Harga Honda SH125i, Review & Spesifikasi Februari 2017

Harga Honda SH125i dan Spesifikasi – Beberapa waktu lalu Honda kembali menunjukkan eksistensinya sebagai produsen otomotif terkemuka di dunia dengan meluncurkan motor matik terbarunya yang bertajuk Honda SH125i. Motor matik atau skutik yang diperkenalkan pada ajang IMOS 2016 Desember 2016 tersebut, sebenarnya sudah lebih dulu dipasarkan di Vietnam dan Thailand. Bahkan, sejak perkenalannya di ajang tersebut, Honda SH125i ini justru mampu mencuri perhatian publik konsumen Indonesia dengan dibuktikan banyaknya respon sangat baik yang muncul dari berbagai kalangan konsumen. Sehingga, tak menutup kemungkinan jika nantinya skutik ini meluncur dan mulai dijual di Indonesia maka akan menjadi salah satu motor matik yang diburu oleh para calon konsumen. Tak hanya itu saja, konsumen pun tampaknya akan semakin tertarik mengingat Honda SH125i ini akan dibekali dengan spesifikasi mumpuni dan gahar yang tak kalah dengan beberapa rivalnya. Selain itu, adakah sektor lain yang menarik pada spesifikasi Honda SH125i ini? Semakin penasaran bukan?

Honda SH125i

Honda SH125i

Honda SH125i  ini akan dihadirkan dengan gaya desain cantik nan anggun dengan sedikit lekukan lembut pada setiap sisi bodinya. Sehingga sudah jelas bahwa skuter ini memang cocok jika dikendarai oleh kaum hawa. Selain itu, skuter besutan pabrikan otomotif Jepang ini nantinya juga akan dibekali dengan mesin yang berkapasitas 125cc tipe SOHC silinder tunggal yang diklaim cukup mampu memberikan daya tenaga yang kaut. Tak sampai di situ saja, Honda SH125i ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur pendukung, antara lain fitur keselamatan dan keamanan serta kenyamanan penumpang. Beberapa fitur tersebut di antaranya yaitu dengan penyematan fitur pengereman ABS yang akan mempermudah pengemudinya dalam mengontrol laju kecepatan dari Honda SH125i ini, bahkan ketika dalam keadaaan pengereman mendadak sekalipun. Nah, untuk lebih jelasnya, pada pembahasan kali ini Mas Sena ingin membagikan info secara lengkap mengenai spesifikasi dan harga Honda SH125i pada beberapa segmen berikut ini. Yuk, kita simak bersama.

Motor Honda SH125i

Review Honda SH125i

Desain

Skutik Premium dengan Desain Mungil dan Anggun

Advertisement

Pertama, pada pembahasan awal ini Mas Sena akan mengulas bagian terluar dari motor matik ini, yaitu pada sektor eksterior dari spesifikasi Honda SH125i. Jika dilihat dari tampilan luarnya, desain yang diusung skutik garapan Honda ini memang tampak mungil dan anggun di mana dengan memadukan konsep desain retro dan modern sehingga cocok jika dikendarai untuk rutinitas sehari hari. Dari depan, kawan Mas Sena akan menjumpai lampu LED yang dibentuk menyerupai huruf “U” yang didesain dengan gaya retro yang membuat Honda SH125i ini tampak begitu anggun dan cute.  Tak hanya itu saja, pada bagian atas dari lampu LED tersebut juga terpasang headlamp yang dirancang dengan bentuk yang unik dan lucu. Lalu, pada sektor bodi samping dari skuter ini juga terlihat tanpa adanya tambahan sticker yang mencolok melainkan hanya ada tulisan SH pada bagian samping dan kanan kiri sehingga kesan elegan pun kian kuat. Tak hanya itu saja, pada sektor samping dari Honda SH125i ini pun juga terlihat sebuah tangki bahan bakar berkapasitas 7,5 liter yang di atasnya terdapat jok yang didesain menyatu antara jok pengemudi dan jok penumpang. Kemudian, pada sektor belakang turut disematkan pula sebuah sebuah handle yang dirancang dengan ukuran cukup besar disertai stop lamp berteknologi LED sehingga dari belakang pun akan semakin memperkuat kesan motor matik premium. Dengan melihat secara keseluruhan pada sektor bodinya tersebut maka bisa diketahui bahwa tampilan eksterior dari spesifikasi Honda SH125i ini memang memperlihatkan gaya desain elegan dan tampak anggun.

