Spesifikasi dan Harga KIA Grand Sedona Desember 2016

Spesifikasi dan Harga KIA Sedona – Tak ingin kalah dari para produsen Jepang, perusahaan otomotif asal Korea Selatan yang bernama KIA pun juga turut meramaikan pasar otomotif dengan beragam produk terbarunya. Setelah sebelumnya dikabarkan akan merilis sebuah sedan yang bertajuk KIA Optima terbaru, kini pabrikan asal Negeri ginseng itu pun dikabarkan pula akan segera meluncurkan sebuah MPV kelas premium, yaitu KIA Grand Sedona. Mobil MPV Premium ini akan dihadirkan dengan mengusung tampilan barunya yang tampak lebih gagah ditambah dengan berbagai macam fitur unggulan. Tak hanya itu saja, KIA Sedona ini pun kabarnya juga akan dibekali dengan spesifikasi mesin yang mumpuni untuk sekelas MPV Premium. Maka dari itu, bukan suatu hal yang mustahil jika nantinya mobil MPV garapan KIA ini akan banyak diminati oleh para konsumen setelah resmi diluncurkan, terutama para konsumen kelas menengah atas. Di sisi lain, dengan kehadiran KIA Grand Sedona di kancah industri otomotif global, sudah dipastikan bakal semakin memperketat persaingan antar produsen mobil kelas premium. Sensasi yang dibuat akibat kemunculan mobil ini memang membuat pasar roda empat menjadi gonjang-ganjing. Dapat dipastikan para pecinta KIA senantiasa membuat review KIA Sedona ini.

Kia Grand Sedona

KIA Grand Sedona

KIA Sedona ini nantinya juga akan tampil dengan tampilan barunya yang tampak lebih gagah dan elegan di mana hal itu bisa dilihat dari berbagai sisi eksterior, mulai dari depan, samping, dan belakang sehingga menjadikan MPV besutan KIA ini menarik dan patut untuk dimiliki. Tak hanya itu saja, menginjak pada mesin pacu, KIA Grand Sedona ini akan dibekali dengan 2 varian mesin, yaitu tipe mesin diesel dan bensin. Untuk tipe bensin akan dibekali mesin Tipe V6 DOHC yang memiliki kapasitas 3.342cc. Sementara itu, untuk KIA Sedona tipe diesel akan berbekal tipe In Line 4 silinder HLA berkapasitas 2.199cc. Kedua mesin yang dibenamkan oleh KIA tersebut memang bisa dibilang tak seperti layaknya MPV garapan pabrik lain. Pasalnya, secara umum diketahui bahwa tipe mesin V Series ini biasanya hanya hadir pada mobil sport, namun kali ini KIA justru menghadirkan mesin ini pada mobil MPV. Cukup menarik bukan? Dengan demikian, tak mengherankan apabila nanti MPV Premium ini mampu melaju dengan kecepatan tinggi. Selain itu, untuk mengimbangi mesinnya yang terbilang cukup gahar tersebut maka KIA Grand Sedona ini juga akan dilengkapi dengan fitur keselamatan dan keamanan sehingga pengemudi maupun penumpangnya merasa nyaman. Selain itu, masih banyak lagi spesifikasi dan fitur-fitur yang disematkan pada mobil MPV Premium besutan KIA ini. Penasaran? Yuk, kita simak bersama ulasan mengenai spesifikasi dan harga KIA Grand Sedona yang akan Mas Sena infokan pada beberapa segmen di bawah ini.

Kia Sedona

KIA Sedona

Spesifikasi KIA Sedona

MPV Premium dengan Tampilan Gagah dan Elegan

Mengawali pembahasan, kali ini Mas Sena akan memulai dengan mengulas sektor eksterior dari spesifikasi KIA Sedona. Jika kita melihat sekilas, memang KIA Grand Sedona ini hadir dengan tampilan yang begitu elegan dan menarik. Pasalnya, tampilan dari tiap sisi pada KIA Sedona ini, memperlihatkan kesan MPV premium yang tangguh. Mulai dari depan di mana pada bagian depan mobil akan terlihat sebuah grill dengan aksen yang cukup besar di mana grill ini semakin pas dan menarik. Sebab, pada sektor depan ini kita bisa melihat sebuah headlamp yang didesain dengan bentuk yang lebih sipit sehingga memberikan kesan tatapan yang tajam. Tak hanya dari segi desain saja, headlamp yang diusung KIA Grand Sedona tersebut juga sudah dibekali dengan DRL dan projector sehingga akan memberikan pencahayaan yang cukup baik untuk pengemudinya, terutama ketika dikendarai di jalanan yang minim lampu penerangan kota. Selain itu, tampak juga sepasang lampu sein yang terlihat cantik dengan penataannya yang cukup berkelas pada KIA Sedona ini. Bahkan, foglamp yang digunakan pun juga terlihat didesain dengan bentuk membulat berlapis kotak krom. Lalu, untuk bumpernya sendiri terlihat cukup sporty dengan gaya desain yang diusungnya berpadu dengan warna hitam dop serta warna mobil itu sendiri. Terlihat bukan mewahnya spesifikasi KIA Grand Sedona ini?

