Unik! Transmisi Otomatis Renault Kwid

Renault Kwid transmisi otomatis tanpa tuas persneling – Satu fakta penting dari Renault Kwid yang baru saja meluncur di Indonesia pada pertengahan Oktober 2016 lalu, bahwa city car ini hanya tersedia dalam transmisi manual, tentu saja menjadi catatan tersendiri untuk para konsumen. Renault nampaknya melihat ada potensi kehilangan konsumen jika hanya menyediakan transmisi manual saja. Berita Renault Kwid berlanjut bahwa mobil murah merek Prancis ini akan meluncurkan varian transmisi otomatis di India.

renault kwid transmisi otomatis tanpa tuas persneling

Varian ini datang untuk melengkapi varian versi manual lima percepatan yang sudah lebih dulu hadir. Renault Kwid versi metik ini datang menggunakan transmisi AMT ( Automated manual Tranmission) atau disebut juga dengan Easy-R gearbox. Pola kerja transmisi AMT cukup aneh hanya memiliki tiga pilihan yaitu maju (D) netral (N) dan mundur (R) dengan lima tingkat percepatan. Uniknya lagi untuk mengoprasikannya sudah tidak menggunakan tuas persneling, melainkan memakai knop atau semacam kontrol putar yang letaknya berada di dasbor.

Cara menggunakannya pengendara cukup putar knop ke arah yang dibutuhkan untuk mengoprasikan gerak mobil. Tampa perlu repot-repot menggeser batang tuas transmisi lagi. Konsep ini mirip dengan mobil-mobil premium Eropa. Tidak hanya unik hal ini juga akan memberikan pengalaman baru dalam berkendara pasalnya kendaraan yang lain belum ada yang seperti ini. Meski memiliki transmisi lima percepatan namun sangat disayangkan tidak dilengkapi dengan tuas untuk mengoprasikannya secara manual.

Cara kerja transmisi ini sudah diatur menggunakan ECM yang fungsinya seperti perangkat Engine Control Unit (ECU) dan disertai fitur creep atau crawal fungsinya untuk menahan mobil dalam kondisi diam saat knob di posisi netral tanpa harus menginjak pedal rem. Namun hal ini sangat berbahaya jika di lakukan pada permukaa jalan yang tidak rata misalnya menanjak atau menurun. Renault Kwid AMT hadir menggunakan mesin 1.000 cc yang sama dengan di Indonesia, transmisi AMT ini bisa jadi transmisi matik yang akan dibawa oleh Renault Indonesia tahun 2017 mendatang.

Top