Spesifikasi dan Harga Suzuki GSX 250R Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Suzuki GSX 250R – Sejak diluncurkannya 3 varian dari jajaran keluarga Suzuki GSX yang di antaranya R125 ABS, R150 dan S750 ABS di pasar global, peran Suzuki dalam mendobrak segmen motor sport semakin menguat dan menarik perhatian para calon konsumen. Bahkan, belum lama ini pabrikan kendaraan roda dua asal Jepang tersebut dikabarkan pula telah merilis satu varian motor sport lagi yang akan menyasar pada segmen kelas 250cc, yaitu Suzuki GSX 250R. Peluncuran motor sport 250cc yang perilisan perdananya diselenggarakan di Cina tersebut tentunya bakal membuat dominasi Honda, Yamaha, dan Kawasaki semakin terancam mengingat ketiga pabrik tersebut dikenal sebagai produsen motorsport 250cc yang masih mendominasi pasar global. Selain itu, Suzuki GSX 250R ini juga bakal dibekali dengan berbagai macam fitur canggih dan berteknologi tinggi serta spesifikasi komponen mesin yang mumpuni sehingga bukan suatu hal yang mengherankan jika nantinya Suzuki GSX 250R ini justru bisa mengalahkan dominasi dari para pesaingnya yang sudah lebih dulu memperkenalkan produknya di pasar otomotif dengan kisaran harga Rp 50 jutaan. Tentu, kehadiran Suzuki GSX 250R ini bakal menarik perhatian sebagian besar konsumen, terutama pecinta motor sport.

Suzuki GSX 250R

Suzuki GSX 250R

Meskipun kabar akan penjualannya akan dimulai tahun 2017 mendatang, namun animo masyarakat global kian menguat. Bahkan, belum lama ini pun dikabarkan juga bahwa Suzuki GSX 250R ini justru sudah diluncurkan terlebih dahulu di kampung asalnya, Jepang. Tentu, para penggemar Suzuki pun sudah tak sabar menunggu kehadiran dari Suzuki GSX 250R. Terlepas dari hal tersebut, sebenarnya Suzuki GSX 250R ini memang sebelumnya sudah dipersiapkan secara matang dengan mengusung gaya desain full fairing yang tampak begitu sporty layaknya motoGP. Di sisi lain, bentuk bodinya tampak lebih slim dan sporty dengan beragam varian warna yang bisa dipilih sesuai selera pengguna. Selain itu, tenaga yang dihasilkan Suzuki GSX 250R  inipun bakal memberikan daya dorong yang begitu kuat. Pasalnya, motor sport ini mengusung mesin tipe DOHC 2 silinder dengan kapasitas 248cc dengan sistem transmisi manual 6 percepatan. Maka, tak mengherankan jika motor sport ini bakal menjadi ancaman bagi beberapa produsen motor sport lain. Tak hanya itu saja, pihak Suzuki sendiri juga menyematkan beberapa fitur canggih dalam Suzuki GSX 250R ini. Antara lain, fitur keselamatan dan fitur keamanan yang akan selalu memberikan kenyamanan bagi para pengendara maupun penumpangnya. Di sisi lain, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki oleh Suzuki GSX 250R ini. Mau tahu lebih lengkap? Nah, kali ini Mas Sena akan mengajak kawan semua untuk membahas secara rinci mengenai spesifikasi dan harga Suzuki GSX 250R. Yuk, kita ulas bersama.

Motor Suzuki GSX 250R

Motor Suzuki GSX 250R

Spesifikasi Suzuki GSX 250R

Desain Lebih Slim dengan Gaya Full Fairing Tampilkan Kesan Sporty

Dalam mengawali pembahasan kali ini, Mas Sena akan mengajak kawan – kawan semua untuk mencoba meraba pada sektor eksterior tampilan dari spesifikasi Suzuki GSX 250R. Untuk sektor terluarnya, sebenarnya Suzuki GSX 250R ini tak terlalu banyak perbedaan dengan beberapa motor sport garapannya yang diluncurkan terlebih dahulu. Pasalnya, dari setiap sisi bodinya tersebut, sudah tampak sekali bahwa motor garapan Suzuki ini bakal tampil dengan desain bodi full fairing yang begitu sporty dan elegan. Selain itu, jika melihat setiap sisi-sisinya, pada bagian depan Suzuki GSX 250R ini terlihat dengan jelas jika Suzuki menerapkan lampu utama dengan ukuran besar di mana headlamp tersebut terpasang manis dengan menerapkan desain sporty. Selain itu, untuk lampu sein pun terpasang manis di kedua sisi depan pada bodi fairing. Akan tetapi, sayangnya untuk lampu utamanya tersebut masih mengandalkan bohlam H4 berdaya 55/60 Watt. Namun, headlamp Suzuki GSX 250R tersebut bisa dimodifikasi oleh pengguna dengan memasang lampu LED Projector. Lalu, pada bodi sampingnya terlihat dengan jelas fairing menyatu pada bodi samping kiri kanan dengan beberapa lekukan tegas yang semakin memperlihatkan kesan sporty. Ditambah pula knalpot besar yang terpasang manis di sisi kanan bodi sampingnya. Bahkan, tampak juga tangki bahan Suzuki GSX 250R ini yang berkapasitas 15 liter dengan mengusung gaya lekukan tegas menyesuaikan lekukan pada fairingnya. Menariknya, pada buritannya dirancang dengan desain meruncing ke atas dan menyatu dengan jok di mana pada sektor belakangnya terpasang stop lamp LED 2 titik sehingga akan memperlihatkan tampilan memukau ketika dilihat dari belakang. Sehingga secara keseluruhan, spesifikasi Suzuki GSX 250R pada sektor eksteriornya memang menampilkan gaya desain elegan dan sporty.

