Spesifikasi dan Harga Yamaha MT-125 Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Yamaha MT-125 – Geliat Yamaha dalam meramaikan pasar otomotif Indonesia bisa dibilang cukup menjanjikan. Pasalnya, produsen otomotif asal Jepang tersebut memang dikenal selalu meluncurkan produk-produk terbarunya dengan berbekal spesifikasi yang mumpuni. Selain itu, pabrikan otomotif asal Negeri Matahari tersebut pun juga diketahui sudah banyak sekali meluncurkan berbagai macam jenis motor, baik motor sport, motor bebek, motor matik dan bahkan motor trail. Nah, belum lama ini, Yamaha pun dikabarkan akan segera meluncurkan salah satu produk terbarunya yang bernama Yamaha MT-125. Motor street fighter terbaru garapan Yamaha ini diketahui merupakan versi terendah dari Yamaha MT Series mengingat sebelumnya pihak Yamaha sendiri telah lebih dahulu memperkenalkan MT-09, MT-10, MT-25, dan versi paling mini yakni yang satu ini. Di sisi lain, Yamaha MT-125 ini kabarnya telah diluncurkan pada pasar otomotif Eropa namun banyak sekali pecinta otomotif di Tanah Air tercinta ini sangat berharap dan menginginkan Yamaha MT-125 tersebut hadir meramaikan pasar otomotif Indonesia yang kian lama kian ramai saja. Banyaknya harapan dari para calon konsumen terkait dihadirkannya motor tersebut, tentu tak lepas dari tampilannya yang menarik dan spesifikasi mumpuni serta fitur-fitur canggih yang disematkan pada Yamaha MT-125 ini.

Yamaha Mt 125

Yamaha MT-125

Jika dilihat dari desainnya saja, Yamaha MT-125 ini memperlihatkan gaya desain yang begitu simple namun memperlihatkan kesan sporty di tiap sisi bodinya. Sehingga, wajar jika motor garapan Yamaha ini mampu memikat hati para calon konsumennya. Di sisi lain, pada spesifikasi Yamaha MT-125 ini akan dibekali dengan mesin berkapasitas 125cc saja mengingat motor ini merupakan versi terendah dari jajaran Yamaha MT Series. Namun, meskipun dibekali dengan mesin kecil, motor Yamaha ini tetap akan dilengkapi dengan beragam fitur canggih dan menarik guna menunjang keselamatan maupun kenyamanan pengguna dalam berkendara. Dengan demikian, tak heran jika harga Yamaha MT-125 ini akan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau di kelasnya. Tak hanya itu saja, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki pada spesifikasi motor Yamaha ini. Nah, untuk lebih jelasnya, kali ini Mas Sena akan membagikan info tentang spesifikasi dan harga Yamaha MT-125 yang tersaji pada beberapa segmen berikut ini.

Motor Yamaha Mt 125

Motor Yamaha MT-125

Spesifikasi Yamaha MT-125

Mengusung Konsep Desain Street Fighter Tampilkan Kesan Sporty

Untuk memulai pembahasan kali ini, Mas Sena akan mengawalinya dengan membahas pada sektor desain eksterior dari spesifikasi Yamaha MT-125. Pada sektor eksterior, motor garapan Yamaha ini memang mengusung desain street fighter yang memberikan tampilan desain yang tampak lebih sporty dan gagah. Dimulai dari sektor depan, spesifikasi Yamaha MT-125 ini akan dilengkapi dengan Single Head-lamp yang didesain dengan bentuk yang lancip atau meruncing ke bawah dan dilengkapi pula dengan lampu LED di dalamnya. Sehingga, sudah dipastikan akan mampu memberikan penerangan yang maksimal ketika dikendarai di jalan yang kurang pencahayaan atau lampu kota. Untuk lampu sein, sedikit memiliki perbedaan dengan saudaranya versi MT 25 di mana pada spesifikasi Yamaha MT-125 ini ditempatkan pada bagian bawah dari shroud yang memperlihatkan kesan berbeda. Lalu, untuk bagian tangkinya pun dibuat lebih besar di mana mampu menampung bahan bakar sebanyak 15 liter. Selain bentuknya yang besar, tangki bahan bakar dari Yamaha MT-125 ini pun juga tampak elegan dan sporty dengan beberapa lekukan lembut nan tegas serta sudah dilengkapi dengan shroud yang nantinya akan membantu dalam proses pendinginan mesin secara manual dengan mengandalkan angin yang berasal dari arah yang berlawanan. Spesifikasi Yamaha MT-125 tersebut memang nampak sudah siperkirakan dengan sangat matang oleh empunya.