Spesifikasi Honda SH125i

Dimensi

Dimensi Mungil Andalkan Konsep Rangka Underbone Steel Tube

Selain tampilan bodi eksterior, spesifikasi Honda SH125i ini juga memiliki dimensi yang mungil namun tetap kokoh. Pasalnya, pada sektor dimensi dari skuter ini mengandalkan rangka tulang punggung (Underbone) yang dikenal cukup kuat untuk menopang beban dari motor matik ini. Di sisi lain, untuk dimensinya sendiri, Honda SH125i ini mengusung dimensi dengan ukuran panjang 2.030 mm, lebar 0.740 mm, tinggi 1.150 mm dan memiliki jarak sumbu roda 1.340 mm. Melihat ukuran dimensi tersebut, tentu sudah jelas bahwa motor matik besutan Honda ini akan tampak mungil. Bahkan, untuk bobotnya saja juga tak terlalu berat untuk motor matik sekelasnya, yaitu 131 Kg. Dengan demikian, sudah dipastikan bahwa Honda SH125i ini nantinya akan lebih ringan sehingga akan lebih mudah dikemudikan di berbagai medan jalan. Apalagi, skuter ini memiliki ukuran ground clearance yang lebih tinggi, yaitu dengan ukuran 145 mm. Sehingga, skutik besutan Honda ini akan lebih mudah dikendarai di kontur jalan yang penuh bebatuan atau polisi tidur serta akan mempermudah pengemudinya dalam bermanuver. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa sektor dimensi dari spesifikasi Honda SH125i ini dinilai cukup mungil namun tetap kokoh.

Spesifikasi Motor Honda SH125i

Suspensi

Disokong dengan Suspensi Kokoh dan Pengereman ABS

Setelah mengetahui dimensinya, kini saatnya Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengetahui dan mengulas suspensi dari spesifikasi Honda SH125i. Untuk suspensi yang diusung skutik garapan Honda ini, akan mengandalkan tipe suspensi yang sama dengan saudaranya, yaitu Honda Beat. Untuk suspensi depan, akan mengusung tipe suspeni Telescopic Fork berukuran 33mm, 89mm Axle Travel. Sementara itu, untuk suspensi belakang akan disematkan Dual-damper unit Swing Arm, 83 Axle Travel. Kedua suspensi tersebut akan mampu meredam setiap getaran pada Honda SH125i ketika melewati medan jalan yang tak rata atau bergeronjal sehingga pengemudi pun akan merasa nyaman. Selain itu, untuk menunjang keselamatan dalam berkendara, skuter besutan Honda ini juga dilengkapi dengan pengereman yang handal. Untuk rem depan akan mengandalkan rem berjenis Three Piston Caliper (CBS) / Two Piston Caliper (ABS) dengan ukuran 240 mm x 4 mm disk. Sementara itu, rem belakang Honda SH125i ini akan mengandalkan rem Single Piston Caliper berukuran 240 mm x 5 mm disk. Kedua rem yang diusung skuter tersebut dinilai cukup efektif untuk mengontrol laju kecepatan dari motor matik ini. Di sisi lain, pada ban depan sendiri skuter ini menggunakan ban berukuran 100/80-16 (50P) dan bagian belakang 120/80-16 (60P). dan dikabarkan juga motor ini akan menggunakan ban Tubeless. Nah, mengetahui suspensi dari spesifikasi Honda SH125i tersebut maka dipastikan pengemudinya akan lebih nyaman dalam berkendara.

