Toyota Bakal Punya Mobil Listrik Roda Tiga

Toyota I-Road Akan Segera Menjadi Kenyataan – Perkembangan teknologi rupanya memberikan pengaruh yang sangat besar di pabrikan otomotif. Bahkan, kini para produsen mobil tengah berlomba-lomba dalam menciptakan mobil bertenaga listrik yang disebut-sebut akan menjadi kendaraan di masa depan. Toyota juga ternyata tak mau kalah dan menciptakan sebuah konsep mobil listrik yang unik.

Mobil tersebut bernama Toyota i-Road. Mobil garapan Toyota ini memang mengusung konsep yang cukup berbeda dengan mobil listrik pada umumnya. Bahkan keunikannya langsung bisa ditemukan saat melihatnya. Jenis mobil listrik seperti ini memang masih jarang. Akan tetapi, pengujung acara Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 pasti sudah mengetahui seperti apa tampilan dari mobil ramah lingkungan Toyota itu.

Konsep kendaraan masa depan yang ditawarkan oleh Toyota ini meskipun masuk ke dalam kategori mobil listrik tetapi bentuknya seperti motor yang memiliki atap tertutup. Hadir dengan mengusung bodi kompak, i-Road digadang-gadang bakal menjadi kendaraan yang ideal untuk digunakan di daerah perkotaan. Ini karena i-Road didesain agar bisa gesit dalam menyalip dan masuk serta parkir di tempat yang sempit.

Tak hanya itu, i-Road juga dibuat untuk menjadi opsi kendaraan yang tepat saat hujan deras dan musim dingin yang suhunya berada di bawah nol derajat.

Meski i-Road ini memiliki roda tiga, namun tampilannya tak seperti bemo atau bajaj sebab dua buah rodanya justru berada di bagian depan sedangkan yang satu ada di belakang. Mobil ini juga dilengkapi dengan lengan ayun pada kedua roda depannya sehingga mobil tak mudah terjatuh ketika melewati tikungan tajam.

i-Road sendiri telah diuji di sejumlah negara dan kota serta menyapa publik pertama kali pada Geneva Motor Show 2014. Meski sudah melewati rangkaian uji coba, namun hingga kini mobil tersebut belum juga dijual secara massal.

i-Road hadir dengan dimensi yang meliputi panjang 2.345 mm, lebar 870 mm, dan tinggi 1.455 mm. Sementara itu, radius putarnya hingga 2,3 meter. Mobil ini dibekali dengan dua motor listrik yang disuplai dari baterai Lithium-ion.

Dalam pengisian penuh,i-Road sanggup menempuh jarak hingga 50 km dengan kecepatan maksimal 60km/jam di Jepang dan 45 km/jam di Eropa.

 

Top