Spesifikasi dan Harga Honda Beat Street eSP Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Honda Beat Street eSP – Sebelumnya, Honda diketahui akan meluncurkan 2 skutik terbarunya yang di antaranya Beat POP eSP dan Beat eSP 2016. Kini pabrikan asal Jepang tersebut dikabarkan juga akan segera merilis skutik matik dari jajaran keluarga skutik Beat juga, yaitu Honda Beat Street eSP. Skutik ini memang sengaja diproduksi oleh pihak Honda sebagai pesaing dari Yamaha X-Ride yang sebelumnya sudah dirilis terlebih dahulu dengan mengusung gaya desain adventure. Sehingga Honda Beat Street eSP ini tentu akan sangat cocok bagi para pengguna yang hobi menjelajah di berbagai medan jalan. Selain itu, dengan tampilan luarnya yang anti mainstream dibandingkan skutik lain sekelasnya, tentu Honda Beat Street eSP akan lebih memikat perhatian setiap calon penggunanya.  Perkembangan motor matik atau skutik di jagad industri otomotif saat ini memang menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Hal tersebut bisa dilihat dari meningkatnya total penjualan pada segmen skutik besutan beberapa produsen. Mengetahui hal tersebut maka wajar saja jika kini Honda ikut-ikutan curi kesempatan dengan menerbitkan skutik anti mainstream ala Honda Beat Street eSP tersebut.

Honda Beat Street eSP

Honda Beat Street eSP

Di samping itu, merupakan suatu hak yang wajar jika banyak orang yang melirik Honda Beat Street eSP ini. Pasalnya motor matik garapan Honda ini memang mengusung desain yang tampak agresif dan gagah jika dibandingkan motor matik lain, baik dari depan, samping, ataupun hingga belakang. Di sisi lain, Honda Beat Street eSP ini pun juga bakal membawa spesifikasi mesin pacu yang handal, yaitu dengan menggendong mesin SOHC eSP berkapasitas 110cc sehingga akan memberikan hasil tenaga mesin yang cukup handal untuk skutik sekelasnya. Tak hanya itu saja, Honda Beat Street eSP ini pun juga dilengkapi dengan fitur kenyamanan berupa panel indikator LCD digital modern yang siap memberikan informasi kepada penggunanya terkait keadaan motor. Selain itu, masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki skutik besutan Honda ini. Ingin tahu, apa saja ya kelebihannya. Nah, kali ini Mas Sena akan mengulas secara terperinci mengenai spesifikasi dan harga Honda Beat Street eSP yang akan dijelaskan pada beberapa segmen di bawah ini.

Motor Honda Beat Street eSP

Motor Honda Beat Street eSP

Spesifikasi Honda Beat Street eSP

Skutik dengan Gaya Desain Macho Khas Motor Petualang

Sedikit berbeda dari beberapa skutik lainnya garapan beberapa pabrik, spesifikasi Honda Beat Street eSP ini memiliki sektor tampilan eksterior yang tampil lebih dinamis dan gagah. Pasalnya, selain untuk menyaingi Yamaha X-Ride, Honda Beat Street eSP ini juga dihadirkan bagi para calon konsumen pecinta petualang sehingga skutik ini cocok bagi mereka yang hobi berpetualang melibas setiap medan yang ditempuh. Nah, menyesuaikan karakter tersebut maka Honda pun mengusung tampilan dari spesifikasi Honda Beat Street eSP ini dengan memperlihatkan desain yang menarik. Dari bagian depan, tampak terpasang headlamp berukuran besar yang hampir menutupi seluruh bagian depannya dengan gaya rancang membentuk tipe V meruncing di mana pada sisi kanan kirinya terpasang sepasang lampu sein yang menyatu dengan headlamp. Lalu, jika dilihat dari samping pun tampak bodi Honda Beat Street eSP ini dilengkapi dengan beberapa lekukan yang jelas namun terkesan kalem terbalut warna hitam dengan striping tebal yang menambah kesan agresif. Uniknya, Honda membekalinya dengan stang tanpa cover, sehingga tampak seperti layaknya motor sport ataupun stang motor trail yang melengkung ke atas dengan sudut lebar cukup panjang. Kemudian, menginjak pada buritannya, Honda Beat Street eSP ini terlihat dirancang dengan gaya desain yang meruncing ke belakang menyatu dengan jok sehingga menampilkan kesan yang lebih macho. Lalu ada pula tangki bahan bakar yang siap menampung BBM hingga 4 liter dan dibawah jok telah terpasang box penyimpanan berkapasitas 11 liter. Tampaknya, sektor eksterior dari spesifikasi Honda Beat Street eSP ini memang menampilkan desain gagah dan macho layaknya motor petualang.

