Spesifikasi dan Harga Renault Koleos Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Renault Koleos – Sejak didirikan pada tahun 1990 lalu di Perancis, produsen otomotif Renault memang dikenal sudah banyak meluncurkan beragam jenis kendaraan roda empat. Meskipun namanya tak setenar Toyota atau Honda namun pabrikan asal Prancis ini tak bisa diremehkan begitu saja. Pasalnya, pabrik asal Prancis ini dikenal juga sudah meluncurkan berbagai jenis mobil dengan spesifikasi mumpuni seperti city car yaitu Renault Clio dan Zoe maupun Renault Koleos dan Captur di sektor SUV. Dari kesekian model atau tipe mobil yang diluncurkan tersebut, mobil yang cukup diandalkan Renault dalam bersaing di pasar otomotif untuk segmen SUV yaitu bernama Renault Koleos. Mobil yang kabarnya akan diluncurkan di Indonesia ini pun bakal menyasar pada segmen tipe mobil SUV kelas menengah dan tentunya akan dibanderol dengan harga yang lumayan cukup menguras kantong dompet. Meskipun demikian, Renault Koleos tampaknya akan tetap digemari oleh para calon konsumennya mengingat desain dan spesifikasi serta fiturnya pun juga terbilang cukup mumpuni di kelasnya. Dengan demikian, tampaknya Renault tak akan membekali Renault Koleos besutannya tersebut dengan spesifikasi yang sembarangan.

Renault Koleos

Renault Koleos

Jika membahas sedikit lebih dalam pada sektor tampilan desain dan spesifikasinya, Renault Koleos kabarnya akan mengadopsi gaya desain dari Nissan –Xtrail. Namun, nantinya untuk sektor desainnya, Renault Koleos akan tampak lebih elegan dan sporty dari Nissan X-Trail mengingat SUV garapan Renault ini akan disematkan beberapa inovasi terbaru dan canggih. Untuk performa mesinnya sendiri Renault Koleos akan dibekali mesin yang sama dengan Gearbox CVT berkapasitas 2.488cc tipe Multipoints Injection sehingga akan menghasilkan performa mesin yang cukup handal dan gahar. Tak sampai di situ, Renault Koleos nantinya juga bakal dilengkapi beragam fitur canggih dan menarik untuk menunjang keselamatan dan kemanan serta kenyamanan bagi para penumpangnya. Di sisi lain, jika menyoal pada SUV garapan Renault ini, memang tak akan ada habisnya mengingat mobil yang asal benua Eropa ini tentunya akan menawarkan keunggulan yang akan menarik perhatian para konsumen. Tentu, kawan-kawan Mas Sena ingin mengetahui lebih banyak lagi apa saja sih keunggulan dan kehebatan yang dimiliki Renault Koleos ini? Jangan khawatir, kali ini Mas Sena akan mengulas mengenai spesifikasi dan harga Renault Koleos secara lebih rinci dan detail. Tak perlu berlama-lama, yuk kita mulai bahas bersama!

Mobil Renault Koleos

Mobil Renault Koleos

Spesifikasi Renault Koleos

SUV Premium dengan Desain Sporty dan Elegan

Pada pembahasan pertama ini, Mas Sena ingin mencoba untuk mengulas spesifikasi Renault Koleos di sektor eksterior atau tampilan luarnya. Sebagai mobil SUV kelas menengah, pastinya tampilan yang terkesan mewah pun juga tak luput dari perhatian Renault. Oleh sebab itu, Renault mengusung gaya desain yang mewah dan sporty untuk memperkuat karakter SUV kelas premium ini. Hal tersebut tampak dari desain bodi Renault Koleos, mulai dari depan disuguhi oleh grille desain elegan dengan garis-garis horizontal yang beraksen chrome. Lalu tidak lupa juga disematkan headlamp LED yang dirancang begitu mewah sehingga akan memberikan pencahayaan yang lebih terang Renault Koleos. Pada versi facelift-nya ini headlamp dibuat lebih modern dengan posisi LED yang membentuk huruf L dibawah lampu utamanya. Kemudian, untuk front bumpernya juga tampak begitu mewah dan agresif dengan balutan lapisan full chrome mengkilat. Selain itu, tampak juga simbol atau logo Renault yang terpasang begitu simetris dan manis di sektor bodi depan. Kemudian, menginjak pada bodi samping Renault Koleos terdapat lekukan garis lurus samar yang memberikan karakter yang berwibawa, sedangkan untuk sideskirt juga diwarnai dengan aksen chrome tipis untuk menyeimbangkan warna pada bodynya yang terkesan mewah. Nah lalu, pada pada bagian belakangnya tampak rear window dibuat agak menjorok ke belakang dengan kaca yang cukup besar yang diatasnya ditutupi oleh spoiler seperti milik Honda CR-V. Sedangkan dibawahnya diletakkan dengan manis stop lamp dan rear bumper yang menampilkan kesan SUV premium. Dengan melihat secara keseluruhan, sepertinya spesifikasi Renault Koleos ini memang SUV yang mengusung gaya desain sporty dan elegan mencerminkan SUV kelas wahid!

