Ini Dia Wajah Baru Lotus Exige!

Lotus Perkenalkan Mobil Exige Facelift – Setelah lama tak eksis, Lotus yang dulu sempat populer pada tahun 1990-an kembali menujukkan batang hidungnya di tahun 2000-an dengan mobil andalannya Exige. Nama Lotus Exige yang sudah eksis sejak tahun 2000 itu sebenarnya merupakan model coupe dari Elise yang hadir dengan atap terbuka.

lotus perkenalkan mobil exige facelift

Basis yang dipakai oleh mobil ini diketahui telah berusia 16 tahun. Meski begitu, Lotus tampaknya kini masih fokus untuk menggarap mobil sport yang memiliki bobot ringan itu. Kini, pabrikan mobil asal Inggris tersebut memperkenalkan mobil Exige terbarunya yang diketahui mengusung nama Lotus Sport Exige 380.

Dari segi tampilan fisik, Lotus Sport Exige 380 itu hadir dengan wajah yang semakin garang karena dibekali dengan komponen-komponen baru seperti splitter pada bagian depan dan spoiler. Sementara itu, di bagian belakangnya bisa ditemukan diffuser yang terbuat dari material carbon fibre.

Lotus Sport Exige 380 sepertinya tak hanya mendapatkan make up baru, namun bagian lain dari mobil ini pun tak lepas dari penyegaran. Pembaruan itu bisa ditemui pada bagian dapur pacunya. Pasalnya, mobil Exige generasi terbaru ini menggendong mesin anyar yang yang diklaim mampu melampaui angka 100 km/jam hanya dalam kurun waktu tak lebih dari 3,7 detik.

Mesin yang dibenamkan pada bodi Lotus Sport Exige 380 ini ternyata adalah mesin 2GR-FE 3.5-liter V6 yang sebelumnya telah lebih dahulu difabrikasi oleh pabrikan mobil Toyota. Untuk diketahui bahwa mesin ini juga pernah dipakai pada sedan Camry. Oleh sebab itu, mesin tersebut diberi pembaruan dan berbagai improvisasi sehingga pas ketika dikenakan pada Exige versi teranyar ini.

Mesin milik Toyota itu diberi induksi paksa dengan Supercharger sehingga setelah dibenamkan pada Lotus Sport Exige 380 bisa menghasilkan tenaga mencapai 375 HP dan torsi sebesar 410 Nm serta kecepatan maksimum hingga 286 km/jam.

Lotus Sport Exige 380 semakin memberikan kesan sempurna karena bobotnya hanya 1.066 kg saja. Ini dikarenakan penggunaan material serat karbon di banyak tempat, termasuk pelek dan mounting mesin, serat mekanisme perubahan gearbox manual dengan 6 percepatan.

Top