Harga Suzuki V-Strom 1000 ABS 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Suzuki V-Strom 1000 ABS dan Spesifikasi – Suzuki kembali meluncurkan produk terbarunya yang bertajuk Suzuki V-Strom 1000 ABS, produk ini diluncur setelah sebelumnya pabrikan motor Jepang tersebut berhasil memikat hati para calon konsumen dengan varian GSX Series. Big bike besutan Suzuki ini merupakan varian tertinggi dari jajaran V-Strom Series di mana produk ini resmi diperkenalkan pada ajang EICMA 2016 yang diselenggarakan beberapa waktu lalu bersamaan dengan dirilisnya V-Strom 250 sebagai varian terendahnya. Sesuai dengan namanya, Suzuki V-Strom 1000 ABS ini tentunya akan membawa mesin yang tangguh dengan kapasitas 1000cc sehingga akan memberikan performa yang begitu dahsyat. Sehingga tak mengheran kan jika varian ini digadang-gadang menjadi pesaing terberat motor dikelas yang sama. Di Indonesia sendiri, Suzuki V-Strom 1000 ABS ini sudah diluncurkan beberapa waktu lalu. Namun, big bike besutan Suzuki yang dihadirkan di Tanah Air ini merupakan produk CBU yang dikirim langsung dari Negara pembuatnya dalam keadaan utuh. Lalu, apa sih menariknya Suzuki V-Strom 1000 ABS ini?

Suzuki V-Strom 1000 ABS

Suzuki V-Strom 1000 ABS

Jika dibanding dengan versi terendahnya, spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS ini tentunya sudah dipastikan akan mengusung spesifikasi yang jauh lebih tinggi, terutama pada sektor dapur pacunya. Di sisi lain, pada tampilan eksteriornya pun motor besutan Suzuki ini juga memiliki tampilan yang tampak jauh lebih garang dan tampak gagah. Hal ini bisa dilihat dari penampakan desain bodi Suzuki V-Strom 1000 ABS ini di mana tampak begitu sporty dengan beberapa lekukan tegas dan ukuran tangki yang lebih besar. Sehingga, menampilkan kesan sebagai big bike yang siap menerjang di berbagai medan jalan, baik off road maupun on road. Selain itu, pada sektor mesinnya pun juga bakal menghasilkan tenaga yang begitu gahar mengingat big bike ini akan mengusung mesin dengan kapasitas 1000cc tipe DOHC 2 silinder. Tak sampai di situ saja, spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih dan fungsional di mana salah satunya yaitu dibenamkannnya fitur pengereman ABS untuk menunjang keselamatan pengemudi dalam mengontrol laju kecepatan motor. Tak sampai di situ, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki big bike ini. Nah, kali ini Mas Sena akan membagikan info mengenai spesifikasi dan harga Suzuki V-Strom 1000 ABS secara lebih lengkap dan terperinci. Yuk, kita simak bersama ulasannya pada segmen-segmen dibawah ini.

Motor Suzuki V-Strom 1000 ABS

Review Suzuki V-Strom 1000 ABS

Desain

Big Bike dengan Desain Bodi Gagah dan Elegan Khas Motor Petualang

Sebagai pembahasan awal, Mas Sena ingin mengajak kawan-kawan semua untuk berkenalan terlebih dahulu dengan big bike yang satu ini. Untuk itu kita akan mengulas spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS pada sektor tampilan eksterior. Pertama, pada bagian depan, Suzuki sendiri telah menyematkan sebuah headlamp yang dirancang dengan desain V-Shape di mana pada lampu utama tersebut dibenamkan jenis lampu halogen dengan teknologi LED sehingga akan mampu memberikan Suzuki V-Strom 1000 ABS penerangan yang maksimal ketika dikendarai di jalan yang minim penerangan lampu perkotaan di malam hari. Lalu, pada bagian atas dari headlamp juga disematkan sebuah visor atau windshield berbahan kaca mika yang bisa diatur sedemikian rupa dan berfungsi untuk menahan terpaan angin dari depan. Di bagian bawah headlamp Suzuki V-Strom 1000 ABS ini juga tampak disematkan sebuah fitur tambahan bodi layaknya paruh burung yang runcing dengan kisi udara. Nah, untuk memberikaan kenyamanan dalam berkendara maka spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS ini juga dilengkapi dengan sebuah stang fatbar yang berukuran panjang sehingga sangat memungkinkan pengemudinya jauh lebih nyaman dan santai ketika mengendarai motor ini.

