Spesifikasi dan Harga Honda HR-V Mugen Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Honda HRV Mugen – Tak ingin kalah dari para pesaingnya, kini pabrikan otomotif asal Jepang yang bernama Honda pun kian rajin meluncurkan berbagai macam produk garapannya dengan beragam inovasi yang terus dikembangkan, salah satunya pada segmen kendaraan roda empat. Salah satu produk baru besutan Honda yang belum lama ini diluncurkan yaitu Honda HR-V Mugen. Mobil yang resmi dirilis pada ajang GIIAS 2016 yang diselenggarakan pada pertengahan tahun 2016 lalu itu, kini sudah bisa diboyong oleh para calon konsumen di Indonesia. Pasalnya, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku distributor resmi untuk Honda Mobil di Indonesia pada bulan November 2016 belum lama ini dikabarkan telah meluncurkan Honda HRV Mugen ke pasar otomotif Tanah Air. Selain itu, kabarnya bahwa Honda HR-V Mugen ini nantinya akan tersedia dalam 2 varian, yaitu Honda HR-V 1.5L E CVT Mugen dan Honda HR-V 1.8L Prestige-Mugen. Dengan dihadirkannya 2 varian dari HR-V Mugen tersebut maka akan para calon konsumenpun bisa memilihnya sesuai dengan selera atau pun kebutuhan. Tak hanya itu saja, kedua varian dari Honda HRV Mugen tersebut pun juga sama-sama dibekali dengan spesifikasi mumpuni beserta fitur-fitur modern yang disematkan. Pastinya, mobil SUV ini akan mampu memikat hati para calon konsumen. Lalu, apa sih keunggulan yang dimiliki Honda HRV Mugen ini?

Honda HR-V Mugen

Honda HR-V Mugen

Nah, sebelum membahas yang terkait dengan keunggulan dari spesifikasi Honda HR-V Mugen, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Mugen sendiri merupakan perusahaan aksesoris yang memiliki reputasi sangat baik dengan kualitas yang dikenal mumpuni pula. Maka dari itu, tak heran jika perpaduan Honda HR-V dan Mugen membuat Honda HRV Mugen ini terlihat tangguh dan stylish. Hal tersebut dibuktikan dengan melihat beberapa aksesoris tambahan yakni pada bagian eksterior ada Front Under Spoiler, Rear Under Spoiler,Tough 17” Alloy Wheel, Sporty Front Grille, Side Under Spoiler, dan Tailgate Spoiler, Mugen Emblem dan Mugen Side Stripe Sticker yang mana membuat tampilan luarnya semakin sporty dengan tiga pilihan warna menarik White Orchid Pearl, Rallye Red dan Crystal Black Pearl. Tak sampai di situ saja, Honda HR-V Mugen ini juga akan dibekali dengan komponen spesifikasi mesin yang terbilang gahar dan handal. Pasalnya, untuk Honda HRV Mugen 1.8 Prestige ini akan dibekali mesin tipe SOHC i-VTEC 1.8 liter. Sementara itu, untuk tipe Honda HR-V Mugen 1.5 liter E CVT akan dibekali dengan mesin SOHC i-VTEC 1,5 liter. Keduanya tentu bakal memberikan daya tenaga yang maksimal. Di samping itu, Honda HRV Mugen ini juga telah memiliki beragam fitur menarik untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan penggunanya. Ingin tahu spesifikasi secara lebih detail? Jangan khawatir, sebab kali ini Mas Sena akan membagikan info mengenai spesifikasi dan harga Honda HRV Mugen yang tersaji pada beberapa segmen di bawah ini.

