Spesifikasi dan Harga KTM RC390 Desember 2016

Spesifikasi dan Harga KTM RC390 – KTM RC 390 –  Pangsa pasar dari motor sport pada saat ini sedang meningkat dengan signifikan menyusul lahirnya sejumlah motor-motor sport terbaru besutan pabrikan besar seperti Honda, Yamaha, dan Kawasaki. Namun diluar itu, seakan tidak mau kalah dengan pabrikan motor yang terlebih dahulu meluncurkan produknya maka produsen motor kelas dunia asal Austria yaitu KTM kembali memanaskan persaingan penjualan motor pada segmen pasar motor sport di Indonesia dengan memperkenalkan motor KTM RC390 yang masuk dalam kategori motor super sport. KTM RC 390 ini telah diluncurkan pada putaran akhir tahun fiskal tepatnya awal bulan November 2014 lalu. Bahkan motor sport dengan DNA motor balap di event balap internasional MotoGP ini sudah beredar di beberapa negara yang menjadi target market KTM. Pihak KTM optimis dengan hadirnya KTM RC390 ini maka KTM akan menjadi pesaing berat dikelas motor premium di Indonesia bagi kompetitor lainnya. Motor full fairing ini memang bisa dikatakan mirip dengan saudara sepabrikannya yaitu KTM Duke 390 namun memiliki perbedaan pada sisi tenaga dan torsi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan versi street fighternya. Dengan keunggulan tersebut pihak KTM sangat optimis dengan diluncurkan KTM RC 390 ini yang memang diciptakan untuk pengendara pemula yang menginginkan mesin besar namun tidak terlalu besar. Produsen motor KTM dengan motor terbarunya berusaha menembus pasar motor sport Indonesia dengan kemampuan tangguhnya. Nah yuk mari kita lihat keistimewaan KTM RC390 ini bersama Mas Sena!

ktm rc390

Dengan semakin memanasnya persaingan motor sport di Indonesia juga menjadi peluang tersendiri bagi KTM. Motor sportnya yaitu KTM RC390 siap menjadi juru kunci dari pabrik Austria ini untuk melahap pangsa pasar motor sport yang semakin menarik. KTM RC390 ini memiliki berbagai fitur spesial yang berbeda dengan motor sport yang sudah beredar seperti Yamaha R25, Kawasaki Ninja 250 , Honda CBR 250 atau motor-motor sport dengan kelas yang setara. Keunikan produk pada besutan KTM ini terletak pada kubikasi motor yang tidak terlalu besar untuk motor kelas super sport dimana KTM RC390 ini menawarkan mesin berkubikasi 373.2cc yang bisa dibilang sebuah pilihan tepat bagi pengguna pemula yang ingin merasakan motor supersport namun konsumen tidak menginginkan motor super sport mesin berkapasitas 600cc keatas ataupun motor sport KTM berkapasitas mesin kecil kurang dari atau sama dengan 250 cc . Pada motor sport ini juga diterapkan beberapa teknologi balap di MotoGP yang membuat performa motor sport ini makin ganas daripada kompetitor lainnya. Pastinya pengalaman meracik komponen terbaik pada motor balap tersebut diterapkan pada KTM RC 390 agar dapat menjadi lebih baik. Bro penasaran kah dengan motor sport teknologi balap ini? Baiklah untuk melihat ulasan KTM RC390 ini selengkapnya mari kita simak pada segmen selanjutnya pada review kali ini.