Spesifikasi Renault Koleos

Spesifikasi Renault Koleos

Desain Interior yang Luas Dilengkapi Beragam Fitur Canggih

Setelah kita membahas spesifikasi Renault Koleos pada sektor eksterior atau tampilan luarnya, kini saatnya kita untuk memasuki pada ruang kabin guna mengetahui sektor interiornya. Ketika memasuki ruang kabinnya, ternyata interior yang dimiliki SUV ini tak kalah bagusnya dengan sektor eksteriornya. Pasalnya, selain memiliki ruang kabin yang luas, gaya desain interior Renault Koleos secara keseluruhannya dirancang dengan begitu rapi dan tampak begitu modern. Hal tersebut bisa dilihat dari sektor dashboardnya yang dilengkapi dengan sebuah tablet R-Link 2 dengan layar seluas 8,7 inci yang akan menjadi sebuah panel pengendali atau control utama dari seluruh fungsi fitur yang ada. Masih pada sektor dashboard, interior dari Renault Koleos ini juga diketahui telah dilengkapi dengan beragam fitur kenyamanan dan hiburan canggih, seperti AC Double Blower, system audio berupa CD/DVD player/MP3/Cup holder, Monitor, USB, AUX-in yang dapat dimanfaatkan untuk memutar lagu-lagu kesayangan maupun juga memutar video dan masih banyak lagi yang dimanfaatkan pada fitur audionya. Tak hanya itu saja, pada sistem kemudinya pun mengandalkan tipe Tilt Steering dan Steering Mounted Audio and Phone Controls yang akan mempermudah pengemudinya dalam mengontrol music atau mengatur keadaan mobil tanpa beralih dari kemudinya karena hanya cukup dengan menekan panel-panel yang sudah tersedia pada bagian setir kemudinya. Lalu untuk sistem jok dari Renault Koleos sendiri tampak spesial dengan tuas jok yang dapat diakses dari bagasi untuk memudahkan anda melipat 1/3 atau 2/3 dari jok mobil SUV ini. Terahir yang tampak berkesan lagi adalah bagasi luas berukuran 450 liter yang mempunyai 2 pintu yaitu bagian atas dan bawah. Tampaknya, sekor interior dari spesifikasi Renault Koleos secara keseluruhan memang tampak begitu mewah lengkap dengan beragam fitur canggih.

Spesifikasi Mobil Renault Koleos

Spesifikasi Mobil Renault Koleos

Dimensi Luas Disokong Suspensi Kokoh

Perlu diketahui bahwa sektor eksterior dan interior yang luas pada spesifikasi Renault Koleos tersebut juga tak lepas dari ukuran dimensinya sebagai pembentuk rangka atau badan mobil. Pasalnya, dalam hal ini Renault Koleos memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4520 mm, lebar 1843 mm, dan tingginya mencapai 2705 mm yang membuat bobot mobil bongsor ini mencapai 2101 Kg. Sedangkan untuk jarak sumbu rodanya sendiri Renault Koleos mencapai 2705 mm. Melihat dimensi tersebut, tentu merupakan suatu kewajaran jika mobil SUV garapan Renault ini tampak begitu bongsor dengan ruang kabin yang luas. Di sisi lain, SUV premium asal Prancis ini juga memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu berukuran 210 mm sehingga pengemudi pun akan tetap merasa nyaman tanpa khawatir bodi bawahnya mengenai bebatuan atau polisi tidur yang menjulang tinggi. Tak sampai di situ saja, untuk menunjang kenyamanan, Renault Koleos juga dibekali dengan suspensi yang kokoh, yaitu tipe MacPherson Strut untuk bagian depan. Sementara itu, untuk suspensi pada bagian belakangnya akan menggunakan tipe Multi Link. Dengan disematkannya kedua suspensi handal tersebut, tentunya akan mampu bekerja dengan sangat baik ketika meredam getaran pada saat dikendarai di jalanan yang berlubang atau tidak rata sehingga pengendara maupun penumpangnya akan merasa nyaman. Di samping itu, untuk velg yang diusung, Renault Koleos akan menggunakan velg 18 inci yang akan terbalut oleh ban jenis Tubeless berukuran 225/60 R17. Selain itu juga untuk menunjang keselamatan penumpangnya maka pihak Renault pun membekali SUV premiumnya ini dengan sistem pengereman handal di mana untuk rem depan akan menggunakan rem Ventilated Disc berdiamater 296 mm dan berketebalan 26 mm. Sementara untuk rem belakang dari spesifikasi spesifikasi Renault Koleos akan mengandalkan rem Solid Discs yang berukuran 292/26 mm di mana kedua rem tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi ABS, EBD, dan BA sehingga pengemudi akan lebih mudah dalam mengontrol laju mobil ini sehingga keselamatan penumpangnya pun akan lebih terjamin.

