Harga Yamaha X-Ride, Review & Spesifikasi Februari 2017

Harga Yamaha X Ride dan Spesifikasi – Pabrikan otomotif asal Jepang  Yamaha kembali memanaskan persaingan dunia otomotif di kendaraan roda dua atau motor. Selain itu, Yamaha yang pada tahun 2013 telah berhasil meluncurkan produk matic inovatif terbarunya yang bertajuk Yamaha X-Ride, beberapa tahun selanjutnya, tepatnya pada tahun 2014 silam, produsen asal Negeri Sakura ini kembali meluncurkan motor matic tersebut dengan tampilan yang lebih baru dan fresh. Di sisi lain, yamaha X Ride ini memang sengaja dihadirkan dengan maksud untuk menyaingi salah satu produk Honda sekelasnya yaitu Honda Zoomer-X yang hanya baru di rilis di Thailand saja. Selain itu, peluncuran Yamaha X-Ride ini bertujuan untuk memperbaharui produk matic sekelasnya dengan tampilan yang standar seperti Yamaha Mio, Fino, GT 125 sehingga Yamaha perlu melakukan refreshment untuk menarik perhatian konsumen kembali. matic dengan tampilan Xtreme motor khas Off-Road ini memang sebuah terobosan yang tidak terdapat motor matic standar. Lalu, apa lagi ya kelebihan dari spesifikasi Yamaha X-Ride ini?

Yamaha X-Ride

Yamaha X-Ride

Berbicara mengenai spesifikasi Yamaha X-Ride, tentu hal pertama yang dilihat yaitu dari segi tampilan desainnya di mana pada motor matic besutan Yamaha ini, mengusung tampilan desain yang begitu aerodinamis yang terkesan sporty dan berkarakter off road. Sehingga, cocok dikendarai bagi para konsumen yang suka berpetualang di segala medan. Di sisi lain, Yamaha X Ride ini juga akan dibekali dengan mesin handal di mana motor matic ini akan mengandalkan mesin tipe SOHC silinder tunggal dengan kapasitas 113.7cc sehingga tak heran jika motor matic mungil yang begitu sporty ini pun akan mampu melaju bebas degan begitu gesit. Tak sampai di situ saja, Yamaha X-Ride ini juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yang siap menunjang keselamatan maupun kenyamanan kepada pengemudi dan penumpangnya. Nah, selain itu masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki oleh motor matic off road ini. Mau tahu? Yuk, kita simak bersama pembahasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha X-Ride secara lebih lengkap serta terperinci yang akan Mas Sena uraikan pada beberapa segmen di bawah ini.

Motor Yamaha X Ride

Review Yamaha X-Ride

Desain

Motor Matic dengan Desain Sporty Tampilkan Kesan Agresif dan Ekstrim

Advertisement

Mengawali ulasan pada pembahasan ini, Mas Sena akan memulainya dengan membedah sektor eksterior tampilan luar dari spesifikasi Yamaha X-Ride. Jika dilihat, memang skutik besutan Yamaha ini dirancang dan dibentuk dengan rancangan desain yang terbilang ekstrim. Rancangan ini mengusung konsep Multi Layer dengan tampilan yang begitu aerodinamis grille sehingga menjadikan motor matic ini makin tampil sporty dan berkarakter kuat. Selain itu, pada Yamaha X Ride ini tampak juga beberapa lekukan yang berstruktur patah-patah nan tajam dan tegas pada setiap sisi bodinya yang memberi kesan garang dan berbeda dari skutik lainnya. Di samping itu, jika melihat pada bagian depan dari Yamaha X-Ride ini, tampak terpasang sebuah headlamp yang terinspirasi dari motor penjelajah di mana dirancang dengan bentuk bulat di mana dikelilingi lekukan tegas bodi depan sehingga memancarkan aura sporty yang gagah. Bahkan, di sebelah atas headlamp pada spesifikasi Yamaha X Ride ini juga terpasang lampu senja yang didesain berbentuk “V” yang siap memberikan pencahayaan cukup terang.

Kemudian, menginjak pada bodi samping dari spesifikasi Yamaha X-Ride, tampak sekali lekukan tegas yang mencerminkan serta memperkuat kesan motor matic yang sporty dan ekstrim. Selain itu, tampak juga jok anti selip dengan 2 warna keren yang didesain menyatu antara pengemudi dan penumpangnya di mana rancanganannya meruncing ke belakang layaknya motor sport. Tak sampai di situ saja, di bawah jok dari Yamaha X Ride  ini juga tersedia sebuah tangki bahan bakar dengan kapasitas 4.8 liter yang dinilai cukup sebagai bekal bahan bakar ketika akan dikendarai untuk menempuh perjalanan jauh sehingga tak perlu sering bolak balik ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar. Lalu, pada sektor belakang dari Yamaha X-Ride juga terdapat handel bar dan stop lamp yang dirancang dengan desain unik layaknya lubang roket disertai dua lampu sein pada sisi kanan dan kirinya. Dengan demikian maka bisa diketahui bahwa spesifikasi Yamaha X Ride ini memang mengusung tampilan desain ggah, sporty, dan begitu ekstrim.

