Harga Toyota Transmover, Review & Spesifikasi Mei 2017

Harga Toyota Transmover dan Spesifikasi – Belum lama ini, Toyota Astra Motor (TAM) kembali diberitakan tengah mengembangkan mobil terbaru untuk meramaikan pasar otomotif Indonesia, yaitu Toyota Transmover. Mobil yang menyasar pada kelas MPV entry level ini kabarnya merupakan varian terendah dari keluarga Avanza dengan banderol yang diperkirakan akan sangat terjangkau. Karena diklaim merupakan generasi terendah dari jajaran Avanza Standar maka wajar saja jika desain eksterior dari MPV terbaru ini memiliki sedikit persaman dengan Avanza Standar. Namun, meskipun memiliki beberapa kesamaan pada sektor eksteriornya, Toyota Transmover ini memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda dengan Avanza Standar. Hal ini dikarenakan bahwa nantinya mobil baru besutan Toyota ini akan dipasarkan untuk segmen komersial atau taksi sehingga Toyota Transmover ini akan hadir dengan mengalami penurunan spesifikasi, baik dari segi eksterior maupun pada sektor interiornya. Hal tersebut terkait dengan peraturan dari pemerintah sendiri di mana armada taksi melarang menggunakan mobil LCGC sehingga Toyota pun merilis MPV ini. Akan tetapi, untuk mesin yang diusung akan sama, yaitu mengusung mesin 1.3 liter dengan teknologi Dual VVT-i. Selain itu, kira-kira apa saja ya keunggulan dari Toyota Transmover ini?

Toyota Transmover

Toyota Transmover

Sebagai mobil MPV yang dipasarkan khusus untuk kendaraan komersil, seperti taksi maka jangan heran jika banyak bagian pada Toyota Transmover ini yang akan dikurangi dengan tujuan untuk membuat mobil ini menjadi lebih murah daripada varian standar. Selain itu karena alasan tersebut maka tak disarankan untuk dibeli secara perorangan, karena lebih diutamakan untuk perusahaan berbadan hukum. Namun tak menutup kemungkinan Toyota Transmover ini dijual secara bebas, asalkan konsumen membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) ketika memakai mobil ini dengan pelat nomer hitam. Di sisi lain, untuk spesifikasi Toyota Transmover pada sektor eksterior sendiri masih sama dengan Avanza Standar, baik dari sisi depan, samping maupun belakang hanya saja pada bagian depan tak dilengkapi dengan fog lamp dan bagian belakang mobil sudah tertulis emblem Transmover. Nah, untuk sektor mesin pacu, Toyota Transmover akan mengusung mesin Dual VVT-I 1.3 liter sehingga akan mampu menghasilkan tenaga yang tak jauh berbeda dengan MPV Avanza Standar. Di sisi lain, untuk fiturnya pun akan ada sedikit pengurangan namun untuk keselamatan, Toyota tetap membekali Toyota Transmover ini dengan fitur Dual SRS Airbag, sehingga mampu menghindari terjadinya cidera saat terjadi kecelakaan. Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki MPV terbaru pabrikan Toyota ini. Mau tahu lebih lengkap? Mari kita simak bersama ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Toyota Transmover yang terangkum pada beberapa segmen di bawah ini.

Mobil Toyota Transmover

Review Toyota Transmover

Eksterior

Desain Simple dengan Tampilan Eksterior Ala Avanza Standar

Seperti dengan apa yang sudah dikatakan di atas, desain eksterior dari spesifikasi Toyota Transmover ini nantinya akan menampilkan bentuk bodi yang sama dengan Avanza Standar. Namun, akan ada beberapa bagian yang dikurangi untuk membuat harganya lebih murah. Mulai dari depan, akan disematkan headlamp yang sama dengan Avanza Standar namun pada Toyota Transmover tak dilengkapi dengan foglamp. Selain itu, pada bagian depannya masih dilengkapi dengan grille depan tetapi tak terbalut lapisan chrome. Begitu pun dengan spionnya yang juga tidak dilapisi dengan cat dan juga mode elektrik. Lalu, pada bagian sampingnya, bisa kita lihat Toyota Transmover  ini memiliki persaman dengan Avanza Standar di mana tampak satu garis lurus pada bagian samping bawah yang membujur dari depan hingga belakang mengikuti alur. Selain itu, pada bagian belakang dari MPV ini juga terdapat sebuah emblem yang bertuliskan Transmover sehingga memperkuat nama jenis dari mobil murah ini. Nah, dengan mengetahui sektor tampilan eksterior dari spesifikasi Toyota Transmover ini maka tak bisa dipungkiri bahwa desain dari mobil ini mengusung bentuk desain yang simple khas Toyota Avanza Standar.