Menginjak pada tampilan sampingnya, spesifikasi KIA Sedona ini memiliki garis krom yang terlihat pada tepian garis kaca mobil. Di sisi lain, tampak juga garis halus tegas yang memanjang dari depan hingga pada sektor buritannya sehingga membuat tampilan dari mobil ini menjadi lebih sporty. Selain itu, para calon konsumen KIA Grand Sedona ini akan melihat handle pada pintu nya yang saling bersebelahan bersamaan dengan lekukan manis yang terlihat pada bagian samping mobil. Lalu, pada sektor bodi belakang, mobil ini sudah dibekali dengan spoiler yang memberi aroma sporty yang kuat, pada bumpernya sendiri terlihat cukup besar sedangkan handle belakang terlihat berlapiskan krome. Tak hanya itu saja, pada sektor bodi belakang KIA Sedona ini, didapati stoplamp berukuran besar yang dilengkapi dengan teknologi high mount stop lamp di mana teknologi tersebut akan memberikan peringatan lebih jelas terhadap pengendara yang ada dibelakangnya ketika melakukan pengereman. Spesifikasi KIA Grand Sedona tersebut tentu merupakan kelebihan tersendiri dari sisi etika berkendara.

Spesifikasi Kia Sedona

Spesifikasi KIA Sedona

Ruang Kabin Luas dan Mewah Lengkap dengan Berbagai Fitur Canggih

Menginjak pada sektor berikutnya, kali ini Mas Sena akan membahas tentang bagian ruang kabin atau interior dari spesifikasi KIA Sedona. Apabila kita memasuki ruang kabin maka bisa kita dapati bahwa MPV Premium ini akan hadir dengan ruang kabin cukup luas yang bisa menampung 7 orang. Sehingga, tak heran jika KIA Grand Sedona ini merupakan MPV yang sangat efisien. Menariknya, bagian tempat duduk dilapisi Anti Pollution sehingga akan menjadikan tempat duduk atau jok tetap bersih, karena setiap kali ada tumpahan air ataupun minuman bisa langsung dilap. Lalu, menginjak tentang sirkulasi udara, sebagai mobil premium, KIA Sedona juga menggunakan Full auto AC, yang bakal bekerja secara otomatis untuk membuat ruangan tetap sejuk meskipun kondisi luar mobil terasa begitu panas. Kemudian pada bagian dashboard, pengguna akan menjumpai banyaknya panel tombol di bagian kemudi. Di mana bagian tersebut sudah tersinkronkan dengan layar yang berada di bagian tengah sehingga nantinya pengemudi akan lebih mudah dalam mengakses semua menu multimedia yang ada. Bahkan, dari KIA Sedona ini bisa pula mengangkat panggilan telepon maupun menutup telepon tanpa perlu repot bersentuhan langsung. Selain itu, pengemudi juga akan dihadapkan dengan multi information display tersaji dalam bentuk analog dan digital, yang memiliki tingkat akurasi tinggi dan pastinya sangat user-friendly atau mudah dipahami. Tak heran jika spesifikasi KIA Grand Sedona tersebut membuat ngiler para pecinta roda empat di dunia.

