Nissan dan Renault Siapkan Platform Baru untuk Mobil Listrik

Berbagi Platform, Nissan dan Renault Siapkan Mobil Listrik – Nissan dan Renault saat ini diketahui sedang mempersiapkan platform baru yang nantinya akan digunakan untuk dibenamkan pada mobil listrik, yaitu Renault Zoe dan Nissan Leaf terbaru. Terkait hal tersebut, Arnaud Deboeuf selaku Wakil Presiden Senior Renault-Nissan BV mengungkapkan bahwa kedua mobil listrik ini akan saling melengkapi satu sama lain dan berbagi dalam hal teknologi listrik.

Tanpa menyebut bentuk terbaru dari bodi mobil, dirinya mengungkapkan bahwa generasi penerus dari Leaf dan Zoe akan bersaing di segmen yang sama. Pihaknya juga menolak untuk menyebutkan tanggal peluncuran dari kedua model bertenaga listrik itu.

Akan tetapi, berdasarkan rumor atau kabar yang berkembang yang dikutip dari Carcoops pada Kamis (15/12/2016), dikatakan bahwa Nissan memang berencana untuk segera meluncurkan Nissan Leaf terbaru pada tahun 2018 ke depan. Lantas, bagaimana dengan Renault Zoe? Jika mendasarkan atas beberapa info terbaru, Renault Zoe ini kabarnya akan segera meluncur di tahun 2020 mendatang dengan mengusung platform terbaru.

Di sisi lain, Renault sendiri diketahui telah mengungkapkan varian teranyar dari Zoe yang ditawarkan dengan daya jangkau hingga 400 Km. Sementara itu, untuk model terbaru, baterai rencananya akan dipasok dari perusahaan raksasa elektronik asal Korea Selatan, yaitu LG. Perlu diketahui bahwa sebenarnya Renault Zoe ini sudah memasuki proses produksi di tahun 2012 lalu dan menjadi salah satu mobil listrik kecil paling laris di Eropa pada tahun 2015.

Renault Zoe sendiri nantinya akan digerakkan oleh motor listrik yang menghasilkan tenaga maksimal 88 hp. Akselerasinya dari 0 sampai 100 kilometer per jam dalam 13,5 detik dan kecepatan tertinggi 135 km/jam.

Sedangkan di sisi lain, Nissan Leaf sendiri nantinya akan dipersenjatai dengan motor listrik bertenaga 110 Hp dengan mengandalkan baterai Lithium-Ion 24 kWh. Mobil besutan Nissan ini diklaim akan mampu melaju dengan kecepatan maksimum 150 km/jam dengan akselerasi 0-97 km/jam dalam waktu tempuh 9,9 detik. Dalam kondisi baterai terisi penuh, Nissan Leaf dapat dikendarai sejauh 800 km.

Top