Review Honda SH125i

Speedometer

Dilengkapi Fitur Panel Instrumen yang Informatif dengan Gaya Desain Elegan

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kita akan mengulas panel indikator dari spesifikasi Honda SH125i. Jika melihat pada sektor indikator dari motor matik besutan Honda ini, kawan Mas Sena akan menjumpai panel yang didesain dengan gaya simple namun tampak begitu elegan. Pasalnya, dalam panel indikator yang tersemat pada skuter ini akan mengusung panel indikator digital dan analog yang lebih didominasi oleh panel analog. Untuk bagian-bagian pada panel instrument dari spesifikasi Honda SH125i ini, akan tampak beberapa info yang jelas. Pada sisi kiri bagian atas akan ditampilkan indikator oli. Sementara itu, pada sektor tengah akan menampilkan kecepatan yang dihitung dalam satuan km/jam yang tersaji dengan gaya analog. Selain itu, pada sektor tengah ini, sobat Mas Sena akan melihat beberapa lampu indikator, yaitu lampu netral, indikator siklus pergantian oli (Oli Change), kecepatan rmpn, dan waktu atau jam. Selain itu, pada bagian kanan panel indikator Honda SH125i ini, terdapat panel indikator bahan bakar yang dirancang dengan panel analog. Terakhir, pada bagian atas center terdapat 3 buah lampu indikator, yaitu lampu sein kanan dan kiri serta indikator lampu tembak. Dengan demikian maka bisa diambil kesimpulan bahwa spesifikasi Honda SH125i pada sektor panel instrument ini memang mengusung panel bergaya simple namun tetap menampilkan kesan modern yang dilengkapi dengan beberapa informasi terkait kondisi motor.

Harga Motor Honda SH125i

Mesin

Skutik Premium Usung Mesin SOHC Silinder Tunggal Berkapasitas 125cc

Memasuki sesi berikutnya ini, kita akan membahas mengenai sektor dapur pacu dari spesifikasi Honda SH125i. Pada sektor permesinan ini, Honda akan membekali skutik besutannya ini dengan komponen mesin pacu yang berkualitas. Hal tersebut bisa dilihat dari komponen yang disematkan pada jantung pacunya di mana pada sektor permesinan skuter ini dibekali dengan mesin tipe SOHC silinder tunggal berpendingin cairan dengan kapasitas 125cc. Mesin yang terpasang pada Honda SH125i tersebut diketahui juga akan mampu memberikan daya tenaga cukup besar di mana akan mampu mencapai titik semburan tenaga maksimum hingga 8.7 kW per putaran 8.500 rpm dengan capaian torsi puncak hingga 11 Nm setiap putaran ke 6.500 rpm. Lalu, hasil tenaga yang dihasilkan mesin tersebut akan dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis V-Matic. Di sisi lain, sektor mesin dari Honda SH125i ini juga sudah dilengkapi dengan suplai bahan bakar berteknologi PGM-GI electronic fuel injection yang sudah lolos uji standar emisi Euro 3 dengan perbandingan kompresi 11 : 1 yang akan mampu menekan konsumsi bahan bakar sehingga akan lebih irit dan efisien. Tampaknya, sektor dapur pacu dari spesifikasi Honda SH125i ini memang cukup handal dan gahar namun juga terbilang irit bahan bakar.

Fitur

Dilengkapi Fitur Canggih dan Modern

Sebagai motor matik modern, tentu spesifikasi Honda SH125i  ini tak hanya memiliki desain elegan dan mesin pacu handal. Tetapi juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih dan modern. Salah satunya yaitu fitur pengereman ABS (Anti-Lock Braker System) yang akan mampu memberikan kualitas pengereman dengan tingkat keselamatan tinggi. Dengan mengusung teknologi ABS, Honda SH125i ini akan terhindar dari ban terkunci ketika melakukan pengereman mendadak. Sayangnya, untuk fitur pengereman ABS ini hanya disematkan pada pengereman bagian depan saja. Selain itu, ada beberapa fitur pendukung lainya, seperti ISS (Idling Stop System), indikator isntrumen yang lengkap, dan suspensi kokoh untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Satu hal lagi, meskipun dimensi Honda SH125i ini terbilang tidak terlalu lebar atau bisa dikatakan mungil namun motor ini dibekali dengan bagasi yang mampu membawa satu helm yang akan dinilai cukup efisien. Nah, dengan mengetahui beberapa fitur tersebut maka bisa dipastikan bahwa keselamatan dan kenyamanan pengemudinya akan lebih terjamin. Itulah tadi ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi Honda SH125i ini, apakah setelah membacanya sobat sudah penasaran dengan harganya?

