Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja 650 Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja 650 – Untuk menarik minat konsumen, saat ini banyak sekali produsen motor dari seluruh dunia yang sering melakukan beberapa bentuk pembaruan atau inovasi pada setiap produk garapannya. Hal ini dilakukan sebagai tindakan strategi yang dilakukan produsen agar produk besutannya mampu bersaing dengan pabrikan lain. Begitu juga dengan produsen otomotif yang bernama Kawasaki. Pabrikan kendaraan roda dua asal Negeri Matahari Terbit ini pun diberitakan juga telah melakukan pembaruan pada salah satu produk motor sport yang mereka miliki, yaitu Kawasaki Ninja 650. Di samping itu, sudah kita ketahui bersama bahwa Kawasaki Ninja 650 ini sebelumnya telah resmi dirilis secara global pada ajang INTERMOT 2016 yang diselenggarakan di Jerman beberapa waktu lalu dan segera diluncurkan di tahun 2017 mendatang. Pada gelaran otomotif bergengsi tersebut, produk baru garapan pabrik asal Jepang yang bakal menyasar pada segmen motor sport kelas menengah ini telah berhasil diperbarui sehingga tampil lebih fresh dan sporty. Bahkan, di Indonesia sendiri, motor sport Kawasaki Ninja 650 ini pun juga sudah resmi diperkenalkan di pasar otomotif Tanah Air sejak muncul di ajang IMOS 2016 sebagai ajang perkenalannya kepada publik Indonesia. Karena tampilan yang lebih elegan dan spesifikasi tangguh yang diusung oleh Kawasaki Ninja 650 tersebut maka produk baru garapan Kawasaki ini pun mampu menyedot perhatian para calon konsumen. Tentu saja, untuk kelas motor sport, sedotan perhatian konsumen bisa menjadi indikasi besar kemenangan yang tak terbantahkan di pasarnya kelak. Walaupun demikian, Kawasaki nampaknya memang tidak main-main dengan motor garapannya ini. Terbukti, racikan Kawasaki Ninja 650 ini dibuat dengan penuh perhitungan yang akurat.

Kawasaki Ninja 650

Kawasaki Ninja 650

Berbicara mengenai spesifikasi Kawasaki Ninja 650, jika dilihat dari tampilan terluar, tampaknya Kawasaki Ninja 650 ini memang benar-benar mengusung desain baru yang memberikan kesan lebih sporty dan atraktif pada setiap sisi bodinya. Sehingga, tak heran jika motor sport ini mampu menghipnotis para calon konsumen, terutama konsumen di Indonesia. Bahkan, tampilan sporty dan elegan Kawasaki Ninja 650 tersebut diimbangi juga dengan performa yang sangat gahar dan handal. Pasalnya, Kawasaki membenamkan mesin tipe Parallel Twin 4 stroke dengan kapasitas mesin yang mencapai 649cc yang dipastikan akan membuat laju dari motor ini semakin gesit dan handal. Tak sampai di situ, sebagai motor sport kelas premium, tentu saja Kawasaki Ninja 650 ini dilengkapi dengan beragam fitur menarik dan canggih guna menunjang kenyamanan serta kenyamanan pengguna dalam berkendara. Lantas, kira-kira apa lagi ya keunggulan yang dimiliki motor sport garapan Kawasaki ini? Penasaran ya? Tak perlu panik, kali ini Mas Sena akan memberikan info terkait spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja 650 yang dijelaskan pada beberapa segmen di bawah ini.

