Spesifikasi dan Harga Mazda 8 Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Mazda 8 – Mazda kembali mendobrak pasar otomotif global dengan menelurkan salah satu mobil MPV besutannya, yaitu Mazda 8. Mobil MPV kelas premium ini diketahui merupakan bentuk penyempurnaan dari model sebelumnya yg diluncurkan di tahun 2011 lalu, dimana MPV mewah ini memang sengaja dihadirkan kembali dengan mengusung tampilan desain eksterior dan bentuk yang dinilai cukup elegan dan tampak begitu mewah. Sehingga, tak heran jika nantinya akan banyak konsumen yang kepincut dengan Mazda 8 terbaru ini. Namun, dengan tampilan lebih fresh dan mewah tersebut, membuat label harga MPV besutan Mazda ini semakin berada di atas awan. Bahkan, dari laman resmi Mazda sendiri, diketahui juga bahwa harga Mazda 8 untuk generasi terbaru ini dibanderol melebihi dari harga sebuah mobil MPV yang dibuat oleh Toyota yang bernama All New Innova versi terbaru yang memiliki harga tertinggi sekitar Rp.400.000.000,- . Dengan demikian, sudah barang tentu bahwa MPV ini akan hanya akan mampu diboyong oleh para konglomerat saja. Lantas, dengan harga yang mahal itu, apa sih keunggulan yang dimiliki pada spesifikasi Mazda 8 ini?

Mazda 8

Mazda 8

Nah, jika kita membahas spesifikasi Mazda 8 ini, tentu tak lepas dari beberapa sektor, seperti sektor desain ekterior, interior, mesin pacu hingga pada fitur-fitur yang dimilikinya. Pada sektor ekterior dari spesifikasi Mazda 8 ini, tampak tampilan bodi yang didesain dengan rancangan simpel namun memberi kesan sensasional dan elegan, baik dari bodi depan, samping hingga pada bodi belakang. Di sisi lain, ruang kabinnya pun juga tampak luas dan nyaman lengkap dengan beberapa fitur canggih yang disematkan pada bagian dashboard depan. Menariknya, spesifikasi Mazda 8 pada sektor mesin pacunya akan dipersenjatai dengan mesin MZR 2.3 liter DOHC yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 2.260cc yang diyakini bakal memberikan semburan tenaga gahar dan handal untuk sekelas mobil MPV. Tak sampai di situ saja, Mazda 8 ini pun juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung canggih untuk menunjang keselamatan, kenyamanan, serta keamanan pengemudi dan para penumpangnya. Sebenarnya, tak hanya itu saja. Masih banyak lagi spesifikasi mobil ini yang belum dibahas. Mau tahu selengkapnya ? Jangan khawatir, pada sesi ini Mas Sena akan membagikan info mengenai spesifikasi dan harga Mazda 8 yang akan dijelaskan pada beberapa segmen di bawah ini.

Mobil Mazda 8

Mobil Mazda 8

Spesifikasi Mazda 8

MPV Premium dengan Desain Simple Namun Tampilkan Kesan Sensasional

Untuk mengawali segmen spesifikasi Mazda 8 ini, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk berkenalan pada MPV mewah ini yang dimulai dari sektor eksterior. Pada bagian eksterior ini, tentu kita akan membahas tampilan terluar yang ada pada MPV terbaru besutan Mazda ini. Di mulai dari depan di mana pada Mazda 8 ini disematkan headlamp dengan jenis Xenon HID low-beam headlights with auto leveling & auto on/off yang didesain dengan rancangan desain lancip agak meruncing ke bagian bawah lengkap dengan reflector dan lampu halogen. Bahkan, pada sektor bawah juga dilengkapi dengan 2 buah fog lamp yang dibingkai list garis chrome sehingga membuat Mazda 8 ini tampak menampilkan kesan yang begitu stylish. Bahkan, selain bergaya stylish, pengemudi pun nantinya juga akan diberikan penerangan yang cukup terang untuk membantu jarak pandang yang lebih jauh dan luas ke depan sewaktu berkendara melalui jalan yang minim penerangan. Selain itu, pada bagian grille Mazda 8 ini menggunakan desain yang simpel dan diberi tambahan emblem kebanggaan Mazda sehingga menampilkan kesan yang begitu proporsional. Pembahasan spesifikasi Mazda 8 tersebut nampaknya sudah mewakili segala kemewahan untuk sebuah MPV premium.

