Spesifikasi dan Harga Kawasaki KLX 150 BF Desember 2016

Spesifikasi dan Harga KLX 150 BF – Industri otomotif pada segmen kendaraan roda dua memang saat ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Pasalnya, hampir berbagai macam produsen pun kini kerap kali mendatangkan produk barunya dengan beragam segmen, baik motor matik, motor sport maupun big bike. Tak hanya itu saja, segmen motor off road kini pun tampaknya juga tak mau kalah dan ingin unjuk gigi di pasar otomotif bersaing dengan motor lain. Hal tersebut bisa kita lihat bahwa beberapa pabrik yang memproduksi motor off road ini pun kini kian menunjukkan eksistensinya. Salah satunya yaitu Kawasaki yang beberapa waktu lalu diketahui akan segera merilis sebuah motor off roda yang bernama Kawasaki KLX 150 BF. Motor terbaru yang akan diperkenalkan Kawasaki tersebut diklaim merupakan generasi penerus dari Kawasaki KLX yang sebelumnya telah sukses membawa Kawasaki menjadi produsen motor off road. Selain itu, kehadiran Kawasaki KLX 150 BF ini diprediksi juga bakal menarik perhatian calon konsumen. Sebab, Kawasaki KLX 150 BF akan membawa spesifikasi yang tangguh dan tentunya dengan banderol yang tak terlalu mahal untuk sekelas motor off road. Lantas, apa sih keunggulan yang dimiliki spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF ini? Sebelum berbicara labih jauh mengenai spesifikasinya, sebenarnya Mas Sena sudah curiga jika kuda besi yangs atu ini merupakan update dari KLX150L yang lawas. Nah, itu artinya spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF ini juga tak bakal beda jauh walaupun punya sensasi kebaruan tersendiri.

Kawasaki Klx 150 Bf

Kawasaki KLX 150 BF

Sebagai motor generasi penerus dari Kawasaki KLX 150, tentunya Kawasaki KLX 150 BF ini bakal hadir dengan tampilan maupun spesifikasi dan fitur yang lebih menarik dan canggih. Hal itu bisa kita lihat dari sektor eksteriornya yang tampak semakin garang dengan tampilan khas motor off road pada setiap sisinya. Selain itu, mesin pacu yang digendong oleh Kawasaki KLX 150 BF inipun juga diklaim akan memberikan tenaga yang cukup gahar di kelasnya, pasalnya Kawasaki akan membenamkan mesin SOHC 2 katup dengan dengan kapasitas 144cc yang siap memberikan performa handal untuk melibas setiap medan jalan yang ditempuh. Tak sampai di situ saja, pada spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF ini pun juga akan membawa berbagai fitur yang handal di kelasnya untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan pengemudi dalam berkendara. Lalu, apa sih menariknya Kawasaki KLX 150 BF ini? Nah, kali ini Mas Sena akan memberikan info mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki KLX 150 BF secara lebih rinci pada beberapa segmen di bawah ini. Yuk, kita simak bersama.

Motor Kawasaki Klx 150 Bf

Motor Kawasaki KLX 150 BF

Spesifikasi KLX 150 BF

Desain Lebih Stylish dan Dinamis Khas Motor Off Road

Sebelum jauh membahas pada beberapa segmen lain dari spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF, pertama-tama Mas Sena akan mengulas pada sektor tampilan eksterior. Jika kita lihat, sebenarnya tampilan dari Kawasaki KLX 150 BF ini hampir sama dengan generasi pendahulunya. Hanya saja, perbedaan yang mencolok tampak pada bodinya yang terkesan sedikit lebih memanjang dan lancip. Jika kita melihat dari depan, akan terlihat sebuah headlamp yang terpasang manis dengan rancangan yang cenderung tampak agak sipit dan tajam lebih sehingga menampilkan visual yang sangat sporty dan gagah. Tak hanya itu, pada Kawasaki KLX 150 BF ini terpasang juga sepasang lampu sein yang pada sisi samping kanan kiri di bagian headlamp yang semakin mempertegas kesan sporty. Menginjak pada bodi samping, bisa kita lihat bentuknya yang cukup panjang dari generasi sebelumnya. Selain itu, bisa kita ketahui juga susunan mesin besar yang tersusun dengan begitu rapi sehingga memperlihatkan kegaharan dari motor off road garapan Kawasaki ini. Di sisi lain, pada bodi sampingnya juga nampak beberapa lekukan striping halus yang memanjang dari depan ke belakang yang membuat motor Off Road ini semakin terlihat sangar dan gagah. Masih pada bodi sampingnya, spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF ini juga mempunyai tangki bahan bakar berkapasitas 6,9 liter yang akan cukup menampung bahan bakar sebagai bekal saat dikendarai untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Menginjak pada sektor buritannya, kita juga bisa melihat sebuah stoplamp yang terpasang secara simetris dengan desain khas motor off road. Jadi, jika kita melihat secara keseluruhan maka bisa diketahui bahwa sektor eksterior dari spesifikasi KLX 150 BF ini memang memiliki tampilan yang stylish dan dinamis khas motor off Road.

