Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Mirage Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Mirage – Saat ini mobil lima penumpang yang berbodi ramping mulai digemari oleh masyarakat Indonesia. Varian mobil yang biasa disebut city car ini memiliki bodi kompak dan dinilai lebih ‘ramah’ terhadap kondisi jalanan kota yang rawan macet. Berbeda dengan mobil tipe Low Cost Green Car (LCGC), city car dianggap memiliki power yang lebih bertenaga sekaligus daya tahan mesin yang bandel. Atas dasar inilah, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) selaku distributor resmi Mitsubishi menghadirkan generasi baru Mitsubishi Mirage yang merupakan city car andalan pabrikan Tiga Berlian tersebut. Generasi baru Mirage ini merupakan model baru yang disiapkan sebagai model tahun 2016. Sekilas, Mitsubishi Mirage 2016 ini memiliki konsep desain bodi yang tak berbeda jauh dengan versi lamanya. Kali ini, Mirage tetap tampil funky dengan desain mungil dengan tambahan aksen lekukan bodi yang stylish. Meski secara perlahan kehadiran city car mulai mendapat desakan dari varian LCGC, kehadiran Mitsubishi Mirage ini tetap menarik perhatian karena selama ini Mitsubishi dikenal sebagai peracik mobil-mobil yang powerful. Hal inlah yang membuat Mitsubishi Mirage generasi baru tak boleh lepas dari pandangan mata karena Mitsubishi tentunya memiliki sesuatu yang spesial pada mobil mungil terbarunya ini.

Mitsubishi Mirage

Kehadiran Mitsubishi Mirage generasi baru ini dipastikan akan membuatnya duel head to head dengan Toyota Etios Valco, Suzuki Celerio, atau Kia Picanto. Ada juga Kia Picanto yang kini menjadi salah satu city car yang digemari kawula muda. Sama seperti generasi lamanya, kali ini Mitsubishi Mirage tetap menyasar kaum muda sebagai target utamanya. Untuk itulah Mitsubishi menghadirkan beberapa penyegaran dengan mengambil konsep ‘darah muda’ pada Mitsubishi Mirage versi baru ini. Jika dilihat dari bagian luar, Mirage versi 2016 ini memang masih mengusung konsep desain versi lamanya dengan grill depan berbentuk jajaran genjang terbalik khas Mitsubishi. Fascia Mitsubishi Mirage 2016 ini pun tampil lebih segar dengan desain lampu utama berkarakter agresif yang membuatnya nampak lebih sporty. Sementara itu, bagian interior pada Mirage terbaru ini pun juga masih mempertahankan konsep desain interior generasi lamanya. Kabin Mitsubishi Mirage terlihat cukup mewah untuk ukuran city car dengan jok berbalut kulit berkualitas. Keunggulan lain yang dimiliki oleh Mitsubishi Mirage ini adalah kabinnya yang tergolong cukup luas. Hal ini tentunya akan menambah kenyamanan pengemudi dan juga penumpangnya. Sedangkan pada bagian jantung dapur pacu, mobil baru Mitsubishi ini tetap mengandalkan mesin DOHC MIVEC berkapasitas 1.200 cc. Dengan dukungan fitur ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection) mesin pada Mitsubishi Mirage ini tergolong cukup irit dan tentunya bandel. Nah, untuk lebih jelasnya, Mas Sena akan mengajak pembaca setia Semisena semuanya untuk membedah spesifikasi dan harga Mitsubishi Mirage secara lengkap pada segmen-segmen berikut ini.

mobil mitsubishi mirage

Spesifikasi Mitsubishi Mirage

City Car dengan Paduan Bodi Kompak dan Desain Stylish

Secara kasat mata, desain luar dari spesifikasi Mitsubishi Mirage ini memang terasa sangat minimalis dan menampilkan sosok city car yang cocok untuk menjadi kendaraan harian di daerah perkotaan. Pada bagian headlights, Mirage generasi baru memiliki desain standar dengan model lampu berteknologi halogen yang minimalis. Lalu, front grille pada Mitsubishi Mirage ini dibentuk dengan ukuran yang tak terlalu lebar dan dilabur dengan warna hitam metalik. Selain itu, untuk foglamp masih menganut konsep lama, yaitu foglamp kecil namun sudah berteknologi DRL (Daytime Running Light), namun khusus untuk Mitsubishi Mirage tipe Exceed. Pada bagian body samping, generasi baru Mirage ini didesain dengan bentuk yang sederhana dan minimalis, namun tetap terlihat begitu bergaya lewat lekukan bodi yang cukup dinamis. Khusus untuk Mitsubishi Mirage tipe Sport, desain bodinya lebih memiliki karakter sport lewat penambahan body kit. Berpindah ke belakang. desain buritan Mirage generasi baru ini tetap mempertahankan konsep desain versi lamanya. Lampu utama pada Mitsubishi Mirage versi baru ini masih memiliki bentuk seperti daun yang tertata rapi di bawah kaca belakang. Sedikit nuansa baru terlihat pada bagian muffler yang kini memiliki corak krom yeng membuatnya nampak mewah. Khusus untuk spesifikasi Mitsubishi Mirage tipe Exceed ada tambahan retractable door mirror (spion lipat otomatis) dengan turning lamp (lampu sein pada spion).

