Inilah Tanggapan AISI Soal Rilisnya Motor Listrik di 2018

Merek-Merek di Bawah Naungan AISI Sudah Kembangkan Motor Listrik – Kendaraan yang mengusung konsep ramah lingkungan memang tengah menjadi fokus para pabrikan motor berkaitan dengan produknya di masa depan. Salah satu yang memang tengah menjadi fokus adalah pengembangan motor bertenaga listrik. Kira-kira seperti apa ya tanggapan dari Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) mengenai hal ini?

merek-merek di bawah naungan aisi sudah kembangkan motor listrik

Rupanya tanggapan yang diberikan oleh Gunadi Sindhuwinata selaku Ketua Umum AISI hampir sama dengan apa yang dipaparkan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto sebelumnya bahwasanya Indonesia memang kemungkinan akan merilis dan memasarkan motor listrik di tahun 2018 yang akan datang. Dari segi infrastruktur, motor listrik ini nanti bisa diisi dayanya di rumah.

Kabar tentang perilisan motor listrik ini semakin diperkuat dengan fakta bahwa ternyata merek-merek yang menjadi anggota di AISI pun sudah membuat langkah dalam mengembangkan motor yang menggunakan listrik sebagai tenaga utamanya tersebut. Itu berarti jika memang sudah siap, motor listrik ini bisa langsung dirilis di pasar tanah air.

Namun, perilisan produk motor listrik ini juga harus memperhatikan sejumlah faktor. Dilansir dari Oto Detik pada Kamis (03/11/2016) Gunadi menjelaskan “Hanya bagaimana produk ini dapat diterima oleh pasar. Kita lihat beberapa merek punya model motor listrik bisa lebih menarik. Motor kita yang pakai bahan bakar fosil kan desainnya sudah atraktif. Tinggal bagaimana mengadopsinya. Kita mesti berinovasi di situ,”

Selain itu, pertimbangan lainnya adalah tentang motor listrik yang tidak menghasilkan suara ketika digunakan. Kondisi ini bisa membahayakan para pengguna jalan lainnya karena mereka bisa saja tidak menyadari kehadiran motor listrik di sekitarnya. Ini tentu tak seperti motor-motor pada umumnya yang sudah terdengar meski masih dalam jarak yang lumayan jauh.

Mempertimbangkan hal tersebut AISI kini tengah mempersiapkan standar untuk motor bertenaga listrik yang kabarnya akan meluncur di 2018 tersebut. Langkah ini sesuai dengan rapat baru-baru ini diikutinya di ASEAN yaang membahas mengenai kesiapan standar termasuk didalamnya adalah bunyi yang mampu mengindikasikan keberadaan motor listrik sehingga tidak membahayakan pengendara lain.

Top