Review Renault Koleos

Review Renault Koleos

Advertisement

Dibekali Mesin Gahar 2,5 Liter Tipe Mutlipoints Injection Dengan Kapasitas 2.488cc

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kini saatnya Mas Sena akan mengulas spesifikasi Renault Koleos pada sektor dapur pacunya. Oke langsung saja, SUV besutan Renault ini akan hadir dengan menggendong mesin yang cukup gahar, yaitu mesin 2,5 liter bertipe 4 silinder Multipoints Injection dengan kode mesin 205 SCe 170 FKK2 2WD dan memiliki kapasitas hingga 2.488cc. Dengan mesin tersebut, tentu tak perlu diragukan lagi kehandalannya pasalnya mesin Renault Koleos tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 170 Ps setiap putaran 6000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 233 Nm setiap putaran ke 4000 rpm. Selain itu, tenaga yang dihasilkan dari mesin Renault Koleos tersebut akan segera disalurkan melalui sebuah sistem transmisi otomatis 6-percepatan New X-Tonic CVT dan FWD sehingga akan mampu mendorong mobil dengan tenaga yang kuat di mana mobil SUV besutan Renault ini pun mampu mencapai jarak tempuh 0-100 Km/jam hanya dalam waktu 9,8 detik saja. Di sisi lain, pengemdi pun tak perlu khawatir akan bekal bahan bakar. Pasalnya, spesifikasi Renault Koleos menyediakan tangki bahan bakar yang cukup lega, yaitu berkapasitas 60 liter sehingga pengendara pun tak perlu berkali-kali ke pom bensin untuk mengisi bahan bakarnya.

Keselamatan dan Kenyamanan Penumpang Lebih Terjamin

Selain memiliki desain yang tampak sporty dan memiliki mesin gahar, satu hal yang tak bisa ditinggalkan begitu saja yaitu pada fitur yang disematkan pada spesifikasi Renault Koleos. Dalam hal ini, Renault membekali mobil garapannya dengan fitur keselamatan, keamanan, dan hiburan. Untuk menunjang keselamatan penumpang, maka Renault Koleos ini akan dibekali dengan fitur pengereman berteknologi ABS , EBD dan BA yang akan bekerja secara maksimal pada waktu melakukan pengereman dan mampu mencegah jika suatu saat terjadi penguncian pada rodanya. Selain itu, Renault Koleos juga sudah dilengkapi dengan Air Bag pada jok depannya depannya untuk melindungi penumpang maupun pengemudinya ketika terjadi tabrakan dari depan. Di sisi lain, untuk kenyamanan maka Renault pun juga menyematkan beberpa fitur hiburan, di anataranya sistem audio CD/DVD player/MP3/Cuo holder, Monitor, USB, aux-in yang dapat dimanfaatkan si pengemudi ketika membutuhkan hiburan pada saat perjalanan jauh yang cukup membosankan. Tak sampai di situ saja, untuk menunjang kemanan Renault Koleos agar terhindar dari tindakan pencurian maka disematkan pula fitur keyless entry, alarm, smart key, dan immobilizer untuk mencegah tindakan pencurian. Dengan demikian, spesifikasi Renault Koleos dalam sektor fitur ini bisa dibilang cukup lengkap dan menjamin kenyamanan serta keselamatan penumpangnya.

