Spesifikasi dan Harga Yamaha X-Max 300 Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Yamaha X-Max 300 – Setelah sukses dengan motor matik kelas 150cc yang bernama N-Max, kini Yamaha pun dikabarkan akan kembali membuat sebuah gebrakan baru dengan meluncurkan sebuah motor matik yang bertajuk Yamaha X-Max 300. Skutik yang diklaim sebagai generasi penerus dari Yamaha N-Max ini memang bakal hadir untuk konsumen kalangan kelas menengah dengan berbekal spesifikasi gahar dan dilengkapi beragam fitur canggih. Sehingga, bukan suatu yang mengherankan jika Yamaha X-Max 300 bakal menjadi salah satu produk yang menjadi andalan Yamaha dalam mendominasi pasar otomotif global, khususnya Indonesia. Dominasi beberapa produsen otomotif asal Jepang macam Yamaha pada segmen skutik di pasar otomotif Indonesia tampaknya memang menunjukkan perkembangan yang begitu pesat dalam beberapa dekade belakangan ini. Kehadiran Yamaha X-Max 300 tentu bisa jadi senjata pemusnah masal yang berikutnya bagi para pesaing-pesaingnya bahkan di tataran dunia. Selain itu, masih banyak sekali produk skutik baru dengan beragam inovasi dan dibekali spesifikasi yang sampai saat ini kian diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia seakan semakin menjadi pembenar jalan lapang Yamaha X-Max 300 ini nantinya.

Yamaha X Max 300

Yamaha X Max 300

Sebagai skutik kelas menengah, tentu Yamaha X-Max 300 ini akan tampil dengan desain elegan dan atraktif serta dibekali spesifikasi yang sangat mumpuni. Jika melihat dari segi desain, sebenarnya Yamaha X-Max 300 ini memiliki desain yang tak jauh berbeda dengan pendahulunya, Yamaha N-Max. Hanya saja, tampilan bodinya tampak sedikit lebih sporty dengan disematkan beberapa lekukan tegas pada setiap sisinya yang membuat skutik ini menjadi lebih menarik dari segi eksteriornya. Selain itu, meski memiliki gaya tampilan desain eksterior yang tak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya namun untuk sektor jantung pacunya, Yamaha X-Max 300 jauh berbeda dengan Yamaha N-Max. Sebab, Yamaha X-Max 300 akan dibekali mesin dengan kapasitas 2 kali lebih besar, yaitu 300cc dengan tipe mesin SOHC silinder tunggal. Sehingga, skutik garapan Yamaha ini pun bakal memiliki tenaga mesin yang luar biasa dari motor matik pada umumnya. Di sisi lain, untuk motor matik asal Negeri Matahari terbit ini pun juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur menarik, yaitu fitur keselamatan dan fitur hiburan yang akan menunjang kenyamanan pada setiap pengendaranya. Nah, selain beberapa keunggulan tersebut, Yamaha X-Max 300 pun juga memiliki keunggulan lain yang belum diketahui. Mau tahu? Yuk, kita ulas bersama mengenai spesifikasi dan harga Yamaha X-Max 300 pada beberapa segmen lengkap berikut.