Nah, menginjak pada sektor samping dari spesifikasi Mazda 8 ini, seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa pabrikan mobil asal Jepang itu mendesain bodi samping dengan lekukan yang begitu sensasional, mulai dari depan hingga pada bagian belakang. Bahkan, kesan yang begitu sensasional dan stylish ini diperkuat dengan handle chrome pada pintu depan dan belakang Mazda 8 ini. Menariknya lagi, di bagian pintu belakang Mazda membuatnya berfitur Dual Power Sliding Doors, yang akan memudahkan pengguna untuk membukanya, hanya cukup memutar  atau menekan handle pintu, secara otomatis akan terbuka dan menyisakan ruang buka besar seluas 785 mm sekaligus memberi keleluasaan untuk keluar masuk penumpang. Lalu, pada bagian belakang dari spesifikasi Mazda 8 ini dilengkapi dengan fitur Power Liftgate yang diatur dari kursi pengendara atau dari pintu liftgate itu sendiri. Selain itu, di bagian ini pun Mazda juga menambahkan sebuah sensor pada Mazda 8 yang bisa mengetahui apabila terdapat objek penghalang saat pengemudi menutup liftgate, secara otomatis akan kembali ke posisi terbuka. Ada juga lampu rem dan lampu kota plus lampu sein yang disusun dalam dua wadah terpisah. Kemudian, yang membedakan dan membuat pantas bila harga MPV ini dilepas mahal, yaitu Power Glass Sunroof yang bisa dibuka dengan hanya menekan sebuah tombol, yang mana adanya fitur tersebut pada spesifikasi Mazda 8 ini dapat memberikan sobat otomotif pengalaman spesial dalam berkendara.

Spesifikasi Mazda 8

Spesifikasi Mazda 8

Ruang Kabin Luas dan Nyaman Lengkap dengan Fitur Canggih

Setelah membahas pada sektor terluar, kini Mas Sena akan memasuki ruang kabin dari spesifikasi Mazda 8. Ketika memasuki ruang kabin, tentu pengguna akan disajikan ruang yang luas dan lebih besar dari generasi sebelumnya. Tak hanya luas saja melainkan juga kesan interior premium pun mulai tampak terasa pada bagian dalam kabin Mazda 8 terbaru ini. Jarak panjang antara jok depan dan penumpang bekalang memberikan kenyamanan tersendiri. Selain itu, pada bagian dashboard juga terpasang “information display” untuk memantau kendaraan secara akurat dan memberikan informasi pengaturan AC, suhu luar kendaraan, dan waktu terhadap pengendara. Tak sampai di situ saja, pada panel layar Mazda 8 yang berada pada bagian tengah dashboard pun bisa difungsikan untuk Virtual CD, Port SD Card + USB, Radio FM/AM. Selain itu, terpasang juga built in parking camera yang akan aktif jika gigi mundur digunakan sehingga memudahkan untuk parkir yang semakin melengkapi spesifikasi Mazda 8 ini.