Di sisi lain, hal yang cukup menarik pada spesifikasi KIA Sedona ini yaitu teknologi start and stop down yang nantinya akan memberikan kemudahan bagi pengemudinya untuk mematikan maupun menghidupkan mesin hanya dengan menekan tombol saja. Sementara itu pada sektor bagasi, KIA Grand Sedona bisa dikatakan sangat luas karena pada sektor bagasi, antara kursi yang berada pada bagian belakang bisa dilipat sehingga penumpang bisa mengatur secara leluasa ruang tersebut. Selain itu, sektor bagasi KIA Sedona ini sangat memungkinkan juga untuk bisa menyimpan lebih banyak barang bawaan di dalamnya. Sedangkan di sisi lain, tempat botol dibekalkan oleh KIA di berbagai sisi untuk memastikan interior tetap rapih setiap saat. Nah, buat orang yang suka kerapihan, nampaknya spesifikasi KIA Grand Sedona ini cukup menggiurkan bukan?

Spesifikasi Kia Grand Sedona

Spesifikasi KIA Grand Sedona

Dimensi Luas dengan Daya Tampung 7-8 Penumpang

Setelah kita mengetahui tampilan eksterior dan interiornya, kini pada segmen berikutnya ini Mas Sena akan membahas dimensi dari spesifikasi KIA Sedona. Sebagai MPV kelas premium, tentunya KIA tak hanya mengandalkan tampilan elegan dan fitur yang canggih saja melainkan juga pada ukuran dimensinya. Nah, berkaitan dengan dimensi dari spesifikasi KIA Grand Sedona ini, mobil MPV ini menawarkan ukuran dimensi yang terbilang luas, yaitu memiliki panjang 5.115 mm, lebar 1.985 mm dan tinggi 1.940 mm serta jarak sumbu roda 3.060 mm. Dengan demikian, tak heran jika MPV besutan KIA ini nantinya bisa menampung 7 sampai 8 penumpang sekaligus. Tak hanya itu saja, spesifikasi KIA Sedona ini juga memiliki ukuran ground clearance yang cukup tinggi, yaitu berukuran 171 mm sehingga akan membuat mobil MPV mewah ini aman dikemudikan di jalanan yang bergeronjal dan penuh bebatuan tinggi. Di sisi lain, guna menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpangnya dalam berkendara maka pabrikan otomotif asal Korea Selatan tersebut membekali MPV garapannya itu dengan suspensi berteknologi High Performance Damper (HPD) yang dikenal kokoh dan kuat. Di mana untuk suspensi depan KIA Grand Sedona akan dibekali tipe Multi-Link sedangkan untuk suspensi belakang akan mengandalkan tipe McPherson Strut. Kedua suspensi tersebut memiliki kemampuan untuk meredam setiap goncangan sehingga penumpang pun tetap merasa nyaman meskipun melewati jalanan bergeronjal atau penuh polisi tidur. Menginjak pada sektor pengereman, KIA Sedona ini menggunakan jenis pengereman Ventilated Disc pada bagian depan serta rem jenis Solid Disc pada bagian belakang. Kedua jenis pengereman ini semakin terkontrol dengan baik dengan adanya jenis pengereman berteknologi EBD yang diandalkan sebagai pengganti dari tidak adanya ABS pada sistem pengereman ini. Pengereman yang baik ini ada pada roda jenis Alloy Wheel dengan ukuran 235/60 R18 yang terpasang pada sektor depan maupun belakang. Tak hanya itu saja, pada desain velg dari spesifikasi Kia Grand Sedona ini dirancang dengan tampilan yang cukup memukau sehingga memperkuat kesan sebuah MPV Premium.

Advertisement
Review Kia Sedona

Review KIA Sedona

Dibekali 2 Varian Mesin Diesel dan Bensin Bertenaga Gahar

Nah, pada segmen ini, saatnya kita membedah sektor dapur pacu dari spesifikasi KIA Sedona. Untuk sektor permesinan, KIA Grand Sedona ini akan hadir dengan menawarkan 2 varian mesin berbeda, yaitu mesin berbahan bakar bensin dan mesin diesel. Untuk varian mesin dari spesifikasi KIA Sedona yang berbahan bakar bensin, akan hadir dengan mengandalkan mesin V6 dengan 6 silinder 24 katup bertipe DOHC di mana mesin ini memiliki kapasitas hingga 3.342cc. Mesin tersebut pun juga diketahui akan mampu menghasilkan tenaga hingga 270 Ps pada putaran 6.400 rpm dan mampu mencapai titik porsi puncak sampai 32.4 kg.m pada putaran ke 5.200 rpm. Selain itu, untuk varian KIA Sedona berbahan bakar bensin ini mengusung sistem pembakaran Multipoint Injection yang memiliki rasio kompresi 16.0 : 1. Sehingga, dari hasil angka-angka itu tadi, menjadikan mobil premium ini dapat berlari begitu kencang, bahkan bisa menempuh jarak 0 sampai dengan 100 KPH hanya dalam waktu 8.6 detik. Saking cepatnya, beberapa orang mengasumsikan spesifikasi KIA Grand Sedona tersebut cocok untuk balapan.

