Harga Suzuki Burgman 400 ABS, Review, Spesifikasi & Gambar Desember 2017

Harga Suzuki Burgman 400 ABS dan Spesifikasi – Suzuki meluncurkan produk terbarunya yang bertajuk Suzuki Burgman 400 ABS. Nampaknya pabrikan otomotif asal Jepang tersebut juga tertarik untuk mengembangkan motor dengan segmen skuter premium. Skutik atau motor matik yang satu ini merupakan produk generasi terbaru dari produk Suzuki versi Burgman 200 di mana untuk Suzuki Burgman 400 ABS ini akan hadir dengan berbagai macam perubahan di sisi penampilan yang membuatnya tampak elegan dan mewah serta membawa spesifikasi tangguh yang juga dilengkapi dengan beragam fitur nan canggih. Tak sampai di situ saja, Suzuki Burgman 400 ABS yang juga mengusung tag name The Elegant Athlete ini tak hanya hadir dengan tampilan yang benar-benar eksklusif khas skutik premium saja namun dari segi kenyamanannya pun, tampaknya Suzuki juga tak lupa melengkapi skutik besutannya ini dengan berbagai part berkualitas tinggi, yang nantinya akan memungkinkan bagi para pengguna untuk dapat berkendara lebih nyaman,  baik itu saat berkendara jarak jauh maupun dekat. Maka dari itu, bukan hal yang mengherankan jika nantinya harga Suzuki Burgman 400 ABS ini juga bakal dibanderol dengan harga yang sangat mahal mengingat akan membawa spesifikasi yang canggih dan berkualitas.

Suzuki Burgman 400 Abs

Suzuki Burgman 400 ABS

Nah, jika berbicara terkait spesifikasi dari Suzuki Burgman 400 ABS ini maka hal pertama yang menarik dari skutik ini yaitu pada penampilan desainnya. Sebagaimana yang sudah dikatakan di atas bahwa spesifikasi dari skutik premium terbaru Suzuki tersebut akan membawa gaya desain mewah dan sporty dengan beberapa lekukan tegas pada setiap bodi Suzuki Burgman 400 ABS tersebut sehingga memberikan kesan skutik gagah bertenaga gahar. Di sisi lain, pada sektor dapur pacunya pun, Suzuki tak ketinggalan menyematkan komponen mesin berteknologi tinggi, yaitu dengan membenamkan mesin bertipe DOHC berkapasitas 399cc sehingga akan menghasilkan tenaga mesin yang begitu handal. Tak sampai di situ saja, spesifikasi yang ada pada Suzuki Burgman 400 ABS ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih dan modern guna menunjang keselamatan atau keamanan serta kenyamanan si pengemudi maupun penumpangnya. Nah, untuk mengetahui spesifikasi skutik besutan Suzuki ini secara lebih lengkap dan terperinci, kali ini Mas Sena akan membahas spesifikasi dan harga Suzuki Burgman 400 ABS pada beberapa segmen berikut ini.

Motor Suzuki Burgman 400 Abs

Review Suzuki Burgman 400 ABS

Desain

Skutik Premium dengan Tampilan Desain Mewah dan Sporty

Seperti biasa, mengawali pembahasan kali ini Mas Sena akan memulainya dengan mengulas spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS pada sektor tampilan. Pada sektor eksteriornya, skuter matik terbaru besutan Suzuki ini memang mengusung gaya desain yang memperlihatkan kemewahan dan kesan sporty. Hal itu bisa dilihat dari beberapa sisi atau bodi dari Suzuki Burgman 400 ABS ini. Pertama, dari bagian depan Suzuki menempatkan 2 buah headlamp yang sudah dilengkapi dengan teknologi lampu LED di mana terpasang manis menggunakan gaya desain layaknya sebuah mata sipit bergaris tajam sehingga jika dilihat dari depan maka kesan sporty pun tampak begitu jelas pada Suzuki Burgman 400 ABS ini. Selain itu, Suzuki pun juga membekali skutiknya ini dengan lampu sein yang diposisikan pada bodi depan bagian samping yang dibuat terkesan sipit dan tajam. Tak hanya itu saja, sebuah wind screen atau visor yang cukup besar juga disematkan pada bagian atas dari headlamp spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS ini yang akan berfungsi untuk melindungi pengemudinya dari terpaan angin langsung yang berasal dari depan.