Motor Kawasaki Ninja 650

Motor Kawasaki Ninja 650

Spesifikasi Kawasaki Ninja 650

Desain Elegan dan Sporty Khas Motor Sport Kelas Premium

Sebagai bentuk perkenalan, Mas Sena akan mengawali perkenalan dengan motor sport ini yang dimulai dari pembahasan mengenai sektor tampilan eksterior dari spesifikasi Kawasaki Ninja 650. Sebagai generasi baru yang akan dipasarkan di tahun 2017 mendatang, tampilan dari spesifikasi Kawasaki Ninja 650 ini memang benar-benar mengusung gaya desain yang lebih fresh dan menarik. Mulai dari depan, tak seperti para pendahulunya, Kawasaki Ninja 650 ini memiliki headlamp yang dirancang dengan bentuk meruncing ke atas samping bagaikan mata dengan tatapan yang begitu tajam sehingga mampu memperlihatkan kesan yang lebih agresif. Selain itu, untuk lampu ganda pun masih tetap dipertahankan dengan gaya desain yang tajam pula. Namun, untuk penerangan lampu, Kawasaki Ninja 650 ini belum mengandalkan lampu LED. Meskipun demikian, penerangan dari motor sport ini diklaim tetap kan terang ketika dikendarai di jalanan yang minim penerangan. Selain itu, masih pada sektor depan, terlihat juga spion yang dirancang sedemikian rupa terpasang manis di sisi bodi depan pada bagian samping. Bahkan, Kawasaki juga menyematkan windscreen model terbaru pada spesifikasi Kawasaki Ninja 650 ini dengan 3 sistem pengaturan yang memiliki jarak total 60 mm.

Di sisi lain, konsep bodi dari spesifikasi Kawasaki Ninja 650 ini sebenarnya mengadopsi gaya berkendara ergonomic di mana membuat pengemudinya tegak ketika mengendarai motor ini. Sehingga akan membuat pengemudinya lebih nyaman dan tak mudah pegal. Lalu, untuk stang kemudi terpasang lebih tinggi dari tangki bahan bakarnya serta untuk tempat duduknya dirancang dengan posisi lebih rendah. Pada tangki bahan bakar, diketahui Kawasaki Ninja 650 ini memiliki kapasitas 15 liter yang berarti 1 liter lebih kecil jika dibandingkan dari generasi sebelumnya. Hal tersebut ditujukan untuk mendapatkan bentuk bodi yang lebih slim dan menambah kesan sporty. Tak hanya sampai di situ saja, pada sektor buritannya, tampak perubahan yang cukup jelas pada Kawasaki Ninja 650 ini. Terlihat stoplamp yang dirancang dengan gaya elegan dan joknya yang tampak dibuat meruncing ke atas sehingga akan membuat tampilan pada sektor belakangnya ini menjadi tampak lebih sporty khas motor sport kelas premium. Hal ini tentu menjadi ciri khas tersendiri bagi spesifikasi Kawasaki Ninja 650 tersebut.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 650

Spesifikasi Kawasaki Ninja 650

Mengusung Panel Instrumen yang Informatif dan Modern

Tak hanya desain dan tampilannya saja, spesifikasi Kawasaki Ninja 650 pada panel instrumennya pun bakal dibekali dengan panel model baru yang ,lebih kaya informasi dan didesain dengan rancangan yang lebih modern. Jika melihat panel instrument pada Ninja 650 versi sebelumnya. Panel analognya lebih besar daripada panel digital. Sementara itu, untuk Kawasaki Ninja 650 ini bakal disematkan model panel digital dan analog yang sama-sama dirancang dengan bentuk ukuran yang besar. Sehingga, akan mempermudah pengemudinya membaca kondisi motor yang sedang ditungganginya. Di sisi lain, panel analog yang disematkan pada motor sport ini akan menampilkan informasi tentang tachometer. Sementara itu, panel digital Kawasaki Ninja 650 ini akan menampilkan informasi via LCD tentang indikator gigi, jam, speedometer, trip meter, indikator bahan bakar dan indikator lampu netral. Semua informasi yang ditampilkan tersebut akan ditampilkan dalam 3 bagian, yaitu bagian kiri, tengah dan kanan di mana seluruh bagian pada panel indikator dari spesifikasi Kawasaki Ninja 650 tersebut sangat mudah dibaca dan dipahami oleh pengemudi.