Spesifikasi Suzuki GSX 250R

Spesifikasi Suzuki GSX 250R

Dilengkapi Panel Indikator Full Digital

Masih berhubungan pada tampilan luarnya, kini Mas Sena akan mengulas pada sektor instrument indikator dari spesifikasi Suzuki GSX 250R. Seperti pada motor sport era sekarang, Suzuki GSX 250R dilengkapi pula dengan panel indikator digital yang didesain secara simple namun memperlihatkan kesan modern. Selain itu, panel indikator yang diusung motor sport garapan Suzuki ini pun juga bakal memberikan berbagai macam informasi secara lebih akurat dan mendetail kepada pengemudinya terkait keadaan motor yang sedang dikendarainya. Pada instrument indikator Suzuki GSX 250R ini, terdapat 3 bagian, antara lain sisi kiri, tengah, dan kanan. Untuk sisi kiri menampilkan informasi mengenai jumlah bahan bakar yang tersedia dan lampu penanda netral. Sedangkan, untuk sektor tengah menampilkan informasi mengenai kecepatan yang ditempuh (speedometer), waktu, dan indikator bahan bakar. Sementara itu, untuk sisi samping Suzuki GSX 250R  ini terpasang panel lampu rpm dan panel penanda lampu jarak jauh. Di sisi lain, pada bagian atas terdapat penanda lampu sein yang terpasang manis berada di kanan dan kiri ujung atas dari panel instrument indikator. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa panel instrument indikator dari spesifikasi Suzuki GSX 250R tersebut bisa dikatakan tergolong cukup modern dan informatif.

Spesifikasi Motor Suzuki GSX 250R

Spesifikasi Motor Suzuki GSX 250R

Motosport dengan Dimensi Slim

Tentu saja, tampilan bodi yang begitu menarik tak lepas dari ukuran dimensi dari spesifikasi Suzuki GSX 250R sebagai rangka pembentuknya. Terkait ukuran dimensi, Suzuki GSX 250R memiliki panjang 2.085 mm, lebar 740 mm, tinggi mencapai 1.110 mm dan memiliki bobot 178 Kg serta memiliki jarak sumbu roda dengan ukuran 1.430 mm. Jika melihat dimensi rangka tersebut maka sangat pantas jika bodinya tampak ramping dan cukup ringan untuk motor sekelas 250cc. Selain itu, Suzuki GSX 250R ini pun juga memiliki ketinggian jok yang tak terlalu tinggi, yaitu 790 mm yang sesuai dengan rata-rata tinggi orang dewasa sehingga akan mempermudah pengemudinya dalam mengontrol motor ini ketika kendaraan berhenti di rambu-rambu lalu lintas. Ketinggian Suzuki GSX 250R tersebut juga menggambarkan posisi yang sempurna sebagai motor sport dengan jiwa balap yang keren. Selain itu, motor ini dipastikan bakal terlihat gagah di jalanan sebagaimana motor sport pada umumnya. Dengan demikian, jika kita melihat secara keseluruhan, tampaknya dimensi dari spesifikasi Suzuki GSX 250R tersebut memang terbilang cukup ramping dan ringan sehingga akan mudah dikendarai dengan laju yang lebih gesit.