Spesifikasi Honda Beat Street eSP

Spesifikasi Honda Beat Street eSP

Dibekali Panel Indikator Digital Modern

Setelah membahas desainnya, kini kita akan mencoba untuk melihat dan mengulas pada sektor panel atau instrument indikator dari spesifikasi Honda Beat Street eSP. Jika kita melihat sepintas, memang panel indikator yang dibawa skutik ini tampak berbeda dari skutik yang lain. Pasalnya, Honda memang mendesain panel indikator dengan gaya desain yang modern dan futuristik. Hal tersebut terlihat dari diusungnya panel indikator digital LCD dengan latar belakang berwarna orange yang begitu sporty dan futuristis pada Honda Beat Street eSP ini. Pada panel indikatornya, terdapat 2 bagian saja, yaitu atas dan bawah. Untuk bagian atas menampilkan kecepatan tempuh dari skutik ini dan indikator bahan bakar yang berada di sampingnya dengan menampilkan angka digital yang jelas. Sementara itu, untuk bagian bawahnya menampilkan indikator lampu jarak jauh, lampu sein, dan lain-lain. Dengan melihat beberapa bagian pada panel indikator dari spesifikasi Honda Beat Street eSP tersebut, maka bisa diketahui bahwa memang skutik garapan Honda ini mengandalkan desain indikator yang modern dan informatif sehingga pengemudinya pun akan mudah memahami informasi mengenai keadaan motornya. Jika dilihat, memang spesifikasi Honda Beat Street eSP pada panel indikatornya kali ini agak berbeda dengan saudara-saudaranya terdahulu.

Spesifikasi Mortor Honda Beat Street eSP

Spesifikasi Mortor Honda Beat Street eSP

Dimensi Mungil Mengusung Rangka Tulang Punggung Kokoh

Sudah kita ketahui bersama bahwa spesifikasi Honda Beat Street eSP pada sektor desainnya memang menampilkan gaya desain yang sporty dan macho. Tampilan eksterior tersebut juga tak lepas dari rangka penyusunnya sendiri di mana dalam hal ini Honda mengandalkan tipe rangka tulang punggung yang kokoh dan kuat untuk menahan setiap beban. Jika melihat rangkanya dan bentuk bodinya, tampaknya Honda Beat Street eSP memang mirip dengan rangka yang diusung beberapa generasi pendahulunya dari keluarga jajaran Beat eSP di mana memiliki ukuran dimensi 1.856 mm, lebar 666 mm, tinggi 1.068 mm dengan jarak sumbu rodanya mencapai 1.256 mm dan bobot yang mencapai 92 kg. Walaupun demikian, ternyata dari data yang Mas Sena dapat  Honda Beat Street eSP ini memang memiliki ukuran yang sedikit berbeda dari pendahulunya.  Tercatat motor ini memiliki dimensi 1856 x 741 x 1054 mm yang memberikan bukti lebih besarnya skutik ini dibandingkan generasi beAT sebelumnya. Nah, untuk jarak dari tanah pun sedikit lebih menjulang dengan ukuran 146mm. Dapat disimpulkan dari desain tersebut bahwa spesifikasi Honda Beat Street eSP ini cukup kokoh untuk sekelas skutik.

Review Honda Beat Street eSP

Review Honda Beat Street eSP

Disokong Kaki-Kaki Kokoh dengan Suspensi Tangguh

Advertisement

Tak hanya tangguh pada rangkanya saja melainkan pada spesifikasi Honda Beat Street eSP di sektor kaki-kakinya, Honda juga menyematkan velg racing yang memiliki ukuran 14 inci yang menambah kesan gagah dan sporty. Velg tersebut akan dilapisi dengan ban tubeless dengan ukuran yang cukup besar untuk sekelas motor mati. Untuk bagian depan memiliki ukuran 80/90 – 14 M/C40P. Sementara itu, untuk bagian belakang akan menggunakan ban berukuran 90/90 – 14 M/C 46 P. Selain itu, guna menunjang kenyamanan dalam berkendara, Honda Beat Street eSP pada sektor kaki-kakinya tersebut dilengkapi dengan fitur suspensi yang kokoh dan kuat di mana untuk suspensi depannya mengandalkan tipe teleskopik. Sedangkan, untuk suspensi pada bagian belakang menggunakan jenis lengan ayun peredam kejut tunggal. Sehingga, dengan disematkannya kedua suspensi tersebut maka pengendara Honda Beat Street eSP inipun tetap akan merasa nyaman dalam mengemudikan skutik ini meskipun melewati jalanan bergeronjal dan penuh lubang. Di sisi lain, untuk sistem remnya, motor matic ini memiliki rem depan cakram hidrolik yang dimaksimalkan oleh satu piston. Sayangnya untuk bagian belakang spesifikasi Honda Beat Street eSP ini masih memakai rem tromol ala motor matik pada umumnya.