Spesifikasi Motor Kawasaki Ninja 650

Spesifikasi Motor Kawasaki Ninja 650

Motor Sport dengan Dimensi Pas

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kini kita akan mengulas mengenai dimensi dari spesifikasi Kawasaki Ninja 650. Perlu diketahui bahwa pada tampilan desain yang diusung Kawasaki Ninja 650 ini, terbentuk dari rangka dimensi model terbaru, yaitu Twin-Tube perimeter design, High-Tensile Steel yang membuat motor sport besutan Kawasaki ini menjadi lebih ringan. Pasalnya, dari rangka tersebut diklaim hanya memiliki bobot 15 Kg saja. Selain itu, Kawasaki Ninja 650 ini juga memiliki ukuran dimensi yang terbilang cukup slim dari generasi sebelumnya, yaitu memiliki panjang 2.055 mm, lebarnya 740 mm, tinggi 1.135 mm dan jarak poros rodanya mencapai 1.410 mm. Di samping itu, bobot motor sport ini secara keseluruhan memiliki berat 194 Kg. Dengan kata lain, lebih ringan 19 Kg dari versi sebelumnya. Lalu, untuk ground clearance juga terbilang memiliki ukuran standar motor sport di mana pada Kawasaki Ninja 650 ini memiliki ukuran ground clearance setinggi 130 mm. Dengan mengetahui dimensi yang diusung spesifikasi Kawasaki Ninja 650 tersebut maka kita bisa menyimpulkan bahwa motor sport ini memiliki ukuran dimensi yang lebih ramping dan lebih ringan sehingga akan mempermudah pengemudinya dalam mengendalikan motor sport garapan Kawasaki ini. Bahkan, bagi penggemar balap, spesifikasi Kawasaki Ninja 650 tersebut nampak mendukung posisi balap pengendara yang tak terbantahkan.

Review Kawasaki Ninja 650

Review Kawasaki Ninja 650

Dibekali Suspensi Kokoh Menunjang Kenyamanan Pengemudi dalam Berkendara

Advertisement

Meskipun memiliki dimensi yang lebih slim dan ringan namun spesifikasi Kawasaki Ninja 650 ini tetap akan dibekali dengan suspensi yang kokoh pada bagian depan maupun belakang. Untuk sektor depan, akan disematkan sebuah suspensi model terbaru bertipe 41 mm telescopic fork tanpa dilengkapi dengan sistem pengaturan. Sementara itu, untuk suspensi pada bagian belakang, Kawasaki Ninja 650 ini mengandalkan tipe Horizontal Back-Link dengan pengaturan redaman yang bisa disesuaikan. Pada suspensi sektor belakang ini, akan dipadukan dengan swing arm yang memiliki bobot ringan berbahan aluminium. Di sisi lain, pada sektor kaki-kakinya akan dilengkapi dengan dua ban tubeless jenis Dunlop Roadsmart II yang diketahui memiliki ukuran cukup besar. Dimana pada bagian belakang memiliki ukuran 160 / 60ZR17M / C (69W). Sedangkan untuk ban di bagian depan memakai ban lebih kecil, yakni berukuran 120/70ZR17M/C (58W). Tidak ketinggalan juga bahwa spesifikasi Kawasaki Ninja 650 pada sektor kaki-kakinya ini akan dibekali juga dengan velg racing dengan gaya sporty juga ada pada motor ini. Jadi kawan-kawan jangan heran apabila harga Kawasaki Ninja 650 ini nantinya akan dibanderol dengan harga yang tergolong sangat mahal di kelasnya. Di sisi lain, untuk menunjang keselamatan maka Kawasaki menyematkan sistem pengereman yang terbilang cukup baik dan berkualitas di mana untuk rem depan akan mengandalkan tipe Dual semi-floating dengan diameter 300 mm petal discs. Sementara itu, untuk rem belakang akan menggunakan sistem pengereman Single berdiameter 220 mm petal disc. Bahkan, sistem pengereman tersebut masih dilengkapi dengan teknologi ABS yang nantinya akan mempermudah pengemudinya dalam mengontrol laju kecepatan dari motor tersebut. Semakin ngiler bukan dengan spesifikasi Kawasaki Ninja 650 ini?