Tak hanya itu saja, guna memberikan keamanan bagi para pengendaranya, Yamaha pun menambahkan spesifikasi Yamaha MT-125 ini dengan frame slider yang terpasang antara sisi samping kanan dan kiri. Sifat komponen tersebut untuk melindungi bagian mesin ketika motor terjatuh. Lalu di bagian bawah terpasang juga sebuah cover engine, yang didesain dengan bentuk yang hampir memenuhi bagian bawah mesin, sehingga secara langsung dapat memberikan keamanan terhadap bagian tersebut. Di sisi lain, pada sektor jok dari spesifikasi Yamaha MT-125 ini didesain dengan khas motor gaya street fighter di mana antara jok pengemudi dan penumpangnya dirancang secara terpisah. Tak sampai di situ, pada sektor knalpot Yamaha mengandalkan model knalpot Underbelly yang terpasang manis di sisi kanan bagian bawah dari spesifikasi Yamaha MT-125 yang semakin menguatkan penampilan street fighter yang ada pada MT-125 miliknya. Lantas mengenai posisi riding, pengguna tetap saja dapat berkendara secara nyaman. Sebab, posisinya dibuat tegap sehingga tidak mudah merasa capek walaupun menempuh perjalanan jauh. Bisa dibilang spesifikasi Yamaha MT-125 tersebut sudah mengadopsi posisi segitiga berkendara yang mantap.

Spesifikasi Yamaha Mt 125

Spesifikasi Yamaha MT-125

Instrumen Indikator Full Digital Tampilkan Informasi Akurat

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kali ini Mas Sena akan membahas pada sektor panel indikator dari spesifikasi Yamaha MT-125. Sebagai salah satu motor modern tentu selain segi tampilan bodinya yang tampak begitu elegan khas motor street fighter zaman sekarang, Yamaha pun membekali motor terbaru garapannya ini dengan sistem atau panel indikator full digital yang didesain simple namun informatif. Selain itu, pada panel indikator Yamaha MT-125 ini, akan terbagi menjadi 3 bagian utama, yaitu bagian kiri, tengah, dan kanan. Pada bagian kiri, akan ditampilkan indikator suhu mesin dan lampu netral. Lalu, untuk bagian tengahnya akan ditampilkan kecepatan yang dihitung secara bertingkat serta rpm. Kemudian, pada bagian kanan panel Yamaha MT-125 tersebut akan menampilkan info tentang indikator bahan bakar, odometer, dan jam serta posisi gigi. Nah, dari keseluruhan informasi yang ditampilkan dari panel indikator tersebut, tentu dinilai cukup informatif dan mudah dipahami oleh pengendaranya tentang keadaan motor yang sedang ditungganginya. Hal ini tentu menjadi indikasi baik dari spesifikasi Yamaha MT-125 tersebut.