Harga Motor Honda Beat Street ESP

Harga Motor Honda Beat Street ESP

Mengusung Mesin Handal Tipe SOHC Berkapasitas 110cc

Berikutnya, pada sesi kali ini Mas Sena akan mencoba untuk menilik jeroan dari spesifikasi Honda Beat Street eSP yaitu pada sektor dapur pacu atau permesinannya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Honda Beat Street eSP ini merupakan skutik yang ditujukan bagi para pengguna yang suka berpetualang di berbagai medan. Oleh sebab itu, untuk menunjang karakter petualang tersebut maka skutik garapan Honda ini akan dibekali tipe mesin SOHC 4-langkah dengan kapasitas mesin 108.2cc dengan tipe sistem transmisi otomatis V-Matic. Mesin Honda Beat Street eSP tersebut diketahui mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 6.38 kW setiap putaran 7.500 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 9.01 Nm pada putaran ke 6.500 rpm. Melihat tenaga yang dihasilkan tersebut, tampaknya mesin yang diusung Honda Beat Street eSP ini cukup gahar untuk skutik matik di kelasnya. Yang menarik, mesin tersebut akan lebih dioptimalkan dengan teknologi eSP dengan perbandingan kompresi 9.5:1 di mana dengan penggunaan teknologi tersebut maka membuat motor semakin irit bahan bakar dan kinerja mesinnya lebih responsif. Tak hanya itu saja, untuk sistem pembakarannya sudah mengandalkan sistem Injeksi (PGM-FI) yang akan semakin meningkatkan tingkat efisiensi bahan bakar serta membuat Honda Beat Street eSP ini menjadi ramah lingkungan. Dengan mengetahui mesin tersebut, tampaknya spesifikasi Honda Beat Street eSP pada sektor dapur pacunya akan memberikan performa yang bisa diandalkan untuk melewati berbagi medan jalan dengan lancar.

Dilengkapi Fitur Kenyamanan dan Keselamatan Memadai

Sebanding dengan harganya yang diklaim bakal kompetitif, spesifikasi Honda Beat Street eSP ini pun juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik dan cukup canggih. Terkait fitur kenyamanan, guna menunjang rasa nyaman pengendaranya maka Honda pun membekali skutik garapannya ini dengan sepasang suspensi di mana suspensi depan mengandalkan tipe teleskopik dan untuk suspensi belakang menggunakan lengan ayun yang berkolaborasi dengan shockbreaker tunggal sehingga akan membuat pengendara maupun penumpang Honda Beat Street eSP ini merasa nyaman ketika melewati medan berlubang dan bergeronjal. Selain itu, untuk menunjang keselamatan, pabrikan asal Jepang tersebut membekali skutik besutannya tersebut dengan sistem pengereman cakram pada bagian depan dan rem belakang mengandalkan tipe pengereman tromol. Meskipun Honda Beat Street eSP ini tak dilengkapi dengan teknologi ABS namun seperti yang sudah dipaparkan di atas, motor ini juga memiliki fitur Combi Brake System yang akan menyatukan rem depan dan belakang menjadi satu kesatuan yang nantinya akan mengoptimalkan pengereman motor ini. Hal ini tentu merupakan sebuah kelebihan yang ditawarkan dalam spesifikasi Honda Beat Street eSP ini.

