Harga Suzuki V-Strom 250, Review & Spesifikasi Februari 2017

Harga Suzuki V-Strom 250 dan Spesifikasi – Pada ajang China International Motorcycle Trade Exhibition, Suzuki memperkenalkan produk baru yang diberi nama Suzuki V-Strom 250 yang merupakan kendaraan roda dua bertipe sport adventure. Dalam ajang tersebut, Suzuki memperkenalkan produk terbarunya ini dengan kode DL250. Suzuki memang dikenal sebagai salah satu produsen otomotif asal Jepang yang dinilai cukup rajin meluncurkan berbagai macam produk terbarunya, baik pada segmen kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Jika mengingat nama Suzuki V-Strom 250 tersebut maka secara tak langsung akan mengingatkan kita pada motor sport adventure dari Suzuki yang memiliki kapasitas mesin yang lebih besar yakni Suzuki V-Strom 650 dan Suzuki V-Strom 1000. Namun, untuk produk motor terbaru besutan Suzuki yang diberi nama Suzuki V-Strom 250 ini diklaim bakal bersaing ketat dengan Kawasaki Versys 250 yang sesuai dengan namanya hanya akan mengusung mesin berkapasitas 250cc sehingga bisa dikatakan bahwa motor adventure ini merupakan varian dari V Strom Series yang paling rendah. Lantas, apa sih menariknya Suzuki V-Strom 250 tersebut?

Suzuki V-Strom 250

Suzuki V-Strom 250

Berbicara mengenai spesifikasi Suzuki V-Strom 250, tentu saja kita harus melihat dari berbagai sisi, baik dari sisi tampilan eksterior, mesin pacu serta fitur-fitur yang turut disematkan. Pertama, untuk desain dari spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini akan tampil lebih gagah pada setiap sisinya di mana bentuknya yang tampak tinggi seolah melukiskan motor sport adventure yang siap melibas setiap medan. Selain memiliki desain yang gagah, spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini juga akan dibekali dengan mesin pacu gahar, yaitu dengan mengandalkan mesin SOHC 4 langkah berpendingin cairan yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 248cc sehingga tak mengherankan jika nantinya motor sport adventure ini mampu melibas setiap medan dengan gesit dan lincah. Tak sampai di situ saja, spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini nantinya juga akan dilengkapi dengan berbagi macam fitur pendukung canggih yang akan menunjang kenyamanan dan keselamatan si pengemudi maupun penumpangnya. Bahkan, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki motor Suzuki ini. Apa saja sih keunggulannya? Mau tahu? Yuk, kita simak bersama pembahasan dari Mas Sena terkait spesifikasi dan harga Suzuki V-Strom 250 pada beberapa segmen di bawah ini.

Motor Suzuki V-Strom 250

Review Suzuki V-Strom 250

Desain

Mengusung Tampilan Desain Gagah Khas Motor Sport Adventure

Advertisement

Mengulas pada segmen awal ini, kita akan memulainya dengan membahas sektor tampilan eksterior dari spesifikasi Suzuki V-Strom 250. Jika kita melihat dari desain yang tergambar memang tak dipungkiri bahwa sudah sangat jelas sekali bahwa motor motor baru Yamaha ini akan hadir dengan tampilan desain yang begitu gagah dan sporty. Pasalnya, hal ini bisa dilihat dari bentuk tubuh yang ada pada spesifikasi Suzuki V-Strom 250 itu sendiri di mana tampak begitu tinggi yang seolah-olah melukiskan motor sport adventure yang begitu tangguh. Namun, jika dibandingkan dengan desain dari varian di atasnya, seperti V Strom 650 atau V strom-1000  maka spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini tampak lebih rendah. Selain itu, pada bagian depan tampak terpasang headlamp yang didesain dengan bentuk bulat lengkap dengan kaca mika sebagai alat untuk menerpa angin yang terpasang manis di bagian atas dari headlamp motor ini. Memang spesifikasi Suzuki V-Strom 250 di sektor desain depannya terlihat sangat gahar