Mobil Honda HR-V Mugen

Mobil Honda HR-V Mugen

Spesifikasi Honda HR-V Mugen

Mengusung Konsep Dynamic Cross Solid Tampilkan Kesan Sporty dan Kokoh

Untuk mengawali pembahasan, kali ini Mas Sena akan mengajak sobat semua untuk mengulas pada bagian tampilan eksterior dari spesifikasi Honda HRV Mugen. Sebagai mobil yang menyasar pada segmen Low SUV, tentu untuk tampilan desainnya tidak akan berbeda jauh dengan SUV pada umumnya. Dalam kaitannya dengan tampilan dari spesifikasi Honda HR-V Mugen ini, mobil ini akan mengusung konsep desain Dynamic Cross Solid yang memperlihatkan tampilan desain yang tampak begitu sporty dan kokoh khas mobil SUV. Konsep ini menampilkan kesan mewah dan eksklusif di mana terdapat banyak lekukan tegas yang semakin membuat mobil ini tampak terkesan gagah. Dari bagian depan bisa diketahui bahwa Honda menyematkan lampu LED Projector Headlight with LED Day Time Running Light (DRL) pada tipe tertinggi dari Honda HRV Mugen. Sehingga, mampu memberikan penerangan maksimal pada keadaan gelap. Selain itu, ditambah juga fog lamp pada bagian kanan dan kiri bagian depan yang ikut menyempurnakan pencahayaan yang ada. Sementara untuk tipe standar, Honda HRV Mugen masih mengandalkan Halogen Headlight + Auto Off. Di sisi lain, Honda HR-V Mugen ini juga dilengkapi dengan front grill di mana memiliki warna silver yang tidak mengkilap. Di satu sisi, dilengkapi juga dengan front under spoiler yang berada pada bagian bumper depan dan berguna untuk melindungi bumper depan. Keseluruhan itu semua menunjukkan bahwa spesifikasi Honda HR-V Mugen ini memang keren.

Menginjak pada bodi samping, tampaknya Honda juga menyematkan Side under spoiler yang dibalut dengan warna hitam dop. Tak hanya itu saja, pada bodi samping dari spesifikasi Honda HRV Mugen ini Honda juga tak melupakan memberikan Mugen Side Stripe Sticker pada bagian atas handle mobil yang terletak pada bagian depan saja untuk menambah kesan sporty dan menandai bahwa mobil ini varian premium. Sementara itu, menginjak pada sektor belakang mobil, sobat Mas Sena akan menjumpai Rear Under Bumper Spoiler yang letaknya berada di bagian bawah persis dari bumper belakang. Selain itu, pada sektor belakang bodi belakang dari spesifikasi Honda HR-V Mugen ini juga dilengkapi dengan sebuah tailgate spoiler yang membuat mobil garapan Honda ini makin terlihat lebih besar. Di sisi lain, dikarenakan mobil ini hadir sebagai mobil edisi khusus dari Honda HRV Mugen maka tak lupa juga Honda pun memberikan emblem Mugen pada bagian belakang mobil ini sehingga akan memperkuat kesan pembaruannya. Memang, jika dilihat secara keseluruhan, Honda HRV Mugen ini terlihat tampil lebih modern dengan beberapa tambahan fitur dan aksesoris yang dibawanya sehingga makin tampak lebih fresh untuk mobil sekelas SUV. Hal ini tentu menjadi sebuah kelebihan besar dari spesifikasi Honda HRV Mugen tersebut.

Spesifikasi Honda HR-V Mugen

Spesifikasi Honda HR-V Mugen

Ruang Kabin Didesain dengan Tampilan Interior yang Luas dan Elegan

Setelah mengupas habis pada sektor eksteriornya, kini saatnya kita memasuki ruang kabin dari spesifikasi Honda HRV Mugen. Pada sektor interiornya ini, Honda HR-V Mugen sendiri ini memiliki tampilan yang luas dan elegan di mana hal tersebut dipertegas pada penggunaan aksen warna yang begitu menawan dan mampu membuat nyaman setiap orang yang memasuki ruang kabin dari Honda HRV Mugen ini. Selain itu, untuk varian tertinggi akan disematkan pula beberapa fitur canggih dan menarik pada bagian dashboardnya di mana tampak sebuah layar Touchscreen 7.0″ yang sangat fungsional. Pasalnya, dengan adanya layar sentuh tersebut tentu bisa digunakan sebagai salah satu fitur hiburan berupa AM/FM Radio, CD/DVD Player, MP3/WMA + NAVI System + USB Port + AUX input + Made for iPod/iPhone/Android + Bluetooth + HDMI. Sementara itu, untuk versi Honda HR-V Mugen standar hanya akan dibekali dengan layar 6″ serta beberapa fitur yang berkurang. Di samping itu, untuk menambah hiburan pada sistem audio maka Honda menyematkan Speaker 2 DIN yang akan memberikan suara menggelegar dan kepuasan dalam mendengarkan musik, sehingga perjalanan lebih menyenangkan. Tak sampai di situ saja, pada tipe Honda HRV Mugen Prestige sendiri dilengkapi dengan Sunroof dan AC with Smart Touch di mana sistem operasinya cukup mudah, yaitu hanya sekali tekan semua berjalan secara otomatis. Akan tetapi, untuk tipe Honda HR-V Standar tersebut masih menggunakan AC manual yang harus diatur oleh tangan si pengendara. Walaupun demikian, hal tersebut tak membuat kerennya spesifikasi Honda HR-V Mugen ini menjadi berkurang.