Spesifikasi Toyota Transmover

Interior

Ruang Kabin Minimalis Dilengkapi Fitur Standar

Setelah mengulas pada bagian eksteriornya, kini Mas Sena akan memasuki ruang kabin untuk mengetahui interior dari spesifikasi Toyota Transmover ini. Pada sektor interior ini, tampak sekali rancangan desainnya dibuat begitu minimalis dengan disematkan beberapa fitur standar. Pertama, pada doortrim yang tak dilpasisi dengan kain fabric dan juga tak dilengkapi dengan konsol tengah dan tempat penyimpann tertutup. Selain itu, untuk seluruh bagian jok dari spesifikasi Toyota Transmover ini akan menggunakan campuran bahan fabric dan vinyl di mana penggunaan bahan ini ditujukan agar mudah dalam membersihkannya. Kemudian, pada sektor dashboard pun dirancang dengan penyematan beberapa fitur standar saja, bahkan bisa dikatakan lebih rendah dari Avanza Standar. Pasalnya, pengguna nantinya hanya akan mendapatkan sistem multimedia yang digawangi audio 1DIN dan 2 buah speaker. Selain itu, Toyota Transmover tidak memiliki AC Double Blower dan spionnya memakai spion manual (non elektrik). Yah, jika melihat beberapa fiturnya tersebut, memang bisa dikatakan masih kurang lengkap, namun mobil ini tetap dilengkapi fitur Power Window yang akan mempermudah pengendaranya ketika membuka kaca mobil. Dengan demikian, maka spesifikasi Toyota Transmover ini akan hadir dengan mengusung interior yang terbilang sangat minimalis.

Spesifikasi Mobil Toyota Transmover

Dimensi

Mobil MPV dengan Dimensi dan Suspensi Standar

Selain memiliki desain eksterior yang biasa dan tampak begitu standar, kini saatnya Mas Sena untuk membagikan info terkait dimensi dari spesifikasi Toyota Transmover ini. Untuk dimensinya sendiri, MPV ini memiliki bentuk dimensi yang cukup sederhana saja. Hal ini bisa kita lihat dari bentuk bodinya di mana memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.200 mm, lebarnya 1.660 mm, tinggi mencapai 1.695 mm, dan jarak poros rodanya mencapai 2.655 mm. Dengan melihat dimensi tersebut maka bisa diketahui bahwa Toyota Transmover ini memiliki bentuk tampilan yang cukup besar dan bongsor. Di sisi lain, untuk ground clearance nya cukup tinggi, yaitu mencapai 200 mm sehingga mobil ini akan sangat mudah untuk dikendarai di jalanan perkotaan maupun jalanan yng penuh dengan polisi tidur. Di samping itu, meski dinilai memiliki spesifikasi yang lebih rendah dari Avanza Standar namun untuk urusan kenyamanan mobil ini tak ditinggalkan. Pasalnya, spesifikasi Toyota Transmover ini akan mengusung suspensi MacPherson Strut dengan pegas koil untuk bagian depan dan 4 Link Lateral Rod dengan pegas koil pada suspensi bagian belakang di mana kedua suspensi tersebut akan mampu menahan atau meredam setiap getaran ketika melewati jalanan yang berlubang atau bergeronjal. Akan tetapi, ada hal yang sedikit mengecewakan, pasalnya spesifikasi Toyota Transmover ini akan menggunakan velg kaleng silver berukuran 16 inci di mana akan terbalut ban yang berukuran 185/70, baik ban depan maupun ban belakangnya. Sehingga, akan menampilkan kesan mobil yang sangat standar. Kemudian, untuk menunjang keselamatan penumpangnya, tak ketinggalan bahwa spesifikasi Toyota Transmover ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Dual SRS Airbag, sehingga mampu menghindari terjadinya cidera saat terjadi kecelakaan. Selain itu, tersedia pula sabuk pengaman tiga titik yang menjadi standar wajib setiap mobil buatan Toyota. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa dikatakan bahwa dimensi dari spesifikasi Toyota Transmover ini terbilang cukup standar.