Renault Koleos

Mesin
Tipe Mesin 2.5 16V bensin
Kapasitas Isi Silinder 2488 cc
Tenaga Maksimum 170 hp
Torsi Maksimum 226 Nm
Transmisi 6 percepatan otomatis
Dimensi
P x L x T 4.520 x 1.855 x 1.695 mm
Wheelbase 2.690 mm
Sasis
Steering Electric power steering
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Multi-Link
Drivetrain Front Wheel Drive
Rem Depan Ventilated Discs
Rem Belakang Ventilated Discs
Kaki-kaki
Ukuran Ban 225/60 R17
Tipe Ban Radial
Ukuran Velg R17
Fitur Tambahan
Keamanan Lampu Kabut
Airbag set lengkap (2 di depan, 2 di sisi samping dan 2 di tirai depan / belakang)
Kursi belakang dengan sistem ISOFIX
Sistem Brake Assist
Electronic Brake Distribution (EBD)
Kenyamanan Sensor cahaya lampu otomatis
Sistem pengatur kecepatan
Sistem A/C otomatis
Sistem kunci berupa kartu
Sensor parkir depan dan belakang
Detektor blind spot
Kamera belakang

Harga Renault Koleos

Nah, setelah kita membahas spesifikasi yang diusung Renault Koleos pada beberapa segmen penjelasan di atas maka menginjak pada pembahasan terakhir ini, Mas Sena akan membisikkan harga Renault Koleos terbaru kepada kawan-kawan semua. Namun sebelumnya, Mas Sena ingin memberikan sedikit kesimpulan mengenai Renault Koleos yang sudah diulas diatas. Perlu diketahui bahwa Harga Renault Koleos  yang cukup mahal ini merupakan mobil SUV dengan tampilan yang begitu sporty dan elegan, baik dari bodi depan, samping sampai pada bodi belakangnya, termasuk juga dengan interiornya yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur canggih. Tak hanya itu saja, SUV garapan Renault ini pun juga bakal dibekali dengan mesin 2,5 liter berkapasitas 2,488cc yang tentunya siap melibas setiap medan dengan gesit. Selain itu, Renault Koleos ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung lainnya yang berteknologi canggih, antara lain fitur keselamatan, keamanan, dan hiburan. Lantas dengan melihat spesifikasi tersebut, kira-kira berapa ya harga Renault Koleos ini ketika dibandrol di Indonesia?

Harga Renault Koleos

Harga Renault Koleos

Harga Renault Koleos Terbaru

Harga Renault Koleos Terbaru

Sebelum mengetahui harga Renault Koleos terbaru, perlu diketahui juga bahwa mobil asal Perancis ini akan hadir dengan 2 varian, yaitu Renault Koleos Standard dan Renault Panoramic Sunroof di mana keduanya memiliki harga yang berbeda. Perbedaan dai kedua mobil tersebut hanya terletak pada fitur Sunroof yang disematkan saja. Untuk harga Renault Koleos Standar sendiri akan dibanderol dengan harga 460 juta rupiah. Sementara itu, untuk varian Renault Koleos Panoramic Sunroof akan dibanderol dengan harga 495 juta rupiah. Bagaimana cukup mahal bukan harga yang dibandrol untuk mobil SUV ini? Menurut Mas Sena sih cukup wajar, karena mobil ini merupakan CBU dalam artian mobil import yang bukan dirakit di Indonesia. Namun jika anda tidak mempermasalahkan dengan harga Renault Koleos yang mahal, sudah selayaknya anda membawanya ke garasi rumah anda, karena mobil SUV ini memang benar-benar keren.

Harga Renault Koleos

Tipe Harga (OTR Jakarta)
Renault Koleos Standar Rp 460.000.000
Renault Koleos Panoramic Sunroof Rp 495.000.000

Catatan : 

  • Harga mobil Renault Koleos diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Renault Koleos

Namun perlu diketahui kembali bahwa harga Renault Koleos terbaru tersebut merupakan harga OTR untuk wilayah DKI Jakarta sehingga beda kota atau dareah pun nantinya akan mengalami perubahan harga yang biasanya akan lebih mahal. Terlepas dari itu, jika kita melihat secara keseluruhan, tampaknya Renault Koleos ini bakal hadir dan digemari oleh sebagian besar pengeemar SUV di Indonesia. Bahkan dengan harga Renault Koleos yang cukup mahal di kancah pasar Indonesia akan tetap memperketat persaingan di antara beberapa SUV garapan produsen lain. Namun di Indonesia, Renault Koleos juga harus bekerja keras untuk mengadapi beberapa SUV garapan produsen lain, seperti Toyota Fortuner, Nissan X-Trail, Honda CR-V, Honda HR-V dan Pajero Sport di mana kelima mobil tersebut sudah jauh lebih dulu mendominasi pasar otomotif di Indonesia, terutama di segmen SUV. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Renault Koleos terbaru, semoga review Mas Sena ini bermanfaat untuk anda semuanya.

Top