Keren! Mobil Audi Nanti Bisa Parkir Sendiri

Audi Kembangkan Automatic Intelligent Parking untuk Mobilnya – Audi memang tampaknya tak main-main untuk meningkatkan kualitas produk-produknya. Pabrikan mobil asal Jerman itu disebut-sebut tengah mengembangkan sistem kecerdasan buatan atau yang sering disebut dengan artificial intelligence untuk kendaraannya. Menurut rencana, mobil Audi nantinya akan bisa memarkir sendiri meski tidak ada sopir yang mengendalikannya.

 audi kembangkan automatic intelligent parking untuk mobilnya

Sekarang Audi sedang melakukan sebuah penelitian mengenai sistem kecerdasan buatan. Produsen mobil tersebut memulai langkah barunya ini dengan membuat sebuah miniatur mobil yang diketahui bernama ‘deep learning concept’. Jika dilihat dari tampilan yang diusungnya bisa diketahui jika mengadopsi bentuk dari mobil Audi Q2.

Pada penelitian tersebut, tim dari Audi mencoba menciptakan sebuah konsep yang membuat mobil tersebut memiliki kemampuan untuk bisa memarkir sendiri. Sebelum memarkirkan dirinya sendiri, konsep tersebut juga diklaim sanggup menemukan lahan kosong yang memungkinkan untuk tempat parkir. Semua proses itu bisa dilakukan tanpa adanya masukan dari manusia yang menjadi pengemudinya.

Miniatur Audi Q2 yang memiliki rasio 1:8 ini dilengkapi dengan sepasang kamera mono. Satu kamera diletakkan menghadap depan sedangkan lainnya menghadap ke belakang. Selain dibekali dengan kamera, konsep tersebut juga hadir dengan 10 sensor ultrasonik yang berguna untuk memindai lingkungan yang berada di sekitar mobil.

Komputer on-board lalu memproses data dari sensor dan kamera ke bentuk sinyal agar bisa dipakai untuk mengontrol kemudi serta mesinnya. Sehingga, mobil bisa melaju sendiri untuk menemukan tempat parkir tanpa dikendarai oleh satu orang pun.

Selain itu, mobil konsep Audi ini juga bisa belajar lewat trial and error. Mirip dengan manusia, sistem ini akan bekerja dengan hal yang lebih mudah terlebih dahulu dan seiring proses pembelajaran akan berubah ke arah yang lebih rumit.

Konsep ini tak lain merupakan hasil sentuhan tangan Audi Electronic Ventures, yaitu anak perusahaan Audi AG yang bergerak dalam pengembangan teknologi canggih. Perangkat serupa akan dipakai pada mobil massl Audi di tahun mendatang yang merupakan bagian dari driver assistance controller. Salah satu yang akan mencicipinya adalah Audi A8.

Top