Spesifikasi dan Harga Ducati Monster 1200 Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Ducati Monster 1200 – Tampaknya, tak hanya produsen asal Jepang saja yang rajin memproduksi produk terbarunya berupa kendaraan roda dua untuk pasar otomotif di Indonesia. Pasalnya, beberapa produsen kendaraan roda dua asal Eropa pun juga tak mau ketinggalan. Pabrikan-pabrikan asal Benua Biru itu pun juga banyak yang turut serta meramaikan pasar otomotif Tanah Air dengan beragam produk terbarunya juga. Salah satunya yaitu pabrikan yang bernama Ducati. Produsen asal Italia tersebut, melalui PT Garansindo Euro Sport (GES) selaku agen pemegang merk untuk motor Ducati di Indonesia diketahui akan meluncurkan salah satu produk terbarunya yang bertajuk Ducati Monster 1200. Kabarnya, motor ini secara langsung akan diboyong langsung ke pasar otomotif Tanah Air dalam bentuk CBU langsung dari Italia yang berarti motor ini tidak dirakit di Indonesia melainkan langsung dibawa dalam bentuk utuh dari pabrik. Di sisi lain, Ducati Monster 1200 ini merupakan tipe motor streetfighter yang bakal menyasar pada segmen kelas menengah atas dengan mengusung tampilan gagah dan dibekali spesifikasi yang sangat mumpuni. Sehingga, tak mengherankan jika nantinya harga untuk Ducati Monster 1200 ini dinilai akan sangat mahal. Tentunya, bagi sebagian orang yang ingin memilikinya maka harus merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa mendapatkan motor yang gagah ini. Walaupun demikian, segala kemewahan yang ditawarkan oleh merek Ducati dijamin akan masuk menjadi satu kesatuan dalam Ducati Monster 1200 ini.

Ducati Monster 1200

Ducati Monster 1200

Di samping itu, Ducati Monster 1200 ini ternyata sebelumnya sudah diperkenalkan pada tahun 2013 lalu pada ajang gelaran pameran motor berkelas dunia EICMA. Tentu saja, motor ini langsung menjadi pusat perhatian para pecinta moge. Bagaimana tidak? Dilihat dari tampilannya saja sudah tampak sangat gagah. Pasalnya, dari segi desain eksteriornya, Ducati Monster 1200 menampilkan gaya desain yang begitu gagah dan sporty, baik dari tampilan depan, samping dan belakang sehingga kesan motor streetfighter yang begitu eksklusif pun tampak dengan jelas pada setiap sisinya. Selain itu, motor ini pun diklaim memiliki tenaga besar sehingga pantaslah jika Ducati Monster 1200 menjadi idaman kaum adam. Sebab, Ducati sendiri membekali motor garapannya ini dengan mesin Testastretta 11° L-Twin berkapasitas 1.198,4cc yang sudah dipastikan akan memberikan tenaga yang begitu luar biasa dan tak tertandingi. Tak sampai di situ saja, motor gede besutan Ducati ini pun nantinya juga bakal dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih, yaitu dibekalinya sistem pengereman dengan teknologi ABS. Sehingga, dengan disematkannya teknologi tersebut pada Ducati Monster 1200 ini maka akan mengurangi tingkat kecelakaan dan keselamatan pengendaranya pun akan lebih terjamin. Nah, untuk mengetahui spesifikasinya secara lebih lengkap dan jelas maka pada pembahasan kali ini Mas Sena akan mengulas mengenai spesifikasi dan harga Ducati Monster 1200 secara lebih detail dan rinci yang terbagi dalam beberapa segmen berikut. Yuk, kita simak bersama.