Spesifikasi Kawasaki Klx 150 Bf

Spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF

Dilengkapi Panel Indikator Minimalis dengan Kombinasi Instrumen Analog dan Digital

Menginjak pada pembahasan lain, kali ini kita akan mengulas sektor instrument indikator dari spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF. Panel indikator yang akan diusung motor off road ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan instrument pada versi KLX sebelumnya. Secara spesifik, bisa kita ketahui bahwa pada sektor ini, Kawasaki membenamkan desain panel indikator yang simple dan minimalis namun tetap menjunjung tinggi ciri khas motor off road. Hal tersebut bisa dilihat dari kombinasi antara panel digital dengan analog pada Kawasaki KLX 150 BF ini yang saling melengkapi. Di mana kedua jenis panel tersebut dibagi menjadi 3 bagian, yaitu kanan, tengah dan kiri. Untuk panel kanan, akan ditampilkan indikator analog dengan jarum petunjuk yang akan memberikan info tentang speedometer kecepatan yang dihitung dalam Km/jam. Sementara itu, untuk sisi kiri tengah panel Kawasaki KLX 150 BF ini akan memberikan info mengenai indikator kapasitas bahan bakar yang tersedia sedangkan pada sisi kiri akan ditampilkan indikator lampu sein, indikator netral dan lampu tembak. Nah, jika kita melihat secara keseluruhan, tampaknya memang diketahui bahwa tampilan dari indikator spesifikasi KLX 150 BF ini mengusung gaya desain yang minimalis dan simple namun tetap bergaya stylish dan informatif.

Spesifikasi Klx 150 Bf

Spesifikasi KLX 150 BF

Dimensi Memanjang dengan Ground Clearance yang Tinggi

Sebagai motor off road, tentu merupakan suatu kewajaran jika spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF ini memiliki desain yang berbeda dari motor yang menyasar pada segmen lain. Hal tersebut biasa kita lihat dari dimensinya yang terkesan panjang dan berbentuk pipih dengan bobot yang cukup ringan. Hal tersebut memang sengaja dibuat untuk mempermudah pengemudi Kawasaki KLX 150 BF ini pada saat melewati medan off road atau ketika bermanuver. Di sisi lain, untuk dimensinya memiliki ukuran dengan 2.070 mm, lebar 825 mm, tinggi 1.155 dengan jarak sumbu rodanya yang mencapai 1.340 mm. Sehingga, dengan dimensi tersebut tentunya wajar jika bodi pada motor off road besutan Kawasaki ini terkesan memiliki bentuk yang memanjang dan meruncing tipis. Di sisi lain, motor off road Kawasaki KLX 150 BF ini juga memiliki bobot hingga 118 Kg sehingga akan membuat laju motor ini lebih stabil dan ringan. Namun, untuk ketinggian jok yang diusung motor off road ini sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Tetapi, apabila kita melihat dari segi dimensi maupun tampilannya, jok atau tempat duduk dari spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF ini tampak cukup tinggi untuk postur tubuh orang Indonesia sehingga akan sedikit membuat beberapa orang yang berpostur pendek mengalami kesulitan dalam mengontrol keseimbangan motor ini. Akan tetapi, jika motor off road besutan Kawasaki ini sudah melaju maka keseimbangan dan kenyamanan dalam berkendara akan membuat pengemudinya merasa nyaman. Di samping itu, dimensi dari spesifikasi KLX 150 BF ini juga memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 295 mm yang akan membuat motor off road ini mampu melibas setiap medan jalan yang dilaluinya, terutama jalan yang banyak batu dan berlubang. Nah, jika kita mengetahui keseluruhan dari spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF pada sektor dimensi tersebut maka bisa kita simpulkan bahwa motor off road besutan Kawasaki ini akan hadir dengan dimensi panjang dan pipih khas motor off road.