Lalu, pada sektor samping dari spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS ini bisa dilihat susunan mesin nan gagah serta desain tangki motor yang dirancang dengan beberapa garis lembut dan bentuk yang lebih besar dari versi terendah, di mana tangki ini mampu menampung kapasitas bahan bakar hingga 20 liter. Selain itu, Suzuki V-Strom 1000 ABS ini juga mengusung jok empuk dan nyaman dengan posisi menyatu antara jok pengemudi dan penumpangnya di mana jok penumpangya dirancang sedikit lebih tinggi dari jok pengemudi. Sehingga, akan memberikan posisi berkendara dengan posisi tubuh tegak yang akan membuat pengemudinya tetap nyaman dan tak mudah capek atau pegal. Kemudian, pada sektor belakang dari Suzuki V-Strom 1000 ABS ini juga menampilkan kesan big bike yang gagah. Pasalnya, Suzuki juga membenamkan stop lamp yang dirancang begitu sporty lengkap dengan handle belakang yang didesain dengan lekukan tegas. Nah, jika melihat secara kseluruhan maka bisa disimpuilkan bahwa spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS pada sektor tampilannya ini memang memperlihatkan kesan tampilan yang begitu sporty dan gagah khas motor adventure.

Spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS

Speedometer

Instrumen Indikator Andalkan Kombinasi Panel Analog dan Digital yang Informatif

Setelah mengetahui sektor eksteriornya, kini saatnya kita membahas mengulas spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS pada sektor panel indikator. Sebagai big bike kelas premium, Suzuki membenamkan panel instrument indikator yang dirancang dengan gaya desain modern dan futuristik serta informatif di mana panel instrument big bike ini dirancang dengan memadukan antara tachometer analog dan speedometer LC dengan tingkat kecerahan yang bisa diatur atau disesuaikan sesuai selera pengemudinya. Lebih lengkapnya, pada panel analog dari Suzuki V-Strom 1000 ABS ini akan menampilkan info mengenai kecepatan dengan jarum penunjuk yang jelas, indikator lampu netral, fitur pengaturan ABS, lampu tembak, dan pengaturan FI. Sementara itu, pada panel digital akan memberikan info mengenai posisi gear, kecepatan dalam hitungan km/jam, suhu motor, penunjuk waktu, dan kapasitas bahan bakar dari Suzuki V-Strom 1000 ABS ini. Tak lupa juga bahwa di bagian atas dari panel analog akan tampak indikator lampu sein berwarna hijau. Dengan melihat panel indikator pada motor tersebut maka sudah dipastikan bahwa instrument indikator yang disematkan pada spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS ini memang menampilkan tampilan desain modern yang futuristik, informatif, dan fungsional.