Motor Yamaha X Max 300

Motor Yamaha X Max 300

Spesifikasi Yamaha X-Max 300

Skutik dengan Konsep Desain Aerodinamika Khas Tampilan Eropa

Menginjak pada bagian awal ini, kita akan bersama-sama untuk mengetahui sektor desain eksterior atau tampilan terluar dari spesifikasi Yamaha X-Max 300. Skutik terbaru garapan Yamaha ini, diketahui akan hadir dengan mengutamakan gaya desain aerodinamika yang dibuat khas skutik ala gaya Eropa. Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai sisi terluar dari tampilan eksteriornya. Mulai dari depan, Yamaha akan mengandalkan dual head lamp berteknologi LED yang kan membantu pengendaranya memberikan penerangan jalan yang lebih optimal, terutama ketika melewati jalan yang minim penerangan atau lampu kota. Tak sampai di situ, untuk menambah kesan gaharnya, pada sisi depan dari Yamaha X-Max 300 ini juga akan dilengkapi pula dengan side panel bergaya boomerang yang memiliki fungsi untuk membelah angin dari bagian depan sehingga laju keseimbangan pun akan lebih optimal. Selain itu, guna melindungi pengemudinya dari terpaan angin secara langsung dari sektor depan maka Yamaha juga membekali visor besar. Menariknya, pada sektor bodi sektor tengahnya, Yamaha X-Max 300 ini turut membawa sebuah tangki bahan bakar yang cukup untuk menampung bahan bakar sebanyak 13 liter, seperti motor laki-laki yang akan membuat pengemudinya tak perlu turun ketika akan mengisi bahan bakar. Sementara itu, menginjak pada sektor belakangnya, Yamaha X-Max 300 ini juga dilengkapi dengan stop lamp berteknologi LED lamp. Sehingga, penggunaan daya akan lebih irit dan mampu memberikan pencahayaan stop lamp yang lebih jelas. Jika melihat secara keseluruhan sektor eksterior atau tampilan dari spesifikasi Yamaha X-Max 300 tersebut, tampaknya skutik ini memang dibuat dengan desain sporty yang begitu aerodinamis layaknya motor matik khas gaya Eropa.

Spesifikasi Yamaha X Max 300

Spesifikasi Yamaha X Max 300

Dilengkapi Panel Indikator Informatif dengan Gaya Desain Modern

Menginjak pada sektor dashboard, spesifikasi Yamaha X-Max 300 ini juga dibekali dengan sebuah panel instrument lengkap dan sangat informatif. Pasalnya, produsen asal Negeri Bunga Sakura tersebut akan membenamkan sebuah instrumen indikator LCD multi fungsi di mana di dalamnya terdapat kolaborasi antara panel analog dan digital yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu samping kanan, samping kiri dan tengah. Pada bagian samping kanan dan kiri, Yamaha X-Max 300 menyematkan panel analog yang digunakan untuk mengukur atau mengetahui kecepatan dan RPM secara jelas. Sementara itu, pada bagian tengahnya, akan disematkan fitur panel digital dengan menampilkan indikator bahan bakar, jam, dan trip meter sehingga menampilkan sebuah tampilan yang berkesan sangat user friendly dari Yamaha X-Max 300 ini. Di sisi lain, dengan adanya kombinasi panel analog dan digital pada instrument indikator tersebut, tentunya pengemudi pun akan bisa mengetahui keadaan atau kondisi motor secara lebih mudah dan jelas. Hal ini tentu menjadi kelebihan dari spesifikasi Yamaha X-Max 300 yang tak dapat dipungkiri lagi.

Spesifikasi Motor Yamaha X Max 300

Spesifikasi Motor Yamaha X Max 300

Skutik dengan Dimensi Besar dan Kokoh

Setelah mengetahui spesifikasi Yamaha X-Max 300 pada sektor desain atau tampilan luarnya, kini Mas Sena akan mengulas pada sektor dimensi sebagai salah satu penopang bodi motor. Perlu diketahui bahwa tampilan eksterior yang bongsor tersebut tak lepas dari dimensi pembentuknya. Pada Yamaha X-Max 300 ini, memiliki dimensi dengan ukuran panjang 2.185 mm, lebar 775 mm, dengan ketinggian 1.415 mm dan memiliki jarak sumbu roda 1.540 mm. Dengan dimensi ukuran tersebut, tentu akan membuat pengemudinya merasa nyaman. Sebab, tempat duduknya tidak terlalu tinggi, yaitu hanya berukuran 775 mm dan sesuai dengan postur tinggi orang dewasa secara umum. Sehingga, Yamaha X-Max 300 ini akan memudahkan seorang pengemudinya dalam mengontrol skutik ini ketika melewati jalan macet atau ketika berhenti di lampu merah. Bahkan, kenyamanan pengemudi juga akan semakin dimanjakan dengan posisi berkendara mengingat skutik ini memiliki deck tempat duduk yang terbilang luas sehingga pengemudi tak akan mudah lelah ketika menempuh perjalanan jauh. Di sisi lain, Yamaha X-Max 300 ini memiliki ground clearance sedang atau tak terlalu tinggi setinggi 135 mm. Sehingga, pengemudi tetap harus berhati-hati ketika melewati jalan berlubang dan penuh bebatuan atau polisi tidur. Namun, Yamaha X-Max 300 ini juga akan memiliki tingkat kestabilan yang cukup tinggi ketika dikendarai dengan kecepatan tinggi mengingat skutik garapan Yamaha ini memiliki bobot sebesar 179 Kg. Dengan melihat sektor dimensi dari spesifikasi Yamaha X-Max 300, maka bisa diketahui bahwa skutik ini terbilang cukup memiliki dimensi besar dan kokoh.