Interior Minimalis namun Tetap Mampu Hadirkan Kenyamanan

Pada bagian interior dari spesifikasi Mitsubishi Mirage didominasi dengan warna hitam untuk bagian dashboard dan kabin. Materialnya pun terbilang cukup bagus untuk kelas city car. Pada bagian steering, terdapat fitur instrument panel under tray. Terdapat pula gear shift lamp pada dashboard Mitsubishi Mirage yang sanggup memberikan kemudahan ketika oper gigi dengan lampu indikator terbaru pada bagian transmisi. Untuk panel di dashboard terdapat penel yang menampilkan service reminder, trip computer, serta indikator penunjuk bahan bakar. Semua panel indikator pada dashboard Mitsubishi Mirage didesain lebih atraktif dan enak dilihat, serta tentunya tetap informatif. Selanjutnya ada fitur center panel dengan aksen krom pada bagian tengah dashboard yang bisa digunakan sebagai panel audio system dan AC otomatis . Untuk bagian interior dari Mitsubishi Mirage pun juga didukung dengan material interior yang cukup bagus serta didominasi warna hitam dan ivory sebagai balutan kursi. Untuk kabin Mitsubishi Mirage, meskipun didesain dengan lebih lega namun mobil ini direkomendasikan hanya untuk mengangkut maksimal empat penumpang. Fitur tambahan yang cukup menarik dari Mitsubishi Mirage adalah adanya ruang penyimpanan di bawah steering wheel yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pengemudi menyimpan kebutuhannya. Selain itu, ada juga spacious luggage atau bagasi yang menawarkan kapasitas penyimpanan lebih lega dan sudah dilengkapi dengan lampu penerangan yang bisa memudahkan pengendara untuk menyimpan barang saat perjalanan terutama di malam hari. Fitur-fitur ini lah yang membuat spesifikasi Mitsubishi Mirage terasa lebih nyaman saat digunakan berkendara jarak jauh.

spesifikasi mitsubishi mirage

Dimensi Fisik Mungil Didukung Suspensi Berkualitas

Sesuai dengan segmentasinya, spesifikasi Mitsubishi Mirage memiliki ukuran body yang terbilang kompak. Untuk dimensi secara keseluruhan, mobil ini memiliki panjang 3.710, lebar 1.665, dan tinggi 1.510 mm. Dengan ukuran bodi yang dimiliki oleh Mitsubishi Mirage ini, ukuran tersebut memang tergolong yang paling kecil jika dibandingkan dengan varian city car lainnya. Apalagi, bobot mobil ini ‘hanya’ seberat 865 kg untuk tipe automatic, dan 830 kg untuk tipe manual. Namun meski berbodi mungil, ground clearance atau jarak dengan tanah yang dimiliki oleh Mitsubishi Mirage cukup tinggi di kelasnya, yaitu 160 mm. Overall, dengan dimensi yang dimiliki oleh Mirage versi baru ini, rasanya mobil ini sangat enak digunakan di jalan raya atau area dengan trafik lalu lintas yang cukup padat. Untuk bagian suspensinya, Mitsubishi Mirage sudah dibekali dengan suspensi berkualitas besutan MacPherson dengan dukungan per keong untuk suspensi bagain depan, serta suspensi model torsion beam dengan dukungan per keong untuk suspensi bagian belakang. Selain itu, sistem pengereman pada Mitsubishi Mirage ini juga sudah mengusung teknologi terbaik, yaitu rem cakram 13 mm pada bagian depan, serta rem model drum pada bagian belakang. Selain sistem suspensi dan pengereman yang oke, spesifikasi Mitsubishi Mirage ini pun dibekali dengan empat ban berukuran 175/55 yang membalut velg alloy wheel berukuran 15 inci.