Review Suzuki GSX 250R

Review Suzuki GSX 250R

Disokong Kaki-Kaki Kuat dengan Suspensi Kokoh

Meskipun spesifikasi Suzuki GSX 250R tersebut tergolong motor ringan, namun Suzuki tetap membekali motor sport besutannya tersebut dengan komponen kaki-kaki yang kuat dan kokoh guna menunjang kenyaman dalam berkendara. Pada sektor kaki-kakinya tersebut, Suzuki GSX 250R dilengkapi dengan sepasang suspensi depan dan belakang. Namun, untuk suspensi depannya masih menggunakan tipe Teleskopik, coil spring, oil damped. Padahal, Honda CBR250RR yang merupakan salah satu pesaingnya sudah menggunakan suspensi tipe Upside Down. Tentu, sektor suspensi depan dari Suzuki GSX 250R menjadi suatu kekurangan. Tetapi, untuk suspensi belakangnya, Suzuki GSX 250R dibekali suspensi Link Type, coil spring, oil damped yang terpasang pada lengan ayun berbentuk kotak. Sehingga, dengan adanya kedua suspensi tersebut, pastinya cukup mampu meredam setiap getaran ketika melewati medan yang bergeronjal. Lalu, untuk bagian ban, Suzuki GSX 250R dibekali ban depan dengan ukuran 110/80 inci dan ban belakang berukuran 140/70. Kedua ban tersebut akan mengandalkan tipe ban tubeless dan membalut velg yang berukuran 17 inci. Tak sampai di situ saja, Suzuki GSX 250R juga akan dilengkapi dengan fitur pengereman depan cakram berukuran 290 mm 2 kaliper garapan Nissin. Sementara itu, untuk sistem pengereman belakangnya akan mengandalkan rem cakram dengan diameter 240 mm 1 piston caliper. Bahkan, untuk menunjang keselamatan maka Suzuki pun menambahkan sistem pengeremannya tersebut dengan teknologi rem ABS di mana menjadikan spesifikasi Suzuki GSX 250R ini terlihat lebih mewah ketimbang motor sport kebanyakan.

Advertisement
Harga Motor Suzuki GSX 250R

Harga Motor Suzuki GSX 250R

Motorsport dengan Mengusung Mesin DOHC Berkapasitas 248cc

Nah, kini saatnya Mas Sena akan membahas salah satu sektor terpenting dari motor sport ini, yaitu pada sektor mesin pacu dari spesifikasi Suzuki GSX 250R. Untuk bersaing dengan beberapa motor pabrikan lain yang menyasar pada segmen sama, tentu Suzuki membekali motor sport ini dengan mesin canggih di mana Suzuki GSX 250R bakal dibekali mesin tangguh hasil pengembangan mesin Suzuki Inazuma, yaitu dengan mengusung DOHC 2 silinder dengan 4 langkah dan memiliki kapasitas silinder mencapai 248cc. Mesin tersebut diklaim akan mampu memberikan tenaga maksimal hingga 24,6 Dk setiap mencapai putaran 8.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga23,4 Nm pada putaran ke 6.500 rpm. Dengan melihat mesin dan tenaga yang dihasilkan mesin tersebut, pastinya Suzuki GSX 250R akan mampu melesat begitu cepat. Selain itu, tenaga yang diproduksi oleh mesin tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 6 percepatan dengan perbandingan kompresi 11,5 : 1. Tak hanya itu saja, meskipun mesin yang dibawa Suzuki GSX 250R ini merupakan mesin motor sport namun tetap ramah lingkungan mengingat sektor dapur pacu dari spesifikasi Suzuki GSX 250R tersebut juga akan dibekali sistem pembakaran bahan bakar Fuel Injection sehingga akan membuat bahan bakarnya menjadi lebih irit dan efisien. Tampaknya, spesifikasi Suzuki GSX 250R pada sektor mesin pacu ini tergolong memiliki mesin gahar dan handal di kelasnya.

Fitur Suzuki GSX 250R

Fitur Suzuki GSX 250R

Dilengkapi Fitur yang Lengkap

Pada pembahasan terakhir mengenai spesifikasi Suzuki GSX 250R ini, kita akan mengulas terkait fitur apa saja yang dimiliki Suzuki GSX 250R. Pertama, untuk fitur keselamatan pengemudi dan penumpangnya maka Suzuki pun juga menawarkan varian yang dilengkapi fitur pengereman ABS sebagai media atau alat dalam menjaga pengemudi maupun penumpangnya. Selain itu, Suzuki GSX 250R juga dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti kotak immobilizer yang akan membuat mesin tak bisa dihidupkan ketika menggunakan kunci palsu mengingat kunci Suzuki GSX 250R ini sudah dilengkapi dengan chip khusus yang sudah tersambung atau terhubung dengan anak kunci atau rumah kunci asli sehingga akan menekan segala bentuk tindakan pencurian. Dengan mengetahui fitur-fitur yang disematkan pada spesifikasi Suzuki GSX 250R tersebut maka bisa diketahui bahwa motor ini juga tak meninggalkan sektor keselamatan dan kenyaman berkendara.