Spesifikasi Mobil Honda HR-V Mugen

Spesifikasi Mobil Honda HR-V Mugen

Dimensi Luas Menunjang Kenyamanan dalam Berkendara

Selain sektor eksterior dan interiornya, kini Mas Sena selanjutnya akan membahas mengenai sektor dimensi beserta kaki-kaki dari spesifikasi Honda HRV Mugen. Perlu diketahui bahwa mobil garapan Honda ini merupakan mobil Low SUV yang diketahui memiliki interior luas dan tampilan eksterior yang tampak besar. Tentu, hal tersebut tak lepa dari dimensi pembentuknya di mana dalam hal ini, Honda HR-V mugen memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.294 mm, lebarnya 1.772 mm, dan tinggi mencapai 1.580 mm serta memiliki jarak sumbu roda hingga 2.610. Selain itu, Honda HRV Mugen ini juga memiliki bobot yang berbeda-beda setiap variannya. Tersebut bobot 1.226 Kg menjadi bobot varian 1.5 liter. Sedangkan untuk varian 1.8 liter tentu saja lebih tambun dengan bobot  1306 kg. Dengan melihat ukuran dan bobot tersebut maka wajar jika Honda HR-V Mugen ini memiliki bentuk bodi yang tampak cukup besar dan luas sehingga membuat gerak penumpangnya semakin lega. Tak hanya itu saja, mobil Low SUV garapan pabrik asal Jepang ini pun juga memiliki tinggi ground clearance setinggi 185 mm yang tentunya akan membuat mobil ini tetap aman jika melewati jalanan yang penuh bebatuan tinggi maupun polisi tidur. Di sisi lain, guna menunjang kenyamanan dalam berkendara, Honda juga membekali Honda HRV Mugen ini dengan suspensi MacPherson Strut dan H-Shape Torsion Beam yang mana keduanya akan mampu meredam setiap goncangan ketika mobil ini melewati kontur jalan yang kurang rata. Sementara itu, pada sektor velgnya, Honda akan membekalinya dengan tipe Bold 17’ Alloy Wheel untuk varian Prestige sedangkan untuk varian standar akan dibekali dengan velg tipe Sporty 17’ Alloy Wheel. Kedua velg dari 2 varian Honda HRV Mugen tersebut nantinya akan sama-sama dibalut dengan sebuah ban berukuran 215/66 R17. Terlepas dari itu, untuk mempermudah pengemudi dalam mengontrol laju mobil maka disematkan pula sistem pengereman lengkap dengan teknologi ABS + EBD (Electronic Brake Force Distribution) + BA yang akan memaksimalkan pengereman agar mobil tetap stabil meski direm secara mendadak. Tak cukup sampai di situ saja, Honda HR-V Mugen ini masih akan dilengkapi dengan sistem pengeremannya berteknologi Electric Parking Brake dan Auto Brake Hold untuk melepas dan mengaktifkan rem pada mobil secara otomatis menggunakan sebuah panel tombol. Keren bukan spesifikasi Honda HRV Mugen ini?