Review Yamaha X Max 300

Review Yamaha X Max 300

Berkendara Lebih Nyaman Berkat Sokongan Kaki-Kaki dan Suspensi Kokoh

Advertisement

Spesifikasi Yamaha X-Max 300 yang selanjutnya memang nampak unik. Meskipun motor matik ini hadir di era modern seperti saat ini yang mayoritas para produsen memroduksi motor dengan suspensi upside down pada sektor depannya, tetapi hal tersebut tak memengaruhi Yamaha. Pasalnya, pabrikan asal Jepang tersebut masih konsisten melengkapi setiap jajaran produk motornya, termasuk Yamaha X-Max 300 garapannya tersebut dengan mengandalkan sistem suspensi teleskopik standar untuk bagian depan dan suspensi unit swing atau lengan ayun lengkap dual shock untuk sektor belakangnya. Dengan adanya kedua suspensi tersebut, tentu saja mampu meredam setiap goncangan ketika melewati jalanan berlubang atau pun medan penuh bebatuan sehingga pengguna pun akan merasa lebih nyaman. Tak sampai di situ saja, Yamaha X-Max 300 ini juga akan dilengkapi dengan ban tubeless. Untuk sektor depannya, akan menggunakan ban tubeless berukuran 120/70 dengan velg berukuran 15 inci. Sementara itu, untuk ban belakang akan mengandalkan ukuran ban 140/70 untuk membalut velg berukuran 14 inci. Kedua ban Yamaha X-Max 300 tersebut akan terlihat lebih macho mengingat keduanya ban tersebut merupakan jenis ban tubeless tapak lebar. Dengan dibekali ban tapak lebar maka memungkinkan para pengemudinya untuk bermanuver atau melewati tikungan tajam secara lebih mudah dan nyaman. Di sisi lain, untuk mengontrol laju kecepatan dari skutik besutan Yamaha ini maka Yamaha X-Max 300 akan dibekali dengan sistem pengereman hidrolik cakram tunggal. Untuk rem depan akan menggunakan piringan berdiameter 267 mm sedangkan sektor belakangnya mengandalkan piringan tunggal berukuran 245 mm. Menariknya, pada ban belakang tersebut sudah disematkan teknologi pengereman ABS yang akan membuat pengendara lebih mudah dalam mengontrol laju motor matik ini atau dibutuhkan ketika rem mendadak. Kehadiran ABS dalam spesifikasi Yamaha X-Max 300 tersebut membuktikan modernnya teknologi Yamaha saat ini pada segmen skutik.

Harga Motor Yamaha X Max 300

Harga Motor Yamaha X Max 300

Skutik Bertenaga Gahar Berkat Mesin SOHC Berkapasitas 292cc dan Berteknologi Blue Core

