Yamaha Kenalkan YZF R1 Terbaru dengan Desain Ganas

Yamaha YZF R1 baru Berdesain Ganas – Milan, EICMA show 2014 menjadi ajang perkenalan beberapa motor produksi baru. Hampir semua brand motor di dunia mengenalkan semua motor produksi yang akan dipasarkan ke konsumen. Salah satunya yaitu Yamaha yang mengenalkan motor super sport terbaru mereka dengan gen balap pada motor produksi masal tersebut. Motor super sport tesebut ialah new YZF R1, jagoan lama dengan versi terbaru untuk tahun 2015. Memang sudah diketahui bersama Yamaha YZF R1 sudah diperkenalkan oleh Yamaha semenjak tahun 1998 sampai saat ini. Dengan perubahan zaman dari tahun ke tahun Yamaha telah melakukan banyak inovasi pada motor super sport andalan mereka. Yang terakhir adalah motor super sport YZF R1 yang memiliki beberapa perubahan dan direncanakan resmi di rilis pada tahun ketahun. Tengok saja perubahan yang sangat drastis yakni pada sisi tampilannya yang jauh berbeda dengan Yamaha YZF R1 dengan versi sebelumnya. Dengan tampilan yang dibuat mirip dengan motor balap mereka di ajang MotoGP  yaitu Yamaha YZF M1 yang mempunyai gen balap luar biasa diajang balap motor nomor satu di dunia. Kabarnya motor super sport terbaru tersebut dikembangkan bersama jawara 9 kali MotoGP asal Itali yaitu Valentino Rossi.

new yamaha yzf r1 berdesain ganas

Yamaha sendiri memperkenalkan motor super sport andalan mereka dengan 2 versi berbeda. Yamaha YZF R1 dan YZF R1M kedua versi tersebut mempunyai spesifikasi berbeda. Yamaha YZF R1 dikhususkan untuk penggunaan harian atau jalanan, sedangkan Yamaha YZF R1M dikususkan untuk keperluan balap saja. Tentunya spesifikasi dan power motor super sport tersebut sangatlah berbeda karena memang dibuat untuk keperluan yang berbeda.

Generasi terbaru motor super sport tersebut dibekali dengan mesin 4 silinder sistem cross plan yang mampu memuntahkan tenaga hingga 200PS tanpa menggunakan teknologi RAM induction ataupn supercharge. Power yang tersebut ditopang dengan bobot yang makin ringan yaitu seberat 199 kg dalam kondisi penuh dan 179 kg dalam kondisi kosong. Banyak pengembangan yang terjadi pada Yamaha YZF R1, diantaranya :

  1. Power Delivery Mode (PWR) yang memungkinkan melalakukan settingan penyesuaian sudut gas yang tepat untuk menyalurkan power pada motor.
  2. Traction Control System (TCS) yang memungkinkan untuk mengatur lean angle pada motor agar dapat mencegah slip ban belakang karena power yang besar pada saat keluar tikungan.
  3. Slide Control System (SCS) merupakan teknologi terbaru yang pertama hadir dalam motor produksi masal. Teknologi ini berfungsi mengurangi terjadinya slide pada ban belakang dengan cara mengurangi power secara otomatis dan akan dikembalikan secara full apabila ban terdeteksi dalam keadaan normal
  4. Lift Control System (LIFT) berfungsi untuk mencegah bagian body motor depat terangkat berlebihan pada saat akselerasi secara spontan.
  5. Launch Control System (LCS) akan membatasi teriakan RPM pada putaran mesin 10.000 RPM secara otomatis walau gas dibuka penuh. Dengan kombinasi TCS dan LIFT maka YZF R1 akan berakselerasi secara maksimal pada saat start.
  6. Quick Shift System (QSS) berfungsi agar motor melakukan shifting dengan cepat tanpa menggunakan kopling. Fungsi tersebut hampir tidak menurunkan RPM pada motor sehingga akan mendapatkan laptime yang lebih cepat.

Baca juga Stok Moge Yamaha Ludes dan Binelli TNT 130 Cafe Racer.

  • David

    gila bener ni moge

Top