Motor Ducati Monster 1200

Motor Ducati Monster 1200

Spesifikasi Ducati Monster 1200

Moge Ber-DNA Streetfighter Mengusung Tampilan Gagah dan Eksklusif

Sebagai moge kelas premium, tentu spesifikasi Ducati Monster 1200 ini akan hadir dengan tampilan garang dan sporty. Hal tersebut tampak jelas dari sektor tampilan eksteriornya pada setiap sisi dari motor tersebut. Dari depan, tampak headlamp tunggal yang terpasang manis di sektor depan dengan tampilan yang cukup besar. Bahkan, pada lampu utamanya, Ducati Monster 1200 ini makin tampak memesona berkat disematkannya lampu halogen dan lampu LED yang akan membuat motor gede garapan Ducati ini memiliki penerangan yang cukup terang, terutama jika dikendarai di malam hari ketika minim penerangan atau lampu kota. Selain itu, lampu sein juga disematkan pula dengan posisi letak yang terpisah dari headlamp dengan rancangan yang meruncing ke samping dan menggunakan lampu LED juga. Menginjak pada tampilan bodi samping Ducati Monster 1200 ini, terlihat dengan jelas lekukan bodi yang tampak begitu tegas, terutama garis lekukan pada tangkinya lengkap dengan tulisan “Ducati Monster” yang didesain lebih besar dan mampu menampung bahan bakar hingga 17,5 liter. Di sisi lain, tampak juga susunan mesin yang terlihat begitu rapi dan sporty tak tertutup bodi di mana pada sisi kanan bisa kita lihat knalpot tipe Lightweight 2-1-2 System with Catalytic Converter dengan gaya desain Two Lambda Probes yang terbuat dari material Twin Aluminium Mufflers sehingga semakin menambah kesan garang Ducati Monster 1200 ini. Kemudian, pada buritannya juga terlihat sedikit berbeda dari moge garapan pabrik lain di mana didesain lebih lebar dan meruncing ke belakang dan menyatu dengan jok Dual Seat yang akan membuat tampilannya menjadi lebih keren. Melihat tampilan eksterior secara keseluruhan dari spesifikasi Ducati Monster 1200 tersebut, tampaknya memang moge ini mengusung gaya desain yang begitu gagah, modern, dan tentunya memberi kesan eksklusif.

Spesifikasi Ducati Monster 1200

Spesifikasi Ducati Monster 1200

Instrumen Indikator Tampil Modern dengan Mengandalkan Panel Tipe Full-TFT

Setelah kita berkenalan dari tampilan eksteriornya, kini saatnya kita beralih pada sesi lain di mana pada sesi berikutnya ini kita akan membahas panel indikator dari spesifikasi Ducati Monster 1200. Pada sektor panel indikatornya tersebut, Ducati Monster 1200 mengandalkan tipe Full TFT Instrumen Indicator yang tampilan atau gaya rancangannya mengadopsi dari Ducati 1199 Panigale. Desainnya terlihat begitu modern dan futuristis serta informatif sehingga pengendara pun mudah membaca atau mengetahui keadaan Ducati Monster 1200 ini. Selain itu, panel ini menggunakan layar Full Digital tipe TFT yang menampilkan berbagai macam informasi penting. Jika kita lihat secara lebih mendetail, panel instrumen indikator ini menampilkan beberapa bagian info. Yang pertama yaitu menawarkan 3 mode, yaitu mode sport, urban, dan touring yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendaranya. Selain itu, ditampilkan juga mode ABS dan Ducati Traction Control (DTC) pada panel Ducati Monster 1200 tersebut yang akan memberi kemudahan kepada pengendara untuk mengontrol setiap perangkat atau fitur keselamatan, seperti control pengereman ABS. Tak hanya itu saja, panel indikator dari spesifikasi Ducati Monster 1200 ini juga menampilkan beberapa informasi lain, yang di antaranya RPM meter, Jam, Suhu, Kecepatan, bahan bakar dan masih banyak lagi. Dengan demikian, bisa kita simpulkan bahwa instrument panel indikator dari spesifikasi Ducati Monster 1200 tersebut didesain dengan rancangan gaya modern dan futuristis dengan memperlihatkan tampilan yang informatif.