Sementara itu, untuk varian bermesin diesel, spesifikasi KIA Sedona memiliki tipe mesin In-Line 4 silinder 16 katup HLA yang memiliki kapasitas 2.199cc saja. Mesin diesel ini diketahui juga akan mampu menyemburkan tenaga hingga 200 Ps pada putaran 3.800 rpm dan torsi hingga mencapai 45 Ps pada putaran ke 1.750 rpm – 2.750 rpm yang semakin membuat KIA Grand Sedona ini unggul dihadapan para pesaingnya. Lalu, untuk sistem pembakarannya sama dengan tipe varian yang berbahan bakar bensin, yaitu Multipoint Injection dengan rasio kompresi 16.0 : 1. Namun, cukup disayangkan bahwa mesin dengan racikan seperti itu, serta jelas-jelas memiliki kubikasi kecil, membuat KIA Sedona tipe diesel ini hanya bisa menempuh jarak 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam rentan waktu lebih lama, atau tepatnya 13.6 detik saja. Dari kedua varian mesin tersebut, keduanya nantinya akan sama-sama menggunakan sistem transmisi 6 percepatan automatic dengan sistem steering Hidraulyc Power Steering (HPS) yang akan membuat pengemudinya lebih nyaman dan mudah dalam mengendarai MPV mewah garapan KIA ini. Semakin tergiur bukan dengan spesifikasi KIA Grand Sedona ini?

MPV Premium Lengkap dengan Fitur Keselamatan dan Kenyamanan

Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan pada segmen terakhir mengenai spesifikasi KIA Sedona. Pada segmen akhir ini, Mas Sena akan memberikan penjelasan terkait beberapa info mengenai fitur-fitur yang disematkan pada spesifikasi KIA Grand Sedona ini. Pertama, untuk menunjang keselamatan maka KIA melengkapi MPV garapannya ini dengan teknologi Airbags pada bagian depan dan samping sehingga akan sangat melindungi penumpang yang berada pada bagian samping bila terjadi benturan. Selain itu, Kia Sedona ini juga akan menggunakan sistem pengereman EBD sebagai ganti dari teknologi ABS di mana dengan teknologi pengereman tersebut maka pengemudi pun mampu mengontrol laju dari kecepatan mobil ini. Bahkan, ketika terjadi pengereman mendadak sekali pun. Nah, untuk menunjang kenyamanan maka pada ruang kabin dari spesifikasi KIA Grand Sedona pada bagian jok mobil sudah menggunakan jok Anti Pollution yang membuat air yang tumpah tidak bisa meresap ke dalam jok mobil sehingga akan mudah dilap. Selain itu, fitur lainnya adalah kemudahan kawan Mas Sena dalam menggeser pengaturan kursi pada baris ke dua dan adanya AC yang merata di setiap sudut mobil. Selain itu kemewahan dari sektor kenyamanan pada mobil ini juga ada pada dual panoramic sunroof di bagian atas pengendara dan penumpang berisi kedua. Di samping itu, KIA Sedona ini juga memiliki audio sistem yang mudah dioperasikan dan sangat fungsional sehingga pengemudi maupun penumpangnya pun akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di dalam mobil. Sangat nampak bahwa spesifikasi KIA Grand Sedona ini sudah sangat sempurna di kelasnya.

KIA Grand Sedona

Mesin
Jenis Bahan Bakar Diesel Bensin
Tipe Mesin R 2.2 diesel Lambda ll 3.3 MPI
Kapasitas Isi Silinder 2199 cc 3342 cc
Tenaga Maksimum 200/3,800 270/6,400
Torsi Maksimum 45/1,750~2,750 32.4/5,200
Transmisi 6 Speed Automatic
Sistem Suplai Bahan Bakar Multipoint injection
Kapasitas Tangki 80 Liter
Dimensi
P x L x T 4.525 x 1.805 x 1.610 mm
Wheelbase 3.060 mm
Kapasitas Tempat Duduk 8 Orang
Sasis
Suspensi Depan Multi Link
Suspensi Belakang McPherson
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Solid Disc
Kaki-kaki
Ukuran Ban dan Velg Alloy Wheel 235/60 R18
Fitur Tambahan
Keamanan Dual Airbag
Keyless Entry with Alarm
Electric Stability Control (ESC)
Engine Immobilizer
Hill-Start Assist Control (HAC)
Kenyamanan Smart Key
Power Outlet
Sunroof display
Multiplayer