Tak hanya itu saja, pada spesifikasi Mazda 8 ini pengemudi maupun penumpang juga akan dimanjakan dengan “Super Relax Seat” yakni kursi penumpang yang sengaja didesain dan dibentuk dari bahan dasar kulit dimana memiliki tekstur busa empuk. Di samping itu, pada jok ini juga akan dilengkapi dengan arm rest, head rest, dan ruang gerak di antara bangku kedua, yang bisa membuat orang yang ada di atasnya merasa nyaman sewaktu berkendara jarak jauh serta akan merasa lebih leluasa berjalan menuju bangku ketiga tanpa harus melipat bangku kedua. Kemudian pada Mazda 8 ini juga terdapat beberapa fitur lain seperti Retractable Centre Table, Shopping Hook, Upper Glove Box, Under Glove Box, Rear Console Box, Versatile Seat Arrangements, dan Drive’s seat maximum comfort yang akan membuat pengemudi bisa mengubah lebih dari 8 posisi tempat duduk melalui sebuah tombol electric. Di samping itu, pengguna Mazda 8 terbaru ini pun juga akan dimanjakan dengan panel layar touchscreen berukuran luas dengan fungsionalitas tinggi. Dimana panel tersebut bisa dioperasikan untuk mengaktifkan audio sistem dan GPS. Tak sampai di situ, disematkan pula fitur Auto Air conditioner, Bottle Holder yang tersebar di setiap sisi pintu berfungsi sebagai tempat menyimpan minuman agar tidak tumpah. Melihat spesifikasi Mazda 8 tersebut, yang memang dilengkapi dengan beragam fitur canggih tentunya akan membuat para pengguna merasa nyaman dan aman.

Spesifikasi Mobil Mazda 8

Spesifikasi Mobil Mazda 8

Dimensi Besar Disokong Suspensi Kuat dan Rangka Geometrik Motion Absorbtion yang Kokoh

Setelah kita mengupas habis sektor eksterior dan interiornya maka pada segmen berikutnya ini Mas Sena akan mencoba untuk mengulas dimensi dari spesifikasi Mazda 8. Seperti apa yang sudah dikatakan di atas bahwa MPV besutan Mazda ini memiliki bentuk yang besar di mana memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.860 mm, lebar 1.850, dan tinggi 1.685 mm dengan jarak sumbu roda 2.950 mm. Dengan melihat ukuran dimensi dari spesifikasi Mazda 8 tersebut, tentunya MPV premium ini memiliki bentuk yang besar dengan bobot yang mencapai 1.780 Kg. Maka, tak heran jika ruang kabinnya pun tampak luas yang akan memperlebar ruang gerak para penumpangnya. Selain itu, MPV garapan Mazda ini juga memiliki ground clearance setinggi 155 mm, di mana hal ini akan membuat Mazda 8 terbaru ini cukup nyaman dikendarai di jalanan yang penuh polisi tidur atau pun bebatuan tinggi. Di sisi lain, kenyamanan berkendara pun juga akan disokong dengan suspensi depan dengan mengusung jenis independent MacPherson struts yang semakin sempurna dengan perubahan posisi baut untuk meningkatkan performa berkendara di berbagai medan jalan yang dilewati. Sementara itu pada bagian belakang spesifikasi Mazda 8 ini menggunakan suspensi independent Multi-link yang juga menggunakan sistem baru yang telah diperkuat, sehingga akan mampu meredam setiap goncangan atau getaran ketika melewati jalan yang bergelombang sehingga membuat penumpangnya merasa lebih nyaman. Jika membaca spesfiikasi Mazda 8 tersebut, sepertinya kenyamanan pengguna mobil ini sudah sangat di manjakan.

Advertisement

Nah, untuk menunjang keselamatan dalam berkendara maka spesifikasi Mazda 8 ini dilengkapi dengan sistem pengereman sektor depan dan belakang. Untuk rem depan maupun belakang, Mazda melengkapi Mazda 8 terbaru ini dengan rem jenis Ventilated Disc yang mampu melepas energi panas pada saat pengereman, ini tentunya akan membuat para penggunanya merasa lebih aman. Bahkan, sistem pengereman dari Mazda 8 ini akan ditambah dengan teknologi pengereman Antilock Braking System (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) sehingga MPV mewah besutan Mazda ini akan tetap terkontrol dengan baik. Nampaknya spesifikasi Mazda 8 pada sektor pengereman tersebut memang tidak sembarangan ya.