Spesifikasi Motor Suzuki V-Strom 1000 ABS

Dimensi

Dimensi Besar dan Kokoh dengan Rangka Aluminium yang Ringan

Setelah kita membahas pada sektor desain eksterior dan panel indikator, kini saatnya, Mas Sena untuk mengulas sektor dimensi dari spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa big bike terbaru garapan Suzuki ini memang memiliki tampilan desain yang tampak besar dan garang. Desain tersebut tentunya terbangun dari segi dimensi yang diusung big bike ini. Nah, dimensi dari Suzuki V-Strom 1000 ABS ini tersusun dari rangka berbahan aluminum ringan dengan rigid balance yang lebih baik untuk menunjang handling serta kestabilan motor yang lebih mumpuni dan kokoh dimana memiliki panjang 2.285 mm, lebar 865 mm, tinggi 1.140 mm, dan memiliki jarak sumbu roda hingga 1.555 mm serta berbobot 228 Kg. Dengan mengetahui ukuran dimensi tersebut maka wajar saja jika tampilan dari Suzuki V-Strom 1000 ABS ini memperlihatkan bodi motor yang cukup besar namun terbilang ringan mengingat mengusung rangka berbahan aluminium. Di sisi lain, big bike besutan Suzuki ini memiliki tempat duduk dengan ketinggian mencapai 850 mm di mana dengan ukuran tersebut akan mempermudah penggunanya dalam mengontrol keseimbangan motor ini ketika berhenti di tengah jalan atau lampu merah mengingat bahwa ukuran tersebut dirasa sudah sesuai dengan postru tubuh rata-rata orang Indonesia. Selain itu, spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS ini juga memiliki jarak terendah dengan tanah (ground clearance) setinggi 165 mm yang menjadikan big bike gagah ini mudah dikendarai di segala medan, baik jalan off road yang banyak bebatuan maupun on road.

Review Suzuki V-Strom 1000 ABS

Suspensi

Kenyamanan Berkendara Terjamin Berkat Dilengkapi Suspensi Kuat dan Kokoh

Selain memiliki dimensi besar namun ringan, spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS ini juga dibekali dengan 2 fitur suspensi yang terpasang pada bagian depan dan belakang. Untuk bagian depan, akan mengandalkan suspensi tipe Inverted Telescopic Coil Spring Oil Damped di mana memiliki diameter tabung berukuran 43 mm dari Kayaba. Sementara itu, untuk suspensi belakang Suzuki V-Strom 1000 ABS ini menggunakan tipe Monoshock (Link Type), coil spring, oil damped yang tingkat peredamannya bisa diatur sedemikin rupa sesuai dengan kebutuhan si pengemudi. Dengan dibenamkannya kedua suspensi ini maka sudah dipastikan akan membantu pengemudinya dalam berkendara dalam kondisi jalan yang rata maupun tidak rata dengan tingkat kenyamanan yang sangat baik. Di sisi lain, untuk melengkapi penampilan dari Suzuki V-Strom 1000 ABS ini Suzuki juga memasang 2 buah roda yang masing-masing roda memiliki ukuran ban sebesar 110/80R19M/C 59V untuk ban depan dan 150/70R17M/C 69V untuk ban belakangnya. Ban yang digunakan adalah ban dengan jenis ban Tubeless yang memiliki daya cengkram lebih baik dibandingkan dengan jenis ban biasa. Selain itu, untuk membantu pengemudi dalam mengontrol laju kecepatan dari Suzuki V-Strom 1000 ABS ini maka disematkan pula sistem pengereman cakram ganda pada bagian depan dan carkam tunggal pada bagian belakang di mana keduanya sudah disematkan fitur pengereman berteknologi ABS sehingga akan mampu menahan laju motor ini secara lebih maksimal meski dalam keadaan pengereman mendadak. Dengan spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS ini yang begitu nyaman apakah sudah cukup membuat anda ingin meminangnya?

Harga Motor Suzuki V-Strom 1000 ABS

Mesin

Big Bike Adventure Bertipe Mesin DOHC dengan Kapasitas 1000cc

Nah, selanjutnya Mas Sena akan membedah sektor dapur pacu dari spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS. Seperti dengan namanya, motor ini akan mengusung sebuah mesin yang memiliki kapasitas besar, yaitu mampu mencapai kubikasi 1037cc. Selain itu, teknologi mesin yang akan digunakan yaitu mengandalkan tipe mesin 4-stroke, liquid-cooled, DOHC, 90˚ V-twin dengan 2 silinder. Nah, mesin pada Suzuki V-Strom 1000 ABS tersebut tentu akan memberikan tenaga yang sangat besar dan gahar di mana akan mampu mencapai titik tenaga maksimum hingga 24.6 DK per 8.000 rpm dan mampu mencapai titik torsi hingga 23.4 Nm setiap putaran 6.500 rpm. Tenaga tersebut akan disalurkan melalui sistem tranmsisi 6 percepatan Constant Mesh. Dengan tenaga yang sangat besar tersebut, dipastikan bahwa Suzuki V-Strom 1000 ABS ini akan mampu melaju dengan kecepatan yang begitu gahar dan mampu mencapai tingkat akselerasi yang tinggi. Namun, meski memiliki tenaga gahar, big bike ini juga tetap terbilang irit bahan bakar. Pasalnya, big bike mewah besutan Suzuki ini juga dilengkapi dengan sistem pembakaran Fuel Injection dengan perbandingan kompresi 11.3 : 1 sehingga efisiensi konsumsi bahan bakar pada spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS ini pun akan lebih maksimal sehingga menghasilkan gas buang yang lebih bersih dan tentunya ramah lingkungan.