Spesifikasi Yamaha X-Ride

Speedometer

Dilengkapi Panel Indikator Minimalis dengan Gaya Sporty

Setelah membedah pada sektor tampilan eksteriornya, kini waktunya Mas Sena untuk beralih membahas pada panel indikator dari spesifikasi Yamaha X-Ride. Pada instrument indikator ini, Yamaha akan membenamkan instrument indiaktor yang memang dirancnang lebih sederhana dan simple namun tetap tampil sporty dan informatif. Selain itu, pada panel indiaktornya ini mengandalkan panel analog minimalis yang cukup informatif di mana pada panel dari Yamaha X Ride ini nantinya terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian kanan, kiri dan tengah. Untuk bagian kiri, akan menampilkan indikator lampu dim/lampu tembak, indikator lampu sein kanan kiri dan pengingat kapastias oli. Sedangkan di bagian tengah, mengusung panel analog yang akan memberikan informasi terkait kecepatan dari Yamaha X-Ride yang dihitung Km/jam. Sementara itu, pada bagian kanan akan ditampilkan indikator bahan bakar. Keseluruhan panel indikator dari spesifikasi Yamaha X Ride tersebut memang diracang minimalis dengan mengusung panelisntrumen namun tampaknya tetap menampilkan informasi yang cukup informatif serta mudah dipahami pengemudinya.

Spesifikasi Motor Yamaha X Ride

Dimensi

Dimensi Mungil dengan Rangka Steel Underbone yang Kokoh dan Kuat

Beralih pada segmen berikutnya, kali ini kita akan mengulas pada sektor dimensi dari spesifikasi Yamaha X-Ride. Pada dimensinya ini, Yamaha membekali motor matic besutannya ini dengan rangka yang sangat kokoh, yaitu Steel Underbone atau Pipa Baja Tulang Bawah. Dengan rangka tersebut maka akan membuat motor matic besutan Yamaha ini kokoh namun tetap ringan. Di sisi lain, Yamaha X Ride ini memiliki ukuran dimensi yang terbilang cukup mungil, yaitu dengan ukuran panjang 1.880 mm, lebar 745 mm, tinggi 1085 mm dan jarak sumbu rodanya mencapai 1.275 mm dengan bobot yang terhitung ringan, yaitu 98 Kg saja. Mengetahui dimensi dari Yamaha X-Ride tersebut maka motor matic ini akan mampu melaju dengan begitu gesit tanpa beban mengingat bodinya yang sangat ringan dan mudah untuk diajak bermanuver. Di samping itu, sektor dimensi dari matic ini juga memiliki ground clearance yang brrukuran 152 mm yang dinilai cukup tinggi dan aman jika dikendarai di medan jalan penuh batu atau off roda. Selain itu, Yamaha X-Ride ini juga memiliki ketingian tempat duduk yang tak terlalu tinggi, yaitu 780 mm yang sudah sesuai dengan postur tubuh tinggi rata-rata orang dewasa di Indonesia. Tampaknya, sektor dimensi dari spesifikasi Yamaha X Ride ini memiliki dimensi mungil namun tetap kokoh berkat rangka yang kuat.

Review Yamaha X-Ride

Suspensi

Bekendara Semakin Empuk Berkat Suspensi Kokoh

Selanjutnya, Mas Sena akan mengulas pada sektor suspensi dari spesifikasi Yamaha X-Ride. Selain memiliki dimensi dan rangka yang kokoh, motor matic besutan Yamaha ini juga mengusung suspensi kokoh untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Pasalnya, motor matic besutan Yamaha ini akan mengandalkan suspensi Teleskopik yang disematkan pada bagian depan. Sementara itu di sisi lain, pada sektor belakang dari Yamaha X Ride ini akan dibekali dengan suspensi jenis Unit Swing atau suspensi Tunggal. Kedua suspensi tersebut diketahui akan mampu memberikan daya redam secara maksimal, apalagi ketika motor matic ini dikendarai di medan jalan yang bergeronjal dan berlubang. Sehingga, pengemudi pun tetap akan merasa nyaman dalam berkendara. Di sisi lain, sektor kaki-kaki dari Yamaha X-Ride ini nantinya juga akan didukung ban dengan ukuran 70/90-14M/C 34P untuk bagian depan. Sedangkan di sisi lain, untuk ban pada bagian belakang  akan mengusung ukuran 100/70-14M/C 51P yang nantinya akan disertai sistem pengereman dengan tipe Single Disc Brake untuk bagian depan dan tipe Drum Brake untuk pengereman pada bagian belakang. Sistem pengereman yang tersemat pada spesifikasi Yamaha X Ride ini dinilai sudah sangat mampu untuk mengendalikan laju kecepatan dari motor matic ini secara sempurna meski belum dilengkapi dengan fitur pengereman yang berteknologi ABS.

