Suzuki Baleno Hatchback Meluncur Dalam Waktu Dekat

Generasi baru Baleno segera disajikan di Indonesia – Hanya tinggal menunggu waktu sampai akhirnya Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan generasi Baleno tahun ini juga. Model yang sekarang berwujud hatchback itu bakal menambah kekuatan penetrasi SIS sebab mengisi segmen yang belum dijamah. SIS sendiri dudah mengambil ancang-ancang untuk Suzuki Baleno sejak tahun lalu. Dimulai dari konsep IK-2 yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015, lalu versi produksinya mejeng di ajang yang sama pada tahun ini.

generasi baru baleno segera disajikan di indonesia

Kehadirannya dipastikan tidak akan mengangu model Suzuki lainnya. Disegmen hatchback, SIS hanya memiliki Swift, sedangkan Balebo yang berukuran lebih besar ditepatkan diatasnya. Baleno mejeng bersama S-Cross di GIIAS 2016, namun diputuskan S-Cross meluncur duluan mengisi segmen crossover yang belum pernah dimiliki SIS. Jadwal peluncuran Baleno sendiri belum dipastikan kapan. Namun meski demikian persiapan sedang dilakukan untuk mengejar peluncuran yang bisa dipastikan tahun ini.

Dimensi baleno, panjang 3,995 m, lebar 1,745 m, dan tinggi 1,5 m. Bodinya dirancang diatas whellbase 2,52 m. ukuran itu lebih besar dibandingkan dengan Swift dengan ukuran panjang 3,85 m, lebar 1,695 m, dan tinggi 1,51 m. Wheelbase Swift 2,43 m. Baleno berada di atas kelas Swift juga berarti harga Baleno juga dipastikan lebih mahal. Saat ini Swift dijual dengan empat varian, mulai dari Rp 209,5 juta hingga yang termahal Rp 233,5 juta.

Untuk harga Baleno Donny belum membuka informasi berapakah harga terendah Baleno, namun dia mengungkapkan persiapan peluncurannya sudah sampai 70 persen. Jika Baleno berada di atas Swift bisa saja Baleno bersaing dengan Honda Jazz yang harganya Rp 228 juta – 269,3 juta dan Toyota Yaris Rp 228,3 juta – Rp 269,3 juta.

Informasi mengenai spesifikasi  juga masih tertutup, Selama ini pihak SIS menjelaskan masih studi terkait pilihan mesin. Menurut Suzuki di India, pihak basis produksi Baleno menawarkan tiga pilihan mesin, terbaru 3-silinder 1.0L Boosterjet dengan turbo , 4-silinder 1.2L Dualjet plus SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) atau 4-silinder 1.3L diesel.

Top