Spesifikasi Motor Ducati Monster 1200

Spesifikasi Motor Ducati Monster 1200

Dimensi Besar Dengan Gaya Desain Ergonomis

Lanjut pada pembahasan berikutnya, kali ini Mas Sena akan mengulas pada sektor dimensi dari spesifikasi Ducati Monster 1200. Jika kita melihat dari tampilan eksteriornya yang memiliki bentuk besar, tentu tak lepas dari dimensi yang membentuknya, yaitu dengan mengandalkan rangka tipe Tubular Steel Trellis frame Attached to the cylinder heads yang dikenal sangat kokoh untuk menahan beban dari Ducati Monster 1200 ini. Selain itu, moge ini memiliki dimensi dengan ukuran panjang 2.200 mm, lebarnya 830 mm, dan mencapai ketinggian hingga 1.040 mm serta memiliki bobot kering 182 kg dan berat kosong 209 kg. Dengan dimensi dan beban tersebut, tentu merupakan suatu kewajaran jika Ducati monster ini menjadi motor yang memiliki tampilan besar. Selain itu, Ducati Monster 1200 ini juga memiliki jarak sumbu kedua roda sepanjang 1.511 mm dan mengandalkan frame berwarna merah dan didesain dengan gaya ergonomis yang akan semakin menambah tampilan motor ini kian gahar dan liar. Sayangnya, untuk ukuran ground clearance belum diketahui secara pasti. Namun, jika melihat dari bentuk bodinya, tampaknya spesifikasi Ducati Monster 1200 memiliki ukuran ground clearance yang cukup tinggi sehingga pengendara tak perlu khawatir jika melewati jalan penuh bebatuan atau polisi tidur.

Review Ducati Monster 1200

Review Ducati Monster 1200

Moge Berbobot Besar Disokong dengan Suspensi Canggih

Advertisement

Menginjak pada sektor berikutnya, pada sesi ini Mas Sena akan mencoba untuk mengulas sektor suspensi dari spesifikasi Ducati Monster 1200. Sudah diketahui bersama bahwa kehadiran suspensi pada setiap kendaraan sangat perlu mengingat perannya yang penting untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara. Oleh karena itu, sebagai motor streetfighter kelas menengah atas, Ducati membekali Ducati Monster 1200 tersebut dengan dua suspensi kokoh di depan dan di belakang. Untuk suspensi depan menggunakan tipe Fully Adjustable berukuran 43 mm usd forks. Sementara itu, untuk suspensi belakang akan menggunakan tipe suspensi Progressive linkage with adjustable Sachs monoshock. Aluminium single-sided swingarm. Dengan kedua suspensi berteknologi tinggi dan kokoh tersebut, tentu akan mampu meredam setiap goncangan ketika melewati jalanan berlubang atau bergeronjal sehingga kenyamanan penumpang pun akan tetap terjaga. Di sisi lain, Ducati Monster 1200 juga dilengkapi dengan dua velg kokoh. Baik velg depan maupun belakang menggunakan tipe velg yang sama, yaitu 10-spoke in light alloy yang sama-sama berukuran 17 inci. Kedua velg tersebut akan dibalut dengan jenis ban yang sama pula, yakni Pirelli Diablo Rosso II ZR17. Hanya saja, untuk ukurannya berbeda di mana untuk ban depan berukuran 120/70 sedangkan untuk ban belakang berukuran 190/70. Dengan kedua velg dan ban yang disematkan Ducati tersebut maka moge Ducati Monster 1200 ini akan terasa enak dikendarai di berbagai medan jalan. Di samping itu, untuk menunjang keamanan maka Ducati pun juga membekali motor besutannya ini dengan sistem pengereman semi-floating discs, radially mounted Brembo Monobloc M4.32 callipers, 4-piston berukuran 2×320 mm untuk rem depan. Sementara itu, untuk rem belakang mengandalkan jenis rem cakram berdiameter 245 mm dengan 2 piston kaliper di mana kedua rem tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman ABS (Anti-Lock Braking System) yang akan lebih menjamin keselamatan pengendaranya dan mempermudah pengendaranya dalam mengontrol laju motor yang begitu cepat. Spesifikasi Ducati Monster 1200 tersebut, nampaknya memang menjadi hal yang wajib bagi motor mewah.