Lalu, pada bodi samping dari spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS ini juga bisa kita lihat beberapa lekukan garis tegas dan jelas menghias dari sektor depan hingga pada belakang menjadikan skutik besutan Suzuki ini tampak terkesan berotot. Masih pada bodi samping, Suzuki juga membekali skutik garapannya ini dengan bagasi yang cukup luas di mana bagasi ini mampu menampung 2 buah helm sekaligus. Bahkan, pada bagian deck bodi depan Suzuki Burgman 400 ABS ini juga sudah disediakan pula dua buah tempat penyimpanan, di mana salah satu di antara kedua deck tersebut berisi output charger DC 12v yang dapat dijadikan sebagai media charger perangkat elektronik, dan satunya lagi sebagai tempat menyimpan keperluan berkendara lainnya. Lalu, adapun bagian tempat duduk atau jok dari Suzuki Burgman 400 ABS ini, Suzuki membuatnya dengan gaya desain bertingkat. Namun, hanya saja pada bagian tengah, tepatnya antara tempat duduk si pengemudi dan pembonceng dipisahkan dengan adjustable backrest yang memiliki tinggi 15mm sehingga akan menjadikan si pengemudi lebih nyaman saat mengamudi dalam waktu lama. Tak sampai disitu saja, beralih ke bagian tengah spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS, pada bagian tersebut didapati adanya foot boards luas yang nantinya akan membuat para pengemudinya bisa memposisikan kaki lebih leluasa dan bebas bergerak.

Kemudian, sektor belakang dari spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS ini juga tak kalah menarik dari sektor depan maupun tampilan bodi samping. Pasalnya, pada sektor tampilan bodi belakang ini memiliki gaya desain melengkung dan bertekstur tajam. Tak hanya itu saja, pada bagian paling belakang dari Suzuki Burgman 400 ABS ini juga sudah dilengkapi sebuah stop lamp dengan mengusung teknologi LED Rear Combination Lamps di mana stop lamp dan lampu sein dibuat menyatu dengan bentuk yang ekstra besar serta dibuat dengan mengikuti alur bodi. Suzuki juga melengkapi sektor belakang dari Suzuki Burgman 400 ABS ini dengan behel tanduk yang nantinya bisa dijadikan sebagai pegangan si pembonceng tapi bisa juga digunakan sebagai pegangan saat akan melakukan parkir. Wah nampaknya sektor eksterior yang ada pada spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS ini sangat menarik.

Spesifikasi Suzuki Burgman 400 Abs

Speedometer

Dibekali Panel Indikator Multifungsi yang User Friendly

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kali ini kita akan membahas pada sektor panel indikator dari spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS. Pada bagian ini, Suzuki membekali skutik premiumnya ini dengan instrumen indikator yang berdesain elegan, mewah dan tentunya sangat user friendly sehingga mudah dipahami oleh pengemudinya. Selain itu, pada panel indikator dari Suzuki Burgman 400 ABS ini juga akan menampilkan beberapa info terkait kondisi motor yang sedang ditumpanginya. Di samping itu, untuk memudahkan dalam memahami info tersebut maka Suzuki membagi sektor indikator ini menjadi 3 bagian, yaitu kiri, tengah dan kanan. Untuk bagian kiri panel indikator Suzuki Burgman 400 ABS ini akan ditampilkan speedometer analog yang dihitung km/jam serta indikator bahan bakar. Selain itu, tampak juga fitur pengaturan ABS dan lampu sein kiri. Lalu, pada bagian tengah akan menampilkan info waktu atau jam, suhu mesin, dan posisi gear yang ditampilkan secara digital. Masih pada bagian tengah, tampak juga indikator brake lock dan FI serta indikator lampu netral. Kemudian, pada bagian kanan akan memberikan info mengenai rpm dalam tampilan analog, lampu sein kanan, indikator oli mesin, dan lampu tembak. Melihat penjelasan tersebut, tampaknya memang panel indikator dari spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS ini didesain begitu mewah dan user friendly dengan menampilkan info akurat serta fungsional.