Review Mazda 8

Review Mazda 8

MPV Premium Mengusung Mesin DOHC 4 Silinder Berkapasitas 2.260cc

Menginjak pada segmen selanjutnya, kali ini Mas Sena waktunya untuk membahas sektor dapur pacu dari spesifikasi Mazda 8. Selain memiliki tampilan desain eksterior yang elegan dan interior yang mewah dan nyaman, MPV yang akan menjadi pesaing Honda Odissey 2.4L ini juga bakal dibekali dengan komponen mesin pacu yang handal dan gahar. Pasalnya, spesifikasi Mazda 8 pada sektor mesin pacu ini akan dibekali dengan tipe mesin DOHC 4 silinder dengan 16 katup dan memiliki kapasitas kubikasi mencapai 2.260cc. Mesin tersebut diklaim bakal mampu menyemburkan tenaga besar hingga 163 Ps pada putaran 6.500 rpm dan mampu mencapai titik torsi maksimum hingga 203 Nm setiap puataran ke 3.500 rpm. Sehingga, tak heran jika Mazda 8 terbaru ini akan mampu melaju dengan kecepatan tinggi di kelasnya. Di sisi lain, tenaga tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi 5 percepatan Activematic. Di samping itu, meskipun mampu mengeluarkan tenaga besar namun untuk urusan konsumsi bahan bakar, Mazda 8 ini terbilang cukup irit dan efisien mengingat MPV mewah ini sudah mengusung teknologi sistem bahan bakar Electronically Controlled Fuel Injection dengan perbandingan kompresi 9.7 : 1. Tak hanya itu saja, spesifikasi Mazda 8 ini juga memiliki tangki bahan bakar besar yang mampu menampung bahan bakar hingga 68.5 liter sehingga dinilai cukup sebagai bekal jika akan menempuh perjalanan yang jauh.

Harga Mobil Mazda 8

Harga Mobil Mazda 8

Keselamatan dan Kenyamanan Pengguna Lebih Terjamin

Berikutnya, pada segmen terakhir ini Mas Sena akan mengajak kawan semua untuk mengetahui dan mengulas beberapa fitur yang disematkan pada spesifikasi Mazda 8. Pertama, untuk menunjang keselamatan pengemudi dan penumpang maka MPV terbaru besutan Mazda ini dilengkapi dengan 6 airbags yang tersebar di kursi pengemudi dan penumpang depan agar dapat meminimalisir efek dari benturan akibat kecelakaan. Tak hanya itu saja, pada Mazda 8 ini juga menggunakan sistem pengereman ABS sebagai salah satu fitur canggih yang akan menunjang keselamatan pengemudinya mengingat teknologi ini mampu memberhentikan laju mobil secara optimal. Bahkan, ketika dilakukan pengereman mendadak. Selain itu, Mazda 8 terbaru ini juga terpasang rear parking camera yang akan aktif ketika gigi mundur digunakan untuk menghindarkan penguna dari lubang, tiang atau benda lain yang tidak terlihat oleh kaca spion. Di sisi lain, disediakan pula “tire repair kit” yang berisi pompa ban listrik portable dan alat darurat berfungsi memperbaiki flat tires. Di sisi lain, Kebisingan dan tingkat getaran pada Mazda 8 ini akan ditekan dengan memperkuat body di area sekitar ban. Sementara itu, pada bagian bodi dari spesifikasi Mazda 8 ini pun sudah dilengkapi dengan Mazda Advance Impact Distribution System (MAIDAS) yang dapat menyerap energi akibat benturan.

Mazda 8

Mesin
Tipe Mesin In-line, 4-cylinder DOHC, 16-Valve
Kapasitas Isi Silinder 2260 cc
Tenaga Maksimum 120 (163)kW (PS) / 6,500rpm
Torsi Maksimum 203 (20.7)Nm(kgm)/3,500rpm
Sistem Suplai Bahan Bakar Electronically controlled Fuel injection
Diameter x Langkah 87,5 x 94,0 mm
Perbandingan Kompresi 9.7:1
Transmisi 5-speed Activematic
Dimensi
P x L x T 4860 x 1850 x 1685 mm
Wheelbase 2950 mm
Kapasitas Tangki 68.5 liter
Berat Kosong 1780 kg
Sasis
Steering Rack and pinion with electro-hydraulic power assisted steering
Suspensi Depan MacPherson strut
Suspensi Belakang Multi-link
Rem Depan Ventilated discs
Rem Belakang Ventilated discs
Kaki-kaki
Ukuran Ban 215 / 65
Ukuran Velg R16
Fitur Tambahan
Keamanan Antilock Brake system (ABS)
Dual Front SRS Airbags
Electronic Brake Distribution (EBD)
Emergency Brake Assist (EBA)
seat belts
ISOFIX child-seat anchors (2nd row seats)
Hight-mount stop lamp
Side-impact door beams
Collapsible steering shaft & injury-minimizing brake pedal
Power door locks
Immobilizer & burgler alarm
Kenyamanan Parking-sensors Rear (corner & center)
Rear view parking camera
Power Glass Sunroof
Power Liftgate
Dual Power Sliding Doors