Suzuki GSX 250R

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 2.085 x 740 x 1.110 mm
Berat Kosong 178 kg
Jarak Terendah Ke Tanah 150 mm
Tinggi Jok 790 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 15 liter
Mesin
Tipe Mesin 4-stroke, 2-cylinder, liquid-cooled, DOHC
Volume Silinder 248 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection
Gigi Transmisi 6 – Speed
Bore x Stroke (mm) 53,5 x 55,2 mm
Rasio kompresi 11,5: 1
Power maksimum 24,6 dk / 8.000 rpm
Torsi maksimum 23,4 Nm / 6.500 rpm
Rangka
Tipe Suspensi Depan Telescopic, coil spring, oil damped
Tipe Suspensi Belakang Link type, coil spring, oil damped
Rem Depan 290mm single disc Nissin twin piston calipers
Rem Belakang 240mm single disc Nissin single piston caliper
Ukuran Ban Depan 110 / 80-17
Ukuran Ban Belakang 140/70-17

Harga Suzuki GSX 250R

Nah, terlepas dari pembahasan mengenai spesifikasi di atas, maka pada sesi selanjutnya ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengetahui harga Suzuki GSX 250R. Namun, sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Suzuki GSX 250R ini adalah motorsport yang mengusung bodi slim dengan gaya desain sporty dan elegan layaknya motoGP. Sehingga, tak heran jika nantinya banyak para calon konsumen yang mengidam-idamkan untuk memboyong motor sport garapan Suzuki ini. Walaupun demikian, mengingat saudara-saudaranya yang telah lahir lebih dahulu tidak dibanderol secara murah, maka dapat diasumsikan harga Suzuki GSX 250R ini juga tak mungkin masuk dalam kategori murah. Hal ini tentu sudah menjadi konsekuensi yang telah dipahami oleh pecinta motor sport ala Suzuki sejak lama. Namun banderol tersebut dipastikan tak akan memberatkan. Pasalnya,  Suzuki GSX 250R ini bakal dibekali mesin tipe DOHC berkapasitas 248cc yang akan mampu menghasilkan tenaga mesin gahar dan gesit. Tak sampai di situ saja, Suzuki pun juga membekali motor sport ini dengan fitur keselamatan dan fitur keamanan berteknologi tinggi yang akan memberikan kenyamanan kepada para pengendaranya. Lantas dengan spesifikasi yang diusung tersebut, berapa ya harga Suzuki GSX 250R ini?

Harga Suzuki GSX 250R

Harga Suzuki GSX 250R

Harga Suzuki GSX 250R Terbaru

Harga Suzuki GSX 250R Terbaru

Menginjak pada harga Suzuki GSX 250R, kabarnya motor baru garapan Suzuki ini malah akan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan para pesaingnya pada segmen yang sama. Meskipun demikian, Suzuki GSX 250R ini diyakini tetap akan menjadi lirikan bagi sebagian besar para pecinta motor sport. Akan tetapi, cukup disayangkan juga bahwa sampai detik ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Suzuki terkait berapa harga untuk membanderol Suzuki GSX 250R tersebut. Namun, jika didasarkan pada beberapa informasi yang didapat dari para intelijen Mas Sena, para pakar otomotif memprediksi bahwa harga Suzuki GSX 250R akan dibanderol pada kisaran Rp 50 jutaan. Tentu, harga tersebut merupakan nominal yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan motor sport produk lain. Walaupun demikian, untuk skala pasar Indonesia secara umum, harga Suzuki GSX 250R tersebut tentu masih tergolong dalam tataran yang mahal.

Harga Suzuki GSX 250R

Sekitar Rp 50.000.000,- (Perkiraan)

Catatan : 

  • Harga motor Suzuki GSX 250R diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Suzuki GSX 250R

Masih berkaitan dengan harga Suzuki GSX 250R, memang banderol Rp 50 jutaan yang merupakan prediksi para pengamat otomotif tersebut, tampaknya dirasa cukup sesuai jika kita bandingkan dengan spesifikasi maupun fitur yang dimiliki Suzuki GSX 250R. Bahkan, motor sport berkapasitas 250cc garapan Suzuki ini pun bisa juga menggeser dominasi motor sport garapan pabrik lain di segmen yang sama. Namun, sepertinya hal tersebut sangat berat mengingat Suzuki GSX 250R harus mampu menggeser dominasi dari beberapa motor sport lain, seperti Kawasaki Ninja 250FI, Yamaha R25, ataupun Honda CBR250RR yang dirilis lebih dulu dan dikenal kualitasnya. Oleh sebab itu, bukan suatu hal yang mudah bagi Suzuki dalam bersaing di kancah motor spot. Tetapi, dengan banderol harga Suzuki GSX 250R yang relatif lebih terjangkau, tentu bisa menjadi salah satu alternatif bagi Suzuki dalam menjaring pasar sebanyak-banyaknya. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Suzuki GSX 250R. Sekian dan sampai jumpa. Baca juga Honda CBR250RRSuzuki GSX 150R dan Suzuki GSX R125 ABS.

Top