Harga Motor Ducati Monster 1200

Harga Motor Ducati Monster 1200

Mengusung Mesin Gahar Tipe Testastretta 11° L-Twin Berkapasitas 1.198,4cc

Nah, pada sesi selanjutnya ini, kini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk menjelajah lebih dalam lagi pada spesifikasi Ducati Monster 1200, yaitu pada sektor dapur pacunya. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa Ducati Monster 1200 ini merupakan motor gede bergaya streetfighter yang diklaim bakal memiliki tenaga handal dan begitu gahar. Hal tersebut dibuktikan oleh Ducati dengan membekali motor garapannya tersebut dengan mesin bertipe Testastretta 11° L-Twin 4 Desmodromically actuated katup per silinder dan berpendingin cair yang diklaim memiliki tenaga yang sangat gahar. Bahkan, mesin Ducati Monster 1200 tersebut diketahui memiliki kapasitas hingga 1.198.4cc. Dengan mesin tersebut, tentu akan menghasilkan daya tenaga yang sangat besar, yaitu mampu mencapai tenaga maksimal hingga 135 Hp setiap putaran ke 8.750 rpm dan bisa mencapai torsi maksimum hingga angka 118 Nm setiap putaran ke 7.250 rpm. Sehingga, tak mengherankan jika Ducati Monster 1200 ini memang layak disebut sebagai monster mengingat mesin yang diusungnya begitu ganas. Selain itu, tenaga yang dihasilkan mesin tersebut akan disalurkan melalui tipe transmisi manual 6-percepatan sehingga tenaga pun akan mudah tersalurkan dan menghasilkan tenaga yang maksimal. Di sisi lain, motor ini juga sudah lolos uji emisi Euro 3 yang mana membuat Ducati Monster menjadi motor yang ramah lingkungan serta memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan efisien. Secara keseluruhan, mesin pacu dari spesifikasi Ducati Monster 1200 memang bakal memberikan tenaga gahar dan handal namun tetap ramah lingkungan.

Dilengkapi Fitur Canggih

Beralih pada sesi terakhir dari pembahasan mengenai spesifikasi Ducati Monster 1200, kini kita akan mengulas fitur-fitur yang disematkan pada moge besutan Ducati ini. Fitur-fitur yang akan diusung Ducati ini salah satunya yaitu fitur keselamatan. Nah, untuk menunjang keselamatan pengendara atau pun penumpangnya maka seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Ducati akan membekalinya dengan sistem pengereman canggih pada Ducati Monster 1200 ini. Yaitu, sistem pengereman yang mengandalkan teknologi ABS System (Anti-Lock Braking System) yang bisa dikontrol pada konfigurasi di panel indikatornya. Selain itu, dengan fitur keselamatan bersistem pengereman ABS ini, tingkat keselamatan penumpang atau pengemudinya akan lebih terjamin. Di sisi lain, Ducati Monster 1200 ini juga telah lolos uji emisi Euro 3 yang membuatnya memiliki konsumsi bahan bakar yang baik serta gas buangnya sendiri terbilang ramah lingkungan. Selanjutnya, ada juga fitur seperti riding mode di mana akan memungkinkan bagi setiap pengemudinya untuk bisa memilih mode berkendara. Hal ini tentu menjadi suatu hal yang sangat mewah dan keren yang ditanamkan pada spesifikasi Ducati Monster 1200 ini.