Harga Motor Yamaha X-Ride

Mesin

Mesin Tangguh Hasilkan Performa Gahar Andalkan Tipe SOHC Berkapasitas 113.7cc

Nah, memasuki pada segmen yang satu ini, kini saatnya Mas Sena akan membedah dan mengupas mengenai sektor dapur pacu dari spesifikasi Yamaha X-Ride. Pada sektor mesin pacunya ini, Yamaha akan membenamkan tipe mesin 4 langkah 2 katup berteknologi SOHC Silinder Tunggal yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 113.7cc dengan sistem pendinginan kipas. Mesin ini diklaim memiliki diameter x langkah 50.0 mm x 57.9 mm dan akan mampu menghasilkan daya maksimal hingga 7.75 Ps pada putaran 8.500 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi hingga 8.5 Nm pad putaran ke 5.000 rpm. Tenaga handal yang dihasilkan mesin dari Yamaha X Ride ini akan dikawinkan dengan sistem transmisi bertipe V-Belt dengan pola pengoperasian otomatis. Tak sampai di situ, pihak Yamaha pun juga memberikan sistem pengapian jenis TCI (Transistor Control Ignition) yang diketahui dapat memberikan daya listrik lebih besar dan teratur sehingga menjadikan kinerja Yamaha X-Ride ini lebih stabil dan performa yang dihasilkan menjadi lebih, gesit. Selain itu, sektor dapur pacu dari motor matic ini juga sudah mengandalkan sistem bahan bakar Fuel Injection System dari YMJET-FI yang akan mampu memaksimalkan konsumsi bahan bakar secara leboh efketif dan efisien sehingga akan menjadi irit bahan bakar. Dengan mengetahui komponen mesin dari sektor mesin pacu spesifikasi Yamaha X Ride tersebut maka bisa disimpulkan bahwa motor matic Yamaha ini mampu melaju dengan akselerasi dan kecepatan gesit namun tetap irit bahan bakar dan tentunya ramah lingkungan.

Fitur

Dilengkapi Fitur Pendukung Canggih Berikan Keselamatan dan Kenyamanan dalam Berkendara

Menginjak pada pembahasan di segmen paling akhir ini, Mas Sena akan mennjelaskan dan menguraikan beberapa fitur yang disematkan pada spesifikasi Yamaha X-Ride. Pertama, untuk menunjang keselamatan maka Yamaha sudah menyematkan sistem pengereman Teleskopik dan Unit Swing yang mampu memberikan pegereman sempurna. Selain itu, untuk sistem kelistrikan pada Yamaha X Ride ini akan mengandalkan sistem pengapian TCI (Transistor Control Ignition) dengan menggunakan starter dengan sistem Electric Starter dan Kick Starter. Di sisi lain, Yamaha X-Ride ini juga dibekali dengan bateryy GTZ4V / YTZ4V serta busi yang bertipe NGK/CR6HSA. Tak hanya itu saja, Yamaha juga menyematkan speedometer minimalis namun informatif sehingga pengemudi lebih mudah mengetahui serta memahami tentang kondisi motor yang sedang ditungganginya. Dengan beragam fitur yang tersemat pada spesifikasi Yamaha X Ride tersebut, tampaknya akan menjadi nilai tambah bagi matic ini dalam menggaet calon konsumennya.

Video Yamaha X-Ride

Berikut ini adalah official video Yamaha X-Ride yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Yamaha ini:

Spesifikasi Yamaha X-Ride

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi1.880 mm x745 mm x 1.085 mm
Tinggi  Tempat Duduk780 mm
Jarak Sumbu Roda1.275 mm
Jarak Terendah Dari Tanah152 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar4,8 liter
Mesin
Tipe Mesin4 Langkah, 2 Valve, Berpendingin kipas
Volume Silinder113,7 cc
Sistem Suplai Bahan BakarFuel injection System (YMJET-FI)
Gigi TransmisiV Belt Otomatic
StarterElectric Starter dan Kick Starter
Rasio kompresi9,3 : 1
Rangka
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangUnit Swing, Suspensi Tunggal
Rem DepanSingle Disc Brake
Rem BelakangDrum Brake
Ukuran Ban Depan70/90-14M/C 34P
Ukuran Ban Belakang100/70-14M/C 51P
Fitur
Keamanan & Kenyamanan
  • TCI (Transistor Control Ignition)
  • Battery GTZ4V / YTZ4V
  • Tipe Busi  NGK/CR6HSA