Spesifikasi Motor Suzuki Burgman 400 Abs

Dimensi

Dimensi Besar Andalkan Rangka Tubular yang Kokoh

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa desain dari spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS ini memang menampilkan bodi yang tampak besar dan gagah. Hal itu tentu dipengaruhi dari dimensi yang dibangun di mana Suzuki mengandalkan rangka Tubular sebagai frame untuk menopang beban dari skutik ini. Selain itu, dimensi dari spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS ini juga memiliki ukuran panjang  2.240 mm, lebar 760 mm, tinggi 77.6 mm, dengan jarak sumbu roda 1.585 mm. Melihat ukuran dimensi tersebut maka wajar saja jika bentuk bodi dari Suzuki Burgman 400 ABS tampak begitu besar dan gagah. Di sisi lain, meski memiliki bodi yang tampak besar namun akan cocok dan pas jika dikendarai oleh rata-rata orang Indonesia yang bisa dikatakan memiliki postur tubuh standar mengingat skutik premium besutan Suzuki ini hanya memiliki tinggi jok berukuran 75 mm sehingga tak akan membuat si pengemudi jinjit. Tak sampai di situ saja, skutik ini akan tetap gesit dikendarai di setiap medan jalan, mengingat spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS ini memiliki ground clearance setinggi 125 mm di mana jarak terendah tanah dengan ukuran tersebut akan membuat skutik ini mampu melaju di berbagai medan jalan, bahkan termasuk juga medan jalan yang penuh bebatuan tinggi maupun polisi tidur. Nah, dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa dimensi dari spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS ini cukup besar namun tetap kokoh dan nyaman dikendarai.

Review Suzuki Burgman 400 Abs

Suspensi

Berbekal Suspensi Kokoh dan Fitur Pengereman ABS

Selain memiliki dimensi besar dan kokoh, spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS ini juga mengusung suspensi yang terbilang kuat dan kokoh juga. Pasalnya, Suzuki akan menempatkan dua buah suspensi di bagian depan dan belakang. Untuk suspensi bagian belakang, skutik terbaru Suzuki tersebut akan mengandalkan tipe Monoshock yang bukan disematkan pada bagian belakang seperti skutik pada umumnya melainkan disematkan pada bagian tengah Suzuki Burgman 400 ABS ini secara horizontal. Suzuki mengklaim, dengan penempatan sedemikian maka suspensi ini akan mampu memberikan tingkat peredaman dari tiap getaran ketika pengguna melewati jalanan berlubang atau bergeronjal. Tak hanya itu saja, pada suspensi bagian ini juga sudah dilengkapi dengan fitur 7-Way Adjustable Spring Preload yang berfungsi untuk mengatur daya redam dari suspensi bagian belakang Suzuki Burgman 400 ABS tersebut sesuai selera pengemudinya. Di sisi lain, pada suspensi bagian depan, Suzuki akan membekali skutik terbarunya tersebut dengan suspense tipe teleskopik berdiameter 41 mm, yang mana bila suspensi depan dan belakang tersebut dipadukan maka akan bisa memberikan kenyamanan ekstra dan meningkatkan keseimbangan secara lebih. Selain itu, adapun velg yang akan diandaakan pada Suzuki Burgman 400 ABS ini memiliki ukuran dengan diameter 15 inch lengkap dengan balutan ban berukuran besar 120/70 untuk bagian depan. Sementara itu, untuk bagian belakang akan terbalut ban berukuran 150/70. Selain itu, spesifikasi yang sudah dilengkapi dengan rem twin disc brake berdiameter 260 mm dan 210 mm untuk disc brake bagian belakang plus teknologi ABS, yang dapat mengoptimalkan pengereman, berkat teknologi tersebut pula akan memastikan roda dari spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS ini tidak akan selip sekalipun pengereman dilakukan secara mendadak.

