliki kapasitas mesin sebar 645cc dan memiliki perbandingan kompresi 11.2:1. Namun, sampai saat ini masih belum diketahui berapa daya maksimum dan torsi maksimum yang bisa dicapai mesin Suzuki V-Strom 650 XT ABS tersebut. Tetapi, hal yang jelas bahwa dengan melihat kapasitas mesin yang dibawanya tersebut, tentu tak perlu dipertanyakan lagi kehandalannya, sebab sudah dipastikan bahwa dengan mesin tersebut akan memberikan tenaga dorong yang powerfull sehingga bisa mencapai kecepatan maksimum hanya dalam hitungan detik saja. Tenaga mesin tersebut akan disalurkan melalui sebuah sistem transmisi 6 percepatan constant mesh. Di samping itu, Suzuki V-Strom 650 XT ABS juga sudah dilengkapi dengan sistem suplai bahan bakar Suzuki Fuel Injection sehingga bisa membuat pemakaian bahan bakar semakin lebih efisien dan lebih irit. Di sisi lain, Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini juga sudah bersertifikat Euro 4. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa motor ini benar-benar ramah terhadap lingkungan serta pastinya ramah pula dengan pemakaian bahan bakar. Sehingga, tak mengherankan jika nantinya banyak pengguna yang mengklaim bahwa spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini sangatlah sempurna dalam hal performa.

Dilengkapi Fitur Keselamatan dan Keamanan Canggih

Selain memiliki desain dan performa yang terbilang gahar, spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur-fitur canggih berteknologi tinggi guna menunjang keselamatan dan keamanan penggunanya. Pertama, untuk menunjang keselamatan penumpang Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini maka Suzuki membenamkan sistem pengereman ABS (Anti-Lock Brake System) yang mampu mengurangi resiko kecelakaan. Selain itu, untuk menunjang keamanan maka Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini dilengkapi dengan fitur SAIS (Suzuki Advanced Immobilizer System) yang berfungsi untuk menekan resiko pencurian. Sebab, dengan adanya fitur tersebut maka tak sembarang kunci bisa digunakan. Hanya kunci asli saja yang bisa digunakan untuk mengoperasikan motor gede ini. Tampaknya, memang Suzuki tak hanya membekali spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini hanya pada sektor desain dan performanya saja melainkan juga memperhatikan keamanan dan keselamatan penggunanya.

Suzuki V-Strom 650 XT ABS

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 2290 X 835 mm X 1405 mm
Jarak Sumbu 1560 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 175 mm
Tinggi Jok 835 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 20 liter
Berat Kosong 215 kg
Mesin
Tipe Mesin 4-stroke, liquid-cooled, DOHC, 90° V-Twin
Volume Silinder 645 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar Suzuki Fuel Injection
Gigi Transmisi 6-speed constant mesh
Sistem Start Electric
Rangka
Tipe Suspensi Depan Telescopic, coil spring, oil damped
Tipe Suspensi Belakang Link type, coil spring, oil damped
Rem Depan Disc brake, twin rotor
Rem Belakang Disc brake, mono rotor
Ukuran Ban Depan 110/80R19M/C 59H, tubeless
Ukuran Ban Belakang 150/70R17M/C 69H, tubeless
Kelistrikan
Tipe Pengapian Electronic ignition (Transistorized)
Headlight 12V 60/55W (H4) × 2
Tail Light 12V 21/5W

Harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS

Setelah membahas spesifikasi pada beberapa segmen di atas, kini waktunya kita untuk mengetahui dan mengulas harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa spesifikasi Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini memiliki sektor eksterior yang tampil begitu macho dan tampak garang, baik pada tampilan bodi depan, samping dan belakang dengan beragam fitur yang tersematkan pada sektor tampilan bodinya. Tentu saja, berbekal tampilan tersebut nampaknya hanya laki yang macho dan bekantong tebal yang mampu menebus harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS  ini. Selain itu, untuk sektor dapur pacunya, Suzuki V-Strom 650 XT ABS dibekali dengan mesin yang handal, yaitu tipe DOHC berpendingin udara dengan kapasitas mesin 645cc dan bersistem transmisi 6 percepatan di mana mesin tersebut diklaim dan diyakini mampu memberikan hasil tenaga yang begitu gahar, handal, dan gesit. Sehingga, merupakan suatu hal yang wajar jika nantinya para penggemar moge pun akan kepincut pada moge besutan Suzuki ini. Di sisi lain, Suzuki V-Strom 650 XT ABS juga dilengkapi fitur keselamatan berupa pengereman ABS dan fitur keamanan dengan mengandalkan teknologi SAIS yang akan membuat keselamatan penggunanya lebih terjamin dan keamanan motornya lebih terjamin pula. Dengan demikian, lantas berapa ya harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini?

Harga Suzuki V Strom 650 XT ABS

Harga Suzuki V Strom 650 XT ABS

Harga Suzuki V Strom 650 XT ABS Terbaru

Harga Suzuki V Strom 650 XT ABS Terbaru

Berbicara mengenai harga, sebetulnya bukan hal yang mudah untuk bisa mendapatkan motor gede dari garapan Suzuki ini. Seperti tipe moge lainnya, harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS dibanderol dengan nominal angka yang cukup tinggi sehingga mungkin bisa saja menjadikannya cukup sulit dijangkau bagi calon konsumen yang berada pada kalangan menengah ke bawah dengan penghasilan yang “pas-pas’an. Pasalnya, berdasarkan informasi yang didapatkan dari para intelijen Mas Sena, harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS berkisar antara Rp 190 – Rp 200 jutaan untuk OTR Jakarta. Meskipun harga tersebut baru perkiraan dari para pengamat otomotif mengingat belum ada konfirmasi dari pihak Suzuki mengenai harga resmi Suzuki V-Strom 650 XT ABS, namun jika melihat kisaran harganya tersebut, tentu sudah bisa dipastikan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menjangkaunya. Di sisi lain, Suzuki V-Strom 650 XT ABS juga bakal hadir dengan beberapa varian warna, antara lain Metallic Matte dan Fibroin Gray di mana keduanya warna tersebut juga belum diketahui apakah berpengaruh juga pada fluktuasi harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini.

Harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS

Tipe Harga
Suzuki V-Strom 650 XT ABS Rp. 190.000.000,00 s/d Rp. 200.000.000,00

Catatan : 

  • Harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS

Memang, harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS yang diprediksi dari para pengamat ahli otomotif tersebut dinilai sangat mahal. Namun, harganya yang mahal tersebut sudah sangat sesuai dengan spesifikasinya yang sangat mumpuni dan gaya desainnya yang terbilang cukup macho dan keren. Namun, kendala yang mungkin akan menjadi hambatan bagi Suzuki V-Strom 650 XT ABS yaitu persaingan moge di kelas menengah juga cukup ketat mengingat masih ada Yamaha MT-09 Tracer dan Kawasaki Versys 650 yang juga mengincar pada segmen yang sama. Pasalnya, banderol dan spesifikasi yang ditawarkan para pesaingnya tersebut memang sebanding dengan spesifikasi dan harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS ini. Sehingga, bakal menjadi pertarungan yang seru bagi para produsen tersebut dalam merebut hati para calon konsumennya. Itulah tadi pembahasan yang Mas Sena ulas mengenai spesifikasi dan harga Suzuki V-Strom 650 XT ABS. Sekian dan terimakasih. Baca juga Triumph Daytona 675 dan Suzuki GSX-S750 ABS.

Top