ktm rc 390

Spesifikasi KTM RC390

Dari segi desainnya spesifikasi KTM RC390 ini menganut desain yang unik dan full racing look yang premium. Dengan tampilan headlamp cekung kedalam pada bagian ujung depan hingga ekor pada bagian belakangnya dengan spartbor berjenis under tail serta mempunyai bentuk desain yang meruncing dan terlihat garis bodi yang kaku keseluruhannya maka akan membuat KTM RC390 ini terlihat gahar dan agresif di jalanan. Dipadukan dengan fairing dual layer dan wind shield pada bagian depan lalu kemudi stang jepit yang berjenis underyoke serta tangki berkapasitas 10 L maka membuat motor ini terlihat kencang dan mendukung untuk kompetisi balap resmi. Serta desain frame berjenis tralis dengan warna yang berbeda membuat KTM RC390 ini terlihat lebih kekar. Menariknya lagi desain jok untuk pembonceng terlihat seperti cover body yang menyatu dengan motor ini. Jok pada KTM RC 390 ini dapat anda modif menjadi single seat jika anda menginginkan untuk mengendarai motor ini sendirian. Dengan keseluruhan desain tersebut maka menghasilkan bentuk motor yang aerodinamis sehingga motor sport ini akan mudah memecah angin dan mudah meraih kecepatan tinggi dalam waktu singkat. Pada bagian speedo meter motor super sport ciptaan KTM ini mempunyai bentuk persegi yang simpel dengan beberapa panel penunjuk standar pada motor sport dan mode pilihan berkendara yang diinginkan. Untuk dimensi  motor sport ni juga terlihat lebih ramping dibandingkan dengan motor sport lainnya. Padahal KTM RC390 ini memiliki kapasitas mesin yang besar. Namun tentunya dengan dimensi yang ramping tersebut mesin dan motor akan terlihat padat sehingga juga akan bermanfaat untuk mengeksplorasi performa pada semua bagian di motor sport ini. Ukuran dimensi wheel base atau jarak roda pada KTM RC390 yaitu sepanjang 1.340 mm dan tinggi dari tanah setinggi 178 mm akan membuat motor super sport ini mudah dikendalikan dan tidak mudah bergoyang saat melintasi medan yang kurang apik jalannya. Apalagi dengan dihadirkannya shock WP Suspension yang berjenis up side down pada bagian depan KTM RC 390 serta shock WP Monoshock pada sisi belakangnya dengan link yang menghubungkan swing arm berjenis banana maka akan menambah kenyamanan dalam melahap tikungan atau melakukan handling di jalanan. Untuk berat kering yang dimiliki KTM RC390 ini hanya sebesar 147 Kg berbeda 10 kg dibandingkan dengan adiknya yaitu KTM RC200. Bahkan akan jauh lebih enteng dibandingkan dengan motor sport kompetitor lainnya yang memiliki bobot 170 Kg yang biasanya berkapasitas mesin seperempat liter. Jika dibandingkan dengan motor super sport kompetitor berkapasitas 600 cc keatas pastinya jauh lebih besar bobotnya yang beratnya mencapai 200 Kg lebih. Bagaimana cukup keren kan? Yuk kita beralih pada spesifikasi KTM RC 390 di sektor mesinnya.