Fitur

Dilengkapi Fitur Canggih dan Modern

Dengan spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS yang sedemikian baik ini nantinya motor ini akan dibanderol dengan harga yang cukup mahal mengingat selain memiliki desain yang sporty dan tenaga mesin pacu mumpuni, spesifikasi dari motor besutan pabrikan Jepang ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih kelas premium. Fitur-fitur yang disematkan pada Suzuki V-Strom 1000 ABS ini tentu akan mendukung atau menunjang keselataman serta kenyamanan para penggunanya. Pertama, salah satu fitur yang akan disematkan yaitu Suzuki Traction Control System, fitur ini bekerja secara berkesinambungan untuk selalu memonitor kecepatan roda depan dan belakang, sensor posisi throttle, Crank serta posisi gear. Sistem ini bekerja secara cepat dan tepat guna mengurangi power yang dikeluarkan mesin saat ban terdeteksi mengalami spin. Selain itu, Suzuki V-Strom 1000 ABS ini juga mengusung sistem pengereman dengan teknologi ABS (Anti-Lock Braking System) di mana fitur ini mampu memberikan kemudahan kepada pengemudi dalam menontrol laju kecepatan kendaraan ketika melaju dengan kecepatan tinggi atau dalam kondisi pengereman mendadak sehingga tingkat kecelakaan pun bisa ditekan. Nah, setelah membaca spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS ini apakah sudah cukup membuat sobat tertarik?

Video Suzuki V-Strom 1000 ABS

Berikut ini adalah official video Suzuki V-Strom 1000 ABS yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Suzuki ini:

Spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi  2,285 mm x 865 mm x 1,410 mm
Jarak Sumbu  1,555 mm
Jarak Terendah Ke Tanah  165 mm
Tinggi Jok  850 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar  20 Liter
Berat Kosong  138-145 kg
Mesin
Tipe Mesin 4-stroke, liquid-cooled, DOHC, 90˚ V-twin
Volume Silinder  1000 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar  Fuel injection
Gigi Transmisi  6-speed constant mesh
Sistem Start  Electric and Kick
Torsi  23,4 Nm/6.500 rpm
Tenaga   24,6 dk/8.000 rpm
Rasio kompresi  11.3 : 1
Bore x Stroke  100.0 mm × 66.0 mm
Rangka
Tipe Suspensi Depan  Inverted telescopic, coil spring, oil damped
Tipe Suspensi Belakang  Link type, coil spring, oil damped
Rem Depan  Disc, twin
Rem Belakang  Disc
Ukuran Ban Depan  110/80R19M/C 59V
Ukuran Ban Belakang  150/70R17M/C 69V