Spesifikasi Motor Yamaha Mt 125

Spesifikasi Motor Yamaha MT-125

Dimensi Kuat Andalkan Rangka Steel Deltabox

Berikutnya, pada segmen ini kita akan mengulas pada sektor dimensi serta kaki-kaki dari spesifikasi Yamaha MT-125. Jika kita melihat sektor eksterior dari spesifikasi motor naked Yamaha ini, memang motor besutan Yamaha ini tampak kokoh dan terkesan sedikit ramping. Tentu, tampilan yang begitu kokoh, ramping dan gagah tersebut juga tak lepas dari rangka dimensi pembentuknya di mana dalam hal ini, Yamaha mengandalkan tipe rangka Steel Deltabox yang dikenal memiliki kualitas kokoh namun ringan sehingga akan mampu menjaga kestabilan dalam berkendara. Selain itu, spesifikasi Yamaha MT-125 ini pun juga mengusung ukuran dimensi dengan panjang 1.955 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.040 mm, dan jarak sumbu roda mencapai 1.355 mm serta memiliki bobot hingga 140 Kg. Mengetahui ukuran dimensi yang diusung Yamaha MT-125 tersebut maka wajar jika motor ini ini tampak ramping namun terkesan gagah dan sporty. Selain itu, motor street fighter besutan Yamaha ini memiliki ukuran ground clearance yang cukup tinggi di mana berukuran setinggi 140 mm. Dengan ukuran ground clearance yang cukup tinggi tersebut, tentunya akan membuat motor ini nyaman dikendarai, terutama ketika melewati jalan yang penuh bebatuan tinggi atau pun polisi tidur. Di samping itu, spesifikasi Yamaha MT-125 ini juga memiliki ketinggian jok berukuran 810 mm yang tak terlalu tinggi dan sesuai dengan postur tubuh orang Indonesia pada umumnya. Sehingga dengan spesifikasi Yamaha MT-125 tersebut, pengemudi tak perlu jinjit terlalu tinggi ketika berhenti di jalan atau di lampu merah.

Review Yamaha Mt 125

Review Yamaha MT-125

Advertisement

Berkendara lebih Nyaman Berkat Suspensi Kuat dan Kokoh

Selain mengusung dimensi rangka yang kokoh dan kuat, Yamaha pun juga akan mengusung suspensi yang kuat dan kokoh untuk disematkan pada spesifikasi Yamaha MT-125 ini. Di mana, dalam hal ini pabrik otomotif asal Jepang yang berlogo Garpu Tala ini akan mengadopsi dua supensi, yaitu bagian depan dan belakang. Untuk suspensi bagian depannya akan disokong dengan Upside-down telescopic fork, Ø 41 mm, sedangkan untuk suspensi pada bagian belakangnya bertipe Swingarm (Link type suspension) yang tingkat peredamannya bisa diatur sesuai kebutuhan. Kedua suspensi Yamaha MT-125 tersebut pastinya akan mampu meredam setiap goncangan ketika melewati medan jalan yang bergeronjal atau pun berlubang dan sudah teruji kualitas serta sangat stabil. Sehingga, berkat kedua bagian suspensi yang dibawa oleh street fighter terbaru dari Yamaha ini, pastinya bakal membuat setiap pengguna merasa nyaman saat berkendara. Apalagi Yamaha MT-125 ini memiliki velg racing 17 inch, yang dibalut ban model terbaru dari Michelin yaitu Pilot Street dengan ukuran 100/80 di bagian depan. Sementara itu, untuk bagian belakang menggunakan model ban yang sama dengan ukuran 130/70. Dengan demikian, sangat memungkinkan pengguna lebih aman saat berkendara, apalagi ban motor Yamaha tersebut berfitur tubeless serta merupakan inovasi terbaru dari Michelin, yang bakal memudahkan pengguna untuk melakukan manuver di jalanan, karena pada dasarnya ban tersebut memiliki daya cengkram tinggi terhadap jalanan aspal. Di sisi lain, menginjak pada sektor pengereman, dalam hal ini Yamaha MT-125 ini akan dibekali sistem pengereman yang handal di mana untuk bagian depan akan menggunakan rem Hydraulic Single Disc 292 mm. Sementara itu, untuk rem belakang akan mengandalkan rem hydraulic Single Disc dengan ukuran 230 mm. Dengan mengusung sistem pengereman tersebut maka akan membuat pengereman terasa jauh lebih maksimal. Hal ini tentu menjadi nilai besar bagi spesifikasi Yamaha MT-125 secara keseluruhan.