spesifikasi ktm rc390

Nah setelah Mas Sena membahas bagian tampilan fisik yang membalut motor super sport serta fitur-fitur keren yang ditambahkan dalam motor ciptaan KTM ini maka selanjutnya Mas Sena akan beralih membahas spesifikasi KTM RC390 pada sektor dapur pacunya. Motor KTM RC 390 ini memiliki spesifikasi ruang pembakaran berkapasitas 373.2 cc dengan silinder tunggal dan mesin berjenis 4 stroke maka akan menghasilkan power maksimal sebesar 43 tenaga kuda yang setara dengan 32 KW dan menghasilkan torsi yang besar pula. Dengan besarnya tenaga yang disemburkan KTM RC390 ini maka motor ini memiliki performa yang sadis untuk seukuran motor jalanan. Perlu diketahui dengan kubikasi mesin sebesar itu yang mempunyai konfigurasi 1 silinder saja maka akan menghasilkan bobot yang ringan. Sehingga dengan bobot yang ringan dan tenaga yang besar makan akan menghasilkan power weight ratio yang besar yang akan memudahkan berakselerasi dan meraih top speednya. Bahkan dengan PWR tersebut KTM RC 390 yang mempunyai transmisi 6 tingkat percepatan ini sangat mudah dalam meraih top speed pada kecepatan 175 km/jam bahkan lebih dalam waktu yang terbilang sangat singkat. Dengan dukungan radiator pendingin yang berjenis liquid cooled ini maka akan menjaga suhu motor sport ini tetap stabil meskipun berada pada saat peforma tinggi. Sistem penyaluran bahan bakar motor super sport ini berjenis fuel injection yang merupakan standar euro akan menghasilkan pembakaran yang efektif sehingga menghemat bahan bakar dan rendah emisi. Motor KTM RC390 ini mempunyai otak pemrosesan yang berjenis ECU ( Electronic Control Unit ) yang akan mengontrol mesin secara elektronik agar mesin dapat bekerja sebagaimana mestinya. Motor super sport racikan KTM ini mempunyai kompresi pembakaran yang tinggi sehingga untuk menjalankan motor ini dianjurkan menggunakan bahan bakar beroktan 95 bahkan lebih. Untuk menghentikan laju kecepatan pada sektor pengereman, spesifikasi KTM RC 390 ini dibekali piringan berdiameter 300 mm dengan 4 piston kaliper pada bagian depannya dan piringan berukuran 230 mm dengan 1 piston kaliper pada bagian belakangnya. Dengan pengereman tersebut tentunya sudah cukup untuk menghentikan laju KTM RC390 pada kecepatan tertentu.

Advertisement

spesifikasi ktm rc 390

Sekarang kita berpindah pada fitur safety yang dimiliki oleh motor sport ini ya. Pertama bisa kita lihat pada kemampuan rem dari spesifikasi KTM RC390 yang sebenarnya diberikan fitur sistem pengereman ABS pada versi motor jalanannya agar anda lebih aman ketika menggunakannya. Namun dihilangkan pada versi balapannya karena akan menurunkan lap time pada saat berkompetisi di sirkuit balap. Sistem pengereman ABS tersebut tentunya akan membuat KTM RC 390 ini lebih aman dan nyaman pada saat melakukan pengereman mendadak pada kecepatan tinggi yang meminimalisir terjadinya slip ban yang mengakibatkan hilangnya kestabilan dan mengakibatkan kecelakaan. Selain fitur pengereman ABS KTM RC390 tersebut juga diberikan fitur mode berkendara yaitu pilihan basic riding, eco riding dan race yang mempunyai kebutuhan dan tenaga yang berbeda-beda sesuai pilihan yang diinginkan. Kemudian anda masih mendapat tambahan suspensi WP dengan shock belakang pada KTM RC390 yang mampu menghandle kenyamanan pengendara yang memiliki postur tubuh yang besar sekalipun. Setelah itu untuk menambahkan keamanannya pada ban Metzeler 5 dibalut dengan material khusus sehingga anda tetap dapat melaju kencang sekalipun KTM RC390 berada dalam jalanan yang licin karena dukungan kondisi ban yang stabil. Anda juga dapat menyalip motor lainnya ketika berada di jalanan dengan lancar dengan memanfaatkan celah-celah dan kestabilan ban spesial yang ada pada spesifikasi KTM RC 390 ini.

Harga KTM RC390

Bagaimana Bro semua setelah melihat jeroan lini dan fitur yang membalut motor super sport buatan KTM ini? Saat ini kita sudah masuk ke dalam segmen harga KTM RC390 terbaru. Tapi terlepas dari itu semua, keren sekali kan Bro motor dari Austria ini! Itulah ulasan lengkap mengenai KTM RC390 ini mulai dari bagian tampilannya, fitur-fitur yang terpasang, dapur pacu, hingga terakhir fitur keamanannya. Tentu sangat menarik dan keren bukan melihat spesifikasi yang KTM RC390 tawarkan. Setelah membahas spesifikasi KTM RC390 ini tentunya tak lengkap apabila tidak membahas harga KTM RC 390 terbaru yang dibandrol di Indonesia. Mungkin bisa jadi setelah Bro menyimak dengan seksama review Mas Sena tersebut pasti  penasaran bukan dengan harga KTM RC390 ini? Tentunya KTM yang memberi nama RC pada motor ini yang berarti Racing Competition diperkirakan harganya akan melambung tinggi untuk mendapatkan motor ini. Itu dikarenakan dengan performa dan kualitas motor yang termasuk premium. Lalu berapakah harga KTM RC390 terbaru yang dibanderol di Indonesia?

