Pertalite Tak Untuk Gantikan Premium

Pertalite Bukan Untuk Gantikan Premium – Dalam dunia otomotif, bahan bakar merupakan aspek penting yang kerap menjadi pembicaraan. Pasalnya, bahan bakar memang menjadi makanan wajib setiap kendaraan dengan teknologi konvensional. Menariknya, di Indonesia sendiri monopoli secara nasional atas bahan bakar memang seakan dikuasai oleh Pertamina. Walaupun banyak pesaing Pertamina di kota-kota tertentu, namun untuk daerah-daerah kecil Pertamina tetap menjadi juara yang tiada lawannya. Terang saja, kebijakan Pertamina bisa membuat perubahan besar terhadap masyarakat.

Pertalite Tak Untuk Gantikan Premium

Salah satu kebijakan Pertamina yang paling spektakuler adalah penerbitan Pertalite. Jenis bahan bakar ini dikatakan memiliki nilai oktan yang lebih tinggi dibandingkan Premium. Bahkan dikatakan pula bahwa Pertalite memiliki tingkat kebersihan dampak lingkungan yang lebih ringan ketimbang Premium. Kedua hal tersebut setidaknya menjadi jargon untuk mencocokkan Pertalite terhadap varian motor-motor baru. Hal ini tentu menjadi wajar jika asumsi menyatakan bahwa Pertalite bakal menjadi pengganti Premium.

Menariknya, dilansir dari Kompas (22/11/2016), Pertamina menyatakan dengan tegas bahwa Pertalite bukan pengganti Premium di pasaran. Walaupun pada kenyataannya pasar Premium bergeser turun sedangkan Pertalite naik setiap tahunnya, Pertamina menyatakan bukan menjadi esensi kebijakannya. Awan Raharjo, Senior Sales Executive Pertamina Wilayah Jakarta Selatan dan Timur, menerangka bahwa kebutuhan pasar yang telah menciptakan itu semua.

Menurutnya, masyarakat saat ini telah pandai memilih bahan bakar yang lebih bersih untuk kendaraan bermotornya. Ia juga menjelaskan bahwa pada prinsipnya Pertamina tak punya kapasitas untuk menggantikan Premium dengan Pertalite. Hal yang pasti, Pertamina sebagai produsen hanya bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan pasar semata dan bukan secara tegas untuk menggantikannya. Menurutnya lagi, jika SPBU seakan terkonsentrasi untuk memenuhi kebutuhan akan Pertamax dan Pertalite itu semua merupakan respon akan kebutuhan pasar.

Hingga berita ini diturunkan, terdapat SPBU sudah tidak menyediakan premium lagi. Menariknya, SPBU lainnya masih penuh antrian untuk pembelian Premium. Sedangkan pedagang bensin eceran sudah tidak terlihat lagi menjual Premium. Hal ini tentu memberikan indikasi terang mengenai apa yang sebenarnya terjadi.

Top