Harga Motor Suzuki Burgman 400 Abs

Mesin

Dibekali Mesin Tipe DOHC Berkapasitas 399cc

Menginjak pada segmen berikutnya ini, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk membahas pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS. Selain memiliki desain handal dan dimensi yang tangguh, Suzuki juga membekali skutik garapannya ini dengan komponen mesin pacu yang tergolong mumpuni di kelasnya. Hal itu bisa dilihat dari disematkannya tipe mesin DOHC bersilinder tungal 4 langkah yang memiliki kapasitas 399cc dan berpendingin cairan. Tak diketahui berapa daya maksimum dan puncak torsi maksimum yang bisa dicapai dari mesin tersebut. Namun, diketahui bahwa tenaga yang dihasilkan dari mesin yang tersemat pada Suzuki Burgman 400 ABS tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi CVT yang diyakini bahwa akan mampu menghasilkan tenaga yang gahar. Selain itu, pada sektor mesin ini juga diketahui memiliki perbandingan kompresi 10.6 : 1 yang dipastikan akan mampu bekerja secara maksimal. Bahkan, diketahui juga bahwa skutik terbaru besutan Suzuki ini telah didukung dengan teknologi Suzuki’s Automatic Idle Speed Control (ISC), yang memiliki kemampuan dalam mengoptimalkan power yang keluar sesuai dengan apa yang pengguna harapkan. Tak sampai di situ saja, Suzuki Burgman 400 ABS ini juga akan menggunakan sistem pengapian Iridium Spark Plug yang akan menghasilkan pengapian lebih efisien dan seimbang antara bahan bakar yang masuk dengan tenaga mesin yang dikeluarkan. Di sisi lain, suplai bahan bakar Fuel Injection akan membuat konsumsi bahan bakar dari spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS  ini menjadi lebih irit dan mampu menjaga performa mesin tetap prima meski telah menempuh perjalanan dengan jarak yang begitu jauh.

Fitur

Dilengkapi Fitur Canggih dan Fungsional

Pada segmen berikutnya ini, kita akan mengulas beberapa fitur tambahan yang disematkan pada spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS ini. Fitur-fitur yang disematkan tersebut tentu bertujuan untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan atau keamanan si pengguna. Pertama, untuk keselamatan dalam berkendara skutik buatan Suzuki ini sudah dibekali dengan fitur pengereman berteknologi ABS yang akan memberikan tingkat pengereman dari Suzuki Burgman 400 ABS ini menjadi maksimal tanpa membuat roda selip meski perngereman dilakukan secara mendadak. Selain itu, untuk mencegah terjadinya pencurian maka skutik besutan Suzuki ini juga akan dibekali dengan fitur Suzuki Advanced Immobiliser System yang berfungsi untuk membedakan antara kunci asli dari Suzuki Burgman 400 ABS dan kunci palsu. Selain itu untuk menambah keamanan motor tersebut disertakan juga shutter key dimana mengandalkan magnet untuk menutup bagian kunci kontak. Sehingga berkat kedua kunci tersebut maka keamanan kendaraan lebih terjamin. Tak hanya itu saja, pada bagian dashboard depan spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS ini juga disediakan deck Opulent Front Storage yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai sebuah gadget mengingat sudah terdapat output listrik 12vDC.

Video Suzuki Burgman 400 ABS

Berikut ini adalah official video Suzuki Burgman 400 ABS yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Suzuki ini:

Spesifikasi Suzuki Burgman 400 ABS

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 2.240 mm x 760 mm x 77.6 mm
Tinggi  Tempat Duduk 75 mm
Jarak Sumbu Roda 1.585 mm
Jarak Terendah Dari Tanah 125 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 13.25 litres
Mesin
Tipe Mesin 4-stroke, liquid-cooled, single-cylinder, DOHC
Volume Silinder 399 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection
Gigi Transmisi Automatic
Starter Electric
Rasio kompresi 12.5 : 1
Rangka
Tipe Suspensi Depan  Telescopic, coil spring, oil damped
Tipe Suspensi Belakang  Link type, coil spring, oil damped
Rem Depan  Disc brake, twin
Rem Belakang  Disc brake
Ukuran Ban Depan  120/80-14 M/C 58S, tubeless
Ukuran Ban Belakang  150/70-13 M/C, 64S tubeless
Fitur
Lampu  LED
Keamanan dan Kenyamanan
  • Suzuki Advanced Immobiliser System
  • Shutter key
  • deck Opulent Front Storage
  • Sistem pengereman ABS

