Toyota Bakal Produksi Mobil Listrik Dalam Waktu Dekat?

Ambisi Toyota mengembangkan mobil listrik – Sebenarnya sudah sejak dulu pemerintah diseluruh dunia telah mencanangkan program penghematan energi, terutama untuk bahan-bahan yang bersifat habis dan tidak bisa diciptakan kembali atau didaur ulang. salah satunya adalah bahan bakar minyak yang kebanyakan digunakan oleh kendaraan bermotor salah satunya adalah mobil.

ambisi toyota mengembangkan mobil listrik

Toyota motor akhirnya berniat untuk memulai produksi massal mobil listrik pada 2020 mendatang. Mereka berharap untuk memperluas jaringan jajaran mobil ramah lingkungan, disamping hibrida dan bahan bakar hidrogen (fuel-cell). Toyota menargetkan masuk skala penuh ke pasar kendaraan listrik. Toyota siapkan tim in-house untuk melakukan perencanaan dan perkembangan sesegera mungkin di awal 2017.

Toyota juga akan bekerjasama dengan kelompok perusahaan demi memulai produksi dengan cepat. Toyota memiliki ambisi untuk mengembangkan EV (electric vehicle) yang memiliki kemampuan tempuh lebih dari 300 km pada satu kali pengecasan. Platform model Prius hibrida atau Corolla sedang dipertimbangkan untuk digunakan dalam pembangunan sebuah sport utility vehicle (SUV) listrik.

Merek mobil asal Jepang ini akan meningkatkan pengembangan baterai yang menjadi kompenen paling peniting  merupakan kompenen kunci performa EV, yang dilakukan melalui departemen baru, bertugas melakukan penelitian bahan baterai, namun Toyota juga kemungkinan akan memasok baterai dari pengusaha luar. Peluncuran Toyota EV dijadwlkan bertepatan dengan Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, dimana seluruh perhatian dunia aka tertuju pada Jepang. Produk ini akan dirilis di negara-negara yang serius mengadopsi mobil EV, seperti di Amerika khusus nya negara bagian California dan China.

Pemerintahnya menawaran subsidi untuk mendorong populasi mobil listrik, sebelumnya Toyota cukup menjaga jarak dengan produk mobil listrik dan memfokuskan pada mobil hibrida dan fuel-cell. Namun banyaknya negara yang menelurkan kebijakan dan langkah-langkah mempromosikan kendaraan ramah lingkungan. Untuk memperluas modelnya sampai ke segmen kendaraan listrik agar tidak ketinggalan peluang ini. Toyota mempunyai ambisi untuk mengembangkan EV yang memiliki kemampuan tempuh yang lumayan.

Top