Geliat Pasar Moge di Indonesia Kian Meningkat

Pasar Motorsport di Indonesia Akan Terus Tumbuh – Tampaknya, dengan semakin bertambahnya varian motor sport garapan beberapa produsen otomotif di  Indonesia, diyakini akan membuat pasar motor gede di Tanah Air akan terus tumbuh. Kenyataan ini pun juga diyakini oleh PT Astra Honda Motor (AHM) selaku APM dari sepeda motor merk Honda untuk pasar Honda di Indonesia.

Pasar Motorsport Di Indonesia Akan Terus Tumbuh

Berkaitan dengan itu, Margono Tanuwijaya selaku Direktur Marketing AHM mengungkapkan bahwa tingkat daya beli masyarakat pada segmen sepeda motor yang berbanderol ratusan jutaan ini akan semakin tumbuh di Indonesia. Alasannya, saat ini para produsen moge semakin banyak. Bahkan, jenis motor sport yang ditawarkan pun juga kian beragam dan banyak, seperti supersport, adventure, trail, dan cruiser. “Ke depan, (pasar) big bike akan membesar. Sesuai dengan perkembangan daya beli masyarakat dan bigbike di segmen hobi akan semakin banyak (dicari),” ujar Margono.

Selain itu, Margono sendiri juga menambahkan bahwa terjun di kancah segmen moge, pihak Honda sudah siap dengan berbagai resiko. Pihak Honda juga mengungkapkan bahwa segmen moge akan lebih tahan dengan kondisi ekonomi. Pasalnya, pasar moge kecil dn konsumennya merupakan para penggemar moge juga. “Tapi memang perlu waktu (untuk berkembang). Karena saat ini pengguna sepeda motor lebih banyak yang mencari untuk transportasi, sementara big bike kan hobi. Big bike Honda jika dipakai sehari-hari enggak fungsional,” tambahnya.

Perlu diketahui bahwa PT AHM sendiri saat ini telah memasarkan tujuh model big bike yakni Honda CB500F (Rp 139 juta), CBR500R (Rp 144 juta), CB500X (Rp 147 juta), CB650F (Rp 235 juta), CBR650F (Rp 240 juta), NM4 Vultus (Rp 435 juta), dan CBR1000RR SP (Rp 575 juta).

Sebagai pemain baru moge di Indonesia, pihak Astra Honda harus bersaing juga dengan PT Kawasaki Motor Indonesia yang statusnya sudah lebih dulu menggelouti segmen ini. Kawasaki menjual model Ninja, Z Series, Versys, Vulcan, hingga Street model yang meliputi W800 dan ER6 Series. Selain itu produsen berlogo garputala, Yamaha Motor Indonesia Manufacturing (YIMM), memasarkan MT-09, MT 09 Tracer, R6, R1, dan skutik bongsor TMAX.

Top