Belalai Di Punggung Hi-Max

Fitur Anti Kelelep Hi-Max – Jika melihat pasar otomotif di Indonesia secara meluas, bukan hanya kendaraan penumpang saja yang digarap oleh para pengrajin roda empat. Pasalnya, segmen kendaraan niaga yang sering ditujukan untuk pasar komersial juga menjadi sasaran empuk yang tak dapat dipungkiri. Hal ini semakin memanas lantaran wilayah Indonesia yang cenderung luas. Sehingga dapat dipastikan, kebutuhan akan kendaraan pengangkutan logistik merupakan hal yang tak dapat ditawar lagi.

Belalai Di Punggung Hi Max

Mendapati keadaan demikian, tentu sebagai pebisnis dalam bidang otomotif perlu mengambil langkah yang strategis. Salah satunya dengan memperbarui produk-produk yang telah ada dengan fitur-fitur yang lebih modern lagi. Tentunya pembaharuan yang dimaksud harus ditujukan untuk pasar Indonesia. Itu artinya, bisa jadi akan ada kekhususan-kekhususan spesifikasi yang menarik lantaran berbeda dari konsep dasarnya.

Kali ini, sebagai pemain lama, Hi-Max dikatakan mendapat pembaharuan. Dilansir dari Kompas (11/11/2016), salah satu produk andalan Daihatsu ini mendapatkan penyempurnaan pada lubang pernapasan mesinnya. Sebagaimana diketahui, mesin membutuhkan aliran oksigen sebagai bahan pembakarannya. Setelah sebelumnya ditempatkan pada bagian yang cenderung rendah, Hi-Max sekarang menempatkan lubang pernapasan ini di belakang punggungnya.

Pradipto Sugondo Executive Officer, Research & Development Diretorate ADM menjelaskan bahwa konsep baru ini merupakan hasil riset yang dilakukan oleh Daihatsu dengan mempertimbangkan kondisi jalanan di Indonesia. Menurutnya, kondisi jalanan di Indonesia memiliki potensi besar untuk banjir. Sehingga menempatkan lubang pernapasan yang tinggi merupakan solusi yang tepat agar mesin tidak tenggelam dan akhirnya mati.

Menariknya, penempatan lubang pernapasan di bagian punggung juga memiliki alasan tersendiri. Pradipto menjelaskan bahwa banjir di Indonesia memiliki potensi meninggi akibat gelombang yang dihasilkan kendaraan yang sedang berjalan. Penempatan lubang pernapasan tersebut dianggap seperti belalai yang bakal melindunginya dari ‘serangan’ air yang meninggi tersebut.

Meskipun terbilang merupakan suatu perubahan yang sederhana, hal ini memiliki dampak yang signifikan dalam praktiknya. Pasalnya, air yang masuk ke ruang mesin dapat berdampak besar untuk merusakkan bagian vital tersebut secara permanen. Uji coba atas inovasi ini menyebutkan Hi-Max masih selamat setelah ditenggelamkan dalam air setinggi 60 cm.

Top