Setelah Dijual di Eropa, Kapan XMAX 300 Dipasarkan di Negara Pembuatnya?

Produksi XMAX 300 di Indonesia Belum Diketahui – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kini tengah disibukkan dengan produksi skuter matik (skutik) berukuran besar yang mengusung nama XMAX 300. Model skutik terbaru Yamaha ini memang sengaja didesain untuk konsumen di pasar Eropa. Oleh karena itu, para pecinta skutik Yamaha di tanah air harus bersabar untuk bisa merasakan skutik bongsor tersebut.

produksi xmax 300 di indonesia belum diketahui

Pemasaran XMAX 300 yang hanya dilakukan di Eropa tersebut tentu bukan tanpa alasan. Bahkan, hal ini telah ditegaskan sebelumnya oleh Mohammad Masykur selaku asisten GM Marketing PT YIMM. Masykur mengatakan bahwa XMAX memang awalnya lahir di Eropa, kemudian XMAX 300 memang baru dirilis untuk pasar Eropa dan versi yang diluncurkan pun baru skutik dengan kapasitas 300 cc. Jika ada kesempatan untuk meluncurkan motor ini di negara lain, maka belum tentu bahwa yang diluncurkan adalah XMAX dengan versi 300 cc juga.

Selain itu, Masykur juga menjelaskan alasan kenapa XMAX 300 belum diproduksi di Indonesia. Alasan tersebut tentu tak bisa dilepaskan dari staretgi yang tengah dipersiapkan oleh pabrikan motor terkemuka tersebut.

Ia mengatakan bahwa pemasaran skutik ini memang untuk Eropa terlebih dahulu. Sama seperti dua motor Yamaha lainnya yaitu R25 dan NMAX yang sebaliknya ditujukan untuk pasar Indonesia terlebih dahulu. Sedangkan mengenai ketersediaan XMAX sendiri di Indonesia, pihak Yamaha belum bisa memastikan.

Untuk diketahui, bahwa XMAX 300 merupakan upgrade model dari XMAX 250 yang akan dijual di Eropa mulai 2017. Yamaha mengklaim bahwa skutik ini sangat nyaman dikendarai dan praktis digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Skuter dengan kapasitas 126 cc hingga 300 cc memang tengah booming. Bahkan, penjualan di Eropa untuk motor jenis ini hingga 90.000 unit. Versi XMAX yang lama juga cukup populer di sana.

Namun, tampaknya publik Eropa lebih menyukai vesri 300 cc sehingga Yamaha meningkatkan kapasitas mesin XMAX. Beberapa komponen baru pun juga ditambahkan seperti mesin Blue Core, fitur ABS dan TCS, bagasi baru, dan fitur kunci pintar.

Dilansir dari Otosia pada Rabu (19/10/2016) di Eropa motor akan dijual seharga 5.499 euro atau sekiat Rp 78 juta dengan target penjualna 6.000 unit di tahun pertama.

Top