Honda Beat Street eSP

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1856 x 741 x 1054 mm
Jarak Sumbu 1256 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 146 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4 liter
Mesin
Tipe Mesin 4-Stroke, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP
Volume Silinder 108.2 cc
Bore X Stroke 50 x 55,1 mm
Kompresi 9.5 : 1
Daya Maksimal 6.38 kW @7.500 rpm
Torsi Maksimal 9.01 Nm @6.500 rpm
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Kopling Kering, Otomatis, Sentrifugal
Gigi Transmisi Otomatis, V-Matic
Kapasitas Oli Mesin 0,7 L (Exchange)
Rangka
Tipe Rangka Back Bone
Tipe Suspensi Depan Telescopic
Tipe Suspensi Belakang Swing Arm Mono Suspension
Rem Depan Hydraulic Disc
Rem Belakang Tromol
Ukuran Ban Depan 80/90-14M/C 40P- Tubeless
Ukuran Ban Belakang 90/90-14M/C 46P- Tubeless
Kelistrikan
Tipe Pengapian Full Transisterized, Baterai

Harga Honda Beat Street eSP

Pada sesi terakhir dari pembahasan ini, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengetahui dan mengulas harga Honda Beat Street eSP. Sebagaimana diketahui, Honda sering sekali menghadirkan produk-produk lawas yang terbarukan. Hal ini nampaknya juga sedikit terjadi pada skutik ini. Jika melihat parameter Honda, konsep terbarukan tersebut akan memiliki harga yang lebih tinggi. Tak heran jika harga Honda Beat Street eSP ini nantinya juga lebih tinggi daripada saudara-saudaranya. Tapi tunggu dulu, ada baiknya Mas Sena kembali menyegarkan terkait pembahasan mengenai spesifikasi yang sudah diuraikan di atas. Jika melihat dari segi tampilan, memang diakui bahwa Honda Beat Street eSP ini mengusung gaya desain yang begitu dinamis dan terkesan gagah sehingga cocok bagi para pengguna yang menyukai dunia petualang. Selain itu, sebagai skutik adventure maka Honda pun membekali mesin yang cukup gahar di mana mengusung tipe SOHC berkapasitas 108.2cc yang siap melibas setiap medan jalan. Tak sampai di situ saja, Honda Beat Street eSP ini juga dilengkapi dengan fitur suspensi kokoh dan sistem pengereman Combi Frame System yang akan membuat pengendaranya lebih terjamin kenyamanan dan keselamatannya. Dengan demikian, kira-kira berapa ya harga Honda Beat Street eSP?

Harga Honda Beat Street eSP

Harga Honda Beat Street eSP

Harga Honda Beat Street eSP Terbaru

Harga Honda Beat Street eSP Terbaru

Seperti dengan apa yang sudah dipaparkan di atas, harga Honda Beat Street eSP ini dibanderol tak berbeda jauh dengan Honda Beat eSP standar. Dengan kata lain, secara otomatis harga Honda Beat eSP Street akan dibanderol pada angka Rp 15,4 Juta rupiah. Harga Honda Beat Street eSP tersebut merupakan harga OTR (On The Road) untuk wilayah Jakarta sehingga beda daerah atau kota sangat dimungkinkan harganya pun berbeda dan cenderung sedikit lebih mahal. Di sisi lain, walaupun harga Honda Beat Street eSP ini cukup terjangkau, namun motor matic ini menawarkan pengalaman berbeda ketika dikendarai. Pasalnya, setiap pengguna akan merasa seolah menaiki motor trail yang siap menerjang semua rintangan ketika diajak berpetualang. Banderol harga Honda Beat Street eSP tersebut tentu sepadan dengan sensasi yang diberikannya.

Harga Honda Beat Street eSP

Rp. 15.400.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Honda Beat Street eSP diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda Beat Street eSP

Di sisi lain, dengan spesifikasi dan harga Honda Beat Street eSP ini, tentu sudah dipastikan akan semakin meramaikan persaingan di pasar motor matik di ranah Tanah Air. Selain itu, harga Honda Beat Street eSP yang berada pada posisi Rp 15,4 jutaan tersebut, tentu akan semakin membuat para calon konsumen tertarik mengingat tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Seperti yang sudah diuraikan di atas juga bahwa walaupun harganya tergolong murah namun spesifikasi yang diusung pun dinilai cukup mumpuni. Dengan demikian, munculnya Honda Beat Street eSP ini tentu akan menjadi ancaman bagi skutik sejenis seperti Yamaha X-Ride yang sudah dirilis terlebih dulu. Tentu, persaingan abadi kedua produsen kendaraan roda dua tersebut akan semakin panas. Itulah tadi ulasan mengenai spesifikasi dan harga Honda Beat Street eSP yang telah Mas Sena sampaikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Baca juga Honda BeAT Pop eSP dan Yamaha X Ride.

Top