Toyota dan Daihatsu Kerjasama Bangun Mobil Kompak

Awal Tahun 2017, Toyota dan Daihatsu Siapkan Mobil Kompak – Akhirnya, Toyota dan Daihatsu belum lama ini telah memberikan keterangan resminya bahwa kedua produsen tersebut akan bekerjasama untuk membangun perusahaan internal yang bernama Emerging-market Compact Car Company yang ditugasi untuk memproduksi dan mengembangkan sebuah mobil kompak mulai 1 Januari 2017 mendatang. Menurut kabar yang beredar, kedua produsen otomotif asal Jepang tersebut berencana memproduksi mobil kompak ini untuk pasar negara berkembang.

Seperti dengan apa yang telah dilaporkan dari Paultan, Masanori Mitsui selaku Presiden Daihatsu sendiri yang akan menjadi chairman. Sementara itu, untuk posisi Managing Officer Toyota, akan diduduki sebagai president di perusahaan internal tersebut.

Perlu diketahui bahwa perusahaan internal yang dibangun oleh Toyota dan Daihatsu ini akan memfokuskan pada proses pengembangan mobil kompak yang segera dipromosikan dan diluncurkan ke beberapa negara berkembang. Selain itu, perusahaan baru ini akan berdiri dengan 3 divisi, antara lain Emerging-market Compact Car Product and Business Planning, Emerging-market Compact Car Product Planning, dan Emerging-market Compact Car Quality Planning.

Di samping itu, Toyota dan Daihatsu sendiri diketahui akan melakukan sebuah perencanaan mulai dari tahap produksi hingga strategi alur bisnis yang akan diterapkan. Termasuk juga memberikan nama pada mobil Toyota yang nantinya akan dijual ke pasar serta strategi yang meliputi keseluruhan. Tak hanya itu saja, Daihatsu pun dikabarkan akan bertanggungjawab dalam proses pengembangan produk, prencanaan, dan uji kualitas produk. Jadi, kedua produsen tersebut akan mengisi peran untuk membangun mobil kompak terbarunya.

Di sisi lain, selain akan membngun sebuah perusahaan internal baru, Toyota pun diketahui akan merubah nama divisi ‘Toyota Moor Asia Pacific Engineering and Manufacturing” (TMAP-EM) menjadi Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing” (EDEM). Perlu untuk diketahui bahwa sebenarnya¬†TMAP-EM ini awalnya bertugas menyediakan logistik dan persiapan produksi untuk model Toyota. Akan tetapi, dengan adanya perubahan nama maka secara otomatis pekerjaannya pun berubah. TDEM akan fokus mendukung produksi Daihatsu dalam membuat mobil kompak.

Top