Jaguar Land Rover Bakal Punya Mobil Listrik?

Jaguar Land Rover Tertarik Bikin Mobil Bertenaga Listrik – Salah satu pabrikan otomotif terkemuka asal Inggris, Jaguar Land Rover, rupanya baru-baru ini mengungkapkan niatnya untuk memproduksi mobil yang mengandalkan tenaga listrik di Inggris. Jika harapan pabrikan tersebut menjadi kenyataan, maka hal ini akan memberikan kepastian terkait prospek industri otomotif setelah negara asalnya itu keluar dari Uni Eropa.

jaguar land rover tertarik bikin mobil bertenaga listrik

Jaguar Land Rover diketahui mempunyai kepemilikan pasar sekitar seprtiga dari total penjualam mobil yang ada di Inggris yaitu hingga 1,6 juta unit pada tahun lalu. Sementara itu, untuk memperlihatkan kesungguhan niatnya untuk membuat mobil listrik, produsen mobil kepunyaan India tersebut sudah memamerkan mobil litrik pertamanya. Akan tetapi mobil listrik perdana itu tidak di produksi di negara asalnya, melainkan di Austria.

Ralf Speth selaku CEO dari Jaguar Land Rover belum lama ini memberikan sebuah tanda bahwa produsen mobil itu akan memproduksi kendaraan listriknya di salah satu dari tiga pabrik Jaguar Land Rover yang diketahui berlokasi di bagian utara dan tengah dari Negeri Ratu Elizabeth.

Dalam pernyataannya yang dilansir dari Oto Detik pada Sabtu (26/11/2016) Speth berujar, “Kami ingin memproduksi mobil listrik kami di West Midlands, yang merupakan rumah dari desain dan rekayasa teknik kami. ”

Speth bahkan berpendapat jika niat Jaguar Land Rover untuk membuat baterai listrik dan mobil listrik memang terbilang masuk akal apalagi jika seluruh syarat dan kondisi tertentu yang berhubungan dengan pengetesan dan teknologi sudah sesuai. Bahkan, pemerintah Inggris pun kabarnya telah menggelontorkan pendanaan tambahan sebesar 390 juta poundsetrling untuk menyokong program mobil otonom serta mobil ramah lingkungan yang diproduksi di negara tersebut.

Jaguar Land Rover sebelumnya pun sudah menyatakan bahwa setengah mobil yang dibuat oleh mereka akan hadir dalam versi listrik di akhir dekade ini. Oleh karena itu, sebagai langkah awal, pabrikan tersebut sudah memamerkan konsep mobil listrik perdananya. Konsep mobil listrik Jaguar tersebut diketahui memiliki nama I-Pave yang ternyata masuk ke dalam kategori mobil SUV.

Top