Video Honda SH125i

Berikut ini adalah official video Honda SH125i yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Honda ini:

Spesifikasi Honda SH125i

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 2,030 x 740 x 1,150mm
Tinggi  Tempat Duduk 799mm
Jarak Sumbu Roda 1,340mm
Jarak Terendah Dari Tanah 145mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 7.5 litres
Mesin
Tipe Mesin Liquid-cooled 4-stroke SOHC single
Volume Silinder 125cc
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI electronic fuel injection
Gigi Transmisi Automatic/belt final drive
Starter Electric
Rasio kompresi 11 : 1
Rangka
Tipe Suspensi Depan 33mm telescopic fork, 89mm axle travel
Tipe Suspensi Belakang Dual-damper unit swingarm, 83mm axle travel
Rem Depan 240mm x 4mm disk, three piston calliper (CBS) / two piston calliper (ABS)
Rem Belakang 240mm x 5mm disk, single piston caliper
Ukuran Ban Depan 100/80-16 50P
Ukuran Ban Belakang 120/80-16 60P
Fitur
Lampu LED
Keamanan & Kenyamanan
  • ABS
  • Idling Stop System (ISS)
  • Bagasi luas

Harga Honda SH125i

Nah, setelah mengulas mengenai spesifikasi nya. Kini, saatnya Mas Sena untuk mengulas harga Honda SH125i. Namun, sebelum lebih jauh membicarakan mengenai angka yang akan disematkan pada banderol harga skuter matik ini, perlu ditegaskan kembali bahwa produk terbaru honda ini merupakan skutik yang hadir dengan mengusung desain mungil namun tampil begitu mewah khas desain retro. Sehingga, sektor eksterior dari tampilan ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen. Tak sampai di situ saja, pada sektor mesin pacu dari Honda SH125i ini akan mengandalkan tipe mesin SOHC Silinder Tunggal dengan kapasitas kubikasi mencapai 125cc di mana mesin tersebut akan mampu menyemburkan tenaga yang cukup handal dan mampu memberikan akselerasi yang baik. Dengan harga Honda SH125i yang ditujukan untuk menyasar konsumen wanita ini nantinya juga akan dibekali dengan beberapa fitur pendukung, antara lain disematkannya sistem pengereman ABS dan fitur canggih lainnya yang akan memberikan keselamatan dan kenyamanan kepada para pengemudinya. Nah, dengan spesifikasi tersebut, berapa ya kisaran harga Honda SH125i ini?

Harga Honda SH125i

Harga Honda SH125i Terbaru

Sebenarnya, sampai saat ini pun masih belum diketahui berapa harga Honda SH125i ini. Pasalnya, motor matik garapan Honda ini belum resmi dijual di Indonesia. Namun, jika mendasarkan atas info yang didapat dari para intelijen Mas Sena, harga Honda SH125i di Vietnam berkisar sekitar Rp 30 jutaan. Sehingga, kemungkinan jika nantinya motor matik besutan Honda ini benar-benar diluncurkan di Indonesia maka kisarannya pun tak akan jauh berbeda dengan harga Honda SH125i yang dijual di Vietnam. Nah, dengan harga yang di banderol pada angka sekitar Rp.30 Jutaan tersebut, nampaknya harga tersebut termasuk mahal untuk motor matik di Indonesia. Namun dengan harga Honda SH125i yang tergolong mahal tersebut dirasa sebanding dengan tampilan elegan yang dibawa motor matik ini.

Harga Honda SH125i
Rp 30.000.000,- (Vietnam)

Catatan : 

  • Harga motor Honda SH125i diatas merupakan harga jual di Vietnam
  • Beda daerah, kemungkinan beda pula harga Honda SH125i
Advertisement

Nah, seperti yang sudah Mas Sena katakana diatas, jika kita membandingkan antara spesifikasi dan harga Honda SH125i, tampaknya memang banderol yang mencapai 30 jutaan tersebut dinilai cukup mahal untuk sekelas motor matik. Namun, mahalnya harga tersebut tampaknya tertutup dengan desain elegan dan anggun yang diusung motor matik ini dengan dilengkapi fitur serta mesin pacu yang handal. Selain itu, jika Honda SH125i ini benar hadir di Indonesia, maka akan menjadi pesaing Yamaha NMAX yang saat ini diketahui menduduki puncak sebagai skutik premium bergaya Eropa dan sedang menjadi trend di kalangan konsumen menengah atas Indonesia. Dengan harga Honda SH125i  yang cukup bersaing dengan para kompetitornya bukan tidak mungkin jika skuter ini nantinya juga akan menjadi pesaing tangguh bagi para kompetitornya, mengingat desain elegan yang ditawarkan skutik ini nantinya akan menjadi senjata utama skuter ini menggaet calon konsumennya. Nah, itulah tadi ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Honda SH125i. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi sobat dan dapat dijadikan referensi dalam memilih tunggangan terbaru. Baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Suzuki Burgman 400 ABS dan Yamaha Xmax 125.

Top