Harga Yamaha X-Ride

Setelah Mas Sena membahas secara lengkap mengenai spesifikasinya, mulai dari desain bodi motor yang unik, fitur-fiturnya hingga kemudian dapur pacunya, maka akan kurang lengkap jika tidak membahas harga Yamaha X-Ride terbaru yang telah Mas Sena uraikan pada beberapa segmen di atas. Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai angka yang akan disematkan oleh Yamaha pada banderol harga Yamaha X Ride, perlu diketahui kembali bahwa motor matic besutan Yamaha ini memang dihadirkan dengan tampilan desain yang begitu sporty dan ekstrim sehingga tampak berbeda dari skutik besutan produsen lain. Ini tentu bakal menjadi daya tarik sendiri bagi para konsumen. Selain desain, sektor dapur pacu dari Yamaha X-Ride ini pun juga tampak handal mengingat Yamaha membenamkan mesin tipe SOHC dengan kapasitas 113.7cc sehingga akan mampu memberikan dorongan tenaga pacu yang cukup besar dan bertenaga. Di sisi lain, beberapa fitur lain juga turut disematkan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan kepada para pengendaranya. Nah, dengan spesifikasi tersebut, kira-kira berapa ya harga Yamaha X-Ride ini?

Harga Yamaha X Ride

Harga Yamaha X-Ride Terbaru

Perlu diketahui bahwa motor matic besutan Yamaha ini akn ditawarkan dengan 3 varian berbeda yang tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada harga Yamaha X-Ride ini. Ketiga varian tersebut antara lain tipe Standar dengan harga Rp 15.2 juta, tipe Edisi Spesial yang dibanderol Rp 15.5 juta, dan yang terakhir tipe Adventure yang merupakan varian tertinggi dari motor matic besutan Yamaha ini dengan harga Rp 16.6 juta. Harga Yamaha X Ride di atas merupakan harga untuk wilayah (OTR) Jakarta saja. Sehingga, sudah dapat dipastikan bahwa jika sobat membelinya diluar daerah OTR tersebut, maka angka yang tersemat pada banderol harga Yamaha X-Ride ini akan berbeda, meskipun selisih yang ada tersebut tidak akan terlalu jauh dengan harga OTR. Nah, dengan angka yang tergolong terjangkau tersebut apakah kawan-kawan berminat untuk memiliki motor matic ini? Dengan harga Yamaha X-Ride tersebut sepertinya hal tersebut cukup sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan.

Harga Yamaha X-Ride

TipeHarga
 Yamaha X-Ride Versi Standar Rp.15.200.000,-
 Yamaha X-Ride Edisi Special Rp.15.500.000,-
 Yamaha X-Ride Adventure Rp.16.000.000,-
Daftar Harga Motor Yamaha

Catatan : 

  • Harga motor Yamaha X-Ride diatas merupakan harga OTR DKI Jakarta
  • Beda daerah, kemungkinan beda pula harga Yamaha X-Ride
Advertisement

Di samping itu, jika kita melihat spesifkasi dan harga Yamaha X-Ride yang ditawarkan, tampaknya harga yang tersemat pada banderol motor matic tersebut terbilang cukup terjangkau untuk sekelas motor matic dengan spesifikasi yang tergolong mumpuni. Sehingga, harganya yang murah tersebut tentu akan banyak konsumen yang ingin memboyong Yamaha X-Ride ke dalam garasi rumahnya. Namun, disisi lain tampaknya Yamaha masih harus berhati-hati dengan geliat motor matic besutan produsen lain, seperti dari Honda yang selalu mekluncurkan produk motor maticnya dengan beragam spesifikasi dan fitur yang canggih. Sehingga dengan harga Yamaha X Ride yang murah tersebut, nampaknya bukan hal mudah untuknya dalam menguasai pasar otomotif khususnya matic di Tanah air. Nah, itulah tadi penjelasan mengenai spesifikasi dan harga dari motor matic off road Yamaha yang telah Mas Sena sampaikan. Semoga ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha X-Ride tersebut dapat bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Honda SH125i dan Yamaha Xmax 125.

  • rendy

    Yamaha xride memang bagus cuman ada gak enak nya pada keras waktu di pke jln berlubang tidak empuk seperti motor honda beat

Top