Advertisement
Review Honda HR-V Mugen

Review Honda HR-V Mugen

Mengusung 2 Varian Mesin 1.8 Liter dan 1.5 Liter

Nah, pada segmen kali ini, saatnya kita akan membahas pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Honda HRV Mugen. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa Honda HR-V Mugen ini nantinya akan hadir dengan 2 varian dan dengan mesin yang berbeda pula. Pertama yaitu varian Honda HR-V 1.8L Prestige-Mugen yang akan dibekali mesin 1.8 liter tipe SOHC 4 Silinder dengan 16 katup i-VTEC+DBW berkapasitas 1.759cc. Sementara itu, untuk varian standar atau Honda HR-V 1.5L E CVT-Mugen akan dibekali mesin 1.5 liter tipe SOHC 4 Silinder dengan 16 katup i-VTEC+DBW dan berkapasitas 1.497cc. Meskipun kedua varian Honda HRV Mugen tersebut mengusung mesin berbeda namun tetap akan menghasilkan tenaga yang tak jauh berbeda. Untuk varian HR-V Prestige, akan mampu memberikan tenaga hingga 139 Ps setiap putaran 6.500 rpm dan mampu mencapai torsi hingga 169 Nm pada putaran 4.300 rpm dengan perbandingan kompresi 9.7 : 1. Sementara itu, untuk tipe Honda HRV Mugen CVT Standar akan menghasilkan tenaga sebesar 120 Ps setiap putaran ke 6.500 dan mampu mencapai torsi sampai pada titik 14 Nm pada putaran ke 4.600 rpm dengan perbandingan kompresi 10.3 : 1. Nah, untuk sistem transmisinya akan terbagi menjadi 2 pilihan juga, di antaranya untuk tipe pertama akan mengandalkan tipe CVT dan M/T 6-percepatan. Untuk CVT akan digunakan pada varian Prestige, Type E CVT, Type S CVT sedangkan untuk M/T 6-percepatan akan digunakan pada tipe S M/T, Type A M/T. Dengan mesin dan sistem transmisi yang diusung kedua tipe dari Honda HR-V Mugen tersebut, meskipun berbeda namun kedua-duanya akan mampu membuat laju mobil ini menjadi kian gesit dan cepat. Bahkan, walaupun memiliki tenaga besar namun mobil garapan Honda ini akan tetap irit bahan bakar mengingat sudah mengandalkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI untuk kedua varian tersebut sehingga konsumsi bahan bakar pun kian efisien. Di samping itu, untuk tangki bahan bakar Honda HRV Mugen inipun juga akan tersedia dalam 2 pilihan mengikuti jenis mesin yang digunakan. Untuk varian Prestige akan mengusung tangki bahan bakar berkapasitas 20 liter sedangkan tipe standar (tipe 1.5 L) akan mengusung tangki bahan bakar berkapasitas 40 liter saja. Meskipun berbeda namun kedua kapasitas bahan bakar tersebut cukup untuk menampung bahan bakar guna dijadikan bekal jika dikendarai untuk perjalanan jauh. Hal ini berarti spesifikasi Honda HR-V Mugen tersebut cocok untuk diajak menjelejah ke berbagai tempat.

Dilengkapi Fitur Canggih dan Modern

Nah, kini saatnya kita beralih pada fitur-fitur yang disematkan pada spesifikasi Honda HRV Mugen. Oke, langsung saja bahwa berkaitan dengan fitur maka untuk mobil ini sudah dibekali dengan banyak fitur yang semakin memanjakan dan mempermudah aktivitas pengguna saat menggunakan mobil ini, seperti adanya fitur Engine Start Stop tombol ini untuk mempermudah sobat dalam menyalakan dan mematikan mesin, salah satu fitur keunggulan dari Honda HR-V Mugen adalah layar Touchscreen 7.0″ yang memiliki banyak fungsi yang diantaranya adalah AM/FM Radio, CD/DVD Player, MP3/WMA + NAVI System + USB Port + AUX input + Made for iPod/iPhone/Android + Bluetooth + HDMI. Sedangkan untuk versi terendahnya hanya dibekali dengan layar 6″ serta beberapa fitur yang berkurang. Untuk Sistem keamanan mobil sendiri Honda membekali Honda HRV Mugen ini dengan fitur keamanan yang komplit, contoh saja dengan adanya Keyless Entry, Immobilizer, Alarm System, Smart Entry dimana fitur keamanan ini membuat sobat merasa aman meninggalkan mobilnya dalam parkiran tanpa khawatir adanya resiko kehilangan dan pencurian. Selain itu, untuk menunjang keselamatan maka Honda pun juga membekali mobilnya ini dengan sistem pengereman canggih, yaitu ABS + EBD (Electronic Brake Force Distribution) + BA yang akan memaksimalkan pengereman agar mobil tetap stabil meski direm secara mendadak. Tentu saja, spesifikasi Honda HRV Mugen tersebut membuktikan bahwa Honda sangat peduli dengan keselamatan konsumennya.

Honda HR-V Mugen

Tipe Honda HR-V 1.8L Prestige Mugen Honda HR-V 1.5L E CVT Mugen
Mesin
Tipe Mesin 1.8 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
Kapasitas Isi Silinder 1799 cc 1497 cc
Tenaga Maksimum 102 Kw (139 PS) / 6.500 rpm 88 Kw (120 PS) / 6.600 rpm
Torsi Maksimum 17,2 kg.m (169Nm) /4.300 rpm 14,8 kg.m (145Nm) /4.600 rpm
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Diameter x Langkah 81mm X 87,3mm 73,0 mm x 89,4 mm
Perbandingan Kompresi 9,7:1 10,3 : 1
Transmisi CVT
Dimensi
P x L x T 4.294mm x 1.772mm x 1.580mm
Wheelbase 2.610 mm
Kapasitas Tangki 50 liter 40 liter
Berat Kosong 1.306kg 1.226kg
Sasis
Steering Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Solid Disc
Kaki-kaki
Ukuran Ban 215 / 55 R17
Ukuran Velg Alloy Wheel 17″ Bold Alloy Wheel 17″ Sporty
Fitur Tambahan
Keamanan Brake Override System
Dual Front SRS Airbags+Side Dual Front SRS Airbags
Kursi belakang dengan sistem ISOFIX
Sistem Brake Assist
Electronic Brake Distribution (EBD)
Immobillizer
Kenyamanan Smart Entry
Keyless Entry
Smart Key
LCD Multiplayer