Harga Motor Yamaha Mt 125

Harga Motor Yamaha MT-125

Dapur Pacu Andalkan Mesin SOHC Berkapasitas 124.7cc

Pada segmen berikutnya ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas pada sektor mesin pacu dari spesifikasi Yamaha MT-125. Pada bagian dapur pacu ini, Yamaha akan membenamkan mesin tipe SOHC Silinder Tunggal yang memiliki 4 katup dan berpendingin cair dengan kapasitas mesin mencapai 124.7cc. Mesin Yamaha MT-125 tersebut diketahui akan mampu menyemburkan tenaga hingga 15.0 Ps setiap menginjak putaran ke 9.000 rpm dan mampu mencapai puncak torsi hingga 12.4 Nm per 8.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut kemudian akan disalurkan melalui sistem transmisi Constant Mesh 6 percepatan. Dengan demikian, tak heran jika nantinya Yamaha MT-125 ini akan mampu melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi di kelasnya. Meskipun tenaga mesin yang dihasilkan cukup besar, namun motor naked Yamaha ini akan tetap irit bahan bakar. Pasalnya, spesifikasi Yamaha MT-125 ini akan mengandalkan sistem pembakaran Electronic Fuel Injection dengan sistem pengapian TCI di mana memiliki rasio kompresi yang memiliki angka perbandingan 52.0 mm x 58.6 mm akan mampu mengkonsumsi bahan bakar dengan tingkat perbandingan 2.13 liter per 100 Km. Sehingga, spesifikasi Yamaha MT-125 tersebut bisa dibilang sebagai street fighter yang irit bahan bakar serta ramah lingkungan.

Motor Street Fighter dengan Beragam Fitur Lengkap dan Canggih

Pada segmen terakhir dari pembahasan mengenai spesifikasi, kita akan mengulas beberapa fitur yang disematkan pada spesifikasi Yamaha MT-125. Dalam hal ini, fitur yang disematkan pada motor besutan Yamaha ini tentu untuk menunjang kenyamanan serta keselamatan pengemudi maupun penumpangnya. Pertama, untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara maka Yamaha akan membekali Yamaha MT-125 ini dengan fitur LCD Panel Instrument yang siap memberikan informasi secara akurat dan mudah dipahami pengemudinya. Selain itu, untuk menunjang kenyamanan pun Yamaha telah membekali Yamaha MT-125 ini dengan suspensi depan dan belakang di mana kedua suspensi tersebut memiliki tingkat peredaman yang kuat sehingga akan membuat pengemudi maupun penumpangnya merasa nyaman meskipun melewati jalanan berlubang dan bergeronjal. Di samping itu, untuk menunjang keselamatan maka Yamaha MT-125 ini akan mengandalkan sistem pengereman Hydraulic Single Disc untuk bagian depan dan belakang sehingga akan memudahkan pengemudinya dalam mengontrol kecepatan dari laju pada spesifikasi Yamaha MT-125 ini.

Yamaha MT-125

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1,955 mm X 740 mm X 1,040 mm
Jarak Sumbu 1,355 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 140 mm
Tinggi Jok 810 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 11.5 litres
Berat Kosong 138 kg / ABS 140 kg
Mesin
Tipe Mesin Single cylinder, liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valves
Volume Silinder 124.7cc
Bore X Stroke 52.0 mm x 58.6 mm
Tenaga Maksimal 11.0 kW (15.0PS) @ 9,000 rpm
Torsi Maksimal 12.4 Nm (1.25 kg-m) @ 8,000 rpm
Kompresi 11.2 : 1
Sistem Suplai Bahan Bakar Electronic Fuel Injection
Gigi Transmisi Constant Mesh, 6-speed
Rangka
Tipe Rangka Steel Deltabox
Tipe Suspensi Depan Upside-down telescopic fork, Ø 41 mm
Tipe Suspensi Belakang Swingarm, (Link type suspension)
Rem Depan Hydraulic single disc, Ø 292 mm
Rem Belakang
Hydraulic single disc, Ø 230 mm
Ukuran Ban Depan 100/80-17 M/C
Ukuran Ban Belakang 130/70-17 M/C
Kelistrikan
Tipe Pengapian TCI