Menginjak pada sisi samping, tampilan dari spesifikasi Suzuki V-Strom ini kian tampak begitu modern dan futuristik juga. Pasalnya, pada sisi bodi sampingnya tampak terpasang fairing body yang terdapat pada bagian bawah dari lampu utama. Selain itu, tampilan dari spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini akan kian tampak lebih tangguh dan berotot berkat bentuk rancangan desain dari tangki bahan bakarnya yang didesain ke atas berpadu dengan bentuk fairing yang memang dirancang sedikit menjorok ke depan. Di sisi lain, Suzuki V-Strom 250 ini juga dibekali dengan jok yang terpasang menyambung antara jok penumpang dan pengemudi di mana jok ini dipasang dengan desain meninggi pada bagian belakangnya. Di samping itu, masih pada sektor bodi sampingnya, terpasang juga sebuah knalpot sporty yang terpasang manis di sisi kanan bodi bagian bawah. Bahkan, pada bodi bagian samping juga dilengkapi dengan dudukan atau braket untuk pemasangan side box. Adapun untuk tampilan pada sektor belakangnya, spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini akan tampil dengan mengusung stoplamp berteknologi LED yang dirancang sedikit meruncing ke belakang dan memberikan kesan modern serta tampil kontras dengan headlamp sehingga kesan sporty dan garang tetap tampak dengan jelas meski dilihat dari sisi belakang. Maka, bisa disimpulkan bahwa sektor tampilan eksterior dari spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini memang menampilkan desain gagah dan sporty khas motor sport adventure.

Spesifikasi Suzuki V-Strom 250

Spedometer

Mengusung Panel Indikator Full Digital DENGAN Layar LCD yang Informatif

Nah, melirik pada sektor stang, kali ini kita akan membahas panel instrument indikator dari spesifikasi Suzuki V-Strom 250. Pada panel instrumen ini, Suzuki sendiri membekali motor sport adventure terbaru besutannya ini dengan panel indikator full digital LCD yang dirancang begitu modern dan futuristik. Bahkan, bentuk rancangan desain panel indikatornya ini justru akan mengingatkan kita pada panel instrumen milik Satria F150 Injeksi yang dipasarkan di Tanah Air. Panel yang ada pada spesifikasi Suzuki V-Strom 250 tersebut memuat sejumlah informasi, antara lain speedometer, tachometer, odometer, dual trip meter, gear indicator, driving range, konsumsi bahan bakar dan indikator pengukur bahan bakar sehingga akan memberikan informasi yang cukup jelas kepada pengemudinya terkait keadaaan motor yang sedang ditungganginya. Tak hanya sampai di situ saja, spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini juga akan hadir dengan mengusung fitur yang fungsional di mana dalam hal ini Suzuki sendiri diketahui akan menyediakan power outlet pada bagian kiri bawah panel. Power outlet ini dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai gadget. Dengan demikian, bisa kita ketahui bahwa memang panel instrument indikator dari spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini cukup informatif dengan mengandalkan desain full digital yang begitu modern.

Spesifikasi Motor Suzuki V-Strom 250

Dimensi

Motor Sport Adventure dengan Dimensi Gagah dan Kuat

Menginjak pada bahasan selanjutnya, Mas Sena akan mengulas sektor dimensi dari spesifikasi Suzuki V-Strom 250. Jika kita melihat dari desainnya yang tampak begitu kokoh dan kuat tentu hal tersebut tak lepas dari ukuran dimensi pembentuknya di mana motor sport adventure ini memiliki panjang 2.150 mm, lebar 790 mm, dengan tinggi 1.305 mm dan memiliki jarak sumbu roda yang mencapai 1.430 mm. Selain itu, motor sport adventure dari spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini juga memiliki ketinggian jok yang terbilang tinggi, yaitu berukuran 780 mm sehingga dinilai cukup tinggi untuk seukuran postur tubuh orang Indonesia secara umum. Namun, meski dirasa ketinggian, motor sport adventure ini tetap akan memberikan kenyamanan yang begitu seimbang ketika sudah dikendarai. Di sisi lain, untuk ukuran ground clearance dari Suzuki V-Strom 250 ini memiliki tinggi 160 mm yang akan membuat motor ini mampu dengan mudah melibas setiap medan jalan, terutama ketika melewati jalan yang bergeronjal atau penuh dengan bebatuan yang tinggi. Dengan demikian, bisa kita ambil kesimpulan bahwa dimensi dari spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini memang menampilkan bentuk yang gagah dan kuat khas motor sport adventure.