Harga KIA Sedona

Nah, akhirnya tibalah kita pada sesi yang paling akhir dari pembahasan ini. Di mana pada sesi terakhir ini Mas Sena akan mengulas harga KIA Sedona. Namun, sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa KIA Grand Sedona ini juga dikenal dengan nama All New Carnival merupakan mobil MPV premium dengan tampilan gagah dan elegan yang tampak pada setiap sisinya. Selain itu, MPV garapan KIA ini juga berbekal spesifikasi mesin pacu yang handal di mana akan ditawarkan 2 varian mesin. Mesin KIA Sedona yang dimaksud yaitu mesin berbahan bakar bensin dan mesin diesel. Tentu saja, adanya dua varian jantung tersebut bakal membuat variasai harga KIA Grand Sedona pula. Di samping itu, KIA Sedona juga menawarkan berbagai macam fitur menarik dan canggih untuk menunjang keselamatan serta kenyamanan penggunanya. Namun, karena dimensi yang dimiliki oleh KIA Grand Sedona ini terlalu besar maka terkadang akan kesulitan jika dikendarai di jalanan yang sempit. Lalu, dengan spesifikasi tersebut, kira-kira berapa ya harga KIA Sedona ini?

Harga Kia Sedona

Harga KIA Sedona

Harga Kia Sedona Terbaru

Harga KIA Sedona Terbaru

Berbicara masalah harga KIA Sedona ini, seperti dengan apa yang telah Mas Sena jelaskan di atas bahwa mobil keren ini akan menawarkan 2 varian mesin, yaitu mesin berbahan bakar bensin dan mesin diesel. Dengan demikian, harga KIA Grand Sedona pun juga akan terbagi menjadi dua. Untuk mesin berbahan bakar bensin, harga KIA Sedona yaitu Rp 482 jutaan. Sementara itu, untuk tipe mesin diesel, harganya malah dikatakan lebih murah yakni  mencapai Rp 426 jutaan. Perbedaan dari kedua banderol harga KIA grand Sedona tersebut tentunya juga dipengaruhi oleh mesin yang diusungnya, yaitu mesin bensin dan diesel. Dengan ditawarkannya kedua varian harga tersebut maka konsumen pun bisa memiliki sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing. Menariknya, untuk perbedaan harga KIA Sedona tersebut menunjukkan bahwa mesin bensin masih lebih ‘mewah’ ketimbang diesel.

Harga KIA Sedona

Tipe Harga
KIA Grand Sedona Bensin Rp. 482.000.000,-
KIA Grand Sedona Solar Rp. 426.000.000,-
Daftar Harga Mobil KIA

Catatan : 

  • Harga KIA Grand Sedona diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga KIA Sedona

Di samping itu, perlu diketahui juga bahwa harga KIA Sedona yang telah Mas Sena paparkan di atas merupakan harga OTR untuk wilayah Jakarta saja. Jadi, sangat dimungkinkan harganya akan cenderung berbeda dan sedikit lebih mahal jika dijual di luar Jakarta. Selain itu, jika melihat harga KIA Grand Sedona tersebut dan membandingkannya dengan spesifikasi yang diusung MPV premium ini maka harga tersebut tampaknya sudah dirasa cocok dan pas. Namun, harga KIA Grand Sedona yang menginjak angka 400 jutaan tersebut tentu masih dirasa terlalu mahal bagi sebagian besar konsumen Indonesia. Sehingga, hanya calon konsumen kelas menengah atas saja yang akan mampu memboyong MPV Premium garapan KIA ini. Di sisi lain, KIA Grand Sedona ini juga harus berhadapan dengan Kijang Innova besutan Toyota yang juga memiliki spesifikasi hampir sama dan tentunya harganya tak terpaut jauh. Tampaknya, bakal menjadi perang sengit nih. Nah, itulah tadi artikel mengenai spesifikasi dan harga KIA Sedona yang telah Mas Sena jelaskan secara rinci. Semoga bisa bermanfaat. Sekian dan terimakasih. Baca juga Hyundai Starex dan Kia Carens.

Top