Review Kawasaki Klx 150 Bf

Review Kawasaki KLX 150 BF

Berkendara Bakal Lebih Nyaman Berkat Disokong Suspensi Kokoh

Advertisement

Kenyamanan dalam berkendara menjadi salah satu sektor yang perlu diperhatikan dalam spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF ini. Pasalnya, sebagai motor off road yang memang ditujukan untuk melibas jalan off road, selain memiliki rangka dimensi kokoh, juga harus didukung dengan suspensi canggih dan kokoh pula. Dalam hal ini, Kawasaki KLX 150 BF akan dibekali dengan 2 suspensi canggih pada bagian depan maupun belakang yang cenderung didesain lebih empuk. Untuk bagian depan, akan mengandalkan suspensi tipe 35 mm Inverted Forks. Sementara itu, untuk sektor belakangnya, Kawasaki KLX 150 BF ini akan mengandalkan tipe Uni-Trak with adjustable Preload. Kedua suspensi tersebut memang sangat empuk dan sudah sangat sesuai untuk jenis motor off road. Selain itu, dengan disematkannya kedua suspensi tersebut maka sudah barang tentu bakal mampu meredam setiap goncangan ketika melewati medan jalan berlubang dan penuh bebatuan sehingga pengemudinya pun tetap akan merasa nyaman. Selanjutnya untuk bagian pengereman, spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF ini menggunakan sistem pengereman tipe Single 240 mm petal disc Twin-piston untuk depan. Sedangkan, untuk pengereman bagian belakangnya akan mengandalkan rem Single 190 mm petal disc Single-piston. Dengan adanya kedua rem tersebut, maka akan mempermudah pengemudinya dalam mengontrol laju kecepatan dari motor Kawasaki KLX 150 BF ini. Lalu, kedua pengereman tersebut nantinya juga akan dibalut dengan ban yang memiliki ukuran berbeda pada bagian depan dan belakang yaitu masing masing 2.75-21 45P untuk depan dan 4.10-18 59P untuk ban belakang. Nampak sekali racikan pas dari Kawasaki terhadap spesifikasi KLX 150 BF tersebut.

Harga Klx 150 Bf

Harga KLX 150 BF

Andalkan Mesin Tipe SOHC 2 Katup Berkapasitas 144c Hasilkan Tenaga yang Powerfull

Nah, akhirnya setelah kita mengulas pada sektor tampilan, dimensi dan kaki-kakinya, kini saatnya Mas Sena akan membedah sektor dapur pacu dari spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF. Sebagai motor jenis off road, pastinya akan membutuhkan mesin bertenaga gahar dan bandel supaya mampu menaklukkan setiap medan yang susah. Kemudian, untuk menunjang hal tersebut maka Kawasaki akan membenamkan mesin tipe 4-langkah SOHC 2 Katup dengan kapasitas mesin hingga 144cc dan memiliki diameter x langkah 58.0 x 54.4 mm serta memiliki perbandingan kompresi 9.5 : 1. Sehingga, tak heran jika nantinya mesin Kawasaki KLX 150 BF tersebut mampu memberikan tenaga yang powerfull. Dan benar saja bahwa mesin tersebut diketahui mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 8.6 Kw (12PS) pada putaran ke 8.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum puncak sampai 11.3 Nm per putaran 6.500 rpm. Perlu diketahui bahwa performa yang handal dari Kawasaki KLX 150 BF tersebut merupakan hasil dari kinerja sistem pembakarannya yang mengandalkan tipe NCV24 di mana semburan tenaga mesin yang begitu powerfull tersebut akan disalurkan melalui kedua kaki-kakinya melalui sistem transmisi 5 percepatan return. Tampaknya, spesifikasi KLX 150 BF pada sektor mesin pacu memang bakal memberikan kinerja mesin yang powerfull dan bisa diandalkan.

Harga Kawasaki Klx 150 Bf

Harga Kawasaki KLX 150 BF

Dilengkapi Fitur Kenyamanan dan Keselamatan

Menginjak pada pembahasan terakhir mengenai ulasan terkait spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF, kini Mas Sena akan membagikan info tentang beberapa fitur yang disematkan Kawasaki pada motor off road besutannya tersebut. Pertama, untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara maka Kawasaki KLX 150 BF ini akan dilengkapi dengan instrumen indikator yang didesain secara simple namun tetap informatif sehingga pengemudinya mudah dalam membawa keadaan motor yang sedang dikendarainya tersebut. Selain itu, kenyamanan berkendara akan didapatkan dari Kawasaki KLX 150 BF  ini berkat sokongan suspensi 35 mm Inverted Fork dan suspensi belakang Uni-Trak yang mampu meredam setiap getaran atau goncangan ketika melewati medan yang bergeronjal. Di sisi lain untuk menunjang keselamatan maka Kawasaki akan menyematkan fitur pengereman single petal Disc yang siap memberikan kemudahan kepada pengemudi dalam mengontrol laju dari kecepatan Kawasaki KLX 150 BF yang ditungganginya. Namun, rem tersebut belum menggunakan sistem ABS yang kemungkinan akan sedikit mengurangi sedikit daya pikat konsumen mengingat hampir semua model zaman sekarang sudah mengandalkan fitur rem ABS. Walaupun demikian, spesifikasi KLX 150 BF ini nampak sangat disesuaikan dengan kebutuhan jalanan off-road yang memang lebih kejam.