Review Suzuki V-Strom 250

Suspensi

Dibekali dengan Suspensi Tangguh

Selain memiliki dimensi yang besar dan gagah, spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini juga dibekali dengan suspensi yang tangguh dan kokoh. Oleh sebab itu, Suzuki membekali motor sport adventure besutannya ini dengan suspensi berjenis teleskopik untuk sektor depan. Sementara itu, untuk sektor belakang, pada Suzuki V-Strom 250 ini akan dipersenjatai dengan suspensi jenis Swingarm Monoshock. Dengan dipasangnya kedua suspensi tersebut, tentu tingkat goncangan ketika melewati jalanan berlubang dan bergeronjal pun menjadi berkurang mengingat kedua suspensi ini dikenal memiliki kemampuan untuk meredam setiap getaran yang cukup efektif sehingga mampu memberikan kenyamanan dalam berkendara. Selain itu, untuk meberikan keseimbangan maka Suzuki V-Strom 250 ini akan dibekali juga dengan rangka yang kuat dan kokoh. Pasalnya, motor sport adventure besutan Suzuki ini merupakan motor yang bisa dikendarai di medan apapun sehingga sangat memerlukan sistem kaki-kaki kuat dan tangguh. Selain itu rangka yang terpasang pada Suzuki V-Strom 250 juga berfungi sebagai penopang mesin 250 yang dibawa motor ini. Di sisi lain untuk melengkapi perfoma dan penampilan dari motor sport touring ini, Suzuki juga memasang 2 buah roda dengan diameter 17 inchi. Dan kedua roda tersebut masing-masing memiliki ukuran ban sebesar 110/80 untuk ban depan dan 140/70 untuk ban belakangnya. Lalu, untuk menunjang keselamatan maka spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini akan dipersenjatai dengan sistem pengereman Disc Brake untuk bagian dan belakang di mana keduanya sudah dilengkapi dengan fitur pengereman ABS yang akan ,mempermudah pengemudinya dalam mengontrol laju Suzuki V-Strom 250 ini.

Harga Motor Suzuki V-Strom 250

Mesin

Dibekali dengan Mesin Tipe SOHC 4 Langkah Berkapasitas 248cc

Menginjak pada pembahasan selanjutnya, kali ini Mas Sena akan mengulas pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Suzuki V-Strom 250. Pada sektor mesin pacu ini, motor sport adventure ini akan mengandalkan mesin tipe SOHC 4 langkah dengan teknologi berpendingin cair dan berkapasitas 248cc. Mesin tersebut diklaim akan mampu menghasilkan daya dobrak maksimal hingga 24.6 Dk setiap putaran 8.000 rpm dan mampu mencapai puncak titik torsi hingga 23.4 Nm pada putaran ke 6.500 rpm. Tenaga tersebut tentu sudah cukup kuat untuk mendorong laju Suzuki V-Strom 250 ini menjadi gesit dan cepat. Tenaga yang begitu gahar tersebut nantinya akan disalurkan melalui sebuah sistem transmisi 6 percepatan. Selain itu, meski memiliki tenaga yang termasuk  gahar, motor terbaru besutan Suzuki ini juga diklaim bakal irit bahan bakar mengingat suplay bahan bakar pada Suzuki V-Strom 250 ini sudah menggunakan sistem pembakaran Fuel Injection dengan perbandingan kompresi antara 11.5 : 1. Sehingga, bisa dikatakan bahwa spesifikasi Suzuki V-Strom 250 pada sektor dapur pacu ini bakal memberikan tenaga yang gahar namun tetap irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Fitur

Dilengkapi Fitur Canggih

Nah, selain memiliki tenaga yang gahar, tampaknya spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini juga dilengkapi dengan fitur yang canggih. Beberapa fitur tersebut disematkan untuk menunjang keselamatan maupun kenyamanan dalam berkendara. Untuk keselamatan, dari sektor pengereman yang disematkan pada spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini adalah sistem pengreman Disc Brake pada bagian depan dan belakang yang akan mampu mengontrol laju kecepatan dari motor ini. Menariknya, kedua rem ini akan dilengkapi pula dengan fitur ABS yang tentunya akan mampu membantu pengemudinya dalam mengontrol laju dari Suzuki V-Strom 250 ini, bahkan ketika terpaksa dilakukan pengereman mendadak yang mengakibatkan roda terkunci. Selain itu, untuk menunjang kenyamanan maka spesifikasi Suzuki V-Strom 250 sudah melengkapinya dengan dua supensi tanggih yang dipasang pada sektor depan maupun belakang untuk memberikan kenyamanan dalam berekndara, terutama ketika melewati medan jln yang tidak rata atau bergeronjal. Nampaknya spesifikasi Suzuki V-Strom 250 tersebut akan membuatnya menjadi motor sport adventure yang tangguh.