Spesifikasi Ducati Monster 1200

Tipe Ducati Monster 1200 Ducati Monster 1200 R Ducati Monster 1200 S
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi mm 2200 mm x 830 mm x 1040 mm 2121 mm x 845 mm x 1150 mm 2200 mm x 830 mm x 1040 mm
Jarak Sumbu Roda mm 1510 mm
Tinggi dari Tanah mm 150 mm
Berat Kosong/Berat Total Kendaraan kg 209 kg 207 kg 209 kg
Mesin
Tipe Testastretta 11° L-Twin, 4 Desmodromically actuated valves per cylinder, liquid cooled Testastretta 11° DS, L-Twin cylinders, 4 valve per cylinder, Desmodromic, liquid cooled Testastretta 11° L-Twin, 4 Desmodromically actuated valves per cylinder, liquid cooled
Kubikasi Mesin 1198.4cc
Diameter x Langkah 106 x 67.9mm
Tenaga Maksimum PS/rpm 99.3 kW (135 hp) @ 8,750 rpm 117,7 kW (160 hp) @ 9,250 rpm 106.6 kW (145 hp) @ 8,750 rpm
Torsi Maksimum Kg.m/rpm 118 Nm (87 lb-ft) @ 7,250 rpm 131,4 Nm (97 lb-ft) @ 7,750 rpm 124.5 Nm (91.8 lb-ft) @ 7,250 rpm
Sistem Bahan Bakar Electronic fuel injection system, 53mm throttle bodies with full Ride by Wire Synerject-Continental electronic fuel injection system, elliptical throttle body Ø 56 mm equivalent with full Ride-by-Wire Electronic fuel injection system, 53mm throttle bodies with full Ride by Wire
Kapasitas Tangki Bahan Bakar Liter 17.5l
Transmisi 6 speed
Rangka
Tipe Tubular steel Trellis frame attached to the cylinders head
Suspensi Depan 43mm fully adjustable usd forks Ohlins fully adjustable 48mm usd forks
Suspensi Belakang Progressive linkage with fully adjustable monoshock. Aluminium single-sided swingarm Progressive linkage with fully adjustable Öhlins monoshock. Aluminium single-sided swingarm
Rem Depan 2 x 320mm semi-floating discs, radially mounted Monobloc Brembo M4-32 callipers, 4-pistons, radial pump with ABS as standard 2 x 330 mm semi-floating discs, radially mounted Brembo Monobloc evo M50 4-piston callipers, radial pump with ABS as standard 2 x 330mm semi-floating discs, radially mounted Monobloc Brembo evo M50 4-piston callipers, radial pump with ABS as standard equipment
Rem Belakang 245mm disc, 2-piston floating calliper with ABS as standard equipment 245 mm disc, 2-piston caliper, with ABS as standard 245mm disc, 2-piston floating calliper with ABS as standard equipment
Ban Depan 120/70 ZR 17 Pirelli Diablo Rosso II Pirelli Diablo Supercorsa SP 120/70 ZR17 120/70 ZR 17 Pirelli Diablo Rosso II
Ban Belakang 190/55 ZR17 Pirelli Diablo Rosso II Pirelli Diablo Supercorsa SP 200/55 ZR17 190/55 ZR17 Pirelli Diablo Rosso II

Harga Ducati Monster 1200

Setelah kita mengulas secara lengkap mengenai spesifikasi yang diusung Ducati Monster 1200, kini waktunya Mas Sena untuk membahas dan mengetahui harga Ducati Monster 1200. Namun, sebelumnya perlu diketahui lebih dulu bahwa Ducati Monster 1200 ini merupakan tipe moge streetfighter kelas menengah atas dengan tampilan desain gagah dan eksklusif sehingga tak mengherankan jika tampilannya sangat menarik, terutama bagi pecinta moge. Tak heran jika para pecinta moge pasti sudah mampu memperkirakan harga Ducati Monster 1200  sebagai sesuatu yang di luar jangkauan masyarakat umumnya. Selain itu, moge garapan Ducati ini pun juga dikenal sangat gahar dalam urusan kecepatan. Tentu, hal tersebut tak lepas dari mesin yang diusungnya, yaitu mesin tipe Testastretta 11° L-Twin yang memiliki kapasitas kubikasinya hingga mencapai 1.198.4cc di mana mesin tersebut akan mampu memberikan daya dorong motor yang sangat kuat dan handal. Di sisi lain, Ducati Monster 1200 juga dilengkapi pula dengan fitur keselamatan berupa pengereman sistem ABS yang akan mempermudah pengemudinya untuk mengontrol laju motor ini dan lebih menjamin keselamatan pengendara beserta penumpangnya ketika motor ini melaju dengan sangat cepat. Dengan spesifikasi tersebut, kira-kira berapa ya harga Ducati Monster 1200 ini?