Harga Yamaha MT-125

Nah, setelah kita selesai dan puas mengulas secara rinci mengenai spesifikasi Yamaha MT-125, kini saatnya kita akan mengetahui dan mengulas harga Yamaha MT-125. Sebelumnya, perlu ditegaskan kembali bahwa motor Yamaha ini merupakan motor street fighter terendah dari jajaran MT Series di mana untuk versi MT 125 ini mengusung gaya desain eksterior yang menampilkan kesan ramping, simple, namun tetap memperlihatkan kesan yang gagah. Sehingga, mampu memikat setiap calon konsumen yang melihat tampilan luarnya tersebut. Tentu, dilihat dari tampilan luarnya, harga Yamaha MT-125 ini juga tak mungkin akan dibanderol dengan angka yang murah. Tak sampai di situ saja, selain memiliki tampilan yang sporty, motor naked Yamaha ini juga dibekali mesin SOHC berkapasitas 124.7cc. Dengan kapasitas mesin yang terbilang kecil untuk motor sport, tentu kan membuat harga jualnya lebih terjangkau. Selain itu, meskipun memiliki kapasitas mesin kecil namun Yamaha MT-125 ini mampu melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi juga di kelasnya. Di samping itu, motor garapan Yamaha ini akan dibekali dengan beragam fitur untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Dari spesifikasi yang jelaskan tersebut, menurut kawan Mas Sena, kira-kira berapa ya harga Yamaha MT-125 ini?

Harga Yamaha Mt 125

Harga Yamaha MT-125

Harga Yamaha Mt 125 Terbaru

Harga Yamaha MT-125 Terbaru

Berbicara mengenai harga Yamaha MT-125, sebenarnya secara resmi dari pihak Yamaha Indonesia masih belum memberikan keterangan resminya mengingat Yamaha Indonesia masih belum diketahui apakah akan memboyong Yamaha MT-125 ke Indonesia atau tidak. Namun, jika benar bahwa motor berkapasitas 125cc tersebut diboyong ke Indonesia, maka akan dibanderol dengan harga £ 4,099 atau sekitar Rp 68.5 juta rupiah. Banderol harga Yamaha MT-125 tersebut terbilang cukup terjangkau untuk motor kelas 125cc kelas global. Namun, bagi sebagian orang tentu harga tersebut masih termasuk mahal sehingga kemungkinan motor Yamaha ini hanya akan dibeli oleh konsumen Indonesia yang memiliki kantong tebal. Walaupun demikian, harga Yamaha MT-125 tersebut dikatakan masih bisa dijangkau dengan sistem pembiayaan oleh lembaga keuangan.

Harga Yamaha MT-125
Sekitar Rp 68.500.000,- (Yamaha United Kingdom)

Catatan : 

  • Harga Motor Yamaha MT-125 diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha MT-125

Perlu diketahui bahwa harga Yamaha MT-125 tersebut merupakan harga resmi yang dilansir dari situs resmi Yamaha United Kingdom (Inggris) sehingga nantinya harga tersebut akan berubah sewaktu-waktu jika benar-benar diluncurkan di Indonesia. Di sisi lain, jika kita membandingkan antara harga dan spesifikasi yang diusungnya maka bisa dikatakan bahwa harga Yamaha MT-125 ini terbilang sangat mahal mengingat mesin yang dibawanya berkapasitas kecil. Namun, meskipun demikian, harga tersebut merupakan harga yang cocok untuk memboyong Yamaha MT-125 ini mengingat motor ini merupakan motor yang diproduksi secara global. Jika dibandingkan dengan motor lain, mungkin Honda SFA akan menjadi pesaing terberatnya mengingat sama-sama mengusung spesifikasi yang tak jauh berbeda. Demikian ulasan yang telah Mas Sena jelaskan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha MT-125. Sampai jumpa dan terimakasih. Baca juga Suzuki GSX S150 dan Yamaha Vixion.

Top