Diproduksi Lokal, Toyota Belum Berencana Ekspor Yaris Heykers

Toyota Yaris Heykers Belum Akan Diekspor – Belum lama ini, salah satu pabrikan mobil asal Jepang yang bernama Toyota, dikabarkan telah menambah satu varian dari keluarga hatchback Yaris yaitu TRD Sportivo Heykers. Dengan begitu ada empat varian Yaris yang dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), yakni E, G, TRD Sportivo, dan TRD Sportivo Heykers. Dengan demikian, tentu jajran keluarga Yaris akan semakin bertambah dan konsumen pun akan memiliki banyak pilihan.

Toyota Yaris Heykers Belum Akan Diekspor

Bahkan, hatchback garapan terbaru dari Toyota tersebut, sama seperti varian lainnya Yaris Heykers pun juga akan diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Namun Toyota belum berencana mengekspornya dalam waktu dekat. Rencana ke depannya untuk ekspor dari saya sendiri terus terang belum ada. Tapi menurut saya sendiri sebenarnya konsumen di Indonesia memiliki selera yang sama dengan negara-negara lain, ASEAN misalnya,” jelas Presiden Direktur PT TAM, Hiroyuki Fukui, di Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (3/11/2016).

Oleh sebab itu, bukan suatu hal yang mustahil jika pihak Toyota sendiri mengiim Heykers ini ke beberapa negara lain. “Jadi kalau di Indonesia sambutannya sangat bagus saya rasa kami positif untuk melaksanakan ekspor yang baru ini (Heykers),” tambah Fukui.

Sementara itu di sisi lain, Warih Andang Tjahjono selaku Wakil Presiden Direktur TMMIN mengatakan bahwa saat ini pihak Toyota Indonesia masihterus berupaya dan terus berusaha semampu mungkin untuk mningkatkan kandungan lokal pada mobil hatchback Yaris tersebut. “Engine Yaris itu diproduksi di pabrik ketiga TMMIN di Karawang yang diproduksi pada awal 2016. Jadi dengan tambahan engine, local content kami (pada Yaris) sekarang naik, dari 60 menjadi 75 persen,” pungkas dia.

Top