Pengisian Hidrogen Berjalan Disematkan Pada Mobil Hidrogen Toyota

Kini, Mobil Hidrogen Toyota Bisa Diisi Bahan Bakar Dimanapun – Pabrikan otomotif terkemuka, Toyota diketahui tengah menghadirkan inovasi baru yang berkaitan dengan teknologi mobil hidrogen. Teknologi yang tengah dikembangkan oleh pabrikan tersebut tak lain adalah pengisian hidrogen berjalan. Dengan adanya teknologi ini, mobil nantinya jika kehabisan hidrogen bisa dilakukan pengisian dimana pun.

kini mobil hidrogen toyota bisa diisi bahan bakar dimanapun

Teknologi pengisian hidrogen baru ini diketahui dikembangkan oleh Toyota Australia. Pengisian hidrogen berjalan ini tersusun dari sebuah generator  dan kompresor. Komponen-komponen tersebut ternyata sudah lebih dulu digunakan pada sebuah trailer yang tak lain adalah truk Hino 700 Series.

Pada sistem pengisian bahan bakar berjalan ini, gas hidrogen akan ditampung dalam sebuah tempat yang ada di dalam truk tersebut kemudian akan mengalami proses pendinginan. Setelah itu, gas hidrogen akan diberi tekanan hingga 700 bar sebelum akhirnya ditransfer dengan pompa ke sedan Mirai. Tak hanya bisa melakukan pengisian daya pada mobil hidrogen, truk hidrogen ini juga bisa mengisi kendaran yang  berbasis hidrogen lainnya seperti bus serta forklift.

Toyota Mirai sendiri diketahui memerlukan 5 kg gas hidrogen yang ditampung di dalam dua buah tangki yang letaknya berada di bagian bawah mobil. Pengisian hidrogen juga tak memerlukan waktu yang panjang karena bisa dilakukan hanya sekitar 3 sampai 5 menit saja. Penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar akan membuat mobil tidak menghasilkan emisi, namun hanya air saja yang nantinya akan dibuang lewat knalpot.

Gas hidrogen pun diklaim aman seperti jenis bahan bakar lainnya. Namun, perbedaannya dengan bahan bakar fosil adalah bahwa hidrogen ini lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi yang mencemari udara. Hidrogen yang dibutuhkan oleh mobil pun bisa dihasilkan  dari apa saja yang ada di alam, tak terkecuali sampah.

Langkah Toyota dalam berinovasi membuat pengisian hidrogen berjalan ini secara tak langsung menunjukkan komitmennya untuk tetap memimpin dalam hal pengembangan mobilitas personal serta fleksibel untuk 100 tahun yang akan datang. Setidaknya itulah poin yang disampaikan oleh Bernie O’Connor yang merupakan penasihat eksekutif Toyota.

Top