Kawasaki KLX 150 BF

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 2,070 mm x 825 mm x 1,155 mm
Jarak Sumbu Roda 1,340 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 295 mm
Berat 118 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 6.9 litres
Mesin
Tipe Mesin Air-cooled, 4-stroke Single
Volume Silinder 144 cc
Tenaga Maksimal 8.6 kW {12 PS} / 8,000 rpm
Torsi Maksimal 11.3 N.m {1.2 kgf.m} / 6,500 rpm
Transmisi 5-speed, return
Rangka
Tipe Lengan dan Suspensi Depan 35 mm inverted fork
Tipe Lengan dan Suspensi Belakang Uni-Trak, with 5-way adjustable preload
Rem Depan Single 240 mm petal disc Twin-piston
Rem Belakang Single 190 mm petal disc Single-piston
Ban Depan 2.75-21 45P
Ban Belakang 4.10-18 59P

Harga KLX 150 BF

Nah pada sesi berikutnya ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengetahui dan mengulas harga Kawasaki KLX 150 BF. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa Kawasaki KLX 150 BF ini merupakan motor off road yang hadir dengan tampilan desain stylish khas motor off road modern. Sebagai motor Kawasaki, selain memiliki komponen yang berkualitas nampaknya tingginya harga KLX 150 BF ini juga tak akan menjadi sebuah rahasia. Walaupun demikian, kilauan Kawasaki di jalanan memang tak pernah bisa dihentikan sehingga akan sangat mampu menghipnotis para calon konsumen dari segi tampilan. Tak hanya tampilan saja, spesifikasi Kawasaki KLX 150 BF pada sektor mesin pacunya juga bakal memberikan tenaga yang begitu gahar dan maksimal berkat dibekalinya mesin SOHC berkapasitas 144cc. Tentu, sektor mesin Kawasaki KLX 150 BF ini menjadi salah satu sektor yang bakal memiliki daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen yang menyukai petualangan. Nah, melihat spesifikasi yang diusung motor off Road garapan Kawasaki tersebut, menurut kawan-kawan, kira-kira berapa ya harga Kawasaki KLX 150 BF ini?

Harga Klx 150 Bf Terbaru

Harga KLX 150 BF Terbaru

Mungkin bagi sebagian besar kawan Mas Sena belum mengetahui harga Kawasaki KLX 150 BF. Tapi tunggu dulu, perlu sobat ketahui bahwa Kawasaki KLX 150 BF ini memiliki 2 varian berbeda, yaitu Kawasaki KLX 150 BF standar dengan Kawasaki KLX 150 BF SE. Keduanya tentu memiliki harga yang berbeda. Untuk harga KLX 150 BF, yaitu Rp 30.9 juta. Sementara itu, untuk varian Kawasaki KLX 150 BF SE (Spesial Edition) akan dibanderol dengan harga 32.5 juta. Mengapa harga kedua varian tersebut berbeda? Sebab, untuk tipe Kawasaki KLX 150 BF SE, akan dibekali tambahan aksesoris yang lebih macho. Sebut saja, Hand Guard, Engine Guard, serta warna hitam pada bagian body dan velg bakal membuat Kawasaki KLX 150 BF SE terlihat lebih menawan. Sehingga dengan kilauan macho tersebut wajar jika harga Kawasaki KLX 150 BF SE ini cenderung lebih mahal.

Harga Kawasaki KLX 150 BF

Tipe Harga
Kawasaki KLX 150 BF Rp. 30.900.000,00
Kawasaki KLX 150 BF SE Rp. 32.500.000,00

Catatan : 

  • Harga KLX 150 BF diatas merupakan harga OTR JADETABEKSER
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga KLX 150 BF

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa harga Kawasaki KLX 150 BF yang telah Mas Sena sebutkan di atas merupakan harga resmi yang diketahui dari situs resmi Kawasaki Indonesia. Selain itu, harga tersebut juga merupakan harga KLX 150 BF OTR untuk wilayah JADETABEKSER sehingga sangat dimungkinkan di luar wilayah OTR tersebut, harganya pun akan berbeda dan cenderung sedikit lebih mahal. Masih terkait harga, sebenarnya jika dibandingkan dengan spesifikasi yang diusung Kawasaki KLX 150 BF maka dirasa cukup sesuai dan cocok. Namun, hal yang perlu diwaspadai Kawasaki yaitu Honda CRF150L yang diyakini bakal menjadi pesaing terberat bagi Kawasaki dalam mendominasi segmen motor off road. Demikian pembahasan mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki KLX 150 BF yang telah Mas Sena jelaskan secara rinci. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa. Baca juga Kawasaki D-Tracker dan Kawasaki KLX 150.

Top