Bus Hidrogen Toyota Siap Diperkenalkan ke Publik

Toyota Perkenalkan Bus Masa Depan Bertenaga Hidrogen –  Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota tengah mempersiapkan model bus yang akan memenuhi kebutuhan pengguna di masa depan. Bus yang akan mengandalkan tenaga hidrogen tersebut akan memakai sumber tenaga yang sama dengan yang dipakai oleh mobil hatchback masa depan garapan Mirai.

toyota perkenalkan bus masa depan bertenaga hidrogen

Bus hidrogen milik Toyota itu menurut kabar akan menggunakan sepasang motor listrik pada bagian dapur pacunya. Komponen mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sekitar 155 daya kuda dan torsi sebesar 339 Nm. Tak seperti bus pada umumnya, bus masa depan Toyota ini tidak menimbulkan suara sama sekali sehingga tidak menghasilkan polusi suara. Selain menggunakan konsep nirkabel, bus juga menghasilkan uap air yang tidak mencemari udara.

Bus fuel-cell Toyota ini menggendong sepuluh buah tangki yang cukup untuk menampung hidrogen sebagai pengganti bahan bakarnya. Jika tangki diisi dengan kapasitas maksimum maka bus ini bisa digunakan untuk melaju sekitar 200 km. Memang jaraknya tidak terlalu jauh, namun pengisian ulang tangki bisa dilakukan dengan cepat karena hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Bus yang sanggup menampung 77 penumpang ini diklaim akan membuat kota-kota besar seperti Tokyo lebih bersih dan tidak tercemari dengan polusi suara. Di dalam bus tersebut digunakan kabel yang jumlahnya sedikit. Jenisnya adalah nikel besi hydride sehingga bisa dipakai sebagai pemasok tenaga eksternal saat bencana alam terjadi. Hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri karena Jepang memang sering dilanda gempa bumi dan tsumani.

Teknologi fuel-cell hidrogen yang diaplikasikan Toyota pada busnya ini harganya mahal. Banderol teknologi tersebut diperkirakan mencapai 100 juta yen. Harga ini jauh lebih tinggi sekitar 4 atau 5 kali lipat dari harga bus biasa yang masih mengandalkan bahan bakar dari diesel. Meski begitu, pihak Toyota tetap optimis untuk bisa menjual 100 unit pada tahun 2020.

Langkah Toyota untuk membuat bus ini karena pihaknya sendiri percaya hidrogen merupakan sumber tenaga potensial yang akan digunakan di masa depan. Tak heran jika pabrikan tersebut juga tengah mempersiapkan alat berat berbasis hidrogen serta membuat stasiun pengisian ulang hidrogen yang ditujukan untuk rumah dan usaha.

Top