Renault Kwid & Koleos Bisa Gunakan Suku Cadang Milik Nissan

Suku Cadang Nissan Bisa Diterapkan Pada Renault Kwid dan Koleos – Renault Koleos yang merupakan SUV (Sport Utility Vehicle) dan Renault Kwid yang merupakan tipe mobil mini crossover di mana kedua mobilo tersebut merupakan produk hasil kerjasama Renault dan Nissan. Kedua mobil tersebut diproduksi dengan menggunakan platform yang sama.

Suku Cadang Nissan Bisa Diterapkan Pada Renault Kwid Dan Koleos

Untuk SUV Koleos, diproduksi menggunakan platform yang sama dengan SUV miliki Nissan, yaitu X-Trail. Sedangkan Renault Kwid mengandalkan Common Module Family (CMF), yaitu salah satu platform yang sama dengan salah satu city car yang berajuk Datsun Redi-GO yang dijual di pasar otomotif India.

Dikutip dari Okezone, dikatakan bahwa Ario Soerjo selaku Head of Sales and Marketing Division PT Auto Euro Indonesia mengungkapkan jika sebagian besar komponen yang diusung mobil Renault bisa menggunakan komponen suku cadang dari Nissan. “Saya enggak tahu persentasenya, tapi yang jelas ada beberapa (komponen) yang bisa untuk Kwid. Kalau untuk Koleos saya bisa bilang kompetible sama sepupunya, Nissan X-Trail,” jelas Ario di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga review Mas Sena mengenai Renault Kwid dan Renault Koleos

Dalam hal ini Ario memberikan gambaran sebelum ada produk kerjasama antara Nissan-Renault di Indonesia, produk Clio memiliki beberapa komponen yang sama dengan MPV Nissan Grand Livina. Sehingga para konsumen tak perlu khawatir kesulitan mencari suku cadang. “Dulu kalau mau ngomong, Clio dama Grand Livina saja banyak part yang changeable. Itu padahal masih mobil terpisah, belum gabung dalam satu platform. Tahu sendiri kalau mobil platform-nya sudah sama, kemungkinannya bisa,” pungkas Ario.

Untuk informasi saja bahwa Renault Koleos sendiri akan menggendong mesin bensin 4 silinder 2,5 liter, 16 katup. Meisn tersebut diklaim akan mampu menghasilkan tenaga 170 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 233 nm pada 4.000 rpm. Mesin akan dikolaborasikan dengan sistem transmisi otomatis X-Tronic CVT. Jantung penggerak dan transmisi ini sama dengan yang dipakai pada Nissan X-Trail.

Sedangkan untuk Renault Kwid yang dipasarkan di Tanah Air, akan menggunakan mesin 1,0 liter dengan mengandalkan sistem transmisi manual 5 percepatan. Untuk versi yang dipasarkan di India, Renault Kwid juga dipasarkan dalam versi mesin 0,8 liter SCe bertenaga 54 ps dan torsi maksimum 74 nm. Mesin dan transmisi ini sama dengan yang ditanam pada model city car Datsun Redi-GO.

  • Mohammad Mario

    kenapa ga dikeluarin redi go 0.8 nissan datsun?

Top