Review Toyota Transmover

Mesin

Mengusung Mesin Irit Bahan Bakar Beteknologi Dual VVT-I dengan Kapasitas 1.329cc

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kali ini Mas Sena akan mengupas tuntas pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Toyota Transmover. Untuk sektor mesin pacunya, seperti yang dikatakan di atas bahwa mobil ini akan menggunakan mesin yang sama dipakai oleh Toyota Avanza, yaitu dengan mengusung msin DOHC Dual VVT-I dengan 4 silinder 16 katup dan memiliki kapasitas kubikasi hingga 1.329cc. Menariknya, dengan dibenamkannya teknologi VVT-I dan disematkan pula sistem pembakaran EFI maka akan menjamin mesin Toyota Transmover tetap bertenaga serta efisien bahan bakar. Selain itu, jika mengcu pada mesin yang digunakan pada Toyota Avanza maka versi rendah dari Avanza ini diklaim akan mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 96.5 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsinya menembus 12.3 kgm pada 4.200 rpm. Tenaga yang dikeluarkan Toyota Transmover ini cukup besar sehingga mampu diandalkan ketika menjadi kendaraan taksi untuk mengangkut penumpang jarak dekat ataupun jarak jauh. Sayangnya MPV ini hanya tersedia dalam versi sistem transmisi manual 5 percepatan, yang membuat harga Toyota Transmover tetap terjangkau. Di sisi lain, untuk kapasitas tangki bahan bakarnya pun cukup luas, yaitu mampu menampung bahan bakar 45 liter sehingga cukup untuk bekal ketika digunakan untuk mengantar penumpang dengan jarak jauh. Nah bagaimana pendapat anda mengenai spesifikasi Toyota Transmover tersebut?

Harga Mobil Toyota Transmover

Fitur

MPV Terjangkau dengan Fitur Standar

Berikutnya, pada segmen ini Mas Sena ingin memberikan info mengenai beberapa kelangkapan fitur yang disematkan pada spesifikasi Toyota Transmover. Meskipun akan menyasar sebagai MPV komersil untuk taksi namun Toyota tetap menyematkan beberapa fitur pelengkap yang standar. Beberapa fitur yang bakal disematkan yaitu Dual SRS Airbag yang akan menunjang keselamatan kepada pengemudi dan penumpang depan ketika terjadi hantaman atau kecelakaan keras dari bagian depan sehingga tetap terlindungi. Selain itu, Toyota Transmover ini juga dilengkapi dengan fitur sabuk pengaman 3 titik yang diklaim menjadi standar wajib setiap mobil besutan Toyota. Di samping itu, MPV terbaru Toyota ini juga akan dilengkapi dengan fitur kenyamanan yaitu dengan disematkannya sistem multimedia yang digawangi audio 1DIN dan dua buah speaker. Namun, spesifikasi Toyota Transmover ini kabarnya tidak memiliki AC Double Blower dan spionnya memakai spion manual (non elektrik). Hal tersebut juga karena alasan mobil ini akan dijual murah dan ditujukan untuk komersil. Melihat beberapa fitur tersebut maka bisa diambil kesimpulan bahwa spesifikasi Toyota Transmover ini hanya akan dilengkapi dengan fitur standar yang minimalis sehingga membuat harganya menjadi sangat terjangkau.