Mesin DOHC MIVEC 1.200 cc yang Irit dan Bandel

Advertisement

Setelah puas membahas bagian eksetrior dan interior dari spesifikasi Mitsubishi Mirage, kini saatnya Mas Sena membahas ruang jantung dapur pacunya. Pada bagian mesin, Mirage generasi baru ini menggunakan mesin tipe DOHC MIVEC (3A92) yang memiliki kapasitas isi silinder 1.193 cc. Mesin tersebut merupakan mesin dengan 3 silinder dan 12 katup. Untuk ukuran mesin city car seperti Mitsubishi Mirage, mesin besutan Mitsubishi tersebut cukuplah bertenaga. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan oleh mobil ini adalah sebesar 77 PS pada putaran 6.000 rpm. Sementara untuk torsi yang dihasilkan, mesin Mitsubishi Mirage mampu menghasilkan torsi sebesar 100 Nm pada 4.000 rpm. Mesin pada Mitsubishi Mirage ini pun juga sudah mengusung teknologi ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection) yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien sehingga power yang dihasilkan juga lebih maksimal. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut digerakkan oleh transmisi otomatis pada tipe Exceed, Sport, serta GLS. Sementara untuk Mitsubishi Mirage tipe GLX akan digerakkan oleh transmisi manual. Handling mobil ini pun juga terasa sangat mantap karena Mitsubishi sudah menggunakan sistem steering Rack and Panion dengan Electronic Power Steering. Jadi, meski bodinya mungil, namun spesifikasi Mitsubishi Mirage ini didukung oleh mesin yang irit, bandel dan bertenaga.

spesifikasi mobil mitsubishi mirage

Fitur Keamanan dan Kenyamanan Lengkap Khas City Car Modern

Seperti city car pada umumnya, rasanya tak akan lengkap jika pada spesifikasi Mitsubishi Mirage ini tak memiliki segudang fitur tambahan yang komplit. Kehadiran fitur-fitur pada Mirage generasi baru ini tentunya akan menambah sisi keamanan dan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya. Untuk bagian eksteriornya, fitur tambahan yang diberikan pada Mitsubishi Mirage adalah fitur High Tensile Steel yang akan sangat kuat untuk menahan benturan ringan dan berat, serta sudah dilengkapi dengan ground clearance yang pada versi terbaru sudah dirancang lebih tinggi dari city car lain di kelasnya. Keberadaan fitur-fitur pada Mitsubishi Mirage ini akan membuat pengemudi atau penumpang tidak akan merasakan getaran ketika melewati jalanan kurang rata. Untuk fitur keamanan lainnya, terdapat pula dual SRS Airbags yang ditempatkan untuk pengemudi dan pengendara di depan. Fitur-fitur unggulan lain pada Mitsubishi Mirage ini adalah fitur Keyless Operating System (KOS), Audio Switch Control (Tipe Exceed) dan Indicator ECO. Sedangkan untuk menunjang keamanan, fitur seperti keyless entry, power windows, ABS dengan Electronic Barke Distribution (EBD), Immobilizer, Rear Parking Sensors juga turut serta terdapat pada Mitsubishi Mirage ini. Untuk kebutuhan entertainment, Audio Switch Control dan juga Port USB bisa jadi andalan Anda untuk memenuhi kebutuhan hiburan. Terakhir, untuk menunjang kenyamanan di kabin, spesifikasi Mitsubishi Mirage ini juga telah dilengkapi dengan AC double blower full auto yang siap memberikan kesejukan pengemudi dan penumpangnya.

Mitsubishi Mirage

ModelEXCEEDSPORTGLSGLX
Dimensi
Panjnang (mm)3,710
Lebar (mm)1,665
Tinggi (mm)1,510
Jarak Sumbu Roda (mm)2,450
Jarak dengan Tanah (mm)160
Berat Kotor (kg)865830
Berat Bersih Kendaraan (kg)1,3101,280
Kapasitas Penumpang5
Mesin
Tipe Mesin1.2 – liter 12-valve 3-cylinder DOHC MIVEC (3A92)
Kapasitas Isi Silinder (cc)1,193
Tenaga Maksimal (PS) (kw)/rpm77 (57) / 6000
Torsi Maksimal (Kgm) (nm)/rpm10.2 (100 Nm) / 4000
Sistem Bahan Bakar
Sistem Suplai Bahan BakarECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection)
Kapasitas Tangki BBM (l)35
Transmisi
Tipe TransmisiAutomatic (CVT)Automatic (CVT)Automatic (CVT)Manual (5MT)
Sistem TransmisiINVECS III CVT (F1CJB)5MT (F5MBD)
Steering
Tipe SteeringRack and pinion with electronic power assist (Tilt column steering wheel function)
Material3-spoke leather3-spoke urethane
Suspensi
Suspensi DepanMacPherson strut suspension with Coil Spring
Supsensi BelakangTorsion beam suspension with Coil Spring
Pengereman
Rem Depan13″ ventilated disc
Rem Belakang7″ leading and trailing drums
Kaki-kaki
Ukuran Ban dan Velg175 / 55r15 tires + 15″ Alloy wheel