Harga Ducati Monster 1200

Harga Ducati Monster 1200

Harga Ducati Monster 1200 Terbaru

Harga Ducati Monster 1200 Terbaru

Berkaitan dengan harga Ducati Monster 1200, menurut informasi yang beredar diketahui bahwa harga Ducati Monster 1200 akan dibanderol dengan harga mencapai Rp 455 jutaan. Sebuah harga yang sangat tinggi untuk sebuah motor. Bahkan, harga tersebut bisa dianggap lebih mahal dari mobil atau bahkan hampir setara dengan harga mobil SUV kelas premium. Di samping itu, harga Ducati Monster 1200 tersebut kemungkinan besar akan menjadi harga OTR untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya mengingat lokasi distributor atau APM berlokasi di Jakarta sehingga sangat dimungkinkan jika beda kota atau daerah maka harganya nanti akan cenderung sedikit lebih mahal dari harga Ducati Monster 1200 tersebut. Tentu, dengan harga yang sangat mahal tersebut, para calon konsumen yang ingin memboyongnya harus benar-benar merogoh kocek dalam-dalam. Tapi, bagi calon konsumen kelas menengah atas yang ingin memilikinya, pastinya bukan suatu hal yang sulit bagi mereka untuk memboyongnya. Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa Ducati Monster 1200 akan hadir dengan 2 varian warna saja, yaitu red dan black. Kedua warna tersebut bisa dipilih sesuai selera konsumen dan diketahui tak memengaruhi fluktuasi harga. Dilihat dari serinya, Ducati Monster 1200 ini memiliki saudara kembar yang berbeda sedikit pada bagian spesifikasi dengan tambahan huruf S dan R. Diketahui banderol kedua varian lain tersebut tak berbeda jauh dengan harga Ducati Monster 1200 ini.

Harga Ducati Monster 1200

Tipe Harga
Ducati Monster 1200 Rp. 455.000.000,00
Ducati Monster 1200 R Rp. 460.000.000,00
Ducati Monster 1200 S Rp. 490.000.000,00

Catatan : 

  • Harga Ducati Monster 1200 diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Ducati Monster 1200

Dibanderol dengan harga yang super mahal tentunya bukan suatu hal yang mengherankan. Karena, dengan harga Ducati Monster 1200 tersebut, Ducati telah menanaminya dengan banyak keunggulan dibandingkan dengan motor lainnya di segmen yang sama. Selain itu, dengan harga 400 jutaan pastinya akan membuat para pecinta otomotif sudah tidak perlu meragukan lagi mengenai keunggulan yang dimiliki Ducati Monster 1200 ini, terutama pada sektor desain yang sangat berciri khas moge street fighter kelas atas dan dapur pacunya yang mampu menghasilkan kinerja mesin yang sangat gahar. Namun, tampaknya perjalanan bisnis Ducati dengan spesifikasi dan harga Ducati Monster 1200 tersebut harus bersaing ketat dengan MV Agusta Turismo Veloce 800 yang sama-sama memiliki desain cantik dan spesifikasi mumpuni di kelasnya. Sepertinya, bakal menjadi pertarungan yang cukup sengit di antara kedua moge kelas menengah atas tersebut. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Ducati Monster 1200 ini. Semoga ulasan yang telah Mas Sena paparkan tersebut bisa bermanfaat. Sekian dan terimakasih. Baca juga Suzuki GSX-S750 ABS dan Kawasaki Z800.

Top