Harga Suzuki V-Strom 1000 ABS

Setelah kita membahas satu per satu mengenai spesifikasi pada beberapa segmen di atas, kini saatnya Mas Sena untuk mengulas harga Suzuki V-Strom 1000 ABS. Tapi sebelumnya, perlu ditegaskan kembali bahwa big bike besutan Suzuki ini merupakan big bike yang hadir dengan mengusung desain bodi sporty yang lebih besar dan gagah. Sehingga, menampilkan kesan big bike yang siap menerjang segala medan jalan, baik off road maupun on road. Ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para rider pecinta touring atau berpetualang di jalanan off road. Selain itu, dengan harga Suzuki V-Strom 1000 ABS yang di perkirakan lumayan mahal, motor ini juga didukung degan mesin DOHC 2 silinder dengan kapasitas 1037cc sehingga mampu menghasilkan tenaga mesin yang gahar dan handal. Bahkan, beberapa fitur canggih dan modern pun juga dibenamkan oleh pihak Suzuki pada spesifikasi Suzuki V-Strom 1000 ABS ini seperti fitur pengereman ABS dan Traction Control System di mana kedua fitur ini akan memberikan keselamatan maupun kenyamanan dalam berkendara. Menariknya, Dengan berbekal mesin 1037cc perjalan touring anda pasti akan terasa lebih nyaman dan lebih mengesankan, mengingat motor ini mampu menempuh jarak yang cukup jauh tanpa harus khawatir mesin pada motor ini akan cepat panas. Hanya saja, mungkin bagi beberapa orang akan merasa kesulitan untuk memarkir motor ini mengingat dimensi bodinya yang sangat besar. Nah, dengan mengetahui spesifikasi dari big bike tangguh besutan Suzuki ini, lantas kira-kira berapa ya harga Suzuki V-Strom 1000 ABS ini?

Harga Suzuki V-Strom 1000 ABS

Harga Suzuki V-Strom 1000 ABS Terbaru

Sebagai big bike premium yang dibekali spesifikasi tangguh, tentu harga Suzuki V-Strom 1000 ABS akan dibanderol dengan harga yang sangat tinggi. Bahkan, di Indonesia sendiri diketahui bahwa harga motor ini dibanderol Rp 204 juta untuk setiap unitnya. Harga tersebut merupakan harga OTR (On The Road) untuk wilayah Jakarta saja sehingga beda wilayah tentu akan beda harga. Selain karena spesifikasi nya yang memang sangat mumpuni, harga Suzuki V-Strom 1000 ABS yang mahal tersebut juga karena motor ini di kirim langsung dari negara asal pembuatnya sehingga membuat harganya menjadi lebih tinggi. Angka yang sangat tinggi ini bahkan jika dipertimbangkan kembali, hampir sama dengan harga mobil MPV yang ada di Indonesia. Selain itu, dikabarkan juga bahwa Suzuki V-Strom 1000 ABS akan menawarkan 2 pilihan warna, yaitu Matte Fibroin Grey Metallic dan Mystic Silver Metallic di mana kedua warna tersebut bisa dipilih sesuai selera konsumen. Dan di ketahui perbedaan warna tersebut tidak akan mempengaruhi fluktuasi harga Suzuki V-Strom 1000 ABS tersebut.

Harga Suzuki V-Strom 1000 ABS
Rp. 204.000.000,-

Catatan : 

  • Harga Motor Suzuki V-Strom 1000 ABS diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Suzuki V-Strom 1000 ABS

Kembali menginjak tentang harga Suzuki V-Strom 1000 ABS tersebut, tentu angka yang mencapai 200 jutaan tersebut jika dibandingkan antara spesifikasi dan harga motor tersebut maka dirasa sudah sebanding. Apalagi, dengan harga Suzuki V-Strom 1000 ABS tersebut motor ini sudah dilengkapi dengan sistem pengereman tambahan berupa Anti-Lock Braking System (ABS) yang akan menjaga anda dari terjadinya pengereman secara tiba-tiba, sehingga kemungkinan terjadinya ban slip ataupun ban terkunci pada Suzuki V-Strom 1000 ABS menjadi lebih sedikit. Selain itu, dengan mengusung kubikasi mesin 1037cc ini, tentu pengguna pun bisa merasakan sensasi big bike adventure kelas premium. Nah, itulah tadi pembahasan mengenai spesifikasi dan harga Suzuki V-Strom 1000 ABS yang telah Mas Sena sampaikan. Demikian lah pembahasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Suzuki V-Strom 1000 ABS. semoga ulasan yang Mas Sena paparkan diatas dapat menjadi referensi bagi kawan-kawan semua. Baca juga ulasan menarik lainnya dari Mas Sena mengenai Suzuki V-Strom 250 dan Kawasaki Versys-X 250 Tourer.

Top