Harga Mitsubishi Mirage

Setelah Mas Sena menyajikan detail spesifikasinya, sekarang Mas Sena akan mengulas bagian harga Mitsubishi Mirage ini. Pada segmen harga ini Mas Sena akan menginformasikan mengenai banderol harga Mirage terbaru. City car terbaru besutan Mitsubishi ini memang memiliki beberapa keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan varian city car lainnya. Pada bagian eksteriornya, Mitsubishi Mirage generasi baru tampil lebih segar dengan desain fascia lebih menarik. City car terbaru buatan Mitsubishi ini sangat unggul dalam hal penggunaan bahan bakar mesin yang akan sangat berguna ketika anda terjebak dalam kemacetan yang menjadi hal yang wajar di kota-kota besar. Keunggulan inilah yang mempengaruhi banderol harga Mitsubishi Mirage di pasaran. Jika berbicara soal konsumsi BBM, mobil terbaru dari Mitsubishi ini memang tergolong cukup irit karena memiliki mesin DOHC MIVEC dengan dukungan teknologi ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection). Selain mesin yang irit dan betenaga, kisaran harga Mitsubishi Mirage pun juga dipengaruhi oleh kualitas interiornya yang cukup mewah untuk ukuran city car kelas low-end.

harga mitsubishi mirage

harga mitsubishi mirage terbaru

Berdasarkan informasi resmi yang kami dapatkan dari laman Mitsubishi Indonesia, harga Mitsubishi Mirage ini dibanderol sekitar Rp 156 jutaan untuk tipe GLX yang merupakan tipe terendah. Sementara itu, Mirage tipe GLS yang setingkat di atas tipe GLX dibanderol dengan harga sekitar Rp 167 jutaan. Untuk anda yang berjiwa muda dan ingin tampil sporty, anda bisa memilih Mitsubishi Mirage tipe Sport. Mirage tipe Sport memang tampil ala anak muda dengan kelir dual tone yang melintang di bagian sisi bodinya. Selain itu, penambahan body kit pun akan membuat Mirage tipe Sport terlihat semakin sporty. Harga Mitsubishi Mirage tipe Sport ini adalah sekitar Rp 172,5 jutaan. Sedangkan untuk harga termahal jatuh kepada Mirage versi paling tinggi, yakni versi Exceed. Banderol harga Mitsubishi Mirage ini bekisar pada angka Rp 178 jutaan. Jika melihat kelengkapan fitur, tentunya Mirage tipe Exceed adalah pilihan yang paling tepat.

Harga Mitsubishi Mirage

TipeHarga
Mitsubishi Mirage EXCEEDRp184,000,000
Mitsubishi Mirage SPORTRp179,000,000
Mitsubishi Mirage GLSRp173,000,000
Mitsubishi Mirage GLXRp162,000,000

Namun satu hal yang perlu Mas Sena sampaikan, banderol harga Mitsubishi Mirage di atas adalah harga OTR untuk kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk di daerah, tentunya harga Mitsubishi Mirage ini akan mengalami penyesuaian sesuai distribusi. Dengan persaingan ketat di segmen city car, tentu saja mobil baru dari Mitsubishi tak akan melenggang dengan tenang di pasaran. Selain akan mendapat saingan dari city car merek lain, Mitsubishi Mirage pun dipastikan akan mendapat ‘sodokan’ dari mobil-mobil jenis LCGC yang kini mulai menjamur di Tanah Air. Dengan mengusung konsep lebih fresh ditambah lagi statusnya sebagai ‘2013 City Car of the Year’ serta bervariasinya pilihan harga Mitsubishi Mirage ini, tentu Mitsubishi akan sangat optimis dalam penjualan mobil barunya ini. Nah sekarang pilihan ada di tangan anda. Bagi anda yang mengidam-idamkan sebuah city car yang memiliki presitise tersendiri. generasi baru Mirage besutan Mitsubishi ini bisa menjadi pilihan yang pas. Baca juga review Mas Sena mengenai Suzuki Celerio dan Kia Picanto.

  • Yohanes Denny Christian

    Mas, tadi saya nyalip mobil mitsubishi mirage ini, saya wkt nyalip uda negatif thinking, mobil apaan nih pkir saya, namanya ga terkenal banget, ga banyak orang punya juga, wkt saya nyalip saya coba dengerin suara mesinnya, and suara mesinnya hampir g kedengeran, masih lebih bising vario saya. Makanya saya penasaran dengan mobil ini.

  • rustam ismail

    Saya sdh inden sdh hampir sebulan dijanjikan tanggal 6juni tunggu blm ada fijanji tgl 20 tetap nga sda. Katanya akhir bulan sebenarnya saya kecewa dijanji janji yang tdk tepat oleh dieler dan perlu diketahui sdh ada persetujuan dari pembiyayaan katanya mitsubishi propesional . jsnganmembuat pelangan ydk ada kepastian sebelumnya yrima kasih

  • Handy iskandar

    Mirage ada yg murah tapi yg bagus ga ya

  • Handy iskandar

    Ada yg murah ga

Top