Video Suzuki V-Strom 250

Berikut ini adalah official video Suzuki V-Strom yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Suzuki ini:

Spesifikasi Suzuki V-Strom 250

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 2085 x 740 x 1110 mm
Jarak Sumbu 1430 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 160 mm
Tinggi Jok 790 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 17 liter
Berat Kosong 178 kg
Mesin
Tipe Mesin 4-stroke, liquid-cooled, SOHC, parallel twin
Volume Silinder 248 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar Suzuki Fuel Injection
Gigi Transmisi 6-speed constant mesh
Sistem Start Electric
Torsi 23.40N.m @ 6500rpm (17.26lb.ft)†
Tenaga 18.40kW @ 8000rpm (25.00ps)†
Rasio kompresi 11.5 : 1
Bore x Stroke 53.5 mm x 55.2 mm
Rangka
Tipe Suspensi Depan Telescopic, coil spring oil damped
Tipe Suspensi Belakang Swingarm type, coil spring, oil damped
Rem Depan Disc brake
Rem Belakang Disc brake
Ukuran Ban Depan 110/80-17M/C 57H tubeless
Ukuran Ban Belakang 140/70-17M/C 66H tubeless

Harga Suzuki V-Strom 250

Setelah puas kita membahas spesifikasi, kini waktunya Mas Sena untuk mengulas harga Suzuki V-Strom 250. Namun, sebelumnya Mas Sena akan memberikan sedikit kesimpulan terkait spesifikasi yang ada pada motor terbaru besutan Suzuki tersebut. di mana dalam hal ini motor ini akan hadir dengan tampilan yang begitu ciamik, mulai dari bodi depan, samping hingga pada bodi belakang. Seluruh bodi Suzuki V-Strom 250 ini akan menmpilkan kesan motor yang begitu sporty dan gagah. Sehingga, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen yang menyukai petualangan di segala medan. Selain itu, spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ini juga akan dibekali dengan mesin pacu gahar, yaitu mengandalkan meisn tipe SOHC berkapasitas 248cc yang bakal memberikan tenaga mesin yang begitu handal dan gahar sehingga mampu membuat motor sport adventure garapan Suzuki ini mampu melejit dengan gesitnya. Di sisi lain, dengan harga Suzuki V-Strom 250 yang di perkirakan mahal, motor ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung, antara lain fitur keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara di mana kedua fitur ini akan semakin membuat para calon konsumen kian kepincut untuk memilikinya. Nah, dengan spesifikasi tersebut, kira-kira berapa ya harga Suzuki V-Strom 250 ini?

Harga Suzuki V-Strom 250

Harga Suzuki V-Strom 250 Terbaru

Apabila membicarakan harga Suzuki V-Strom 250, memang saat ini masih belum ada kepastian yang resmi dari pihak Suzuki sendiri, terkait berapa banderol harga yang akan di sematkan pada motor sport adventure garapannya ini. Hal ini disebabkan karena Suzuki V-Strom 250 ini baru diluncurkan di negara pembuatnya. Sehingga, wajar saja jika harga resmi motor sport adventure ini di Indonesia belum ada kepastian yang resmi dari pihak Suzuki Indonesia. Namun, berdasarkan beberapa info yang diperoleh dari para intelijen Mas Sena, harga Suzuki V-Strom 250 ini diperkirakan akan dibanderol Rp 70 jutaan. Sebuah angka yang lumayan tinggi untuk konsumen di Indonesia. Namun dengan spesifikasi yang di bawanya harga Suzuki V-Strom 250 ini yang tergolong mahal dirasa cukup sebanding.

Harga Suzuki V-Strom 250
Sekitar Rp. 70.000.000,- (Perkiraan)

Catatan : 

  • Harga Motor Suzuki V-Strom 250 diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Suzuki V-Strom 250
Advertisement

Di sisi lain, dengan harga Suzuki V-Strom 250 yang lumayan tinggi, motor yang diperkenalkan pada ajang ECIMA 2016 yang lalu ini akan mendapat saingan dari sesama pabrikan Jepang yakni Kawasaki Versys 250 yang juga mengusung spesifikasi tinggi. Namun dengan spesifikasi dan harga Suzuki V-Strom 250 yang bersaing, tidak menutup kemungkinan jika persaingan antara keduanya akan sangat seru. Demikian lah pembahasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga motor Suzuki V-Strom 250. Apakah pembahasan tersebut sudah cukup membuat Anda ingin meminang motor besutan Suzuki tersebut ke garasi rumah anda? Nampaknya jika jawabannya iya, anda harus menyiapkan budget yang lumayan tebal mengingat harga Suzuki V-Strom 250 tersebut tergolong mahal. Baca juga ulasan menarik lainya seperti Suzuki V-Strom 650 XT ABS dan Kawasaki Z650 ABS.

Top