Spesifikasi Toyota Transmover

Mesin
Tipe Mesin IL, 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder 1,329 cc
Diameter x Langkah
Daya Maksimum 95.5 PS / 6.000 rpm
Torsi Maksimum 12,3 / 4.200 rpm
Sistem Pemasukan Bahan Bakar EFI
Bahan Bakar Bensin
Kapasitas Tangki 45 L
Steering
Dimensi
P x L x T 4.200 x 1.660 x 1.695 mm
Jarak Poros Roda 2.655 mm
Jarak Pijak Depan 1.425 mm
Jarak Pijak Belakang 1.435 mm
Jarak Terendah 200 mm
Sasis
Transmisi 5-Speed A/T
Suspensi Depan Macpheron Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang 4-Link Lateral Rod with Coil Spring
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Steering Gear Rock & Pinion, Electronic Power Steering & Tilt Steering
Ukuran Ban 185/70 R14
Fitur
Keamanan
  • Dual SRS Airbag
  • Sabuk pengaman 3 titik
Kenyamanan
  • Audio 1DIN dan dua buah speaker

Harga Toyota Transmover

Setelah kita puas membedah bagian dari spesifikasi, kini saatnya Mas Sena untuk mengupas tuntas harga Toyota Transmover. Namun, sebelumnya perlu ditegaskan kembali bahwa mobil ini merupakan MPV terendah dari jajaran varian Avanza Standar yang dipasarkan khusus sebagai kendaraan taksi sehingga membuat tampilan desainnya pun tampak sederahana dan sangat minimalis pada setiap sisi bodinya. Maka dari itu, wajar saja jika harga Toyota Transmover ini nantinya bakal dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Namun, untuk urusan mesin pacu, yang tertanam  pada spesifikasi MPV ini mengandalkan mesin yang sama dengan yang dipakai Toyota Avanza di mana mengusung mesin berteknologi Dual VVT-I yang berkapsitas 1.329cc. Sayangnya, spesifikasi Toyota Transmover ini hanya akan dilengkapi dengan beberapa fitur minimalis standar yang disematkan untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan penumpangnya. Nah, dengan melihat spesifikasi tersebut, kira-kira berapa ya harga Toyota Transmover?

Harga Toyota Transmover

Harga Toyota Transmover Terbaru

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa harga Toyota Transmover ini akan dibanderol dengan angka yang lebih rendah dari varian Avanza lainnya. Ini mengingat spesifikasi yang diusungnya tergolong sangat standar. Selain itu juga memang Toyota Transmover ditujukan untuk mobil komersial seperti taksi. Yang menurut peraturan pemerintah tidak boleh menggunakan mobil LCGC Dari info yang Mas Sena dapatkan MPV keluaran Toyota ini akan di banderol pada harga Rp 143 juta dengan status Off The Road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sehingga, kemungkinan bahwa nantinya harga Toyota Transmover ini akan jauh lebih mahal jika dipasarkan di luar daerah Jakarta. Namun, sayangnya mobil low MPV ini kemungkinan hanya akan dijual kepada perusahaan taksi yang memiliki badan hukum. Atau dapat dikatan tidak akan dijual untuk perseorangan. Dengan harga Toyota Transmover yang tergolong rendah tersebut nampaknya sebentar lagi MPV ini akan menjadi primadona para perusahaan taksi di Indonesia.

Harga Toyota Transmover
Rp. 143.000.000,-

Catatan : 

  • Harga mobil Toyota Transmover diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Toyota transmover

Meskipun sasaran utama dari mobil ini adalah para armada taksi berbadan hukum. Namun, tidak menutup kemungkinan dengan harga Toyota Transmover yang cukup murah tersebut juga akan dijual secara bebas jika memang banyak diminati oleh para konsumen perorangan di Indonesia. Pasalnya, meskipun memiliki fitur yang sangat rendah namun harga Toyota Transmover yang sangat terjangkau bakal membuat calon konsumen kepincut pada  ini. Mengingat juga saudara kembarnya, yakni Avanza adalah mobil sejuta umat di indonesia. Dengan tampilan yang serupa Toyota avanza, dan dengan harga yang lebih murah Toyota Transmover ini tentunya juga akan menjadi incaran kalangan menengah di Tanah air. Demikan ulasan Mas Sena mengenai MPV terbaru buatan Toyota tersebut. Semoga pembahasan mengenai spesifikasi dan harga Toyota Transmover tersebut dapat bermanfaat. Baca juga riview menarik lanya mengenai Toyota Calya dan Toyota Avanza.

Top