Lanjut pada sesi berikutnya, pada pembahasan ini Mas Sena akan menilik sektor mesin pacu dari spesifikasi Yamaha X-Max 300. Pada sektor jantung penggerak yang dibawa skutik ini, memiliki daya tarik tersendiri. Sebab, skutik ini akan mengandalkan tipe mesin SOHC 4 katup yang memiliki kapasitas mesin paling tinggi di antara skutik-skutik lainnya, yaitu sebesar 292cc. Dengan mesin tersebut, diketahui Yamaha X-Max 300 ini akan menghasilkan tenaga yang sangat gahar, yaitu mampu mencapai tenaga maksimal hingga 20,6 kW setiap putaran 7.250 rpm dan mampu mencapai titik torsi maksimum hingga 29,0 Nm pad putaran 5.750 rpm. Tenaga yang dihasilkan dari mesin Yamaha X-Max 300 tersebut, selanjutnya akan disalurkan melalui sebuah sistem transmisi V-Belt Automatic dengan tipe kopling otomatis, sentrifugal dan tipe kering. Sehingga, dengan melihat hasil tenaga dari mesin tersebut yang kemudian disalurkan dengan sistem transmisi dari mesin itu maka tak mengherankan jika skutik garapan Yamaha ini mampu melesat begitu kencang. Di sisi lain, meskipun memiliki tenaga mesin yang sangat besar namun Yamaha X-Max 300 ini akan tetap irit bahan bakar. Pasalnya, skutik ini sudah dibekali teknologi Blue Core dengan suplai bahan bakar Fuel Injection dan lolos uji coba Euro 4 sehingga penggunaan bahan bakar pada skutik ini tetap efisien dan tentunya ramah lingkungan. Itu artinya, spesifikasi Yamaha X-Max 300 ini dapat menjadi pilihan bagi pecinta lingkungan.

Dilengkapi Fitur Keselamatan dan Fitur Penunjang Kenyamanan

Selain memiliki desain sporty dan elegan khas motor matik Eropa serta berspesifikasi mumpuni, spesifikasi Yamaha X-Max 300 ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, yaitu fitur keselamatan dan fitur kenyamanan. Untuk fitur keselamatan, Yamaha akan menggunakan sistem pengereman hidrolik cakram tunggal. Untuk rem depan akan menggunakan piringan cakram tunggal dengan diameter mencapai 267 mm. Sedangkan, untuk rem belakang akan dibekali sistem pengereman dengan piringan cakram tunggal berdiameter 245 mm lengkap dengan fitur teknologi fitur ABS untuk sistem pengereman sektor belakangnya. Bahkan, sistem pengereman dari spesifikasi Yamaha X-Max 300 ini juga akan dilengkapi teknologi TCS (Traction Control System) yang mampu mencegah ban belakang kehilangan traksi dengan mengurangi putaran roda pada saat sensor mengetahui adanya selip. Dengan disematkannya kedua rem tersebut maka keselamatan pengemudi maupun penumpangnya pun akan lebih terjamin. Di samping itu, Yamaha X-Max 300 juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, antara lain pada bagian dashboard yang terletak tepat di bawah kemudi, terdapat dua tempat penyimpanan barang di mana dan salah satu diantaranya terdapat Handy 12v outlet, yang dapat dijadikan sebagai media charger atau mengisi daya baterai pada setiap barang elektronik seperti HP atau pun GPS. Kemudian pada bagian kunci kontak, Yamaha X-Max 300 ini ditanamkan pula sebuah fitur smart key system. Tak hanya itu, bagasi ekstra luas pun juga turut disediakan oleh X-MAX 300 dengan daya tampung dua helm full face, dan itu pun masih tersisa space untuk menyimpan perlengkapan seperti sarung tangan atau kebutuhan lain saat berkendara. Bagaimana? Spesifikasi Yamaha X-Max 300 ini semakin menggiurkan bukan?

Yamaha X-Max 300

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 2,185 mm x 775 mm x 1,415 mm (adjustable screen 1,465mm)
Berat Kosong 179 kg
Jarak Terendah Ke Tanah 135 mm
Tinggi Jok 795 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 13 liter
Mesin
Tipe Mesin Single cylinder, liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valves
Volume Silinder 292cc
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection
Gigi Transmisi V-Belt Automatic
Bore x Stroke (mm) 70.0 mm x 75.9 mm
Rasio kompresi 10.9 : 1
Power maksimum 20.6 kW @ 7,250 rpm
Torsi maksimum 29.0 Nm @ 5,750 rpm
Rangka
Tipe Suspensi Depan Telescopic fork
Tipe Suspensi Belakang Unit Swing
Rem Depan Hydraulic single disc, Ø 267 mm
Rem Belakang Hydraulic single disc, Ø 245 mm (ABS)
Ukuran Ban Depan 120/70-15
Ukuran Ban Belakang 140/70-14