Harga Suzuki Burgman 400 ABS

Nah, akhirnya sampailah kita pada segmen yang akan membahas mengenai harga Suzuki Burgman 400 ABS. Namun, sebelumnya perlu diketahui kembali bahwa skutik terbaru besutan Suzuki ini hadir sebagai salah satu skutik premium yang menyasar pada segmen kelas menengah atas. Pasalnya, skutik ini dibekali dengan desain elegan dan sporty pada setiap sisi Suzuki Burgman 400 ABS ini dengan bentuk bodi yang besar dan gagah. Sehingga, dari tampilannya tersebut dirasa akan mampu menghipnotis setiap calon konsumen kelas menengah atas. Namun, karena dimensinya yang besar maka dimungkinkan bagi sebagian pengguna akan merasa kesulitan untuk memarkir skutik ini di lokasi yang sempit. Menginjak pada sektor mesin, dengan harga Suzuki Burgman 400 ABS ini yang tentunya lumayan mahal maka skutik ini akan mengandalkan mesin tipe DOHC berkapasitas 399cc yang sudah dipastikan kan mampu menghasilkan tenaga mesin yang gahar. Bahkan, tak ketinggalan juga beberapa fitur pelengkap atau pendukung pun turut disematkan pada skutik besutan Suzuki ini untuk menunjang keamanan, keselamatan maupun kenyamanan. Nah, dari spesifikasi tersebut, lantas berapa ya harga Suzuki Burgman 400 ABS ini?

Harga Suzuki Burgman 400 Abs

Harga Suzuki Burgman 400 Abs Terbaru

Untuk harga Suzuki Burgman 400 ABS ini sebenarnya belum diketahui kepastiannya. Pasalnya, skutik terbaru buatan perusahaan otomotif asal Jepang tersebut baru diperkenalkan di pasar otomotif Jepang dan beberapa Negara di Benua Eropa. Namun, jika mengacu dari info harga skutik besutan Suzuki ini yang dijual di Jepang dan beberapa Negara di Eropa tersebut , harga Suzuki Burgman 400 ABS ini dibanderol dengan USD 7.999 atau jika dirupiahkan harga skuter canggih tersebut akan setara dengan harga Rp 108 jutaan. Selain itu, Suzuki juga akan menawarkan 3 pilihan warna yaitu Metallic Mat Black, Pearl Glacier White dan Metallic Mat Fibrion Gray. Di mana ketiga warna pada Suzuki Burgman 400 ABS tersebut bisa dipilih sesuai selera pengguna. Wah nampaknya skuter matik buatan Suzuki ini memang hanya akan di buru para konsumen dengan kantong tebal saja. Mengingat harga Suzuki Burgman 400 ABS tersebut yang menyentuh angka diatas Rp. 100 juta.

Harga Suzuki Burgman 400 ABS
Rp 108.000.000,- (Jepang & Eropa)

Catatan : 

  • Harga motor Suzuki Burgman 400 ABS diatas merupakan harga jual di Jepang & Eropa
  • Beda daerah, kemungkinan beda pula harga Suzuki Burgman 400 ABS

Berkaitan dengan harga Suzuki Burgman 400 ABS yang tergolong mahal tersebut, tampaknya jika membandingkan spesifikasi yang dibawanya skutik ini dirasa cukup mahal bagi sebagian besar kalangan konsumen di Indonesia. Sehingga, sperti yang sudah dikatakan diatas hanya golongan konsumen yang berkantong tebal saja yang mampu memboyong Suzuki Burgman 400 ABS ini ke garasi rumahnya. Bahkan, jika nantinya benar diluncurkan di Indonesia, tentunya harganya bisa jadi lebih mahal. Hal tersebut tentunya dikarenakan dengan berbagai alasan, seperti pajak dan lain-lain. Namun, bagaimanapun juga dengan harga Suzuki Burgman 400 ABS yang mahal tersebut, skuter matik ini akan tetap menjadi skutik yang mampu memikat hati para calon konsumennya. Nah, itulah tadi beberapa ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Burgman 400 ABS. semoga ulasan Mas Sena kali ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi sobat dalam memilih kendaraan. Baca juga ulasan Mas Sena lainnya mengenai  Yamaha NMAX dan Yamaha X-MAX 250.

Top