Harga Motor Kawasaki Ninja 650

Harga Motor Kawasaki Ninja 650

Dibekali Mesin Tipe Parallel twin Berkapasitas 649cc

Untuk pembahasan selanjutnya, kini Mas Sena waktunya untuk membedah sektor dapur pacu dari spesifikasi Kawasaki Ninja 650. Seperti dengan apa yang sudah Mas Sena jelaskan di sebelumnya, Kawasaki tak akan sembarangan dalam membenamkan komponen mesin pada sektor mesin pacunya. Hal itu bisa kita lihat dari mesin yang diusungnya di mana spesifikasi Kawasaki Ninja 650 ini akan mengandalkan tipe mesin Parallel Twin, 4 langkah di mana memiliki kapasitas mesin sebesar 649cc. Kombinasi mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga yang sangat gahar, yaitu mampu menyemburkan daya 68 PS setiap putaran 8.000 rpm dan mampu menggapai torsi maksimum hingga 66.7 Nm. Maka dari itu, tak heran apabila nantinya Kawasaki Ninja 650 ini mampu melejit dengan kecepatan dan tenaga yang tinggi. Lalu, mesin tersebut juga sudah mengandalkan sistem pendinginan dengan sistem pendinginan cair atau liquid cooled ketika dipakai berlari pada kecepatan maksimal 220 km/jam. Di samping itu, tenaga yang dihasilkan mesin tersebut akan disalurkan melalui sebuah sistem transmisi 6 percepatan dengan kopling bertipe multi disc. Selain itu, guna mengimbangi performa mesin agar semakin efisien dan irit, Kawasaki membekali Kawasaki Ninja 650 ini dengan sistem pembakaran Fuel Injeksi, dan sistem pengapian bertipe Digital. Meskipun sudah menggunakan teknologi Full Injeksi, namun tingkat konsumsi BBM Kawasaki Ninja 650 tergolong sangat boros. Pasalnya motor ini membutuhkan konsumsi BBM satu liter untuk menempuh jarak 19.5 km atau bisa dikatakan konsumsi BBM-nya adalah 19.5 km/liter. Namun, meskipun demikian rupanya spesifikasi Kawasaki Ninja 650 ini terbukti ramah lingkungan, karena telah lulus uji emisi EURO III.

Kenyamanan dan Keselamatan dalam Berkendara Lebih Terjamin

Nah, pada sesi ini, kita akan mengulas beragam fitur yang disematkan pada spesifikasi Kawasaki Ninja 650. Pertama, untuk menunjang keselamatan maka seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Ninja 650 ini sudah dibekali dengan sistem pengereman canggih yang berteknologi ABS (Anti-Lock Braking System) di mana dengan adanya teknologi pengereman tersebut maka pengemudi pun akan mudah dalam mengontrol laju dari Kawasaki Ninja 650 ini. Bahkan, ketika terpaksa dilakukan pengereman mendadak. Selain itu, untuk memberikan informasi terkait kondisi motor ketika berkendara maka disematkan juga sebuah panel instrument yang didesain dengan rancangan modern dan informatif di mana dirancang dari perpaduan antara panel analog dan digital. Selain itu, pihak Kawasaki juga menawarkan mesin canggih pada Kawasaki Ninja 650 ini yang di dalamnya disediakan teknologi Full Injeksi dan memakai sistem pengapian elektronik (TCBI). Walaupun sudah tak bisa dibilang tekologi baru, namun spesifikasi Kawasaki Ninja 650 tersebut masih masuk dalam kategori canggih yang tak tergantikan.

Kawasaki Ninja 650

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 2055x740x1135 mm
Jarak Sumbu Roda 1410 mm
Jarak Terendah Dari Tanah 130 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 15 liter
Berat 194kg
Mesin
Tipe Mesin Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin
Volume Silinder 649cc
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection
Gigi Transmisi 6 Kecepatan
Power maksimum 68 PS @ 8000 mm
Torsi maksimum 66.7 nm
BorexStroke 83 mm x 60 mm
Rangka
Tipe Rangka High Tensile Steel
Tipe Suspensi Depan 41 mm telescopic fork
Tipe Suspensi Belakang Horizontal Back-link with adjustable preload
Rem Depan Dual semi-floating 300 mm petal discs
Rem Belakang Single 220 mm petal disc
Ukuran Ban Depan 120/70ZR17M/C (58W)
Ukuran Ban Belakang 160/60ZR17M/C (69W)