Harga Yamaha X-Max 300

Sampailah kita pada pembahasan terakhir di mana pada sesi paling akhir ini, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengetahui dan mengulas harga Yamaha X-Max 300. Seperti yang sudah dikatakan di atas, Yamaha X-Max 300 ini akan mengusung gaya desain elegan dan sporty layaknya skutik bergaya Eropa. Pertanyaannya tentu apakah gaya Eropa yang diusungnya juga bakal memengaruhi harga Yamaha X-Max 300 ini? Selain itu, Yamaha X-Max 300 ini juga akan dibekali dengan tipe mesin SOHC 4 katup silinder tunggal. Menariknya, kapasitas motor matic ini cukup tinggi, yaitu mengusung kapasitas 292cc yang diketahui merupakan skutik dengan kapasitas tertinggi dikelasnya. Tentu, hal tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen Yamaha X-Max 300 ini. Selain itu skutik ini juga akan dilengkapi dengan fitur keselamatan dan fitur kenyamanan canggih sehingga pengguna pun akan merasa lebih aman dan nyaman. Dengan spesifikasi tersebut, kira-kira berapa ya harga Yamaha X-Max 300 ini?

Harga Yamaha X Max 300

Harga Yamaha X Max 300

Harga Yamaha X Max 300 Terbaru

Harga Yamaha X Max 300 Terbaru

Jika kita melihat spesifikasi dan fitur yang diusungnya, tampaknya pantas jika harga Yamaha X-Max 300 ini dibanderol dengan angka yang tinggi. Bahkan, teknologi yang diusungnya terbilang teknologi baru dan masih langka ditemukan pada kebanyakan motor matik masa kini. Namun, cukup disayangkan harga Yamaha X-Max 300 tersebut masih belum diketahui secara pasti mengingat Yamaha akan segera merilis dan meluncurkan serta memberikan keterangan lengkap, termasuk harga motor Yamaha X-Max 300 ini pada ajang IMOS 2016 mendatang. Tetapi, banyak para pakar memprediksi bahwa banderol skutik yang satu ini akan jatuh pada kisaran Rp 80 – Rp 100 jutaan. Selain itu, sangat dimungkinkan jika prediksi harga Yamaha X-Max 300 tersebut nantinya menjadi harga OTR untuk wilayah Jakarta mengingat pabrik pusat Yamaha berada di Jakarta.

Harga Yamaha X-Max 300

Sekitar Rp 80.000.000,- s/d Rp 100.000.000,- (Perkiraan)

Catatan : 

  • Harga motor Yamaha X-Max 300 diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha X-Max 300

Masih menyoal pada harga Yamaha X-Max 300, penegasan harga tersebut, dengan berdasar akan spesifikasi serta kenyamanan pengguna yang bisa didapatkan secara lebih. Jadi sangatlah layak jika harga Yamaha X-MAX 300 dilepas pada banderol sedemikian mahalnya. Selain itu, jika dibandingkan dengan beberapa motor sejenis, tampaknya skutik ini bisa sedikit lega mengingat sekarang masih belum ada skutik dengan spesifikasi maupun fitur seperti yang diusung Yamaha X-Max 300 tersebut. Tentu hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi Yamaha dalam menjual skutik garapannya itu. Namun, harganya yang tinggi, sudah dipastikan tidak akan mencakup pasar luas, hanya pada kalangan tertentu saja, khususnya kalangan konsumen kelas menengah atas saja. Itulah tadi artikel tentang spesifikasi dan harga Yamaha X-Max 300 yang telah Mas Sena sajikan. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan terimakasih. Baca juga Yamaha X-MAX 250Yamaha Aerox 155,  dan Honda PCX 150.

Top