Benarkah Mazda CX-5 Akan Gendong Mesin Turbo?

Mazda CX-5 Akan Dibekali Mesin Turbo Agar Mampu Bersaing di Pasaran – Pabrikan mobil asal Jepang, Mazda akhirnya memberikan konfirmasi mengenai keikutsertaannya dalam acara LA Auto Show yang akan digelar pada bulan ini. Di ajang tersebut, Mazda nantinya akan menghadirkan CX-5 model 2018 ke hadapan publik. Menurut kabar yang beredar, mobil yang menjadi andalan Mazda itu akan dibekali dengan mesin turbo.

mazda cx-5 akan dibekali mesin turbo agar mampu bersaing di pasaran

Untuk saat ini spesifikasi dari CX-5 memang belum dibeberkan oleh Mazda secara lengkap, namun sudah banyak yang memperkirakan jenis mesin yang akan digunakan sebagai tenaga utama dari mobil SUV anyar milik Mazda itu adalah mesin turbo yang berbeda dari mobil Mazda lainnya.

Hingga saat ini, mobil garapan Mazda yang diketahui memakai jenis mesin turbocharged adalah mobil dengan model CX-9. Jika CX-5 ini nantinya bebar-benar memakai mesin tersebut, maka mobil ini akan menjadi model mobil Mazda berikutnya yang hadir dengan menggendong mesin turbo.

Penggunaan mesin turbo pada Mazda CX-5 model 2018 ini tentu dilakukan bukan tanpa sebab. Pasalnya, saingan terberat CX-5 yaitu Honda CRV 2017 juga telah dipersenjatai dengan mesin turbo oleh pabrikan pembuatnya. Selain menggunakan mesin turbo pada model CX-5, kemungkinan besar bahwa jenis mesin ini juga akan dibekalkan oleh Mazda pada produk-produk mobil  buatannnya di masa yang akan datang.

Untuk diketahui, mesin 2.5 L SKYACTIV-G turbocharged yang digunakan pada model CX-9 sanggup menyemburkan tenaga 250 daya kuda dan menghasilkan torsi sebesar 420,3 Nm. Sementara itu, mesin turbo yang digunakan oleh rivalnya, Honda CRV 2017 ukurannya lebih kecil dengan tenaga yang dihasilkan sekitar 190 daya kuda dan menghasilkan torsi sebesar 242,69 Nm.

Pihak Mazda sendiri mengklaim bahwa mesin SKYACTIV-G 2.5 L pada mobilnya sanggup bekerja sewaktu turbo lag pada rpm yang rendah karena diaplikasikannya teknologi bernama Dynamic Pressure Duo. Ini adalah teknologi pertama yang digunakan pada sistem turbocharged yang bisa mengeluarkan gas buang sejalan dengan kecepatan yang dicapai. Selain itu, gas buang mengalami proses pendinginan di sistem recirculation gas sehingga mesin mampu mempertahankan rasio udara dengan hasil keluaran yang lebih luas.

Top