Harga Honda HR-V Mugen

Nah, setelah kita selesai membahas spesifikasi pada beberapa segmen di atas, kini saatnya Mas Sena untuk membahas harga Honda HRV Mugen. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa mobil ini merupakan mobil kelas menengah atas dengan dibekali beragam spesifikasi mumpuni. Tak hanya itu saja, mobil ini juga akan mengusung tampilan desain yang gagah dan sporty di mana mengusung konsep desain Dynamic Cross Solid yang akan menampilkan kesan gagah dan garang pada setiap sisi bodinya. Tak heran bukan jika harga Honda HR-V Mugen  ini nantinya menjadi mahal? Seperti masih kurang puas menyediakan berbagai komponen yang menarik bagi siapa saja, Honda HR-V Mugen ini juga akan hadir dengan mengusung 2 varian mesin, yaitu 1.8 liter berkapasitas 1.759cc dan mesin 1.5 liter berkapasitas 1.497cc di mana keduanya tetap akan menghasilkan tenaga mesin yang cukup besar untuk sekelas mobil SUV. Selain itu, Honda HRV Mugen ini dilengkapi pula dengan berbagai macam fitur keselamatan maupun kenyamanan, seperti dilengkapinya sistem pengereman ABS+EBD+BA. Ketiga hal tersebut merupakan keunggulan yang dimiliki Honda HR-V Mugen yang nantinya akan mampu menarik perhatian konsumen. Lalu, dengan spesifikasi tersebut, berapa ya harga Honda HRV Mugen ini?

Harga Honda HR-V Mugen

Harga Honda HR-V Mugen

Harga Honda HR-V Mugen Terbaru

Harga Honda HR-V Mugen Terbaru

Seperti biasa, untuk mobil mewah garapan Honda ini mencapai nilai yang cukup fantastis, tapi soal banderol dari harga Honda HRV Mugen semua tipe tentunya akan mahal. Berkaitan dengan banderol, harga Honda HR-V Mugen Prestige 1.8 L akan dibanderol senilai Rp 398.8 jutaan. Sementara itu di sisi lain, pada tipe Honda HR-V Mugen CVT 1.5 L akan dibanderol dengan harga Rp 326.4 jutaan. Sebuah harga yang terbilang cukup mahal. Sehingga, bagi para calon konsumen harus berani merogoh kocek dalam-dalam untuk memboyong salah satu dari kedua varian harga Honda HRV Mugen tersebut. Perbedaan dari kedua tipe tersebut dipengaruhi dari mesin dan beberapa fitur yang disematkannya di mana untuk varian Prestige atau yang tertinggi dibekali spesifikasi serta fitur yang lebih kompleks dari varian standar. Seperti kata pepatah bilang, beda harga Honda HRV Mugen ini beda juga rupanya.

Harga Honda HR-V Mugen

Tipe Harga
Honda HR-V 1.5L E CVT Mugen Rp.326.400.000,-
Honda HR-V 1.8L Prestige Mugen Rp.398.800.000,-
Daftar Harga Mobil Honda

Catatan :

  • Harga mobil Honda HRV Mugen diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda HR-V Mugen

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa harga Honda HRV Mugen tersebut merupakan harga OTR (On The Road) untuk wilayah Jakarta saja. Jadi, harga Honda HR-V Mugen ini akan sedikit berbeda dan cenderung sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan harga OTR Jakarta. Di sisi lain, meskipun harga Honda HRV Mugen ini mahal namun nantinya tetap akan menjadi sebuah SUV yang difavoritkan banyak orang, terutama bagi para konsumen kelas menengah atas. Tetapi, SUV garapan Honda yang bernama Honda HR-V Mugen ini tetap harus bersaing dengan produk SUV Toyota yang sampai saat ini masih menjadi pesaing terberatnya. Sehingga, perlu kerja keras dari pihak Honda untuk mendominasi pasar SUV Indonesia. Sekian info tentang spesifikasi dan harga Honda HRV Mugen yang telah Mas Sena sampaikan. Terimakasih. Baca juga Honda HR-V dan Toyota Rush.

Top