Harga Kawasaki Ninja 650

Kini waktunya Mas Sena untuk membagikan info mengenai harga Kawasaki Ninja 650. Apabila kita kembali lagi melihat spesifikasi Kawasaki Ninja 650 pada beberapa sektor tampaknya motor sport ini bakal laris di pasar otomotif Indonesia. Pasalnya, dari segi desainnya saja sudah memberikan tampilan yang begitu sporty dan elegan pada berbagai sisi di sektor bodinya. Maka, tak heran jika nantinya Kawasaki Ninja 650 ini akan mampu menghipnotis para calon konsumen motor sport di Tanah Air. Walaupun demikian, pasti setiap orang tentu sudah mencurigai bahwa harga Kawasaki Ninja 650 ini tak mungkin dibanderol dengan murah. Di sisi lain, untuk urusan performa pun tak perlu diragukan, Pasalnya, Kawasaki akan membenamkan mesin Parallel Twin yang memiliki kapasitas mesin sebesar 649cc yang dipastikan akan mampu menghasilkan tenaga yang begitu gahar. Tak hanya itu, spesifikasi Kawasaki Ninja 650 tersebut juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan dan kenyamanan canggih yang akan membuat motor ini semakin digandrungi para penggemarnya. Lalu, berapa harga Kawasaki Ninja 650 ini ya?

Harga Kawasaki Ninja 650

Harga Kawasaki Ninja 650

Harga Kawasaki Ninja 650 Terbaru

Harga Kawasaki Ninja 650 Terbaru

Untuk soal banderol, harga Kawasaki Ninja 650 ini nantinya tidak bisa dikatakan murah. Pasalnya, berdasarkan informasi resmi yang Mas Sena kutip dari situs resmi Kawasaki Indonesia, harga Kawasaki Ninja 650 akan dibanderol Rp 164.9 juta. Dengan harga yang begitu mahal tersebut, tentunya bagi kawan-kawan yang ingin membelinya, harus merogoh kocek dalam-dalam untuk memboyong motor ini sampai ke rumah. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa harga Kawasaki Ninja 650 tersebut merupakan OTR untuk wilayah JADETABEKSER sehingga di luar wilayah tersebut sangat dimungkinkan atau bahkan dipastikan harganya cenderung sedikit lebih mahal dari harga Ninja 650 OTR tersebut. Menariknya, Kawasaki Ninja 650 ini punya variasai Special Edition (SE) yang sejatinya hanya berbeda sedikit saja dari sisi tampilan. Walaupun berbeda sedikit, harga Kawasaki Ninja 650 SE ini naik sekitar 2 jutaan Rupiah.

Harga Kawasaki Ninja 650

Tipe Harga
Kawasaki Ninja 650 Rp 164.900.000,-
Kawasaki Ninja 650 SE Rp 166.900.000,-

Catatan : 

  • Harga Kawasaki Ninja 650 diatas merupakan harga OTR JADETABEKSER
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Kawasaki Ninja 650

Di sisi lain, jika kita membandingkan antara harga Kawasaki Ninja 650 dengan spesifikasnya tersebut, maka harga itu dinilai sangat cocok dan wajar. Pasalnya, spesifikasi yang diusung Ninja 650 tersebut merupakan spesifikasi untuk motor sport kelas premium. Namun, tampaknya dari segi spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja 650 itu tak bisa pelan-pelan saja menghadapi pesaing. Kawasaki harus tetap berhati-hati dengan Yamaha YZF R6, Honda CBR650F, dan Suzuki GSX-R600 yang juga dibekali spesifikasi yang tak jauh berbeda dan memiliki harga yang sepadan juga. Bagaimana kawan? Sudah siap kah memboyong Kawasaki Ninja 650 ini? Itulah tadi ulasan yang telah Mas Sena jelaskan secara lengkap dan terperinci mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja 650. Sekian dan terimakasih. Baca juga Kawasaki Ninja 650 SETriumph Daytona 675, dan Honda CBR500R.

Top