harga ktm rc390

Setelah kita mencari informasi dan mengolahnya maka harga KTM RC390 terbaru ternyata juga lumayan tinggi. Untuk mendapatkan motor sport KTM yang sebenarnya resmi dipasarkan pada tahun 2015 anda harus merogoh krocek yang sangat dalam. Harga yang ditawarkan KTM untuk mendapatkan KTM RC390 ini adalah berkisar 110 jutaan rupiah. Sebuah harga yang fantastis bukan demi mendapatkan motor super sport racikan KTM ini. Namun tentunya dengan harga KTM RC 390 yang sangat tinggi tersebut anda akan mendapatkan pengalaman berkendara yang sangat berbeda dengan motor sport kompetitor lainnya.  Hal itu dikarenakan KTM RC390 ini memiliki DNA Racing pada balap internasional MotoGP yang membuat motor super sport ini mempunyai tenaga  yang besar serta kenyamanan berkendara yang lebih baik.  Kisaran harga yang dibandrol KTM ini sudah sangat jauh yang dilepas dibandingkan para kompetitor yang maksimal melepas harga termahal maksimal 63 jutaan. Maka rentang harga KTM RC390 terbaru yang sangat mahal ini memang sesuai dengan konsekuensi dari pihak KTM yang memberikan performa maksimal pada seri motor sport KTM ini. Sebuah motor sport yang gahar dan eksklusif bukan?

harga ktm rc 390

Harga KTM RC390 terbaru yang Mas Sena utarakan diatas bisa jadi akan mengalami pergesaran harga setelah motor ini berada di Indonesia karena akan mengalami nilai pajak yang tinggi. Tetapi akan ada langkah yang dilakukan oleh pihak KTM supaya bandrol motor sport ini tidak terlalu tinggi pada pasar tanah air. Tetapi anda terpaksa harus menunggu hingga tahun depan sebelum bisa melihat motor sport ini berada pada pasar otomotif tanah air. Dengan harga KTM RC 390 tersebut pecinta otomotif akan mendapatkan pilihan yang tepat apabila anda bosan dengan motor berkapasitas 250 cc ataupun tidak bisa menjangkau motor super sport berkapasitas lebih dari 600cc yang mempunyai harga sangat tinggi di Indonesia. Pihak KTM Indonesia pun telah membuka inden onlinenya melalui situs resmi mereka apabila anda ingin berminat memboyong KTM RC390 dengan performa sadis ini ke garasi anda. Untuk kelas motor sport berkubikasi sedang ini sebenarnya KTM belum mempunyai saingan karena kompetitor masih bermain pada kubikasi 250 cc. Tentunya akan menjadi pangsa pasar yang menarik untuk KTM RC390 ini. Menurut Mas Sena segmentasi yang diincar KTM dengan meluncurkan produk ini akan sedikit berbeda dengan Yamaha, Kawasaki, atau Honda yang sama-sama mengeluarkan motor sport karena bandrol harga yang dikeluarkan sangat jauh berbeda begitu juga dengan performanya yang luar biasa tangguh dan responsif. Anda tidak akan rugi untuk mengeluarkan budget mahal untuk membeli motor sport KTM RC390 ini. Sekarang akan menjadi pilihan anda apakah menginginkan motor sport yang gahar tetapi dengan konsekuensi mengeluarkan budget yang tinggi? Nah itulah ulasan harga KTM RC390 terbaru yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada review kali ini. Baca juga KTM RC 200 dan Yamaha R25.

Top