Ertiga Resmi Diklaim oleh Proton Malaysia

Peluncuran Proton Ertiga – Kabar rebadge Ertiga dari Suzuki menjadi Proton di Malaysia memang sudah cukup lama terdengar, kabar ini telah muncul di permukaan sejak beberapa bulan yang lalu.

Setelah kabar yang santer berhembus, beberapa waktu lalu akhirnya merek mobil nasional negeri tetangga itu resmi meluncurkan produk MPV terbarunya yakni Ertiga. Ketika membaca namanya pasti Anda sudah tidak asing kan dengan mobil Ertiga ini. Ya, MPV ini merupakan rebadge (diganti logonya) dari Suzuki Ertiga untuk Proton Malaysia.

Dalam hal ini, Proton menawarkan mobil yang diekspor dari Indonesia ini dengan tiga varian yakni Proton Ertiga yaitu 1.4 L Executive transmisi manual, 1.4 L Executive transmisi otomatis dan 1.4 L Executive Plus transmisi otomatis.

Dilansir dari detik oto Chief Executive Officer Proton Dato’ Ahmad Fuaad Kenali dalam siaran pers nya mengatakan “ Proton Ertiga adalah mobil MPV compact perdana di Malaysia dengan status sebagai Energy efficient Vehicle (EEV) dari Malaysia Automotive Institute.

Mobil Ertiga ini rencananya akan di jual di Malaysia dengan harga mulai 58.800 ringgit Malaysia atau sekitar Rp180 jutaan untuk tipe 1.4 L Executive transmisi manual. Sementara tipe 1.4 L Executive transmisi otomatis dijual 61.800 ringgit Malaysia (Rp 190 juta) dan 1.4 L Executive Plus dibanderol 64.800 ringgit Malaysia (Rp 199,2 juta).

Jika dilihat pada detailnya, mobil MPV yang di produksi di Cikarang, Jawa Barat ini  tampaknya memang sama dengan Ertiga berlogo Suzuki yang ada di Tanah air Indonesia, namun memang dari logonya sudah tidak menggunakan logo Suzuki lagi melainkan dipasangkan logo dari mobil nasional kebanggaan Malaysia tersebut.

Dari mesinnya Proton Ertiga ini juga menggunakan mesin bensin k14B yang memiliki kapasitas 1.4 liter DOHC variable valve timing with metal timing chain. Mesin tersebut di sebut-sebut mampu menghasilkan tenaga hingga 92 PS pada 6000 rpm dengan torsi 130 Nm pada 4000 rpm. Untuk konsumsi bahan bakarnay Proton Ertiga dengan transimis manual diklaim mencapai 5,7 liter/100 km. sedangkan untuk versi otomatisnya mencapai 6,0 liter/100km.

Top