Harga Mazda 8

Sampailah kita pada segmen paling akhir dari keseluruhan pembahasan ini, dimana pada sesi terakhir ini Mas Sena akan menjelaskan harga Mazda 8 terbaru ini. Tetapi, sebelum lebih jauh membahas mengenai angka yang akan di banderol untuk MPV ini, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa MPV terbaru besutan Mazda ini merupakan MPV kelas menengah atas dengan tampilan spesifikasi dan fitur yang berkelas pula. Dari segi desain, harga Mazda 8 ini akan sangat mahal, karena memberikan tampilan eksterior yang mengagumkan pada setiap sisi bodinya. Selain itu, pada bagian dalamnya juga memiliki ruang kabin luas yang lengkap dengan beragam fitur hiburan yang canggih. Namun dengan bodinya yang besar tak jarang akan menyulitkan pengemudinya untuk memarkir Mazda 8 ini di area yang sempit. Di sisi lain, pada sektor dapur pacunya pun juga terbilang gahar mengingat dibekali mesin DOHC berkapasitas 2.260cc dengan sistem pembakaran yang irit dan efisien sehingga mekipun mampu melaju dengan kecepatan tinggi namun mobil ini juga terbilang irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Dengan segala kelebihannya tersebut, kira-kira berapa ya harga Mazda 8 ini?

Harga Mazda 8

Harga Mazda 8

Harga Mazda 8 Terbaru

Harga Mazda 8 Terbaru

Harga Mazda 8 ini diperkirakan akan lumayan mahal, mengingat mobil ini merupakan MPV kelas premium sehingga untuk banderolnya pun bakal menginjak pada angka yang tinggi. Dan benar saja, berdasarkan informasi yang diperoleh dari situs resmi Mazda Indonesia sendiri, harga Mazda 8 ini akan dibanderol pada angka Rp. 559.600.000.-. Cukup mahal bukan? Di sisi lain, Mazda akan memberikan penawaran 3 pilihan warna pada Mazda 8 terbaru ini, yang bisa dipilih sesuai selera, antara lain Metropolitan Gray Mica, Sparkling Black Mica, dan Crystal White Pearl Mica. Ketiga warna tersebut diketahui tak akan merubah fluktuasi harga Mazda 8 ini.

Harga Mazda 8
Rp. 559.600.000,-

Catatan : 

  • Harga mobil Mazda 8 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Mazda 8

Kembali soal harga Mazda 8 ini, tampaknya harga yang menginjak setengah miliar lebih untuk membanderol MPV premium tersebut memang cukup terbilang mahal. Namun, mahalnya harga tersebut juga dibarengi dengan spesifikasi dan fitur canggih yang diusungnya sehingga seolah tingginya harga Mazda 8 ini memang sudah sepantasnya di banderolkan, mengingat spesifikasi yang dibawa mobil jenis MPV besutan Mazda ini memang tidak main-main. Namun, dengan harga yang sedemikian mahalnya sudah barang tentu bahwa Mazda 8 ini hanya akan dapat diboyong para kalangan tertentu saja yang memang mampu untuk memiliki MPV premium dengan harga mahal ini. Demikian ulasan dari Mas Sena terkait pembahasan mengenai spesifikasi dan harga Mazda 8. Sekian dan terimakasih. Baca juga Kijang Innova dan Mazda Biante.

Top